Medical Trip Penang


muntri mews penang
Muntri Mews penang

Bagi penduduk Sumatera Utara pergi berobat keluar negeri sebenarnya bukan hal yang baru lagi. Paling gak ada sekitar 50 % (bukan data pasti hehe) yang pernah mencoba untuk pergi kenegara tetangga kita untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik. Ditambah menurut banyak orang biaya berobat ke Penang, Melaka dan Kuala Lumpur hampir sama dengan berobat di Medan. Jadilah medical trip ke Malaysia bukan lagi hal yang baru.

Masih segar diingatan saya sekitar tahun 2000 beberapa teman kantor saya rutin mengambil cuti sekitar 2-3 hari untuk ke Penang. Awalnya saya pikir mereka berlibur ternyata hanya untuk medical check up. Sebegitu tidak percayakah kita dengan kualitas kesehatan dan dokter di Medan? entahlah. Kalau mau jujur saya pun sebenarnya punya pengalaman tidak terlalu menyenangkan. Padahal nih ya, banyak sekali mahasiswa kedokteran dari Malaysia yang menimba ilmu dari USU, jadi kenapa kualitas dokter dan rumah sakit mereka lebih bagus? hmmmmm……

Mungkin salah satunya bisa dibaca dilink ini 🙂

Saya sendiri 2 tahun lalu juga sempat check up untuk kista setelah operasi di Surabaya. Hasilnya cukup mengejutkan karena dokter di Penang memberitahukan kalau indung telur saya sebenarnya tidak perlu dioperasi. Nasi sudah menjadi bubur hehe. Cerita lengkapnya bisa dibaca disini  dan disini.

Medical trip di Penang sebenarnya cukup menyenangkan jika hanya check up atau memang tidak memiliki sakit yang terlalu parah. Emm sebenarnya semua penyakit bikin gak enak sih ya hehe. Saya mau cerita pengalaman saya aja karena memang saya datang kesana untuk check up kista.

Dari Medan saya sudah membuat janji dengan Pantai Hospital. Ada beberapa rumah sakit di Penang, KL ataupun Malaka yang bisa kita pilih. Saya kebetulan memilih Pantai Hospital dengan representatif di Medan yang cukup baik yaitu dr. Stella. Dokter Stella ini yang membuatkan janji dengan dokter kandungan setelah dia mendengar apa masalah saya. Sebaiknya memang membuat janji terlebih dahulu sebelum berangkat sehingga kita bisa memastikan dokter yang kita mau ada di tempat. Terkadang kalau go show ke rumah sakit bisa jadi dokter yang kita mau sedang pergi, jadi harus ganti dengan dokter lain atau menunggu.

Setelah tiba dirumah sakit saya harus menunggu beberapa waktu karena dokternya sendiri ada operasi.

Pantai Hospital Penang
Pantai Hospital Penang

Sewaktu giliran kita tiba dan bertemu dokter, periksa ini itu dan ternyata hasilnya saya emang punya kista baru diIndung telur sebelah kiri. Hadew. Cerita lengkapnya bisa dilihat dilink atas ya. Saat ini kistanya sendiri hilang tapi saya masih memiliki endometriosis yang membuat jadwal menstruasi setiap bulannya menjadi seperti neraka.

Kalau semisalnya kita memang mau extend di Penang (kita bicara Penang karena saya check up nya disini) karena mungkin gak ada penyakit yang diderita atau memang memungkinkan maka Penang adalah kota yang cukup menyenangkan untuk dikunjungi. Ada banyak tempat yang menarik untuk hunting foto dan tentu saja hunting Makanan. Makanan di Penang saya rasa adalah yang terbaik diseluruh Malaysia.

Jika memang harus menunggu hasil dari rumah sakit atau memang harus tinggal di Penang, maka ada banyak sekali penginapan murah. Salah satunya yang pernah dicobain temen saya ketika menemani ibunya operasi jari kaki.

Salah satu no telp milik Ibu Dora di daerah pulau tikus no telp +60103941969 . Saya gak pernah nginep disini sih tapi minggu lalu temen baik saya yang kebetulan nganterin ibunya operasi penyumbatan tulang,  nginep disini dan dia bilang lumayan banget. Bersih, bisa nyuci sendiri karena ada mesin cuci dan bisa masak. Biayanya sekitar RM 30 permalam.  Lumayan bisa menghemat kalau kita harus tinggal di Penang lumayan lama. Kalau mau lebih murah lagi coba cek penyewaan kamar-kamar semacam kos-kosan gitu kayaknya ya. Cuman yg ini belon dapet info sih.

Kalau kita cuman medical check up pilihan hotel juga banyak banget. Mulai dari yang modren sampai yang vintage-vintage ala rumah peranakan keren. Salah satunya Muntri Mews. Untuk yang penasaran dengan hotel lainnya, bisa klik link ini.

Ini lupa saya nginep dimana tapi hotel2 tua gitu deh. Harganya permalam sekitar Rp 600.000
Ini lupa saya nginep dimana tapi hotel2 tua gitu deh. Harganya permalam sekitar Rp 600.000
Muntri Mews
Muntri Mews
Muntri Mews
Muntri Mews

Transportasi gampang koq. Banyak taxi dan bus hehe. Sekarang kayaknya ada uber juga dan malahan murah banget. Mungkin nanti temen saya Aggy yang saat ini sedang berobat di kL malah bisa cerita lebih lengkap tentang uber. Yang penting mungkin setelah sampai di Penang, download apps nya lalu ganti no telp dengan no telp Malaysia. Digi atau apalah. Jadi supir taxi bisa telp. Lebih murah dan lebih nyaman. Kalau taxi di Malaysia mesti banget jago nawar.

Makanan gimana dong? sudah saya sebutkan sebelumnya makanan di Penang itu juara. Ibaratnya Medan deh hehe. Segala yang enak ada disini. Karena saya dan suami senengnya makanan India, kalau di Penang nah makanan India yang disajikan diatas daun pisang inilah kesukaan kita. Enakkk banget hahaha. Makanan halal pun gak sulit disini jadi gak usah khawatir.

Banana Leaf Indian Food
Banana Leaf Indian Food
Street Food Penang
Street Food Penang
Super yummy Nandos
Super yummy Nandos
Street Food Penang
Street Food Penang

Sebenarnya ketika di Penang kemaren saya menerima kabar yang kurang enak. Pokoknya keluar dari rumah sakit mendung deh. Hati sedih banget tapi yah mau gimana lagi, hidup harus dihadapi kan ya hehe. Makanya begitu cabut dari rumkit, masuk hotel saya udah lupain deh sakitnya. Nikmatin waktu yang ada di Penang.

Saya sudah beberapa kali ke Penang jadi sebagian tempat wisatanya sudah saya datangi, Matt waktu itu baru pertama kali ke Penang tapi dia males kepanasan plus sebenarnya kita berdua agak stress karena saya disarankan operasi lagi secepatnya, haha. Makanya kita hanya kebeberapa tempat aja dan kebetulan orang tua angkat saya (mom and ddy)  juga nyusul ke Penang jadilah kita lebih sering keluar masuk cafe, ketemu temen lama mereka dan belanja di Little India. Untuk saya Penang itu menyenangkan tapi….kalau bisa emang datangnya pas sehat aja yaaa hehe.

DSC02366

Nah ketika di Penang tuh paling seru untuk berburu mural hehe dan tentunya pergi ketempat-tempat wisata seperti George Town  atau Mansion Peranakan Penang. Oya yang seru lagi Penang itu kota tuanya masuk dalam Unesco world heritage, jadi jalan2 dikota ini seru selama pakai payung, sunblock hehe.

Mansion Peranakan
Mansion Peranakan
Mural Penang
Mural Penang

Masih banyak tempat wisata lainnya, pokoknya selama tahan panas, Penang itu menyenangkan.

Moga-moga kita semua sehat-sehat saja dan medical trip gak perlu dilakukan ya 🙂

Ada yang punya pengalaman lain silahkan dishare yaaa :

Little India untuk shopping aksesoris + kain sari
Little India untuk shopping aksesoris + kain sari
Belanja kain
Belanja kain
Museum kamera Penang
Museum kamera Penang
Museum kamera Penang
Museum kamera Penang
Museum kamera Penang
Museum kamera Penang
Penang
Penang
Penang
Penang
Jendela-jendela cantik dirumah-rumah Peranakan
Jendela-jendela cantik dirumah-rumah Peranakan
Penang
Penang
Penang
Penang
Penang
Penang
Penang
Penang
Penang
Penang
Penang
Penang

 

Oya, jangan lupa juga untuk mengunjungi cerita Medical Trip & Travel Insurance lainnya dari sahabat saya @jalan2liburan mengenai Pengalaman Menggunakan Asuransi Perjalanan ke Negara Schengen disini dan @dewtraveler mengenai What to Prepare for a Medical Trip disini

#ceritajalanasik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by jalan2liburan, nyonyasepatu dan dewtraveller. Check our posts every Wednesday!

This week’s theme : Medical Trip & Travel Insurance

Advertisements

61 comments

  1. Kok kayaknya Muntri Mewa lucuk mbak *salah fokus*
    Mbak aku skrg klo ngomongin Penang udah takut duluan inget pas biopsi ke sana hahhahah..pdhl aku suka banget lho Penang

  2. Mendoakan semua yg baik baik buat km ya non … *kiss* btw ini penang kereeeenn ya non … Atau fotomukah yg keren hehehe … Soal panas, panas manakah penang atau bangkok?

  3. Aku belum pernah ke Penang mba, pengen deh bisa ke sana. Ada dokter inceran aku juga di sana hehehe. Dulu waktu SMP aku juga ada penyakit yang mesti dioperasi dan keluargaku milih operasi di Melaka karena udah kecewa sama penanganan di salah satu rumah sakit di Batam (waktu itu aku masih tinggal di Batam). Dan memang pelayanan di Melaka jauh lebih bagus. Jadinya sampai sekarang sugestiku kalo mau berobat kayaknya memang better di Melaka atau Penang gitu deh.

    Btw, mba Noni.. semoga lekas sembuh dan semuanya bisa baik-baik aja ya mba. Semangaaatt 🙂

    • makasih ya, amin doanya

      Tuh kan kayaknya orang Sumatera mikirnya udah kayak gitu ya. manalah lagi dokternya emang cuman tugas di rumkit aja, jadi kapan aja bisa ditemuin

      • Iya, terus di sana itu prosedurnya mudah banget kan mba. Aku inget banget tuh waktu pas aku berobat dulu, ternyata kan harus dioperasi, untungnya waku itu aku sengaja udah puasa dari malam. Jadi aku check up sekitar jam 8, jam 9an udah diurus untuk masuk ke ruang operasi, jam 12 kelar. Urusan administrasi mah belakangan, pasien dulu yang diduluanin. Trus susternya juga ramah2 banget. Perlakuan mereka ke pasien itu benar2 dari hati. 🙂

  4. banana leaf indian foodnya keliatan yummy kak non..
    dan selalu suka sama foto kalian berdua :*
    aq ngirii kapan aq punya pasangaaaan *lho, gagal fokus hihihi

  5. wahhh berobat bisa sekalian jalan-jalan ya mba, bisa jadi obat stress juga kalo gini.
    semoga sehat terus ya mbaa, biar gak ada medical trip lagi dan diganti trip beneran tanpa embel2 cek up. 🙂

    • yoi Man, udah susah percaya dokter disini sih. ini aja aku baru check up di Medan,, baru tindakan satu kali semua orang yang aku tanyain semuanya nyuruh buru2 ke Penang lagi

  6. Imej Penang emang buat berobat ya kayaknya ehehehe. Apalagi aku nikah sama orang Medan, yang mana otomatis setiap ada yang sakitnya ga sembuh2 diobatin di sini, pasti langsung disuruh ke Penang 😀
    Aku suka ngeliat foto2 mural Penang, semoga suatu hari ke Penang untuk berlibur dan dalam keadaan sehat walafiat ^^

  7. bulan juli nanti aku mau ke penang, mbak nonii. buat jalan2 doang sih, moga2 sehat si akunya biar bisa panas2an.

    semoga nanti operasinya sukses dan cepat pulih ya mbak non.

  8. Cepet sembuh ya mba Non :*
    Emang ya kalo udah kece dari lair, mau lagi sakit, mau bau bantam tetep kece ya keceee.. Mba Non kece ih 😀

  9. Bulan kemaren ibu sama adik aku yang operasi kista, sekarang mba noni juga, cepet pulih ya mba 🙂
    Dari dulu pengen ke penang tp ga jadi jadi, semoga kalau kesana ngga dalam medical trip, tp beneran panas banget kayaknya yaa

    • Aku masih belon mau operasi Presyl, kapan itu yang operasi aku tobat banget haha, sakit setelahnya.
      Sekarang lagi therapy aja. Doain ya, semoga sehat deh dengan terapi hormon (lagi….)

  10. Hmmm, jadi penasaran pengen nyobain medical trip ke Penang sambil mencoba membandingkan pola pelayanan kesehatan di Indonesia dan Malaysia yang nantinya bisa coba disarankan untuk dilakukan di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s