Nginep Rame-Rame


Foto was taken by Ellen at Java Paragon, Surabaya
Foto was taken by Ellen at Java Paragon, Surabaya

3 minggu lalu saya terima sms dari seorang kenalan yang minta harga khusus untuk nginep di hotel tempat saya kerja. Kebetulan sewaktu sms masuk, saya lagi berada di luar sehingga udah pasti gak dibales. Mahal soalnya kirim sms dari luar hehe. 1 minggu setelah sms, saya ketemu dengan kenalan saya itu. Kita ngobrol ini itu sampai akhirnya saya nanyain soal smsnya.

“iya mba, aku sebenarnya yang mau nginep hehe. Rame-rame ama temen. Soalnya kita, kan, baru pulang dari Retro trus udah malem banget dan gak tau mau ngapain. Aku pikir kalau ada harga khusus mau nginep aja di hotel”

“berapa orang ramenya?”

“5 orang, mba Non hahaha. Jadi nanti ada yang tidur di lantai, di bathtub, pokoknya seru deh”

Iya…..seru banget emang nginep rame-rame itu, ya.

Dulu saya sering banget terima voucher kamar hotel dari customer. Biasanya kita pakai buat nginep rame-rame juga cuman biasanya emang gak niat buat tidur. Kita makainya buat ngumpul-ngumpul ama temen. Temen-temen saya siaran dulu biasanya baru pulang sekitar jam 1-2 pagi, trus check in dan biasanya jam 6 pagi udah ada yang keluar lagi buat siaran pagi. Pokoknya emang gak dipake tidur, karena emang gak bisa tidur juga. Setelah anak-anak radio, pernah juga kita nginep rame-rame dengan temen-temen saya di Surabaya karena tempat tidur saya patah trus eksodus pindah hotel, atau karena pengen nyobain hotel keren tapi duitnya gak ada. Seingat saya, kita makenya buat ngobrol-ngobrol sampai pagi.

Untuk travelling sepanjang yang saya inget,Β ya (cmiiw kalau ada temen saya yang inget) hampir gak pernah kita nginep rame-rame sekamar dengan tempat tidur sebiji. Saya dan temen saya milih nginep di penginapanΒ abal-abal daripada harus kumpul-kumpul tidur satu kamar tapi di hotel murah. Masalahnya karena setiap kali travelling, kan, capek banget dan saya ngerasa istirahat itu penting banget juga plus semua temen saya dulu emang tukang tidur hehe. Ehh tapi kalau sekamar ada beberapa tempat tidur, yah, biasanya emang kita isi lebih dari 3 orang.

Sewaktu masih ngurusin bos saya, beliau kan, sukanya nginep di hotel mewah. Kalau lagi liburan dengan keluarganya tetep dong nginepnya di Shangrilla atau Sheraton tapi ngambil 1 kamar aja dan diisi 5-6 orang. Katanya kalau pas tidur, kasurnya ditarik ke bawah trus sebagian diatas, sebagian dibawah. Saya mikirnya, ngapain coba nginep di hotel mahal kalau nyiksa gitu hehe. Mending turunin bintangnya dan ngambil 2 kamar.

Ada lagi kenalan kita (yang ini kocak) nginep di Marina Singapore. Kamarnya, kan, lumayan mahal emang. Mereka nginep satu keluarga besar. Mulai dari nenek sampe cucu-cucunya dan menantu-menantunya. Total sekitar 11 apa 13 orang gitu, deh, didalam satu kamar. Saya dan temen-temen saya yang lain pas diceritain langsung ngakak. Gak bisa bayanginnya πŸ™‚ temen saya dan suaminya itu tidur di bathtub hihi.

Setelah saya kerja di hotel, saya jadi ngerti banget gimana perasaan anak-anak housekeeping yang ngeberesin kamar-kamar itu. Mereka, kan, sebenarnya punya target. Misalnya 1 kamar harus diberesin dalam waktu 10 menit. Kebayang kalau dia masuk ke kamar yang berantakan, kamar mandi jadi basah dan jorok, handuk-handuk berserakan, tempat tidur udah kayak kapal pecah dsb. Ayolah…kalau udah nginep lebih dari 5 orang, saya koq gak yakin kamar bisa tetep rapih hehe. Eh tapi kalau emang jorok, 1 orangpun tetep aja bisa jorok, ya hehe.

Jadi karena penasaran saya nanya dong, kenapa kamar hotel mesti diisi 2 orang atau 3 orang pakai extra bed. Sebenarnya selain untuk bisnis, kita juga bingung alasannya untuk apa haha. Kalau saya mikirnya selain untuk bisnis, faktor kenyamanan juga, plus ranjangnya kan cuman 1 atau 2.

Kalau menurut kalian karena alasan apa? atau siapa yang suka nginep rame-rame?

 

Advertisements

79 comments

  1. buset 11 orang itu kek mana ya mbak umpel-umpelannya x_x
    aku sih maksimal 4 orang deh, itu aja udah gak nyaman kalo kamarnya kecil πŸ˜€ tapi biasanya emang gak tidur, curhat2an sampe pagi

  2. Duluuuuu waktu kuliah suka nginep rame2 di hotel, persis sama deh kayak keluarga besar itu, bisa ber-13 s.d 15 orang hahaha… cuma biasanya kita pilihnya hotel apartment yg isinya 2-3 kamar atau bungalow jadi yaa nggak sumpek2 banget. Lumayan kalau kasur kurang, bisa tidur di sofa/lantai living room.

    Kalau traveling keluarga so far maks.4 orang utk 1 kamar, kalau uda pergi ber-5 biasanya book 2 kamar karena jadi nggak nyaman tidurnya.

  3. HAH?? 1 kamar buat 11 orang? Itu mah mau nginjek lantai juga susah! Aku nginep paling ramai 1 kamar berempat, sama suami dan 2 anak kecil. Trus kalau lebih dr 4 orang pas sarapan gimana? Jatah kan cuma buat 2 dewasa (dan 2 anak maksimal)?

  4. alesan ngirit mbaak…:)) aku pernah waktu itu nyewa vila 2 lantai, ujung2nya kasur dilantai atas kita turunin semua. numplek blek 11 orang cowok-cewek (dan ada suamiku juga) aku di kasur, suamiku di kursi hahaha :)) tapi seneeeeng..

    • Ak sm temen2 pnh jg mbak di hotel makassar. Kbtulan ada vocer nyisa drpd g kepake kan. Tp dr awal emg kita g niat buat tidur tp buat blajar klompok n sharing ttg freediving hihihi. Trus paginya sahur, abis sahur pd cek out deh.
      Tp emg klo smkn byk org, kmgknan buat kamar jd super kotor lbh tgg sih. Uda trbukti klo ini. *maap ya mas mbak housekeeping 😁*

  5. kamar2 hotel sekarang banyak yg kecil ya.., mau taruh 1 extra bed aja susah, mknya skrg kl jalan nggak bisa sekamar lagi kayak dulu.., jadi bengkak deh budget
    tp ada juga kok hotel yg punya twin bed, ukuran 140×200, nah itu bisa sharing sekasur berdua, jadi tetap rame2 sekamar

  6. waaah kak non aku sih biasanya gak mau kalau satu kamar dipake rame2 hahaha apalagi kalau lg jalan2, kan butuh tidur yg nyaman ya. beda cerita kalau emg sengaja buka kamar buat ngumpul sm temen2 ramean gpp toh gak tidur juga malah ngobrol2 hihihih.. itu apa rasanya yang sekamar ber 11…….. hahaha

  7. Kemaren itu akhirnya nyobain nginep bareng adek-adek kelas di hotel deket MW Mbak, mau ke Marriott kok ya ngga ada duit. Ngenes. Wkwkwk.. πŸ˜€ Tapi asik ya, bisa ngobrol en ujung-ujungnya mana lah bisa bobok.

    Setuju banget. Kalok traveling ya mendingan hotel murah asal bisa bobok nyenyak, soalnya kan capek butuh istrahat πŸ™‚

  8. Hebat yang bisa tidur di bath tub. Saya tidur di sofa/kasur tipis aja rasanya pegel2 :p

    Kalo kenapa kamar hotel ada max occupants nya, saya mikirnya juga karena keamanan. Misalnya ada kebakaran atau gempa, evakuasi 2-3 orang kan lebih cepet dan tertib dibandingin 11 orang. Belum lagi urusan klaim asuransi, kan biasanya mereka banyak term and condition nya tuh.
    Gak tau ya ini bener ato gak, tapi saya mikirnya gitu.

  9. Waktu jamannya kuliah sih kita sering banget nginap satu kamar rame2, tp itu kan jamannya masih mahasiswi. Spy murmer gitu, secara biasanya kita travel ke beberapa Negara bagian dan kita singgah di berbagai kota. Jadinya nyaman di kocek gitu lho. Nah kalau udah berkeluarga gini yah kalau mau rame2, kayak waktu ama bonyok dan my sis, kita travel seantero Canada, dari West ke East, kita dua kamar, atau gga kita tinggal di suite room. Atau nyewa villa gitu lho. Krn udah pasti bonyok harus nyaman biar bias istirahat. Kalau gw sendiri, skrg kan sering juga tuh nginap ama temen cewe, ke konser2nya RS di luar kota, kita gga mau satu kamar banyak2, Selalu ber4 meski temen yg nyebelin satu itu suka banget ngundang orang tambahan biar biaya kita lebih murah tp malah jadi gga bias itdur, Makanya skrg tuh orang udah gga satu group ama kita, kita malah lebih nyaman. Thn depan acaranya RS di Club Med, kita bakalan satu kamar bertiga, Malahan barusan gw ama 2 temen ini rencana mau ngapain aja nanti, wah bakalan seru deh sb kita bakalan ngedecor pintu kamar (pintu luar), buahahaha

  10. Ini masih ada hubungannya sama postingannya Emmy yang tentang “sendirian” imho. Pada dasarnya orang Indonesia sukanya “rame2”.

    Jaman dulu pas kuliah sering juga nginep rame2, tapi kita bukan nginep di hotel tapi nginep di villa di gunung sambil nyari adem, sewa villa yang emang kamarnya banyak (terus pake bunk bed) trus yang pergi emang banyak dari satu jurusan. Nah buat itu baru cucok rame2, semua dapet jatah kasur satu2 biarpun perginya rame2.

  11. Jangankan di hotel mbak, di kost aja tidurnya rame2 πŸ˜† paling banyak 5org sih ga lebih, itupun buat 2 malam aja..
    Kalo jalan2 sama keluarga besar ya tidurnya pake 2kmr connecting door, kalo sm keluarga sendiri yo weis pake 1 kamar aja xixixi

  12. Hehe itu indo banget ya… kalo sekamar rame2 gitu… Tapi kalo 11 orang sih itu kebangetan ya… Hehe… Biasanya aku sih max. 4 orang gitu sekamar. Btw sebenernya boleh nggak sih sama pihak hotelnya?? Kalo aku nyewa 1 kamar buat 2 orang tapi malah diisi sama 4 orang??

  13. Kalo travelling mah harus dipikirin istirahatnya juga ya Non, gak bisa cuma mikirin budget-nya doang. Kalau budget terbatas ya nyari penginapan yang lebih murah lah. Kalau budget terbatas tapi maunya mewah ya jadinya gitu deh, haha πŸ˜† , jatuhnya istirahatnya gak maksimal juga πŸ˜€ .

    Eh tapi kalo buat seru2an aja sih mungkin seru ya, haha…

    Btw, tapi Non, denger2 kamar di Marina Bay Sands itu kan memang gedeeee banget, hahaha πŸ˜† .

  14. jaman kuliah uang jajan pas2an, udah jarang tidur rame2 sempit2an gitu. pas rombongan jalan ke jogja atau bandung, disana kan banyak hostel/guest house murah. yg 50rbuan gitu semalem, kamarnya besar ada 5 kasur, satu kamar mandi dalam. mendingan gitu deh, klo ada yg murah dan nyaman kenapa nyiksa diri. apalagi kita jalannya naik bis. pada crancky dah klo istirahatnya nggak bener. hahaha.

    pas udah kerja skr, klo nyari hotel cuma yg hotel budget gitu, krn disini kita tiga bersaudara jadi nanggung klo ambil dua kamar, jadi tidur bertiga satu kamar. itu udah pas bgt dah.

    ohya klo rame2 gitu kepikiran kamar mandinya, cuma 1 tapi diantriin orang banyak kan males ya jadinya harus mulai mandi dan siap2 dari pagi banget. apalagi klo jadwal jalan2nya padet atau ada kondangan. mending dipikir2 lagi deh tidur sempit2an. hehe.

    • aku setuju banget ama kamu, biarpun murah tapi kalau tidurnya enak lebih nyaman kan. Soalnya kalau traveling itu kan badan kita capek banget. aku sampe sekarang masih mending nginep di hotel budget daripada maksain hotel mahal tapi gak nyaman istirahatnya

  15. biar yang stay tetap nyaman…. πŸ™‚
    disini juga ada yang sering begitu.. 1 kamar mau inep rame2.. mending ya ambil kamar gede, ini ambil kamar paling rendah, dan diisi rame2… gw yang stress mikirin, cara tidur gimana. dan bener kata mba, anak hk besoknya ngelapor.. berantakannn banget.. sekarang ga mau lage, lebih dari 2 orang, chargeeeee hehehe πŸ™‚ tapi biasanya suka pinter sich, masuknya ga barengan.. tau2 di kamar udah banyak orang aje.. hehee πŸ™‚ rese emang, tapi ya apa boleh buat.

  16. Nginep rame rame emang seru, tai aku sih maksimal 4 orang lah satu kamar. Selain gak nyaman, kayaknya merugikan hotelnya gak sih kalo akomodasi 2 orang di isi lebih dari itu

  17. Sukaaa… Pas di asrama, walau ada banyak kamar ttp milih sekamar dan diisi 7 orang.. Haha *krn banyak cerita horor jg di asrama siiih*
    Trus nginep di hotel walau dpt jatahnya bbrp kamar, pasti numplek di satu kamar..

  18. Nginep rame-rame di hotel, pernah tuh pas travel dan ketemuan sama teman-teman lama. Cuma tiga orang sih tapi ramenya gak ketulungan. Habis itu belum pernah lagi.

    Enaknya ya seru…. Asal ada 1 queen bed + 1 super single bed insya allah nyaman.

  19. Biar nyaman non tidurnya.. Karna kalau udah keramean selain takutnya bisa mengganggu penghuni lain tapi juga kan tidurnya jadi ga enak. Aku blm perna tidur di bathtub sih ga kebayang. Hahaha. Dulu juga pernah sih nginep rame2 tapi tempatnya mirip apt gitu jadi ada beberapa kamar, ya walaupun 1 ranjang single tetep diisi sama 2 orang tapi seru kalo buat ngumpul2 πŸ˜€

  20. busett itu yg satu kamar diisi 11-13 orang gimana cobak tidurnya pasti berisik dan sempit banget…
    trs itu mantan bos lumayan pedit jg yak, satu kkamar diisi 5 orang
    eh tapi bentar ortu jg suka gtu dulu hihi..jadi no komen deh πŸ˜›
    eh klo di jepang kan hotel diisi lebih dari 4 orang suruh bayar lagi bukannya ya πŸ˜€

    • tiudrnya yah dempet2an kayaknya haha. mungkin seneng2 aja kalau rame2 ya hehe.
      kalau di Jepang, ada banyak hotel juga kan yang diitung sama mereka. lebih dari 2 orang juga susah karena kamarnya sempit2

  21. Mba nonik.. lama ga mampir saya. Hihi. Br smpet blogging lg. Wew, 11 orang itu bs tidur apa duduk y? Hahaha. Klo mnrtku sih slain nyaman dan utk bisnis, hotel kn mmg kamar kcuali apartment bs dtmpati bnyk manusia krn ga cm 1 kamar.

  22. Kami sih palingan pake ekstra bed dan kalo emang ramean kayak 5 oorang, bakalan buka satu kamar lagi aja Mba. Ga nyucuk *istilah suroboyoannya* dari harga yang dibayar sama kenyamanan dan kualitas istirahat. Emang bener kok mending turunin kelas hotel daripada maksa dan menderita. πŸ˜€

  23. buset, 1 kamar isi 11 orang mbak.. itu gimana tidurnya ya..berasa pepes deh..hahaha
    ngomong-ngomong mbak, bukannya dari pihak hotel ada ketentuannya ya? gimana cara mereka masuknya kalo rombongan gitu, sementara cuma nyewa 1 kamar mbak? *asli saya bingung..hahaha

  24. Paling anti nginep rame2 yang di luar batas ketentuan hotel. Dan semua hotel harusnya tegas soal denda maximum occupancy. Nginepnya boleh tidur di sofa atau di karpet. Tapi apa nggak mikir pemakaian airnya juga itu kan ngga bisa seenaknya.

  25. di Aston Bandung, kl pas check out posisi kasur ada di bawah, ada dendanya loh kak, tp lupa berapa πŸ˜€ Kl kita sekeluarga sih biasa jg nginap rame2, tp paling enggak 2 kamarlah, 1 buat cewek2, 1 buat cowok2 πŸ˜€

    tapi setelah nikah, kayaknya suamiku gak bakal mau disuruh rame2 gt, soalnya dia paling mengutamakan kenyamanan saat tidur, soalnya dia cranky parah kl kurang tidur, aku yg ngeliat dia gak mood bisa ketularan loh jadi bad mood πŸ˜€

  26. Gw paling ga bisa Non nginep berbanyak gitu.. Kalau toh mereka mo umpel2an disatu kasur gw pasti ambil extra bed trus tidur sendiri dibawah.. Paling banyak tidur sekasur ber3 dihomestay.. itu pun krn emang kasur nya guede bgt.. :p

  27. Kalo aku sih setuju aja sis buat hemat, tapi maka 4-5 org aja deh .. Tiga di di kasur King size, satu lagi ex travel.. Kbetulan lmau nginep rame2 sekeluarga satu kamar acara adik wisuda, klrga aku sih cm 4 org sis.. Mgkin mau beli kasur angin aja nanti kalo kasurx gbs ditarik hhaha.. Gt dlu yaa, mu nyari strategi buat masuk hotelx dlu satu satu, siapa yg dluan πŸ˜€

  28. aku mau nanya deh, emang beneran boleh ya satu kamar isi lebih dari 2 orang? aku rencana mau isi 7 orang. boleh gak ya, hehe agak takut soalnya. thanks sharingnya btw hehe.

  29. Aku jg pernah nginep dalam satu kamar kita ada 23 orng. Dan emang bener, tuh kamar udah kayak kapal pecah beneran. Tp seru banget hahahhah

  30. Aku jg pernah nginep ampe 13 orng dalam satu kamar dan beneran kamar emang udah kayak kapal pecah. Tp seru banget hahahhah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s