Jangan ke Desa Kokokan Bali


Desa Kokokan Ubud
Desa Kokokan Ubud

Judulnya ikut-ikutan travel blogger keren hahaha. Aslinya sih beda, malah kalau ke Bali terutama Ubud coba deh sempatkan ketempat ini.

Saya datang ke desa Kokokan ini tahun 2013 lalu (awal tahun). Ini trip saya terakhir kali ke Bali sejak saya pindah ke Medan. Jadi setelah operasi saya putuskan untuk beberapa minggu diBali. Seru sih, karena emang hanya santai-santai dengan Epi temen saya sampai suatu hari kita pikir kayaknya harus agak keluar dari Ubud deh. Gak usah jauh-jauh hehe. Ketemuanya si Desa Kokokan ini.

Apa sih istimewanya desa Kokokan?

Nah, didesa ini kita bisa ngeliat burung bangau atauΒ little egret (Egrentta garzetta) yang setiap petang kembali ke pohon-pohon disekitar desa. Banyaknya bukan main loh.

Desanya sendiri cukup sepi, hijau, masih banyak sawah, ada beberapa pengerajin ukir/kayu. Yah tipikal desa diUbud lah. Bedanya cuman burung-burung yang setiap sore pulang kepohon-pohon disekitar desa ini.

Ketika kita tiba didesa ini kebetulan hujan sehingga agak sulit untuk berjalan kaki melihat burung. Saya menggunakan payung dan Epi temen saya pakai rain coat yang akhirnya dipenuhi dengan kotoran burung haha. Kesian dia πŸ™‚

k15

Burung yang saya lihat sebenarnya burung Bangau. Kalau di Medan bisa dilihat diCemara Asri. Di Bali burung ini dinamakan burung Kokokan. Sehingga desa Petula ini terkadang dipanggil desa Kokokan juga. Jumlah burungnya sendiri ribuan kayaknya. Hampir disetiap pohon dipenuhi oleh mereka. Jangan ditanya jalanan dibawah pohon ya hehe.

Masyarakat BaliΒ meyakini burung-burung ini sebagai pengawal Dewa Ida Bharata. Itu sebabnya burung kokokan sangat dihormati, sehingga tak ada yang beraniΒ  mengganggu keberadaannya. Apalagi memanfaatkannya sebagai komoditi makanan atau hewan piaraan. Bagus juga sih idenya, kesian juga kalau diburu.

Menurut cerita, burung Kokokan pertama kali datang di desa Petulu pada tahun 1965. Setelah kedatangan mereka, warga menggelar upacara adat di pura. Mereka meyakini burung-burung ini adalah kiriman dewata. Untuk itulah harus diadakan upacara. Setelah diadakan upacara malah semakin banyak burung kokokan yang datang atau berimigrasi di desa Petulu.

aktivitas melihat burung Kokokan sebaiknya dilakukan dipagi hari ketika mereka terbang untuk mencari makan dan meninggalkan pohon atau sore hari ketika mereka kembali ke pohon. Kita bisa menyewa sepeda sambil berkeliling desa, mampir diwarung kecil atau hanya berjalan kaki. Sesekali akan ada bulu-bulu burung yang terlepas mengenai kita atau kotoran burung hihihi.

Jadi jangan cuman sekali datang kedesa ini hehe, soalnya penduduk setempat menyewakan pondok ditengah sawah, teropong bahkan buku untuk wisatawan yang memang ingin tahu lebih banyak mengenai si bangau ini. Menarik kan πŸ™‚

Ada yang tertarik untuk melihat burung Kokokan di Bali?

Burung Kokokan Ubud Bali
Burung Kokokan Ubud Bali
Burung Kokokan Ubud Bali
Burung Kokokan Ubud Bali
Burung Kokokan Ubud Bali Desa Petula
Burung Kokokan Ubud Bali
Desa Petula
Desa Petula
Desa Petula
Burung Kokokan Ubud Bali
Burung Kokokan Ubud Bali
Burung Kokokan Ubud Bali
Burung Kokokan Ubud Bali
Burung Kokokan Ubud Bali
Burung Kokokan Ubud Bali
Burung Kokokan Ubud Bali
Burung Kokokan Ubud Bali
Desa Petula
Desa Petula
Desa Petula
Desa Petula
Burung Kokokan Ubud Bali
Burung Kokokan Ubud Bali

 

 

 

Advertisements

56 comments

  1. Banyak anjing liarnya juga nggak Mba di kokokan, satu hal yang kadang malas jalan kaki atau naik sepeda di bali itu karena banyak anjing liarnya kalau di desa-desa.

  2. Awalnya aku kira bangau yang gede, yang kalo di kartun-kartun jadi pengantar bayi ke rumah-rumah hehehe. Serem juga kalo bangau gede-gede gitu ribuan jumlahnya. Ternyata jenis yang lebih kecil ya ^^

  3. Aku dah pernah baru aja tuh kemarin Januari waktu diundang ke Bali sama salah satu telc 4G itu diajak ke desa kokokan ini, aku sih to be honest ngga suka karena bau, banyak eek dan bulu burung, jadi aku bersin melulu alergi kayaknya…hiks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s