Liburan Ke Kazakstan & Uzbekistan dengan Java Mifi


Akhirnya liburan lagi setelah cukup lama kalau bepergian hanya mudik ke US atau Penang Malaysia untuk medical trip. Jadi perjalanan kali ini tentu saja sangat dinantikan apalagi perginya ke negara2 yang selama ini tiket pesawatnya mahal banget dan agak kurang familiar untuk kita.

Saking kurang familiarnya, saya agak khawatir soal internet yang bisa dipakai di sana. Sebenarnya bisa aja sih, ganti sim lokal atau pakai paket roaming dari provider yang saya gunakan di Medan. Tadinya rencananya seperti itu tapi inget perjalanan ke Turki dan US sebelum covid yang cukup lancar dengan Java Mifi akhirnya saya putuskan untuk nyoba paket Java Mifi lagi aja.

So, karena dari Medan, saya sudah order 2 minggu sebelum pergi. Portable wifi ini nantinya akan dikirim dari Jakarta jadi emang harus pesan dulu. Kalau kamu di Jakarta kayaknya bisa langsung ambil di bandara aja. Lebih mudah ya. 2 hari sebelum berangkat portable wifinya sudah tiba di Medan dengan selamat.

Tip : pastikan selalu videoin paket sewaktu unboxing supaya kalau ada apa2 ada buktinya. Soalnya harga portable wifi ini cukup mahal yaitu Rp 2 juta. Jadi better safe than sorry, ya.

Kami mulai gunakan wifinya di Kuala Lumpur. Hampir tidak ada masalah sebenarnya walau tidak terlalu cepat. Sayangnya saya gak sempet cek speed internet karena kami hanya transit 1 malam plus untuk Gps dan pesan Grab hampir gak ada kendala.

Setibanya di Almaty Kazakstan, kami langsung coba nyalakan di bandara. Sebenarnya tetep harus beli sim lokal untuk keperluan sign in Yandex (Grab di Kazakstan dan Uzbekistan). Butuh waktu sekitar 7-10 menit sampai terkoneksi dengan provider setempat. Beberapa kali saya lihat providernya yg muncul di wifi adalah Beeline.

JavaMifi ini sebenarnya membantu banget sih untuk perjalanan dengan beberapa orang karena bisa dipakai utk beberapa device. Kami kebetulan hanya berdua dan perlu banget internet untuk GPs serta peta selama di perjalanan. Kalau untuk hiburan seperti nonton Tiktok dan Instagram biasanya hanya digunakan malam hari.

Selama 14 hari perjalanan yah cukup lancar. Kalau ada masalah hanya perlu hub call centrenya nanti langsung dibantu. Kalau ada lelet mungkin ditanyakan langsung pas hub call centre mungkin butuh top up hehe.

Di negara2 stan sebenarnya internet cukup bagus. Ada provider juga yang sudah memiliki 5G. Jadi mungkin ngaruh juga ke JavaMifi yang bekerjasama dengan provider lokal.

Lalu kalau mau pesan Java Mifi sebagai Global Travel Wifi International kalian bisa lihat di sini.

Jadi kalau mau pergi liburan ke Kazakstan yang negaranya itu dikelilingi pegunungan atau Uzbekistan yang hampir seluruh negaranya gurun cobain deh si Java Mifi supaya travelingnya juga makin nyaman.

One comment

Leave a comment