Transportasi Ke Danau Toba dan Berastagi Dari Medan


How to get to Lake Toba and Berastagi from Medan 🙂

pic pinjem dari babyoye.com
pic pinjem dari babyoye.com

Belakangan ini saya lumayan banyak ( cie….cie….) dapat email dari traveler yang berniat bepergian ke Berastagi dan Danau Toba. Sejujurnya saya tidak punya banyak pengalaman dengan model-model transportasi umum ke dua daerah ini. Selama ini pilihan saya selain bawa mobil sendiri pasti naik travel hehe. Malahan kalau ke Danau TOba dengan Matt kita berdua males bawa mobil karena gak suka nyetir sehingga selalu naik travel.

Travel di beberapa tempat di Indonesia adalah istilah transportasi umum yang biasanya berupa mobil minibus seperti Avanza, Zenia atau Inova. Kadang2 dapet mobil lain sih yang lebih “begitu deh” . Saya pernah naik mobil AVP tanpa AC ber4 dengan bule Belanda, pernah juga ber7 ( selain supir) dan pernah juga hanya ber2 hehe.

Oklah….kan tadi ceritanya mau kasih info sebaiknya ambil transportasi yang mana ya kan 🙂

Pertama yang kita bahas adalah transportasi ke Berastagi.

pic pinjem dari ndahsaja.com
pic pinjem dari ndahsaja.com

Medan – Berastagi sebenarnya sih gak jauh-jauh banget, kayaknya kurang dari 66 KM deh, seharusnya dengan jarak sejauh itu, jarak tempuh bisa sekitar 1,5 jam aja. Masalahnya di daerah Pancur Batu ada pasar tumpah yang bikin macet. Belon lagi kalau ada kecelakaan, pohon tumbang, anjing ditabrak, longsor atau truk dengan bawaan super berat yang jalannya lambat banget. Karena jalan ke Berastagi berkelok-kelok jadi cukup sulit untuk nyalip kendaraan di depan kita kecuali kita naik bus Sinabung hahaha.

Pilihan transportasi :

01. Rental Mobil

Ini pilihan paling nyaman, enak dan tentu aja sedikit lebih mahal. Ada banyak rental mobil di Medan yang bisa kita sewa. Salah satunya adalah REntal Mobil Abadi. Kalian bisa hubungi Pak Iwan di no 061 8215408/08126072172. Mobil yang tersedia Avanza, Zenia dan Inova. Kalau nyewa mobil enaknya sih bisa berhenti dimana-mana sepanjang jalan. Bisa foto-foto, bisa berhenti nyobain kuliner terutama BPK ( babi panggang karo buat yang boleh makan babi ) dll.

02. Bus

Saya sih sebenarnya gak pernah rekomendasi naik bus ke Berastagi hehe. Saya nyoba naik bisa ke Berastagi zaman SMA dulu waktu bolos sekolah. Bus ke Berastagi ada beberapa sih, salah satunya adalah SINABUNG. Bus ini walau jalan dijalan yang berkelok-kelok tapi nekat melaju kencang. Siapkan nyawa cadangan deh hahaha.

Untuk mendapatkan bus Sinabung atau Bus lainnya bisa langsung ke daerah Padang Bulan/Pinang Baris. Nanti minta supir angkot/taxi atau becak mesin stop di pangkalan bus ke arah Berastagi. Ada banyak koq 🙂

03. Travel

Ini alternatif lain yang cukup nyaman selain rental mobil. Sampai hari ini ada beberapa travel yang saya tahu melayani rute Medan- Berastagi.

Medan – BErastagi dengan tarif (dulu) 40rb / orang : RAJA TAKSI, PARADEP TAKSI dan MERPATI …bisa naik/dijemput dari bandara KUala Namu untuk langsung menuju BERASTAGI…

telp.: (061)-7333933 /(061)-7333944 handphone : 085358279333

Untuk PARADEP TAKSI dan MERPATI TAKSI
PARADEP TAKSI : (061 ) 735 8635
MERPATI TAKSI : 081376350301 atau 081262054

Transportasi Medan – Danau Toba

Jarak Medan – Danau Toba sekitar 177 KM. Jarak segini ini harus ditempuh 5-7 jam loh hahaha. Gilaaaa ya. Soalnya jalur Medan – Toba harus ngelewatin banyak daerah macet gara-gara pasar tumpah atau pusat oleh-oleh. Itu kenapa kalau ada temen yang nanyain 1 atau 2 hari cukup gak ke TOba, saya dengan jahatnya selalu bilang gak cukup 🙂 ya abis dijalannya aja udah lama banget. Sebenarnya sih 1-2 hari bisa-bisa aja main ke TOba tapiiiii belon tentu puas. Kalau sekedar datang dan foto-foto yah bisalah 🙂

01. Rental Mobil

Ini pilihan paling nyaman, enak dan tentu aja sedikit lebih mahal. Ada banyak rental mobil di Medan yang bisa kita sewa. Salah satunya adalah REntal Mobil Abadi. Kalian bisa hubungi Pak Iwan di no 061 8215408/08126072172. Mobil yang tersedia Avanza, Zenia dan Inova. Kalau nyewa mobil enaknya sih bisa berhenti dimana-mana sepanjang jalan.

Medan – Danau Toba ini ngelewatin beberapa daerah yang sebenarnya asik loh. Contohnya di daerah perbaungan ada Pantai Sialang buah yang airnya coklat hehe, lalu di Tebing Tinggi bisa nyobain makan Lemang trus di Pematang Siantar bisa nyobain makan di resto Burung dara yang enak banget plus nyobain warung kopi peranakan dari zaman baheula kok tong ( yg skr nama kok tong udah di beli oleh satu cafe di Jakarta )

02. Pesawat

Yes….dengan pesawat hehe. Nah dari Bandara KUala Namu kalian bisa beli tiket pesawat (Susi Air yg pilotnya bule muda kinyis-kinyis) ke Bandara Silangit. Dari Bandara Silangit nanti bisa naik bis ke Danau Toba sekitar 45 menit – 1 jam. Pilihan ini sih menurut saya gak begitu asik 🙂 udahlah beli tiket pesawatnya mahal ehh harus naik bis/taxi lagi.

03. Kereta Api

Iyaaaa……naik kereta api. Seru yaaa 🙂 tapi sayangnya kereta apinya hanya sampai Pematang Siantar doang hehe. Itu artinya dari Siantar – Danau Toba kalian harus naik bis/taxi lagi sekitar 1 jam 🙂 ini sih gak asik tapi saya sama Matt lagi pengen nyobain sih. Secara dulu tinggal di Jawa bisa naik kereta kemana-mana, jadi pengen nyoba juga naik kereta api ke Siantar. Oya untuk naik kereta kalian bisa langsung beli tiket di stasiun besar kereta api lapangan Merdeka 🙂

04. Dengan Bus

Memez dan Suaminya udah pernah nih nyobain naik bis dan dia bilang kalau mereka cukup suka. Cara naik bisnya gimana 🙂 ini saya kasih contekan walau belon pernah nyoba hahaha.

Bus bisa didapat dari terminal Amplas. Dari airport Kuala Namu bisa naik Damri langsung ke Amplas dengan tiket Rp 10.000 kalau tidak salah. Nanti dari Amplas bisa langsung ambil bus ke Perapat. Sekedar Info aja berhati2lah ketika di terminal, soalnya ada banyak banget copet hehe. Oya jangan lupa dari Perapat harus naik angkot lagi ke pelabuhan Tiga Raja untuk mendapatkan ferry, jika kalian berniat menginap di Pulau Samosir.

05. Dengan Travel

Saya selama ini selalu naik travel/taxi ( minibus yang dinaiki beramai2) harga tiketnya sekitar Rp 75.000. Malesnya naik taxi ini suka ada pungli aja gitu. Mereka suka bilang jemput kerumah kejauhan dari kantor taxi trus perorang dikenakan Rp 10.000 tapi kadang2 gak ada biaya extra. Lumayan bingung ya hehehe. Udah gitu kadang2 ehh sering sih supirnya itu nyebelin banget. Mulai dari ngerokok, males nyalain ac dengan alasan gak tahan dingin dan macem-macemlah. Cuman yang sesuai budget kita buat ke Toba tanpa bawa mobil sendiri naik travel, ya wis ditahan-tahan aja karena juga paling nyaman hehe. Ini ketiga taxi/travel yang udah pernah saya cobain. Kalau kalian pengen coba, bisa langsung hub no tersebut dan minta mereka jemput di tempat.

Nice Taxi = 061 4558844 / 081264250898

PARADEP TAKSI : (061 ) 735 8635

Bagus Taxi = 081361218903/081280522393

Ok……ini beberapa alternatif yang mungkin bisa kalian coba jika ingin mengunjungi Danau Toba dan Berastagi. Untuk rutenya sengaja saya hanya pilih yang paling singkat. Sebenarnya sih kalau emang pengen lebih menantang mendingan sewa mobil aja dan puterin deh Berastagi – Danau Toba karena kita bakalan dapet pemandangan yang super 🙂

Eh iya sebelum lupa, apapun jenis transportasi yang kalian pilih pastikan tidak salah memilih pelabuhan menuju pulau samosir. Kalau kalian mau membawa mobil ke pulau, harus pilih pelabuhan Ajibata karena ferry untuk mengangkut mobil hanya dari sana sementara jika berniat menginap di Tuk-TUk dan tidak membawa kendaraan bisa langsung ke pelabuhan TIga Raja 🙂

Enjoy

Advertisements

126 comments

  1. Saya skrng di tuktuk. Ada saran ga transportasi tercepat ke bandara kualanamu. Masalahnya saya dapet pesawat jam 2 siang

  2. […] Termasuk kita contact PIC buat sewa mobil di Medan yaitu pak Iwan, rekomendasi dari mba Noni, Pak Iwan di no 061 8215408/08126072172. Karena cuman berdua, kita sewa mobil Avanza, tarif per mobil per harinya 450ribu (supir dan […]

  3. aku ada rencana ke Toba pertengahan tahun, keinget pernah baca info sewa mobil di Medan, minggu kemarin ngubek2 posting2annya Kak Noni di header Medan, ga nemu2 donk.

    Hari ini googling dan post yg paling atas dr nyonya sepatu..hehee..akhirnya nemu jg ini info sewa nya…thanks Kak 😀

  4. infonya cukup bagus, terutama bagi orang yang belum tahu wilayah SUMUT, saya sendiri tidak terlalu paham meskipun saya orang Medan, teman saya mau ke Berastagi dan Danau Toba, makanya saya cari info.

  5. Mba Noni….dari ketiga travel yang pernah di coba yang reccomended yg mana mba? Besok aku mau ke samosir nginep di Tabo…mohon pencerahannya mbaa….

  6. Mba Noni, skrg saya lagi di medan nih.. trs ada rencana mau jalan ke toba, trs nemu travel Toba Transporter, yah rute sih 2hari di samosir 1 hari berastagi, habis itu airport kualanamu, tapiiiii… diceramahin habis2an nih sama ortu, soalnya bawa anak juga masi umur 2 taun, mnurut mba noni gimana ya? Mending pegi apa ga ya? Pengen tapi takut juga nih… minta masukkan donk.. thanks

  7. salam kenal mbak. menurut 1 wisman skarang ada bus yang langsung dari bandara kno ke parapat. yang ane tau bus paradep hanya ke pematang siantar?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s