Yang Harus Diketahui Di Medan :)


Image

Medan itu bukan sekedar durian loh πŸ™‚ ampe berbusa-busa saya ngomong gini tapi tetap dong orang kalo datang ke Medan pasti nyari durian hahaha. Menurut temen-temen saya yang suka makan durian, emang durian Medan itu rasanya beda. Lebih manis, legit walo lebih kecil ukurannya dari durian Bangkok.

OKlah…gak usah bahas durian ya πŸ™‚ saya cuman mau posting apa-apa aja sih di Medan yang harus kamu tahu sebelum visit kesini πŸ™‚ ini saya posting gara-gara kemaren mosting foto pasar ikan asin dan suami temen saya nanya dong apa arti pajak di Medan hahaha?

01. Pajak = Pasar

Yep…..di Medan biasanya kita menyebutkan pajak sebagai pasar. Jadi gak ada tuh pasar pagi, pasar Petisah dll yang ada adalah pajak pagi, pajak petisah dll

02. Kereta = Motor

Setelah gak ada pasar, sekarang diMedan juga gak ada motor. Jadi kalo kita nyebut motor itu bisa aja artinya mobil. Orang-orang di MEdan biasa menyebutkan kereta untuk motor atau honda untuk semua jenis kendaraan roda 2.

03. Kamus Bahasa Medan ( saya dapat dari blog ini, jadi klik aja ya )

Alif Cendong = nama permainan
Anggar (jago) = sok jago
Atrek / Atret = mundur

B
Babon = besar
Pengecut = penakut
Bagudung = tikus tanah
Bante = maksudnya bantai
B1 = Biang
B2 = Babi
Bintilan
BPK = Babi Panggang Karo
Buat dasar = penglaris

bonbon = permen

bodat = monyet ( makian ala medan )

C
Caper = main guli
Ceret = tempat air dari aluminium, teko besar
Cincai = bisa diatur (“Urusan ini cincai ajalah kita”)
Cengkunek = tingkah (Banyak cengkunek kau ini)
Cuak = penakut

D
Delo = pincang

E
Eceknya = pura-puranya
Enceng = berhenti (encenglah ya, udah capek aku ini)

G
Gumarapus = merujuk tokoh komik di harian Waspada, ditujukan pada orang yang gayanya sembrono, slenge’an
Gacok / Gacuk = benda yang diandalkan dalam permainan (gacuk dalam permainan adu gambar, kuaci, dll.)
Gelek = julukan orang yang matanya setengah redup, biasanya karena menggunakan narkoba / mabuk
Getek = tukang goda perempuan / anak gadis (abang itu getek kali, sebal aku)
Gelasan = benang untuk adu layangan, biasanya dicampur dengan ramuan khusus karet plus beling dihaluskan
Goplah = adu kartu

J
Jaga telor = julukan bagi orang yang bermain (petak umpet, dsb) yang bertugas mencari pemain lain tetapi takut meninggalkan posnya (ada lagunya: “Orangnya jaga telooor, midee, midee ….”)
Jangek = jangat, kulit.Β Kerupuk jangek = kerupuk kulit
Jengat = jungkit (sepedaku dinaikin bertiga, bannya sampai jengat ke ata

K
Kiyam = Kaki ayam (main bola tanpa sepatu)
Keling bangking = ejekan untuk orang yang hitam
Kerkok = tongos

Kerabu = Giwang

L
Lancau = umpatan kotor dari bahasa Cina

M
Minyak lampu = minyak tanah
Minyak makan = minyak goreng
Molong = Sodomi

mentel = genit

N
Ngemop = menyudutkan seseorang dengan kata-kata (Si Awang kalau udah ngemop tak berkutik kawan tu)

O
Ombus-ombus = makanan jajanan khas di Tapanuli, dibungkus daun, rasanya legit, dan makannya harus dihembus karena panas.
Ontok = stop

P
Patok lele = permainan memakai dua kayu ukuran panjang-pendek, dimainkan per tim.
Panglong = toko material bangunan
Pak Tuntung = merujuk tokoh di harian analisa, buat orang yang lugu agak-agak bodoh, gitu
Pekong = maksudnya tapekong, tempat sembahyang orang Tionghoa / Cina
Piul = sama dengan ulok
Pincuk = orang arab

R
Recok = ribut

S
Santing = tinggal sedikit, kritis (jangan kau minta lagi rokokku, udah santing ni
seee, seee … = maksudnya ciee … cieeee (ungkapan mengolok orang yang baru dapat atau melakukan sesuatu)
Sekutil = maksudnya sedikit sekali
Miring = gila
Sendaren = layangan betina, yang besar, pakai surai panjang.Β Tidak untuk diadu.
Setrap = dihukum berdiri di depan kelas
Sut = suitan, adu menentukan pemenang dengan kode tangan
Suar-sair = merujuk tokoh komik di koran SIB, untuk orang yang-maaf-agak kampungan

T

Tak bisa bilang pisang = tidak bisa bicara apa-apa lagi, terdiam
Tam-tam buku = nama permainan anak-anak
Taptu = acara jalan malam mengarak obor, biasanya saat tujuh belasan dan hari besar lainnya
Teh tong = teh tanpa gula
Teh kosong = idem

04. Bukan Semua Orang Batak

Setiap kali saya bilang, saya dari Medan pasti rame2 yang jumpa saya ngomong ” horas atau apa margamu ina?” well….memang Batak adalah suku yang paling populer di Medan tapiiiii sebenarnya ada banyak sekali suku lain di kota Medan. Bahkan kalau saya tidak salah penduduk Medan yang paling banyak adalah suku Jawa yang kebetulan lahir di Medan/Sumut. Jadi ada orang apa aja di Medan? wahh…..semua ada dong hahaha. Suku paling mayoritas ya Batak ( yg terdiri dari karo, sibolga, tapsel dll ), Jadel ( jawa deli ), Melayu, CIna, India dan masih banyak lagi πŸ™‚

05. Medan Panas

Yep…..cuaca di Medan panas banget. Setiap harinya antara 30-35 derajat celcius aja loh. MInggu lalu bibir saya sampai pecah-pecah sangking panasnya di Medan padahal kan udah minum banyak banget.

06. Belanja

Karena inget komennya mba TIn mengenai sodaranya yang kesulitan mencari daging babi di pasar yg proper. OK….di Medan ada banyak sekali pasar traditional. Biasanya cenderung becek dan bauk plus suka banyak copet hehe.

Saya dan Matt cuman mau ke pasar di kampung keling atau pajak sambas ( lupaaa kalo pasar disini dipanggil pajak ). Disini pasarnya lumayan enak dan sayur-sayuran atau daging yang dijual juga bagus-bagus. Untuk pasar di kampung keling kita suka belanja karena both of us kegilaan sama masakan india, jadi….dimanalah dapat semua2 tentang india selain di pajak kampung keling ( liat dong namanyaaaa πŸ™‚ )

Sedangkan ibu saya paling suka belanja ke pasar petisah atau pasar pagi deket rumah kita πŸ™‚

07. Furniture

Nah…kalau mau belanja furniture nih tricky banget yaa hahaha. Abis salah2 dapet kemahalan, kalo mau beli di Ace Hardware koq yahh mahal. Kalau mau cari furniture ada beberapa tempat di Medan :

Sepanjang jalan Palang Merah

DI pasar Petisah ada beberapa toko furniture

Di jalan setia budi ada toko furniture juga sebangsa modiste

DI Griya juga ada FO Furniture tapi pas saya cek koq yang dijual ala kursi2 bangsawan gitu

Di jl. Gatot Subroto πŸ™‚

Sementara untuk furniture Jati bekas yang udah saya beli dan coba ada di :

jl. Bunga asoka, Medan

Jl. Setia Budi Medan

ada beberapa tempat lagi tapi gak tau nama jalannya huhuhu

08. Salon Enak, Spa, Waxing dll

Bah…..ini yang saya lagi pusing nyarinya. DI jalan setia budi dan di ruko ada beberapa yang lumayan bagus, tapi pas saya kesana koq mba2nya suka pas ngerembath itu pake kuku. Aku benciiiii pas dikasih tau, tetap ajaaaa balik lagi pake kuku.

Jadi yang ini masih trial and error sih. Kalo misalnya pengen banget bisa coba salon Anna sui di komp setia budi. INi salon langganan saya dulu, cuman setelah pindah males kesini karenaaa agak mahal dia sekarang hihihi.

09. Rental MObil DI Medan

Kalau mau rental mobil di medan bisa hubungi bapak Iwan di no 061 8215408 / 08126072172. Mobilnya bersih dan supirnya baik-baik πŸ™‚ biasanya mobil yang di rental Avanza atau Innova.

10. Rental Motor

Nah yang ini sebenarnya saya gak pernah tau tapi kemaren di FB-nya komunitas expat dimedan, ada yg ngiklanin rental motor hehe. Hub bapak Hengky di no 08126033588

11. Titi = Jembatan

Nah…kalau lagi di Medan trus pengen nanya jalan dan orang yg jelasin semisal ngomong begini ” gedungnya setelah titi yang di ujung sana ya” itu maksutnya adalah gedung itu setelah jembatan. Orang Medan menyebut jembatan dengan titi. Sayapun baru sadar hari ini setelah ngomong di telp dengan ayah saya nanya arah ke bengkel. Saya masih gak ngeh dia ngomong apa sampai pas nutup telp trus inget2. Beuh…baru 7 taon di Surabaya koq yah bisa saya lupa ngomong titi hahaha.

12. Cepek, Limpul, Gocap dll

Saya sebenarnya gak jago2 banget sih kalo udah ngomong gini haha. Jadi kalo lagi tawar2an harga, biasanya di Medan suka banget pake kata2 itu. ini sih dari bahasa hokien sebenarnya. Kalo pengen tau lebih banyak, liat dibawah ini ya πŸ™‚ saya nemu dari blog mas Ikman ini ( thanks mas ).

cepek = 100

limpul = 50

gocap = 50

ANGKA DALAM BAHASA HOKIEN

1 = it
2 = Ji/No (spesial untuk ratusan/ribuan/puluh ribuan/jutaan)

3 = sa
4 = si
5 = go
6 = lak
7 = cit
8 = pek
9 = kau
10= cap

11 = cap it
12 = cap ji
13 = cap sa
14 = cap si
15 = cap go
16 = cap lak
17 = cap cit
18 = cap pek
19 = cap kau
20 = ji cap
21 = ji cap it
22 = ji cap ji
23 = ji cap sa
24 = Ji cap si

25 = ji go
50 = go cap

60 = lak cap
70 = cit cap
80 = pek cap
90 = kau cap

Dulu masih ada 25/50 perak (rupiah) = tun

Rp 5 = go tun
R0 10 = cap tun
Rp 25 = ji go tun
Rp 50 = go cap tun
Rp 100 = ce pek tun

RATUS = Pek

100 = Ce pek
150 = pek go
200 = no pek
250 = no pek go
300 = sa pek
400 = si pek
500 = go pek
600 = lak pek
700 = cit pek
800 = pek pa tun
900 = kau pek

RIBUAN = Ceng

1000 = seceng, secengan = ribuan
1500 = ceng go
2000 = no ceng
2500 = no ceng go
3000 = sa ceng
4000 = si ceng
5000 = go ceng
6000 = lak ceng
7000 = cit ceng
8000 = pek ceng
9000 = kau ceng

10 ribu = ceban, 10.000an = cebanan
15 ribu = ban go
20 ribu = no ban
25 ribu = no ban go
30 ribu = sa ban
35 ribu = sa ban go
40 ribu = si ban
45 ribu = si ban go
50 ribu = go ban
60 ribu = lak ban
70 ribu = cit ban
80 ribu = pek ban
90 ribu = kau pan

100 rb = ce pek ceng
125 rb = pek ji go (umumnya org ngerti itu u/ 125 ribu)
110 ribu = pek it
120 ribu = pek ji
130 rbiu = pek sa
140 ribu = pek si
150 ribu = pek go
160 ribu = pek lak
170 ribu = pek cit
180 ribu = pak pek
190 ribu = pek kau
200 rb = nopek ceng
250 rb = nopek go
300 rb = sa pek ceng
350 rb = sa pek go
400 rb = si pek ceng
500 rb = go pek ceng
600 rb = lak pek ceng
700 rb = cit pek ceng
800 rb = pek pak ceng
900 rb = kau pek ceng

JUTA = Tiao

1 juta = ce tiao
1.1 juta = tiao it
1.2 juta = tiao ji
1.3 juta = tiao sa
1.4 juta = tiao si
1.5 juta = tiao puah = sejuta setengah
1.6 juta = tiao lak
1.7 juta = tiao cit
1.8 juta = tiao pek
1.9 juta = tiao kau
2 juta = no tiao
2.1 juta = no tiao it
2.2 juta = no tiao ji
2.3 juta = no tiao sa
2.5 juta = no tiao puah

3 juta = sa tiao
4 juta = si tiao
5 juta = go tiao
6 juta = lak tiao
7 juta = cit tiao
8 juta = pek tiao
9 juta = kau tiao
10 juta = cap tiao

dst … + tiao

50 juta = go cap tiao
100 juta = cepek tiao
500 juta = gopek tiao

Emmmm….apa lagi ya???

Ada yang mau nambahin?

pic pinjem dari tribunnews.com

142 comments

  1. hahahahaha… asli!! lucu nih.. belum lama ini pindah dari medan w jadi ingat nih masa2 tinggal di medan, memang bener..di medan itu (kota medan nya) meskipun banyak orang batak tapi penduduk asli nya bukan orang batak tapi adlh org melayu yg sering disebut melayu deli. dan medan itu multi rasial ada banyak ras suku disana, namun yg umum itu adalah batak, tionghoa, benggali atau tamil (India), jawa (ada istilah PUJAKESUMA singkatan dari Putra Jawa Ke-Lahiran Sumatera), minang.

    meskipun w tionghoa tapi dulu w banyak teman dan banyak bergaul dgn orang batak jadi dialek, bahasa, kata mereka, banyak yang ngerti πŸ™‚ ni awak mo tambahin bbrp kata singkatan, dialeg medan dan orang – orang sumatera utara pada umumnya yg masih fresh dl ingatan,,

    paten = mantap, bagus, oke punya
    pasar = pasar yang dimaksud di pembahasan awal tentang “pajak” diatas sebenarnya masih di pakai sama orang medan namun kata “PASAR” disini artinya jalan ber aspal
    bacol (bukan onani ya) = pengecut, takut
    kali = banget, sangat
    lappet = ombus-ombus atau kata lain dari ombus – ombus yg di bahas diatas
    tungkik = budeg, tuli
    kelen = kalian
    ko (bukan koko) = kamu
    mo = mau
    awak = saya, aku, bisa juga kamu
    kek mana, kekmananya, macam mana, macam mananya = gimana, gimana sih?, bisa juga menanyakan kabar tergantung dilog etc
    anggar = pamer
    intel = singkatan dari indomi telur, mie instan yang dimasak dan di campur dengan telur
    gadong = ubi, singkong
    martabe = kalo ga salah ini pure bhs batak singkatan dari “marsipature hutanabe” ga tau artinya tapi dulu sering dengar ini
    sele-sele = kertas putih, kertas burem, kertas buat corat-coret, memo, kertas yg masih kosong buat menghitung
    BTL = Batak Tembak Langsung, ga tau maksdnya apa

    *******************************************************
    hepeng = uang, duit
    bujang = umpatan kotor ga tau artinya apa
    tolor, telor = telur
    sudako = angkot
    TST = singkatan dari Teh, Susu, Telur.. minuman khas yang biasa disajikan di warung, lesehan, tempat tongkrongan anak muda pinggir jalan waktu malam disepanjang jalanan kota medan…kalo di medan biasa ditemukan di sepanjang daerah Jl. Dr. Mansur, Jl. Puri etc
    kede, kedei = kedai, warung
    paok, penger, longor, dodong = bodoh
    belon = belum
    pesong, senget = gila
    RBT = ojeg, ojek, singkatan dari Rakyat Banting Tulang
    palak (bukan di palak preman, dipajakin, diminta upeti) = emosi, ini ada pantun nya org medan pasti ngerti “uwak-uwak makan salak, palak awak” wkwkwkwkwk
    kompas = di palak, di pajakin, diminta upeti etc
    oppung, opung – oppung, bulang = panggilan utk pria atau wanita batak yang sudah tua,, bisa ditujukan untuk kakek, bisa nenek
    tulang = paman
    inang, inang – inang = ibu-ibu, emak-emak, kalo ga salah bisa juga panggilan ortu ke anak cewek nya
    amang, amang – amang = bapak -bapak, om – om
    dongan = teman
    ngeten (biasa ada di rubrik koran lampu merah medan “P***METRO MEDAN) = ngintip
    toke = boss
    saksang = olahan daging babi, daging babi cincang masakan batak
    pek, apek-apek = panggilan untuk pria tionghoa yang udah tua
    cek, acek – acek = paman
    kong, akong – akong = kakek, panggilan untuk kakek dalam tionghoa
    wak, uwak – uwak = panggilan pria melayu medan paruh baya, biasanya tukang becak, tukang es cendol.. etc

    *****************************************************
    banyak cincong = banyak omong
    besi brani, besi berani = magnet
    cakap = omong, bicara
    parhuta-huta = kampungan
    mandi = singkatan dari manis dingin, es teh manis
    ribak, koyak = sobek
    cindong = permainan hide & see
    berondok = sembunyi
    ommo,, emeee, ee.. tahe, alamak, makjang, alaaaah, bah = terkejut, takjub, astaga, ya ampuun, bisa juga untuk umpatan kalo lagi kesal atau ngambek, merajuk etc
    mentiko, kreak, sengak, petantang – petenteng, petentengan (jgn ampe tekilir lidahnya hahaha) = kata lain dari sok jago, sok jagoan, heboh, belagu etc
    lenggek, telenggek, lenggekan, langgar, belanggar = tabrak, tertabrak, tabrakan etc
    gado, begado (bukan gado-gado ya) = berkelahi, berantem etc
    tunjang, sipak = tendang, ditendang, sepak etc
    tumbuk = tonjok, di tinju, pukul
    cokang = kerja, bekerja
    bokangco = tidak kerja, ga ada kerjaan, nganggur etc
    pigi = pergi
    pijak, tepijak, pijak – pijak = injak, terinjak, injak-injak
    tokok, tekek, toyor = jitak kepala, pukul kepala, kata tokok bisa juga bearti untuk palu
    martil = palu
    kedan = sobat, kawan
    botot = barang bekas
    bontot = bekal makanan
    pipet = sedotan
    ecek-ecek, eceknya, eee..ceknong = pura-pura, bercanda, just kidding πŸ˜€
    pengkor = pincang, lumpuh hanya punya satu kaki, terseok-seok
    jongkek = genit

    ****************************************************
    wayar = kabel
    selop : sendal jepit
    galon : spbu,
    doorsmeer : cuci mobil/kereta
    wayar : kabel, wire
    semalem : kemarin
    nampak = kelihatan
    tengok = lihat
    teler (bukan mabuk) = congek
    lae, lek, lai, lay = sobat, bro, sapaan antara lelaki biasanya antara sesama suku batak tapi ini sudah umum di pakai di suku diluar batak diantara lelaki medan, misalnya : pria tionghoa juga panggil temannya yg orng batak dengan “LAE” , pria melayu – batak, pernah dengar orang-orang di jakarta panggil temannya yg batak dengan “LAE”.. atau dalam bahasa tionghoa kata “LAI” bisa bearti = datang, kemari
    mancis = korek api gas
    bongak = bohong, tipu – tipu
    golek, golek -golek = tiduran
    hopeng = sobat, teman baik dalam bhs tionghoa
    butet = panggilan orang tua untuk bayi perempuan nya yang belum memiliki nama
    ucok = panggilan orang tua untuk bayi lelaki nya yang belum memiliki nama
    kamsia = terimakasih, bahasa tionghoa
    mauliate = terima kasih
    sompel = picak, terpotong sedikit,
    idola = singkatan dari idiot, dongok (bodoh), lawak-lawak hahaha πŸ˜€
    belacan = terasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s