Yang Harus Diketahui Di Medan :)


Image

Medan itu bukan sekedar durian loh ๐Ÿ™‚ ampe berbusa-busa saya ngomong gini tapi tetap dong orang kalo datang ke Medan pasti nyari durian hahaha. Menurut temen-temen saya yang suka makan durian, emang durian Medan itu rasanya beda. Lebih manis, legit walo lebih kecil ukurannya dari durian Bangkok.

OKlah…gak usah bahas durian ya ๐Ÿ™‚ saya cuman mau posting apa-apa aja sih di Medan yang harus kamu tahu sebelum visit kesini ๐Ÿ™‚ ini saya posting gara-gara kemaren mosting foto pasar ikan asin dan suami temen saya nanya dong apa arti pajak di Medan hahaha?

01. Pajak = Pasar

Yep…..di Medan biasanya kita menyebutkan pajak sebagai pasar. Jadi gak ada tuh pasar pagi, pasar Petisah dll yang ada adalah pajak pagi, pajak petisah dll

02. Kereta = Motor

Setelah gak ada pasar, sekarang diMedan juga gak ada motor. Jadi kalo kita nyebut motor itu bisa aja artinya mobil. Orang-orang di MEdan biasa menyebutkan kereta untuk motor atau honda untuk semua jenis kendaraan roda 2.

03. Kamus Bahasa Medan ( saya dapat dari blog ini, jadi klik aja ya )

Alif Cendong = nama permainan
Anggar (jago) = sok jago
Atrek / Atret = mundur

B
Babon = besar
Pengecut = penakut
Bagudung = tikus tanah
Bante = maksudnya bantai
B1 = Biang
B2 = Babi
Bintilan
BPK = Babi Panggang Karo
Buat dasar = penglaris

bonbon = permen

bodat = monyet ( makian ala medan )

C
Caper = main guli
Ceret = tempat air dari aluminium, teko besar
Cincai = bisa diatur (“Urusan ini cincai ajalah kita”)
Cengkunek = tingkah (Banyak cengkunek kau ini)
Cuak = penakut

D
Delo = pincang

E
Eceknya = pura-puranya
Enceng = berhenti (encenglah ya, udah capek aku ini)

G
Gumarapus = merujuk tokoh komik di harian Waspada, ditujukan pada orang yang gayanya sembrono, slenge’an
Gacok / Gacuk = benda yang diandalkan dalam permainan (gacuk dalam permainan adu gambar, kuaci, dll.)
Gelek = julukan orang yang matanya setengah redup, biasanya karena menggunakan narkoba / mabuk
Getek = tukang goda perempuan / anak gadis (abang itu getek kali, sebal aku)
Gelasan = benang untuk adu layangan, biasanya dicampur dengan ramuan khusus karet plus beling dihaluskan
Goplah = adu kartu

J
Jaga telor = julukan bagi orang yang bermain (petak umpet, dsb) yang bertugas mencari pemain lain tetapi takut meninggalkan posnya (ada lagunya: “Orangnya jaga telooor, midee, midee ….”)
Jangek = jangat, kulit.ย Kerupuk jangek = kerupuk kulit
Jengat = jungkit (sepedaku dinaikin bertiga, bannya sampai jengat ke ata

K
Kiyam = Kaki ayam (main bola tanpa sepatu)
Keling bangking = ejekan untuk orang yang hitam
Kerkok = tongos

Kerabu = Giwang

L
Lancau = umpatan kotor dari bahasa Cina

M
Minyak lampu = minyak tanah
Minyak makan = minyak goreng
Molong = Sodomi

mentel = genit

N
Ngemop = menyudutkan seseorang dengan kata-kata (Si Awang kalau udah ngemop tak berkutik kawan tu)

O
Ombus-ombus = makanan jajanan khas di Tapanuli, dibungkus daun, rasanya legit, dan makannya harus dihembus karena panas.
Ontok = stop

P
Patok lele = permainan memakai dua kayu ukuran panjang-pendek, dimainkan per tim.
Panglong = toko material bangunan
Pak Tuntung = merujuk tokoh di harian analisa, buat orang yang lugu agak-agak bodoh, gitu
Pekong = maksudnya tapekong, tempat sembahyang orang Tionghoa / Cina
Piul = sama dengan ulok
Pincuk = orang arab

R
Recok = ribut

S
Santing = tinggal sedikit, kritis (jangan kau minta lagi rokokku, udah santing ni
seee, seee … = maksudnya ciee … cieeee (ungkapan mengolok orang yang baru dapat atau melakukan sesuatu)
Sekutil = maksudnya sedikit sekali
Miring = gila
Sendaren = layangan betina, yang besar, pakai surai panjang.ย Tidak untuk diadu.
Setrap = dihukum berdiri di depan kelas
Sut = suitan, adu menentukan pemenang dengan kode tangan
Suar-sair = merujuk tokoh komik di koran SIB, untuk orang yang-maaf-agak kampungan

T

Tak bisa bilang pisang = tidak bisa bicara apa-apa lagi, terdiam
Tam-tam buku = nama permainan anak-anak
Taptu = acara jalan malam mengarak obor, biasanya saat tujuh belasan dan hari besar lainnya
Teh tong = teh tanpa gula
Teh kosong = idem

04. Bukan Semua Orang Batak

Setiap kali saya bilang, saya dari Medan pasti rame2 yang jumpa saya ngomong ” horas atau apa margamu ina?” well….memang Batak adalah suku yang paling populer di Medan tapiiiii sebenarnya ada banyak sekali suku lain di kota Medan. Bahkan kalau saya tidak salah penduduk Medan yang paling banyak adalah suku Jawa yang kebetulan lahir di Medan/Sumut. Jadi ada orang apa aja di Medan? wahh…..semua ada dong hahaha. Suku paling mayoritas ya Batak ( yg terdiri dari karo, sibolga, tapsel dll ), Jadel ( jawa deli ), Melayu, CIna, India dan masih banyak lagi ๐Ÿ™‚

05. Medan Panas

Yep…..cuaca di Medan panas banget. Setiap harinya antara 30-35 derajat celcius aja loh. MInggu lalu bibir saya sampai pecah-pecah sangking panasnya di Medan padahal kan udah minum banyak banget.

06. Belanja

Karena inget komennya mba TIn mengenai sodaranya yang kesulitan mencari daging babi di pasar yg proper. OK….di Medan ada banyak sekali pasar traditional. Biasanya cenderung becek dan bauk plus suka banyak copet hehe.

Saya dan Matt cuman mau ke pasar di kampung keling atau pajak sambas ( lupaaa kalo pasar disini dipanggil pajak ). Disini pasarnya lumayan enak dan sayur-sayuran atau daging yang dijual juga bagus-bagus. Untuk pasar di kampung keling kita suka belanja karena both of us kegilaan sama masakan india, jadi….dimanalah dapat semua2 tentang india selain di pajak kampung keling ( liat dong namanyaaaa ๐Ÿ™‚ )

Sedangkan ibu saya paling suka belanja ke pasar petisah atau pasar pagi deket rumah kita ๐Ÿ™‚

07. Furniture

Nah…kalau mau belanja furniture nih tricky banget yaa hahaha. Abis salah2 dapet kemahalan, kalo mau beli di Ace Hardware koq yahh mahal. Kalau mau cari furniture ada beberapa tempat di Medan :

Sepanjang jalan Palang Merah

DI pasar Petisah ada beberapa toko furniture

Di jalan setia budi ada toko furniture juga sebangsa modiste

DI Griya juga ada FO Furniture tapi pas saya cek koq yang dijual ala kursi2 bangsawan gitu

Di jl. Gatot Subroto ๐Ÿ™‚

Sementara untuk furniture Jati bekas yang udah saya beli dan coba ada di :

jl. Bunga asoka, Medan

Jl. Setia Budi Medan

ada beberapa tempat lagi tapi gak tau nama jalannya huhuhu

08. Salon Enak, Spa, Waxing dll

Bah…..ini yang saya lagi pusing nyarinya. DI jalan setia budi dan di ruko ada beberapa yang lumayan bagus, tapi pas saya kesana koq mba2nya suka pas ngerembath itu pake kuku. Aku benciiiii pas dikasih tau, tetap ajaaaa balik lagi pake kuku.

Jadi yang ini masih trial and error sih. Kalo misalnya pengen banget bisa coba salon Anna sui di komp setia budi. INi salon langganan saya dulu, cuman setelah pindah males kesini karenaaa agak mahal dia sekarang hihihi.

09. Rental MObil DI Medan

Kalau mau rental mobil di medan bisa hubungi bapak Iwan di no 061 8215408 / 08126072172. Mobilnya bersih dan supirnya baik-baik ๐Ÿ™‚ biasanya mobil yang di rental Avanza atau Innova.

10. Rental Motor

Nah yang ini sebenarnya saya gak pernah tau tapi kemaren di FB-nya komunitas expat dimedan, ada yg ngiklanin rental motor hehe. Hub bapak Hengky di no 08126033588

11. Titi = Jembatan

Nah…kalau lagi di Medan trus pengen nanya jalan dan orang yg jelasin semisal ngomong begini ” gedungnya setelah titi yang di ujung sana ya” itu maksutnya adalah gedung itu setelah jembatan. Orang Medan menyebut jembatan dengan titi. Sayapun baru sadar hari ini setelah ngomong di telp dengan ayah saya nanya arah ke bengkel. Saya masih gak ngeh dia ngomong apa sampai pas nutup telp trus inget2. Beuh…baru 7 taon di Surabaya koq yah bisa saya lupa ngomong titi hahaha.

12. Cepek, Limpul, Gocap dll

Saya sebenarnya gak jago2 banget sih kalo udah ngomong gini haha. Jadi kalo lagi tawar2an harga, biasanya di Medan suka banget pake kata2 itu. ini sih dari bahasa hokien sebenarnya. Kalo pengen tau lebih banyak, liat dibawah ini ya ๐Ÿ™‚ saya nemu dari blog mas Ikman ini ( thanks mas ).

cepek = 100

limpul = 50

gocap = 50

ANGKA DALAM BAHASA HOKIEN

1 = it
2 = Ji/No (spesial untuk ratusan/ribuan/puluh ribuan/jutaan)

3 = sa
4 = si
5 = go
6 = lak
7 = cit
8 = pek
9 = kau
10= cap

11 = cap it
12 = cap ji
13 = cap sa
14 = cap si
15 = cap go
16 = cap lak
17 = cap cit
18 = cap pek
19 = cap kau
20 = ji cap
21 = ji cap it
22 = ji cap ji
23 = ji cap sa
24 = Ji cap si

25 = ji go
50 = go cap

60 = lak cap
70 = cit cap
80 = pek cap
90 = kau cap

Dulu masih ada 25/50 perak (rupiah) = tun

Rp 5 = go tun
R0 10 = cap tun
Rp 25 = ji go tun
Rp 50 = go cap tun
Rp 100 = ce pek tun

RATUS = Pek

100 = Ce pek
150 = pek go
200 = no pek
250 = no pek go
300 = sa pek
400 = si pek
500 = go pek
600 = lak pek
700 = cit pek
800 = pek pa tun
900 = kau pek

RIBUAN = Ceng

1000 = seceng, secengan = ribuan
1500 = ceng go
2000 = no ceng
2500 = no ceng go
3000 = sa ceng
4000 = si ceng
5000 = go ceng
6000 = lak ceng
7000 = cit ceng
8000 = pek ceng
9000 = kau ceng

10 ribu = ceban, 10.000an = cebanan
15 ribu = ban go
20 ribu = no ban
25 ribu = no ban go
30 ribu = sa ban
35 ribu = sa ban go
40 ribu = si ban
45 ribu = si ban go
50 ribu = go ban
60 ribu = lak ban
70 ribu = cit ban
80 ribu = pek ban
90 ribu = kau pan

100 rb = ce pek ceng
125 rb = pek ji go (umumnya org ngerti itu u/ 125 ribu)
110 ribu = pek it
120 ribu = pek ji
130 rbiu = pek sa
140 ribu = pek si
150 ribu = pek go
160 ribu = pek lak
170 ribu = pek cit
180 ribu = pak pek
190 ribu = pek kau
200 rb = nopek ceng
250 rb = nopek go
300 rb = sa pek ceng
350 rb = sa pek go
400 rb = si pek ceng
500 rb = go pek ceng
600 rb = lak pek ceng
700 rb = cit pek ceng
800 rb = pek pak ceng
900 rb = kau pek ceng

JUTA = Tiao

1 juta = ce tiao
1.1 juta = tiao it
1.2 juta = tiao ji
1.3 juta = tiao sa
1.4 juta = tiao si
1.5 juta = tiao puah = sejuta setengah
1.6 juta = tiao lak
1.7 juta = tiao cit
1.8 juta = tiao pek
1.9 juta = tiao kau
2 juta = no tiao
2.1 juta = no tiao it
2.2 juta = no tiao ji
2.3 juta = no tiao sa
2.5 juta = no tiao puah

3 juta = sa tiao
4 juta = si tiao
5 juta = go tiao
6 juta = lak tiao
7 juta = cit tiao
8 juta = pek tiao
9 juta = kau tiao
10 juta = cap tiao

dst โ€ฆ + tiao

50 juta = go cap tiao
100 juta = cepek tiao
500 juta = gopek tiao

Emmmm….apa lagi ya???

Ada yang mau nambahin?

pic pinjem dari tribunnews.com

142 comments

    • huhahaha….emang susah Nin ๐Ÿ™‚ aku dulu sekolah di sekolah CIna gitu, temen2 aku ampe frustasi ngajarin huhahaha. CUman bisa berhitung sampe sepuluh doang

  1. Non itu angka dalam bahasa hokien aku ndak pernah ngerti loh padahal aku keturunan Chinese :P, makanya kalo belanja di Glodok sini sering banget di bilang Cina coret sama pedagangnya gara2 aku gak ngerti huahahahaha

    • huhahaha ๐Ÿ™‚
      biasanya di jkt banyak yg gak ngerti bukan? karena kalian kan gak pake hokien hehehe. Ya udah May, mumpung ada kamusnya tuh, coba dihapal2 huahaha

      • Kalo di daerah yang banyak keturunan Chinese nya kayak di daerah Jakarta barat atau Jakarta Utara sih pada ngerti, Non. Aku nih kan cuma keturunan aja tapi ortu ku sendiri gak pernah ngajarin anaknya budaya chinese bahkan kita udah gak pernah sembayang lagi. Menurut ortuku kalo emang lahir di Indo ya Indo aja ๐Ÿ˜€

      • Kalo di Glodok bisa banget non. Dulu aku beli TV disitu, cowo ku (orang pontianak pake bahasa hokkien) yang nawar bisa dapet diskon setengah harga buat TV + DVD nya (merk Samsung pula). Pas aku anterin temen ku, nawar 1 sen pun gak bisa, dibilangnya udah harga pas ๐Ÿ˜ฅ

      • Kalo di jakarta mau belanja elektronik di Glodok & mau dapet murah sih mending gitu non :lol:, lumayan loh dapet kurang harganya, apalagi kalo kebeneran ternyata sekampung sama yang jual bisa di ajak makan dulu segala deh. Kalo aku mah nyerah, mata doang yang sipit tapi ya gitu deh ke Cina an nya di ragukan ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

  2. Ibu nya yinjun ngomong nya jugak hokien gitu mbak….saya sering gak nyambung jika di ajak ngomong sama emak nya dia ๐Ÿ™‚

    Itu bahasa jembatan nya lucu yah lidah kepleset sedikit saja pasti keliru titi* hahahahaha

    Saya gak doyan durian mbak jadi ntar kalo saya ke medan gak mau nyari durian saya mo nyari matt saja hahahaha

    Panasnya di sini paling rendah 38-39 derajat mba jadi pas jam 12 siang taruh telor di luar pasti mateng sendiri ๐Ÿ™‚ bener bener nyiksa banget

    • gilaaa itu panas banget hahaha. Lembab juga gak sih Yani? kalo di medan kan selain panas juga lembab, jadi bikin gak nahan ๐Ÿ˜ฆ matt bilang di India juga panas banget tapi karena gak lembab, jadi gak separah dimedan.

      ibunya Yinjun dari Medan? atau gimana sih cerita bahasa hokien ini? bingung aku hahaha

      • Panas doank mba noni gak pake lembab tapi panas nya nyiksa karena ngeceter ceter….

        bukan dari medan mba noni tapi cina taiwan itu ada yang berbahasa hokien,,hakka sama mandarin nya (yang umum di pake di negara cina nya) nah emak nya yinjun itu orang hokien yang dikit dikit berbahasa hokien sementara saya cuman bisa bahasa mandarin nya.

      • hebat banget kamu bisa mandarin, kan susah gitu ngomongnya hahaha

        ohh skr aku ngertiiiiiii Yan ๐Ÿ™‚

        btw…skr lagi musim apa disna?

      • Ya ampun mbak noni aku di taiwan udah 5 tahun lho ntar kalo gak bisa pegimane ngomong sama bos dan temen2 sekerjaan cobak ๐Ÿ™‚

        Lagi musim panas mba noni…kalo buah pir mba… murah murah lho ๐Ÿ™‚
        Kapan cobak mba noni bisa ke taiwan???

      • Dulu di solo mba belajar ngomong sama nulis mandarin nya (guru nya asli dari taiwan waktu itu) Belajarnya lama mba noni sampe sekarang saya masih khursus bahasanya kok mba (temen nya orang2 asing yang nikah sama orang sini atau orang yang sama kayak saya yang di haruskan bisa membaca,,ngomong dan nulis) ribet yah mba cerita saya ๐Ÿ™‚

      • dang….kebayang itu ribetnya. secara baca tulisan asing yang pake huruf biasa aja suka belibet apalagi yg cuman garis2 ya Yan haaha.
        SEmangat yan ๐Ÿ™‚

  3. baru tau asal kata gumarapus, masih sering dipakai tuh di rumah, kirain mah dari bahasa batak..
    goni botot, mengkek, berondok, telekung, bbrp kata yang masih kuingat

  4. Mbak Noni, konon bika Ambon sekarang yg paling enak sudah jadi ciri khas oleh2 dari Medan..Hehehe..kasihan ya orang Ambon

  5. Waaaaww lengkap kali daptar istilahnya mbak non hahahhaa… Cuma di medan ada kereta parkir depan mall hahahaa ๐Ÿ˜€ ah medan memang istimewa ๐Ÿ™‚

  6. Mirip pontianak lah yak, paling banyak dan sepanjang tahun juga selalu ada durian, selaen enak (kata orang) juga murah. Kalau lagi musimnya bisa sampe 2 ribu perbuah.

    Kalau orang tionghua disini juga masih pake bahasa kek atau apa gitu aku gak ngeh, yang gak ada cuma orang india aja ๐Ÿ˜€

    • kayaknya mirip ya Nie, aku juga belon pernah ke ponti nih ๐Ÿ˜ฆ
      kayaknya bahasa hokien sama2 dipakai di medan dan ponti deh yg paling banyak hehehe

  7. Infonya lengkap beneeeeer. Kayaknya dah cocok jadi duta wisata medan tuh non xixixi. Tapi kalau ke Medan aku memang gak terlalu ngerasain “aroma” Batak ya,,,,ternyata memang banyak orang daerah lain, terutama Jawa. Nah kalau dah di daerah Samosir baru kerasa nuansa Batak-nya ๐Ÿ™‚

  8. Ternyata komenku untuk pos ini masuk diblognya Oppie ๐Ÿ™‚ Bagus & berguna kali pos ini, infonya bisa dipake kalo ke Medan. Suka bacanya.

  9. Hahahahaha walaupun daku mata sipit..tp ga bisa ngomong hokien dan kawan2nya hahaha jadi dulu sampe diajarin temen buat ngerti goceng ceban haha

    Suer.. jd dulu (dan kadang2 skrg jg masih ) kalo belanja ke glodok, mangdu pasti dikasih harga pake bahasa hokien karena me ga ngerti dan kadang salah nangkep..pokoknya kasih duit 100rb aja ahahaha pasti kan ada kembaliannya :p

    Di penang jg mostly yg chinese2 kan bs hokien non, me mau bayar obat di kasi tau harganya pake bahasa hokien.. karena ga ngeh brapa duit..me kasih aja 100rm..ga taunya kurang hahahaha susternya ngoceh pake hokien..me ga ngerti kirain ajak ngobrol doank jd hooh hooh.. mertua nyamperin dan bilang : itu lu kurang bayarnya mel wkwkwkwk

    *sok2 ngerti aja daku padahal mah kaga ahahaha makanya selalu kekepin tonce klo ke daerah yang banyak hokien nya hahaha

    Nambahin kamusnya :
    Mandi : teh manis dingin
    Padi : teh pahit / tawar dingin
    Air tahu : susu kacang
    Puding : telur setengah matang
    Honda : motor
    Sudako : angkot

    Spa me pernah coba yg zen garden non 3-4xenak n bersih tempatnya..kalo salon br pernah 1x potong rambut di medan di johny andrean sun plaza.. biasa balik jakarta baru potong rambut ๐Ÿ™‚

    • Me…makasih udah nambahin ๐Ÿ™‚
      aku waktu smp kan di sekolah chinese gitu Me, temen2 aku itu sampe yg ngajar2in ngomong tapi gak bisa aja dong. Otak aku agak lamban kalo nangkep pelajaran bahasa hahaha.
      padahal skr aku rugi banget gegara gak bisa hokien udah berapa kerjaan yg aku kehilangan huhuhuhu. SEdihhhhhhhhhh

      DI penang emang mirip medan. Ya udah kamu les ama tonce aja Me hehehe

      • aku juga lamban banget non kalo bahasa mandarin dkk, lidahnya ga bisa ahahaha..

        Makanya selain ga dikasi tonce kerja kantoran juga, me aga ga pede, mateng lah kalo diajak ngomong hokien melulu dan saya cuma bengong huhuhu

        masalahnya kalo les sama tonce malah jadi belajar bahasa yang aneh2 hahaha tonce sampe stress me di ajarin kata2 sehari-hari susah nangkep, tapi klo konotasi yang jelek2 cepet nangkepnya wkwkwkwk

      • sama Me, dulu aku pikir inggris aku udah lumayanlah ehh pas pacaran ama Matt, semua2 salah apalagi kalo dia dengerin aku ngomong, duhhh beribet lidahku hahaha tapi kalo diajarin ngomong yang gak2 cepet banget nangkapnya.

        di rantau perapat, bahasa hokien kenceng juga ya?

      • batak n hokien kenceng non hahaha.. kadang masih suka ga nangkep kalo pake bahasa indo tapi penggunaannya beda..

        misalnya : lagi ada kemalangan bu, lebih ke arah melayu ya hehehe jadi suka loading dulu kalo ngobrol ๐Ÿ˜€

  10. oyaya, jadi ngerti sekarang.. ๐Ÿ™‚

    “Kamu kerja di mana?”
    “Aku kerja di pajak!” *sambil naik kereta bawa sayur mayur*

    • iya bener, terpengaruh dari bahasa Melayu karena sebenarnya penduduk asli medan itu kalo gak salah melayu deli. Itu kenapa ada kerajaan deli di medan hehehe

  11. Nah ini info yang sangat berguna, Non. thanks ya. Aku sdh beberapa kali sih ke Medan urusan kerjaan tapi… Sayang selama ini juga tahunya cuma Duren dan Bika Ambon.. he he.

    Thanks ya Non..

  12. Hihihi sama kayak di Pekanbaru, di sini kendaraan roda dua juga kadang dibilang “honda”. Apapun merknya, namanya tetap honda, hihihi ๐Ÿ˜›

  13. Jakarta juga panas Non! Amit-amit deh panasnya. Eh… Kalo ada yang ke Medan aku suka nitip Bolu Meranti, hehe… mainstream banget ya?

    • samalah kita Angel, parahnya selain panas juga lembab. duhhhhh belon lagi polusinya kan.
      next time kalo ada yg kemedan titip pancake durian atau risol gogo Ngel sama manisan jambu, pasti suka

  14. ada lagi Non, pipet = sedotan, teratak = tenda ๐Ÿ˜€

    aku paling sebel juga kalo orang tau aku orang batak, pasti langsung nanya tinggal di medan dimana? catet napah ya, gak semua orang batak itu orang medan, gak semua orang medan itu orang batak ๐Ÿ™‚

    • huahhaha……..sebel kan? sama dong ๐Ÿ™‚ padahal kayaknya yg asli orang medan itu mestinya sih melayu ya kayaknya, tapi kalah pamor ๐Ÿ™‚
      btw…..makasih udah ditambahin yaaa Tried ๐Ÿ™‚

  15. Angek, Non. Angek kali kau yeeee. Sama mengke’ (temennya mentel nih) : mengke’ kali kau tau mau naik angkot. hahahaha pas bossku dulu org Medan, namanya pak Dayat, oke banet deh tampangnya dan gayanya keren, eh pas ngomong ke aku “Ndang, ambil dulu kertas sele-sele itu” langsung ngakak aku, tak bisa kutahan. setiap vocab Medan itu always brings back memories deh padahal kan aku cuma dari smp sampe sma aja di sana non,

    • loh SD dimana Ndang?
      ihh sama waktu aku di sby, ada orang medan datang audit kan, trus dia ngomong kesemua orang pake bahasa medan, bos aku sampe cekikikan loh, cuman kannnnnn…..emang lucu ya kalo orang gak biasa denger huhahahaha.
      aduh aku juga suka ketawa2 kalo udah naik pesawat dari sby-medan, langsung dapet bahasa medan huhahaha

      • di jakarta non, dan kuliah kan udah ke jakarta lg. tapi mungkin masa smp sma kan paling nyerap lingkungan ya. ah pokoknya meski sering sebel sama medan kalo bahasannya ngangenin deh (bahasa ya, bukan tone suara/nada suara grrrrr sejak di jakarta/bandung suka `kaget ngomong sm org medan, pegimane yg baru sekali dtg ke medan yaaaA)

      • Matt pertama ke medan takut loh ndang. Gak berani keluar hotel huhaha. Mana dia harus ke sibolga pula, beuhhhh makin pucatlah huhaha. Skr suka sok ngaku2 marga hutabarat dia n ngomong pake bahasa batak dikit2. Makanpun jengkol n pete di libas

      • huahahahahaahhaahhahahaha tau aja die marga yang ganteng yang manaaaa. Hutabarat ya udah lah aku rela, dia hutabarat hahaha kan pas , dari barat sana hahahaha

  16. hebaaattt…rajin nih Noni bikin (semacam) kamus kek ginih *takjub*. Tapi iya ya, kalo bilang dr Medan pasti nyangkanya orang Batak, aku pernah melakukan hal yg sama soalnya, pdhl temenku itu orang Jawa yg kebetulan aja lahir di sana hihihihi

  17. Asyik nih, dapat dua jenis kamus singkat sekali mampir. Ijin copy ya…
    Jadi ingat pas ke Berastagi tahun kemarin, nanya2 dimana bisa mendapatkan oleh-oleh khas sana. Di jawab di pajak sebelah barat sana. Saya manggut-manggut aja, kirain toko oleh-olehnya deket ama kantor pajak gitu. Udah jalan lumayan jauh ke arah barat, tengok kanan kiri kok nggak ada kantor pajak. Terus nanya lagi, baru ngeh deh klo maksudnya adalah PASAR!

    • huhahahaha, asli Nan..aku ketawa ๐Ÿ™‚ itu lucuuu banget emang, karena artinya kan jauh banget ya hahahaha
      aku minjem juga koq itu kamusnya hihihi, gak mungkin aku serajin itu

  18. Pajak petisah? Huwaaaaa.. ini paling inget sama berbagai macam jenis manisan. Dari yang umum didenger sampe yang “apaan tuh?” pas denger namanya =))

    o ya aku juga paling inget sama roti tawar di pamatang siantar. BIasa aja sih, tp yg beli luarrrr biasa buanyaknya. Pake acara keinjek2 pulak karena aku terbengong2 liat mereka antusias 45 pas mesen rotinya. =))

    • roti tawarnya emang biasa, yang luar biasa itu srikayanya hahaha. itu khas banget soalnya. ahhh aku jadi pengen hihihihi

      iya bener, di petisah itu banyak banget manisan ๐Ÿ™‚ aku aja masih suka bingung mereka bikin manisan yg aneh2 gitu tapi enakkk kan ya ๐Ÿ™‚

  19. Aku py saudara laki2 yg sdh meninggalkan Medan dr thn 85, tinggal di jkrt 10 thn, surabaya 5 thn, s’pore 3 thn, kupang 5 thn dan terakhir di tjg pinang 4 thn. Tapi setiap dia kembali ke medan aksen dan bhs medannya ga pernah berubah.. Memang bhs gaul yg baru muncul dia tdk up to date..wajar bgt. Tapi kalo dia ngomong sama org luar medan fasih jg bhs jkrt dan medok jg jawanya hehehehe sejak dr situ aku pengen sprt dia ๐Ÿ™‚ Org yg pindah dr satu tempat ke tempat lain akan berubah aksen bhsnya apabila ketika dia pindah msh anak2 tapi kalau sdh berumur dr 17 thn boong bgt kalo dia lupa….salam kenal ya

  20. nemu ikah bilih ga di pajak petisah? sodaraku bilang beli disana..
    iya tuh soal babi, huh bah huh bah deh dia ga nemunemu, kudu ke pajak mana tau..
    dimari juga ku jadi hafal itu hokian, tapi suka lupa kalu ke petak 9..
    dulu waktu ke medan jadi inget tanteku kalu kasih tahu “lewat titi belok kiri, terus ketemu titi lagi belok kiri lagi”.. sampe bingung titi itu bibi titi teliti? jembatan toh..
    aha matt marga hutabarat, noni boru hutatimur?

  21. Ikut menyapa nyonyasepatu haha ๐Ÿ™‚ salam kenal …saya dari @kulinermedan ada waktu main main ke instagram kita..asik bener lihat banyak petualangan kota Medan di nyonyasepatu haha ๐Ÿ™‚

  22. Wah lezatnya blognya. Aku dah mimpi2 pengen ke Medan dah lama, dan tadaaa akhirnya nemu blog ini. Nah, buat orang yg belum pernah ke Medan, suka suasana tempat yg ga hingar bingar tapi cinta pasar, suka makan, dan suka public transport, sarannya ke Medan ke mana aja mbak Noni? Pengennya puas2in wisata kuliner, terus ke Danau Toba dan Samosir juga. Sudah cek2 harga tiket dari Jkt, tapi pas cek2 harga hotel kayanya yg bakal menghantam bujet itu di akomodasi banget ya u_u Ada hotel yang masih lumayan bersih dan aman buat single traveler kurang dari 150rb ga sih semalam mbak? Karena kalau tinggal lebih dari seminggu buat explore kayanya 150rb pun jadi mahal. Karena pengen nyobain banyak dan mesti menghemat di akomodasi. Lah belum memperkenalkan diri, namaku Lia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s