Danau Toba yang Menawan


Danau Toba dari Pangururuan
Danau Toba dari Pangururuan

Ngomongin Danau Toba itu sebenarnya gak akan pernah membosankan. Sama seperti tidak pernah bosan-bosan nya pertanyaan yang muncul di email saya mengenai Danau Toba dan sekitar nya. Berhubung sedang musim mudik dan saya yakin pasti Danau Toba lagi rame-rame nya dikunjungi, so saya akan posting lagi mengenai Danau cantik ini berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan ke saya. Beberapa pertanyaan sebenarnya sudah pernah saya buatkan postingan khusus, cuman mungkin agak susah nyari nya lewat kolom search ,Β jadi saya tulis lagi aja beserta link ke postingan lama ya πŸ™‚

Ok…..langsung aja.

01. Kak Noni berapa lama perjalanan ke Danau Toba?

otw to Danau Toba

Menjawab pertanyaan ini sebenarnya susah-susah gampang karena memang lalu lintas gak pernah bisa diperkirakan mulus atau tersendat. Selama ini saya selalu menempuh perjalanan ke Danau Toba sekitar 5-7 jam. Pas musim rame banget seingat saya, kita pernah terperangkap di mobil travel 7 jam hehe.

Baca tulisan mengenai transportasi ke Danau toba disini yaΒ https://nonikhairani.com/2013/09/09/transportasi-ke-danau-toba-dan-berastagi-dari-medan/

Untuk penyewaan mobil Avanza, Inova dan Xenia bisa hubungi ayah saya di no 08126072172 sementara kalau pengennya nyewa mobil jenis lain karena kita gak punya untuk sementara belum bisa bantu ya πŸ™‚

Selain itu kalau emang terburu-buru dan pengen banget ke Danau Toba bisa naik pesawat (Susi Air) ke bandara Silangit dan nanti dilanjutkan dengan mengendarai mobil/motor ke Danau Toba kira-kira 1 jam. Tiket berkisar Rp 500.000 one way. Setahu saya pesawat ada di hari Sabtu, tapi untuk pastinya cek lagi aja website nya ya.

02. Nginep dimana ya kak?

Hotel/Penginapan Romlan Tuk TUk
Hotel/Penginapan Romlan Tuk TUk
Hotel/Penginapan Romlan Tuk TUk
Hotel/Penginapan Romlan Tuk TUk
Hotel/Penginapan Romlan Tuk TUk
Hotel/Penginapan Romlan Tuk TUk

Saya tentu saja selalu nanyain budget berapaan? sebenarnya hotel di Danau Toba itu beragam tapi yang saya lumayan tau adalah hotel-hotel di sekitar Tuk-Tuk. Jadi Danau Toba itu biasanya dikunjungi adalah Kota Perapat dan Pulau Samosir (Tuk Tuk). Saya selalu nya nginep di Pulau Samosir jadi kalau ditanyain mengenai kota Perapat maaf ya belum bisa jawab hehe.

Saya pribadi suka tinggal di penginapan sederhana bernama Romlan dengan alasan tempatnya bagus, air danau ditempat ini bersih banget dan makanan si pemilik hotel enak nya bukan main. Paling penting juga harganya murah banget. Cerita tentang Romlan dan hotel-hotel lainnya bisa dibaca dibawah ya.

https://nonikhairani.com/2013/08/22/10-penginapanhotel-di-pulau-samosir-danau-toba-sumatera-utara/

03. Ngapain aja ya di Danau Toba?

Danau TOba
Danau TOba
Olahraga air di Danau Toba
Olahraga air di Danau Toba
Nonton Dance
Nonton Dance

Ngapain yaa? bingung juga haha. Ada banyak sekali yang bisa dilakukan. Mulai dari hunting foto, makan-makan, bengong, berenang, kano, mengunjungi makam-makam tua, dan belanja Ulos. Pokoknya banyak lah. Beberapa kegiatan yang saya rekomendasikan bisa dilihat dibawah ya. Klik aja.

https://nonikhairani.com/2014/10/20/6-reason-to-visit-lake-toba/

https://nonikhairani.com/2013/03/19/ecowisata-samosir-lake-toba-north-sumatera/

04. Makanan Halal di Danau Toba atau Wisata Kuliner

Ikan Bakar Danau Toba
Ikan Bakar Danau Toba

saya sering banget ditanyain soal makanan halal di Perapat atau Samosir. Sebenarnya waktu saya makan….emmm saya jarang ngeliat label haram atau halal gitu sih. Selama gak makan babi, anjing atau yang aneh-aneh saya sih mikirnya boleh-boleh aja dimakan. Mungkin jangan ditiru ya kebiasaan itu.

Nah, untuk yang pengen dapat makanan halal, kata ayah saya ada koq tapi gak banyak. Di Samosir ada beberapa restoran/rumah makan Padang sederhana yang Insya Allah halal. Berterima kasihlah sama orang Padang ya hehe, dimana aja ada. Untuk di Perapat sendiri lebih banyak pilihan kata ayah saya tapi tetep rata-rata rumah makan Padang sederhana gitu. Bukan yang namanya sederhana ya….

Sementara untuk yang gak perduli halal atau gak nih ada beberapa rekomendasi yang saya tulis di blog beberapa waktu lalu tapi….ingatlah untuk makan ikan bakar di ELIOS. HARUS BANGET. Ini restoran ikan bakar paling enak di dunia. Saya dan Matt rela bolak balik kesini kalau lagi ada dipulau dan gak pernah kecewa apalagi ibu dan bapak yang jual baik banget. Kalau pengen tanya resep membuat sambal tuktuk tanyain aja ibunya.

https://nonikhairani.com/2014/10/15/5-kuliner-wajib-di-samosir-tuktuk-lake-toba/

Oya ada satu lagi tempat makan ikan sederhana yaitu di Marcopolo Restaurant. Kita juga suka makan siang disini dan makan malam di Elios haha. Pokoknya harus bangetlah dicari tempat ini ya πŸ™‚

05. Shalat Ied diman?

Saya cuman sekali pas lebaran Idul Adha ke Samosir dan ada mesjidΒ kecil dekat pengkolan haha. Susah gambarinnya Β tapi ada koq karena saya pernah shalat disana. Kalau pun susah ketemu di pulau Samosir mungkin bisa ke Perapat. Tanyain aja orang hotel nanti pasti dibantuin koq. Kalaupun males nanya yah liat-liat aja baleho. Pasti ada.

Nama mesjidΒ Al Iklash persisnya dekat Hotel Silintong di belakang Gedung Kesenian. Pokoknya dipengkolan dekat rumah makan Elios.

06. Belanja di Samosir

Pasar Ambarita
Pasar Ambarita
Pasar Ambarita
Pasar Ambarita
Pasar Ambarita
Pasar Ambarita
Pasar Ambarita
Pasar Ambarita
Pasar Ambarita
Pasar Ambarita
Pasar Ambarita
Pasar Ambarita

Kalau kalian tujuan wisatanya pengen belanja saya sih sarankan sebaiknya ditempat lain aja kecuali mau beli kerajinan tangan atau kain traditional ulos. Kain Ulos bisa didapat dimana aja disana tapi kalau datangnya Rabu atau Kamis ya (saya lupa hari pekan di pasar Ambarita) mendingan belanja dipasar ini karena harganya jauh lebih murah. Di hari lain bisa langsung ke Tomok dan beli disana.

07. Nyebrang ke Pulau gimana caranya?

Yang pasti gak berenang hehe.

Ferry Danau Toba
Ferry Danau Toba

Danau Toba 39

Ferry Danau Toba
Ferry Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba

Ada Ferry di pelabuhan Tiga Raja khusus untuk penumpang. Ongkosnya terakhir Rp 10.000 dan Ferry berangkat setiap 1 jam sekali. Start jam 7 pagi dan terakhir jam 6 sore kalau gak berubah ya jadwalnya. Dari sini penumpang bisa langsung berhenti disetiap hotel. Ferry-ferry ini akan melalui banyak sekali hotel. Seru sih πŸ™‚

Untuk yang membawa kendaraan seperti mobil bisa ke pelabuhan yang lain. Per mobil kalau tidak ada perubahan sekitar Rp 150.000 tapi ngantri lumayan lama apalagi kalau lagi musim liburan. Gak bangetlah.

08. Kak Non, mending bawa kendaraan ke pulau gak?

Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba

Jawaban ini tentunya berdasarkan kebutuhan dan selera kali ya hehe. Saya dan Matt cenderung suka jalan kaki. Kalau agak jauh kita biasanya sewa motor aja. Harga sewa motor juga sekitar Rp 80-100 ribu perhari. Biasanya kita di Pulau lebih banyak santai-santai jadi cuman jalan kaki aja. Kalau sewa mobil biasanya pas kita pengen keliling pulau atau pengenn motret di pasar atau tempat yang agak jauh dari hotel.

Kalau perginya rame-rame mungkin (gak saya sarankan juga haha) bawa mobil atau sewa mobil tapi…..masalahnya jalanan di pulau itu kecil banget. Gak tau saya koq sayang aja rasanya naik mobil selain menggangu karena begitu parkir langsung kemakan badan jalan.

09. Biaya hidup di Danau Toba

Danau Toba 15Salah satu tempat yang menurut saya biaya liburannya murah banget lah. Kita pernah 7 hari nginep di pulau cuman ngabisin sekitar Rp 3,5 juta udah termasuk hotel, makan, minum-minum si Matt yang kayak unta itu, jalan-jalan dan tentu saja travel. Makanya kita bilang cukup murah banget. Eh….tapi yah tergantung cara kamu berlibur gimana juga ya hehe.

10. Bosen gak di Danau Toba

Serius ada loh yang nanya ini kesaya hehe. Saya gak pernah bosan di PULAU SAMOSIR. GAK PERNAH apalagi judulnya liburan haha. Gak mungkin kayaknya. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan selain males-malesan tapi…..yang bikin saya pengen pulang itu sebenarnya cuman karena internet doang sih lambreta haha. Selama belanja bisa melalui OLS, saya sih kayaknya ok-ok aja.

Danau Toba di sore hari
Danau Toba di sore hari
Ketika ada kilat dan hujan besar
Ketika ada kilat dan hujan besar
Sore hari menjelang malam
Sore hari menjelang malam
Sunset Danau Toba
Sunset Danau Toba
Sunset
Sunset
Sunset
Sunset
Sunset
Sunset
sunset
sunset
Sunset
Sunset
Sunset
Sunset
Sunset
Sunset
Sunset
Sunset
Danau Toba dari Pangururan. lengkapnya https://nonikhairani.com/2013/08/21/samosir-lake-toba/
Danau Toba dari Pangururan.
lengkapnya https://nonikhairani.com/2013/08/21/samosir-lake-toba/
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Skyporn
Skyporn
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba
Danau Toba

Kalau lagi jalan-jalan di Toba selalu bisa ketemu pemandangan cantik. Mulai dari anak pulang sekolah, danau yang airnya biru, pohon besar dipinggir jalan, bunga liar atau makam-makam besar di ladang masyarakat. GIla….gak pengen pulang deh.

https://nonikhairani.com/2013/08/21/samosir-lake-toba/

11. Cukup gak 1 hari di Toba?

sewa motor di danau toba Pizza Rumba Tuktuk SamosirGAK!

Danau Toba itu besar banget haha. Kalau cuman sehari yah mungkin bisa tapi kayaknya ga bakalan puas deh. Cuman kapan sih manusia puasnya ya hehe. Kalau saya sih ngomongnya mendingan 2 hari 1 malam paling dikit deh buat kesini. Kalau cuman datang trus pulang, koq kayaknya sedih banget huhu. Tempatnya bagus banget soalnya.

Ok….11 pertanyaan yang paling sering ditanyain kesaya lewat email atau DM mengenai Danau Toba. Kalau pengen nanya-nanya yang lain silahkan di kolom komen atau email aja ya. Kalau bisa saya jawabin deh πŸ™‚

Yang tahun ini ke Danau Toba atau pengen ke Danau Toba….yuk cerita-cerita.

Happy Mudik dan Selamat Liburan………

Advertisements

66 comments

  1. Kapan kapan mau ke Danau Toba ah.

    Kayaknya yang susah di Indonesia itu adalah akses ke tempat wisata dan fasilitasnya ya, beda sama di luar negeri (ga usah jauh2, ke Malaysia, singapore, Thailand aja) yang semuanya gampang, informatif jadi ga usah bingung. Kapan badan turisme di Indonesia bisa maju?

  2. Masya Alllah memang bagus banget ya, apalagi Danau Toba skr dijadikan destinasi wisata prioritas oleh pemerintah. Semoga aku bis aberkunjung juga kesana

  3. Danau Toba kece ya Non. Eh kalau dari Bandara Silangit ke Danau Toba lebih gampang ato engga ya? Secara geografis lebih deket daripada Medan tapi masalahnya kan ada transport-nya ato engga, hahaha πŸ˜†

  4. Huwaaaah pengeeen.
    Dulu ud rencanaan pas AA pertama bikin direct flight Jogja Medan, harganya promo banget. Cuma masi susyah buat cuti. Skrg udah selo, harga AA nya ud gak promo. Hahahaha.

  5. Sejujurnya aku merasa gagal jadi orang Medan Mba Non. Karena seumur hidup baru sekali ke sana, itupun pas perpisahan SMU. Btw , bisa ga berenang di Danau Toba Mba Non? Seingatku dulu temen-temenku yang cowok pada lemes pas berenang, jadi horor deh. Seperti biasa foto-fotonya Mba Noni selalu baguussss

    • bisa berenang Fris tapi kayaknya emang sebaiknya selalu ada temen dan gak usah jauh sampe ketengah. Ada kenalan kita orang OZ dia berenang buat mecahin rekor gitu trus kalau gak salah dia sampai hampir hanyut padahal dia perenang dan diver gitu.

  6. Ini padahal aku udah dibujuk bujuk teman buat main kesini, tp selalu ngeles ntaran aja, satu kepikiran susah nyari makanan halal, dua, suka takut sama cara nyetir orang sana yg suka kebut kebutan (katanya yaa mba) tapi ngeliat postingan ini jadi malah pengen kesana deh

  7. Aku baru pulang dari medan pas awal Juni kemaren.

    Ke Medan gegara undangan wisuda fakultas anak usu. trus ga mau rugi jadi ke danau toba.

    It’s 2nd time i visited toba. Pertama pergi mikirnya ah males lah cuma begini doang. Karena ga gtu explored jg x ya,

    Kemaren pergi lg dan nginep di tuk tuk. Nginep di samosir cottage villa. It was so worthed. Mana aku pas pergi lg stress banget sama kerjaan, langsung so happy. Ilang semua penat liat air.

    Buat yg makan ga halal (B2) bisa makan di jennys depan hotelnya. Rasanya lumayan enak.

    Trus naik jetskinya jg murah, 100k buat naik yg lumayan jauh.

    Pokonya worth to visit. Sampe mikir, nti mw ke samosir lg ah, biarpun jauh sangat dr medan

  8. Walah ternyata jauh dr medan ke danau toba menempuh waktu 5jam saya kira dekat kaya bdg-jkt

    Salam kenal dr blogger ala2

  9. Non, katanya skrg ada garuda lsg ke sana ya … Aku lupa nama daerahnya, cm kmrn lg ngobrol ama istri salah satu GM ku di ktr yg kerja di garuda skrg ada pswt yg lsg kesana. Makanya masuk dlm daftar tempat outing ktr semester 2 ini hihihii … Semoga kesampean ya, cantiiik bgt sih ya …

  10. setuju Mba, Danau Toba bagussss, hanya susah cari makan halal aja. Kalaupun ada modelnya masakan Padang gitu kan. Anakku ribut terus pengen pizza, karena liat dimana-mana banyak tukang pizza, tapi bakarannya dipakai buat yang ga halal juga hiks

    ampe balas dendam nyampe rumah langsung beli pizza πŸ˜€

  11. Dah lupa kapan terakhir ke Danau Toba.. kayaknya lebih dari 25 tahun yang lalu.. busyettt… lama banget yaaa.. Cuma inget, brenang di danau dan jalan kesananya cukup bikin deg2an.. hehe.. Surely sekarang bagus yaa…

  12. Jepretan mu always keceee Mbak, udah tempatnya kece, dijepret dengan kece lagi. Udahlah kece kuadrat.
    Danau Toba jadi bucket list aku dan keluarga, semoga suatu saat bisa kesampaian deh.:)

  13. Ikan bakar Ellios itu pilihan ikannya apa aja mba? Aku ga bisa makan ikan mas, ikan gurame dan ikan air tawar lainnya heheh. Bisanya ikan laut πŸ™‚
    Gambarnya itu bikin ngiler banget.
    Danau Toba salah satu must visit aku dalam hidup, soalnya suami orang medan tapi kok ya sampe sekarang belom pernah ke medan hehe

    • ikan tawar aja Olip soalnya kan deket danau πŸ™‚ Nila sama Mujaer dan Emas kalau gak salah. Aku suka NIla aja.
      tapi ada ayam, b2 sama apa gitu ya…..lupa hah
      ayooo dong ajak suami kesini

  14. Agustus ini udah ga kerja pengen main k Romlan dstnya, btw driver avanza papi kamu baik n sopan, Dr jemput d airport, bsk anter k toba, sampe balik anter k airport lagi.. 2013 itu.. aah pgn ksana makan pizza itu enak banget sama recommend banget Aruba restaurant ya lobster n ikan-nya super rasanya beda sama ky di Jakarta Dan OMG lobster seember cuma 100rb!!!

  15. lg iseng blogsurfing dan kebetulan banget nemu artikel ini. so much thanks infonya, kak noni! membantu banget niy. minggu depan ada dinas ke medan dan berencana mau skalian ke danau toba =)
    btw itu hotel romlan smua kamar dpt view ke danau kan yah? thanks in advanced yaa kak..

  16. Ah, jadi ke sini lagi dan postingan mba Noni ttg Danau Toba dan MEdan, gegara besok mau ke Danau Toba belom punya itinerary apapun kecuali travel ke Parapat. kkkkk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s