6 Cerita dengan Warga Lokal Ketika Traveling


Penjual Belalang dipinggir hutan
Penjual Belalang dipinggir hutan
Aduh semakin lama temanya semakin membingungkan tapi juga bikin semangat buat bikin tulisan untuk #ceritajalanasik.

Minggu ini temanya adalah Local Interaction. Tema ini didapat dari Deny trus kita langsung kasak kusuk, ini mendingan tulisannya tentang apaan ya. Soalnya kita mikirnya tulisan ini tentang cerita-cerita seperti dalam buku kita Menghirup Dunia (udah pada beli bukunya belon?) atau mau ditulis gimana?

So akhirnya kita bakalan nulis yang berbeda tapi tetap berhubungan dengan interaksi dengan warga lokal ketika traveling. Namanya pun manusia ya, jadi gak mungkin banget gak berhubungan dengan orang lain terutama ketika bepergian.

10 Batu

Saya punya beberapa cerita. Selama tinggal di Surabaya sebenarnya saya gak terlalu bingung-bingung banget denger warga lokalnya bicara. Pokoknya biasa lah, saya masih ngerti karena selama di Medan pun tinggal di daerah yang kebanyakan adalah warga Jawa Deli. Kurang lebih bahasanya sama.

klayar-1 klayar-12

Suatu hari kami pergi ke Pacitan. Pantai-pantai disini memang terkenal bagus. Saya tentunya penasaran pengen kesana juga. Ceritanya bisa dibaca dilink dibawah.

https://nonikhairani.com/2015/08/10/pantai-klayar-pacitan/

https://nonikhairani.com/2015/08/03/pantai-watukarung-pacitan-jawa-timur/

https://nonikhairani.com/2007/08/06/catatan-perjalan-ke-pacitan-chapter-3-gua-gong/

Yang lucu itu sewaktu bertanya arah menuju tempat-tempat diatas. Kita sudah beberapa kali mengalaminya. Yang kali ini kita nanya kesatu orang bapak yang dari awal sudah senyum terus. Ramah bangetlah. Kita tanya berapa jauh pantai Klayar. Dia jawabnya pake bahasa Jawa yang kira-kira artinya “gak jauh lagi sekitar 10 batu”

Batu apaan? batu dimana? kita nyariin batu-batu dipinggir jalan yang bisa kasih petunjuk jalan tapi gak ada. Duh bingungnya. Setiap orang yang ditanyain semua jawabnya pake ukuran batu. Batu apaaaaa? untungnya tetep ketemu hehe.

Ini ukuran batu sebenar-benarnya menurut wikipedia

Selanjutnya di Pantai Klayar saya kesusahan banget untuk main layangan, ada satu bapak yang nawarin kita untuk ikutan ke atas bukit. Saya seperti biasa emang orangnya percayaan aja, langsung ngintil. Cobaaaa kalau dibunuh dibukit hehe. Untungnya bapaknya baik banget. Dari bukit kita bisa lihat pemandangan dengan lebih bagus dan layangan saya terbang dengan sempurna.

Cerita kedua tentang guide/tukang ojek di Danau Toba

Saya gak bisa naik motor. Dulu pernah sih belajar tapi kayaknya saya sendiri emang gak suka dengan motor jadi sekarang bisa dipastikan gak bisa naiknya. Masalahnya ketika jalan-jalan di Indonesia ini (kalau cuman sendirian atau berdua) lebih enak kalau naik motor atau yah kalau ada ojek pake ojek ajalah.

Tahun 2011 lalu saya dan temen, Novi, janjian ke Danau Toba. Masalahnya pacar si Novi minta dia pulang lebih awal, jadilah saya luntang lantung di Pulau Samosir. Kebetulan sehari sebelumnya saya naik ojek dan si tukang ojek ini janji mau nganterin kemana-mana kalau Novi pulang. Saya sih mikirnya baguslah ide nya ok banget. Kita pun bertukar no hape.

/https://nonikhairani.com/2016/07/04/danau-toba-yang-menawan/

Danau Toba
Danau Toba
Selanjutnya tidak seperti yang saya bayangkan, si tukang ojek ini trus-trusan sms dan nelp mau nemenin. Gila aja, ngapain juga saya ditemenin dia trus-trusan. Sampe nawarin nemenin tidur segala. Jijik banget ya. Untungnya anak yang punya hotel cakep gak ketulungan hahaha. Jadinya ditemenin dia deh setelah saya ngadu sama bapak yang punya hotel trus ditawarin anaknya aja yang nemenin karena lagi libur kerja. Beruntung ya ๐Ÿ™‚

Cerita ke 3 datang dari Makasar

Saya dan beberapa teman liburan ke Makasar. Salah satu tempat tujuannya adalah Samalona. Saya itu matanya sudah burem tapi belagu banget malas pake kacamata. Pas mau snorkeling saya pakai kontak lensa. Dasarlah emang kecentilan pas snorkeling ehhh kontak lensa nya coplok. Saya paniklah gak bisa lihat apa-apa selain itu takut tenggelam juga. Saya kan gak bisa berenang haha. Trus………ada serombongan cowok-cowok yang ternyata dari klub diving gitu, salah satunya nolongin hehe. Seperti yang sudah saya duga setelah nolongin ehhh nempel trus bahkan dia nawarin kita keliling makasar. Cowok ini sempet saya pacarin beberapa bulan. Dulu cowok andalan lah tiap sakit dia yang rempong, dokter soalnya ๐Ÿ™‚

noni4 noni6

ceritanya baca disini ya

https://nonikhairani.com/2009/08/23/catatan-perjalanan-makasar-tator-tanjung-bira-samalona-island/

https://nonikhairani.com/2015/03/12/summer-fling/

Myanmar

Ah…Myanmar buat saya gak ada duanya deh terutama Bagan. Selama di Bagan saya nyewa mobil dengan satu orang cowok sebagai supir/guide. Pas dia jemput, saya dan adek lumayan kaget juga karena orangnya masih muda, rapi dan baik banget. Pakaian si cowok ini juga rapi dan bersih dibandingkan supir-supir lainnya.

Saya seperti biasa selalu ramah apalagi kalau nyewa mobil gitu saya termasuk gak pelit. Kalau makan/minum pasti kita juga tawarin. Ayah saya punya bisnis sewa mobil soalnya dan saya tahu supir-supir itu seneng banget kalau ditawarin makan/minum.

Ini nih cewek yang bikin guidenya pengen jadi monk haha.
Ini nih cewek yang bikin guidenya pengen jadi monk haha.
Gak taunya….saking ramahnya dia mikirnya saya suka dia, sampe ngajakin kawin dan kalau saya nolak mau jadi monk aja. Serba salah……hahaha. Trus karena saya nolak besoknya dia gak mau bawa kita sendirian tapi bawa orang lain. Beneran aneh banget mana temennya itu gak bisa bahasa Inggris, jadilah kita abeda abedu kebingungan.

BROMO 

Tahun 2000 saya pergi traveling Jawa Bali overland dengan Jenny, sahabat saya. Kita berdua doang tapi di beberapa kota kita ketemu temen dan pacar saya hehe. Nah pas lagi nunggu kereta di Gambir kali ya buat ke Surabaya, saya ngobrol dengan satu orang cowok yang juga nunggu kereta. Kita ngobrol bentar banget loh. Cuman ngomongin BROMO sama MALANG coba ya. Dia bilang gimana kalau kita ke Malang aja trus ngasih no telp. Abis itu kita pisah kereta.

Bromo
Bromo
Setelah nyampe di Surabaya, ketemu temen dan bos saya trus janjian ke Bromo. Jadi ceritanya saya dianterin bos saya ke Bromo tapi….kita mikirnya sambil nunggu sampai Jumat malam, kita ke Malang aja. Gila ya. Emang darah muda itu gak ada yang ngalahin. Jadilah saya telp si Andre (nama cowok itu) buat jemput di Stasiun kereta kayak janjinya.

Ya udah kita ketemuan sama dia trus extend beberapa hari di Malang. Gila….tapi ini beneran seneng-seneng banget. Sama Andre dikenalin ke anak-anak Radio juga. Waktu itu saya masih siaran di Kiss FM. Trus kita jalan kesana sini di Malang. Aduh kalau dipikir-pikir koq nekat banget sih. Sekarang kalau ngobrol ama Jenny, kita suka ngomong coba kalau dulu si Andre itu penjahat, matilah kita haha.

Si Andre ini akhirnya jalan sama kita ke Bromo trus pacaran sama teller nya kantor saya yang lama huhaha. Oya di Malang ini jugalah pertama kali nya saya nyobain makan rawon. Trus pas ke Bromo pertama kalinya dan lihat bintang jatuh saya sempet make a wish dan bilang kalau saya pengen tinggal di Jawa. Akhirnya kesampean deh tinggal 7 tahun hehe.

https://nonikhairani.com/2015/06/08/bromo-never-ending-story/

Kalau ada satu tempat yang bener-bener bikin saya terpesona itu adalah BROMO. Bahkan sampai hari ini. Gak tau kenapa saya kayak kesirep jatuh cinta abis-abisan dengan tempat ini.

Ditinggal supir Bis 

Saya dan Loni pergi liburan ke Singapore dari Kuala Lumpur. Ini kalau gak salah tahun 2007 apa 2008 gitu lah. Udah lama banget juga. Dari KL kita naik bis ke Singapore. Kebetulan kita duduk paling depan. Si supir bus dan kondekturnya ini kayaknya trus-trusan godain adek saya. Dia sebel banget. Gak mau jawabin, trus pas ditanyain no telp dikasih no yang salah.

Pas nyampe di perbatasan dan harus cek paspor, ehh kita ditinggal loh. Sampai beberapa waktu lalu kita curiga si supir bus ninggalin kita karena dia sakit hati dimentahin sama adek saya itu hehe. Ternyata dari Aggy, saya baru tahu kalau emang terlalu lama pemeriksaan paspornya ada kemungkinan ditinggal bus, nanti kita ikut bus berikutnya. Lah kita mana tahu. Jadi dari Johor Baru kita naik taxi sampai Singapore. Sebel.

Cukuplah ya 6 cerita dulu, ternyata seru juga inget-inget kejadian yang sudah berlalu. Nanti kapan-kapan saya cerita lagi karena banyak banget yang bisa diceritain. Mulai dari kena scam, dibaikin, diajakin nginep dirumah kepala desa, ditawarin makan dirumah, sampai dijodohin hehe.

Semoga cerita saya gak lari jauh dari tema minggu ini ๐Ÿ™‚ oya kalau kamu punya cerita seru boleh dong dibagi juga. Buat yang punya ide tulisan untuk #Ceritajalanasik juga boleh banget loh ditulis di kolom komen, nanti kita tulis di minggu-minggu berikutnya.

Selain cerita saya yang seru-seru (iyaaa kan….) tentu cerita temen-temen saya lainnya gak kalah seru. Ada Febby @jalan2liburan dengan cerita 7 Simple Ways How To Meet Locals While Traveling dan Aggy @dewtraveler dengan ceritanya mengenai How to Interact with the Locals (Without Annoying Them)

#ceritajalanasik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by jalan2liburan, nyonyasepatu dan dewtraveller. Check our posts every Wednesday!

This weekโ€™s theme : Local Interaction

Advertisements

30 comments

  1. Non, ini tersangka deny yang ngasih ide itu aku ya huahaha takut ke GR an ada deny yang lain๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… kalo iya, thanks ya sudah berbagi cerita. Kenapa aku melontarkan ide ini karena aku orangnya suka mengamati dan berinteraksi sama orang2 lokal kalo sedang jalan2. Selain mengamati, kalau memang tertarik aku suka nanya2 lebih dalam juga. Maklum, jiwa researchernya kuat haha. Seru2 Non ceritamu. Aku baca dari awal sampai akhir khusyuk. Kami baru pulang road trip italy, nah salah satu airbnb nya itu letaknya ditengah2 perkebunan anggur dan zaitun. Yg punya ternyata punya usaha homemade pembuatan wine dan olive oil. Pas nyampe, kami diajak keliling pabrik kecilnya, diterangkan prosesnya, terakhir suami wine tasting gratisan sampe dua gelas. Seruu banget. Masih banyak cerita2 lainnya pas perjalanan kemaren.
    Non aku rikues lagi : dari sekian banyak kejadian perjalanan yg terabadikan lewat foto, pasti ada yg paling paling berkesan kan, nah pengen tahu ceritanya. Trus ide kedua : kalau dulu kalian pernah cerita ttg film yg menginspirasi untuk bepergian, karena aku suka baca buku, jadinya pengen tahu buku apa yg menginspirasi kalian untuk bepergian ke suatu tempat setelah baca buku tersebut. Maaf panjang banget Non komennya๐Ÿ˜…

    • Iya Den, itu kamu koq hehe. Makasih yaaa.

      seru banget sih Den, jalan2 kayak gitu dan bisa lihat banyak pemandandangan dan cerita seru. Ahhh…..share di blog ya. Pengne baca aku.

      Ok….nanti kita coba tulis ya Den. makasih lagi idenya

  2. Asik ya kenalan sama orang lokal kalo lagi jalan-jalan. Banyak pengalaman dan info menarik. Aku kalo ngobrol sama orang lokal selalu tanya makanan lokal yang paling enak menurut mereka. Ujungnya pasti ke makanan ha…ha…

  3. Whuah baru nyadar kalau mba Noni memang sudah mengeluarkan buku travelling. Soalnya saya silent reader yang blogwalking kesini tiap beberapa bulan sekali, trus ngebut baca2 tulisan mba Noni. Cerita perjalanannya seru2, fotonya bagus2. Semoga suatu hari mba noni (&Matt) bisa menerbitkan photobook gitu ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s