Jangan Terlalu Serius, Ah….


Pixabay

Siapa sih yang gak punya akun social media zaman sekarang? kecuali orang tua dan beberapa anak muda yang mungkin males kali ya hehe.

Nah, di circle saya sekarang ini di Medan terdiri dari beberapa generasi. Dari yang muda banget semacam baru tamat kuliah sampai yang umur 50an keatas. Iya segitu beragamnya sekarang temen-temen saya haha.

Hampir semua temen/kenalan saya itu punya akun media social. Macem-macem lah. Ada yang punya FB sama Path aja. Ada yang IG, FB, Path, Twitter dan mungkin akun lainnya. Paling sering sih mereka pakai FB, Path sama Instagram. Temennya yah itu lagi itu lagi. Orang-orang yang sama juga. Intinya temen dunia maya yah temen dunia nyata.

Keluhan yang sering muncul dari pemain social media di kalangan saya ini ternyata :

01. Terlalu sering posting

Ada temen/kenalan yang kerjanya posting fotonya mulu. #OOTD tiada henti. Sehari bisa 20 kali haha. Saya juga kenal orangnya. Semua ngeluh. Semua sebel dan jadinya ngomongin di belakang tapi tetep temenan. Bingung. Saya bilang unfollow aja. Mereka takut dimusuhin katanya. Owalah.

Padahal ini kan social media, ada tombol follow dan unfollow kenapa jadi ketakutan untuk tidak mengikutinya lagi? saya termasuk orang yang suka bersih-bersih, kalau gak suka dengan feed nya yah udah saya gak ikuti lagi aja tapi tetep temenan di dunia nyata (rencananya begitu). Memang sih, ada beberapa yang “musuhin” haha, cuma karena saya orangnya jarang main juga dan ketemuan orang-orang jadi gak perduli deh. Ada juga yang setelah saya unfollow, dia unfollow balik (taunya karena dikasih tau temen haha). Buat saya sih gak masalah. Buat dia masalah ternyata. Duh….

Fyi, saya gak pernah ngecekin siapa yang unfollow akun-akun saya. Gak punya waktu dan gak penting banget tau.

02. Tidak kasih like

Saya termasuk orang yang rajin nge-like. Pokoknya saya itu gak pelit likes terutama karena saya follow orang tsb, jadi biasanya saya pasti kasih like untuk apa yang dia posting selama saya suka.ย  Ya masa saya follow orang misalnya di Instagram trus saya cuma liat aja gak pernah bereaksi. Kalau diem aja mending unfoll aja lah.

Nah, masalah like ini ternyata saya baru tahu kalau orang-orang sedemikian perhatiannya. “Si ini gak pernah loh ngasih like postingan aku?” bingung saya koq bisa tau ya? “Yah taulah, kan aku liatin siapa yang kasih like supaya aku bisa like balik” oh….gitu.

Karena gak kasih like ini juga jadi masalah. Sensitif lah pokoknya. Apalagi kalau yang satu sering kasih like, sementara yang lain enggak. Duh….

03. Pamer mulu

Hauhahaha….namanya pun social media, kalau gak pamer yah gak usah punya aja ๐Ÿ™‚

Temen saya cerita, ada kenalan dia yang selalu posting hartanya. Mulai dari pajak mobil yang harus dibayar, merk kolor suami, sampai entah apalagi. Kalian bayangin aja, merk kolor plus bill pembayarannya aja diposting apalagi yang lainnya haha.

Selain itu beberapa kenalan saya juga ada yang back to the market, alias single lagi. Mulai dong punya pacar, nah itu screen capture obrolan dengan si pacar pun diposting hihi. Yang ini gak ada dalam feed saya tapi karena temen-temen saya itu “temenan” jadilah saya ikutan update.

Kalaupun gak suka postingan orang karena dia suka pamer, back to no 2. Rempong amat sih hidup kita ini. Mesti deh tersiksa karena socmed. Menurut saya socmed itu cuma mainan, gak usahlah dibawa serius.

04. Artis jadi saingan

Ini paling bikin saya ketawa “Aku doain deh semoga nanti si R sama H cerai” saya mau ngakak dengernya. Duilah padahal gak kenal tapi doainnya jelek amat. Tidak hanya doa tapi juga menganalisa hubungan si artis, dan masih banyak lagi. Kecenderungan untuk cemburu dan bersaing dengan si artis pun banyak banget.

Artis dilawan ๐Ÿ™‚

Eh tapinya kalau soal ngomongin artis kadang-kadang yah saya lakukan juga haha. Bahasnya berasa kenal kek tetangga sebelah rumah.

05. Dibahas

Ini sebenarnya yang paling ngeri. Contoh si A posting lagi liburan dengan temen-temen ceweknya. Ehh gosip yang beredar kalau dia gak akur lagi sama suaminya. Begitu aja trus. Apapun yang diposting pasti dibahas apalagi kalau udah benci, tambah seru deh bahasnya. Saya pun ikut-ikutan kadang-kadang haha. Hadew…..lingkaran setan.

Sekarang karena socmed ini kita jadi terbiasa liat segala sesuatu sepotong-potong. Gak tau BTS (behind the scene -nya). Pembahasannya pun terkadang terlalu berlebihan.

Social media ini kayak pintu atau jendela super besar ya kan. Semua orang bisa melihat hidup kita. Iya, kalau kita persilahkan lihat. Kadang kalau ada orang yang marah-marah karena hidupnya diomongin orang gegara si socmed ini saya bingung juga karena kita sendiri yang mempersilahkan orang untuk menonton.

Sama seperti saya yang kesel karena salah seorang temen saya komen serius banget tentang caption IG yang saya pikir cuma becandaan haha. Lah, salah sendiri bikin caption kayak gitu ya. Emang kepala saya sama kek kepala orang lain.

Sampai hari ini saya masih demen banget mainin social media terutama Instagram. FB dan Twitter saya hanya cek-cek kalau inget. FB lebih karena beberapa kerjaan sih. Twitter untuk cek berita kalau inget hehe. Instagram itu kayak hiburan banget untuk saya selama bisa mengontrol diri dengan santai aja mainnya. Jangan pernah terlalu serius ah ๐Ÿ™‚

 

Advertisements

50 comments

  1. kalo saya media sosial utama yang dibuka malah twitter. bisa betah 1 jam cuma scroll timeline. iyaa, seselow itu….. soalnya hampir semua info tumplek blek disitu. apapun. dan saya kadang males liat banyak foto yang menuhin feed, jadi agak malah agak males buka FB (hanya sekedar kerjaan) atau IG (sekedar cukup tau).

  2. Iya nih… dunia nyata aja udah bikin pusing, kalau ribet dengan dunia maya juga ruginya double deh.. ๐Ÿ˜

  3. R sm H itu pasti raisa sm hamish ๐Ÿ˜… ihh temennya jehoong doain bgtu huahahaha. Btw ada loh tmn aq yg tau misalnya dia req follow tp aq ga follback dia abs itu dia unfoll hahaha, dia juga tau siapa yg kasih like siapa yg ngga. Ngeri banget yg main sosmed serius kya gt ya.

  4. Aku klo mainan IG bawaannya nyela melulu, bhahahahak. Tp disisi lain, jualan di IG kayaknya jd salah satu alternatif yg menjanjikan. Dilema jg…. masa cm posting doank tp nggak intipin org lain posting apa.

  5. Yup. First thing in the morning while having coffee…checking on Instagram!!๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ whatever makes me happy deh cos lifeโ€™s too complicated sometimes ๐Ÿ˜œ

  6. Hahaha,bener non….. Gw sekarang lebih banyak pake tuh sosmed buat jualan,atau inspire everyone,hahaha. Terserah deh yah kalo yang diinspirasi nganggepnya lain.

  7. bener tuh mbak non main socmed jangan terlalu serius banget, tar jadi stress gak jadi main2 kan kalo gitu. hahaha
    aq juga nemuin orang-orang yang posting2 gak penting menurut kita, tapi kan menurut dia itu penting buat di posting yah jadi gak usah mempertanyakan harusnya ngapain sih gitu aja di posting.

    aq cuma main ig yang lain fb, twitter, path punya tapi sudah di unisntal di hp.. puyeng kebanyakan!

  8. IG memang heits banget sekarang ya Non, hahaha. Tapi ya karena heits itu jadi artinya juga penggunanya juga macam-macam gayanya ๐Ÿ˜€ . Jadi dibawa santai aja lah ๐Ÿ˜€

  9. Tapi memang ada kok Non, orang2 yang ngitungin komentar atau like. Dia tahu siapa aja yg suka nge like atau komen setiap status atau unggahannya di media sosial. Begitu ada yg jarang nge like atau komentar, jadi dibawa ke hati. Ada banget yang kayak gini. Hidupnya selow banget, kayak ga ada kerjaan lain aja ๐Ÿ˜… ga usah seserius itu ah!

  10. Oh yeah hidup Instagram ๐Ÿ˜ instagram ini jadi tempat galery for fun buat aku ๐Ÿ˜ kalo aku posting di ig sih krn mau nyimpen foto / video untuk aku liat saat pertama buka ig kan bisa scroll down tuh liat yg dulu2 jd bukan untuk liat postingan orang lain sih ๐Ÿ˜‚ tp kalo pas liat postingan yg aku follow pastinya ngasih jempol ๐Ÿ˜† mau itu yoga mau itu travelling mau itu foto makanan yg bagus atau yg udah di uwel uwel dg tangannya ๐Ÿ˜‚ ya aku like aja ๐Ÿ˜† tp jujur foto makanan yg udah uwel2an gitu sebenarnya menjijikkan lol ๐Ÿ˜‚

  11. Toss mba Non! aku ada block orang karena ternyata dia suka banget buat cerita2 aneh dari postingan aku dan postingan dia menurut aku ngak aku banget soalnya selfie smua haha, karena aku block sampai sekarang dia marah dan bilang aku benci dia…
    sosial media life… hahaha..

  12. sukaaaa sama semua poinnya dan ngalamin dicurhatin mirip-mirip kayak gitu. khususnya yang kudu follow orang dan ga berani ngeunfolow. temenku pernah loh sampe nanya knapa ga follow dia, padahal diawal emang sengaja diatur ig buat nambah ilmu dan ngeliat temen-temen di luar lingkungan terdekat, karena aku ngerasa kalo buat komen dll sama temen deketkan ada path.
    buat yang ga pernah ngelike…hadeuh ga ngelike aja jadi masalah ya sekarang ><

  13. aku termasuk pemakai IG yang nggak terlalu ngurusin siapa yang like siapa yang view.
    pernah lho ada temen yang komen “si anu si anu si anu kok selalu liat story ku ya?” trus si anu si anu si anu nya denger dan langsung ngamuk. IG nya langsung diunfollow..hahahaha….lagian ya…kalau nggak mau diliat ya jangan diupload lah

  14. Instagram memang seru, tapi dari awal bikin aku emang cuma buat koleksi pribadi aja makanya selalu private. Gak pernah ngejar likes, gak pernah mau bikin duit dari sana, gak ngejar follower juga. Per 2018 malah aku selalu nonaktifkan komentar, karena foto mah cukup di like aja (kalo suka) dan gak perlu dikomen :D. Paling kalo ada yg penting, biasanya pada nge DM ๐Ÿ™‚

      • kemarin sempet baca di story nya satu influencer, gila ya orang ada yg gila banget sampe rela ngelauin apa aja demi feeds instagram nya terlihat cakep. Bacanya sampe bingung antara emang itu beneran nyata, orangnya yg shallow atau akunya yg kurang update hahahaha

  15. 2. Eh beneran lho, ada beberapa orang yang suka tanya kok aku nggak me-like postingan mereka. Padahal nih aku kalau scrolling Instagram ya tinggal scroll aja, like kalau ada yang suka…keseringan nggak lihat siapa yang punya account ๐Ÿ˜€

  16. yg nomor 2 sammaa,

    kalo emg suka ya tak follow, terserah mau folbek enggak. gaksuka ya tak unfol ๐Ÿ˜€

    dan gaktau sapa yg udah unfol dan gaksuka mriksa sapa yg liat instastory atau sapa yg like atau gak, makanya kaget suka ada yg nyerita si ini liat insta story gw bla bla hihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s