Andaliman Yang Menggetarkan Lidah


Andaliman atau merica Batak
Andaliman atau merica Batak

Andaliman lebih terkenal dengan nama Merica Batak. Apa sih andaliman itu? selain nama sebuah gallery di Medan, ternyata andaliman adalah salah satu bumbu dapur yang biasa dimasak dalam masakan Batak. Andaliman menjadi bumbu utama dalam masakan khas Batak seperti arsik dan saksang. Gak andaliman gak asik πŸ™‚

Selama ini saya memandang sebelah mata dengan keberadaan andaliman, apalagi kalau kebetulan ke pasar, biasanya andaliman hanya ditarok di keranjang sehingga tidak terlihat menarik. Belakangan baru saya tahu harga andaliman ini mahal banget. Kalau lagi tidak musim bisa dihargai lebih dari Rp 100.000 per ons-nya (kata si pedagang sih, gak tau bener apa gak.) Beberapa hari lalu ketika saya tanyain harganya Rp 20.000 per-ons. Buat yang males ke pasar, andaliman juga dijual di Berastagi pasar buah di Medan. Katanya di Jakarta juga bisa ditemuin andaliman di pasar.

Andaliman sendiri menarik perhatian saya sejak sering bepergian ke Tongging untuk lunch. Iya jauh banget lunch-nya haha. Ibu saya selalu memesan sambal tuk-tuk setiap kali kami memesan ikan bakar. Sambal tuk-tuk ini bahan dasar utamanya adalah andaliman. Pertama kali makan lidah saya sampai kelu dan murus-murus dengan suksesnya. Sebenarnya seperti yang saya tulis, andalimannya sendiri gak pedes, yang bikin pedes cabe rawitnya πŸ™‚ .

Menurut Wikipedia dan majalah Tempo edisi kuliner yang saya baca, Andaliman sebenarnya adalah bumbu khas Asia. Biasa tumbuh di Jepang, Korea, India, Tibet, Nepal dan tentu aja Sumatera Utara. Sebenarnya saya penasaran kenapa di kota lain gak disebutin, ya, paling enggak Aceh (atau tumbuh tapi saya gak tau). Bahasa Inggrisnya adalahΒ Sichuan pepper, dengan variasi lain adalah “Szechwan pepper,” “Chinese pepper,” “Japanese pepper,” “aniseed pepper,” “Sprice pepper,” “Chinese prickly-ash,” “Fagara,” “sansho,” “Nepal pepper,” dan “Indonesian lemon pepper,”. Hayoo pernah denger, gak?

Andaliman memiliki aroma jeruk yang lembut tapi “menggigit” Β kalau dimakan sehingga menimbulkan sensasi kelu atau mati rasa di lidah, meskipun rasanya tidak sepedas cabeΒ atau merica. Rasa kelu di lidah ini disebabkan adanya kandungan hydroxy-alpha-sanshool pada rempah tersebut. Selain dalam masakan Batak, penggunaan Andaliman sebagai bumbu masak juga dikenal dalam masakan Asia Timur dan Asia Selatan.

Andaliman yang paling saya tahu tentu aja dalam sambal tuk-tuk. Selain itu saya gak pernah nyobain. Kalau pengen bereksperimen dengan Andaliman bisa dicek satu blog miling Rahung Nasution, yang juga rajin banget masak dengan menggunakan andaliman diΒ http://kokigadungan.tumblr.com/

Selain itu saya kasih resep membuat sambal andaliman versi rumah makan Family di Tongging.

Bahan-bahan sambal andaliman :

Andaliman, kincung (kecombrang), cabe rawit (semuanya digiling dalam keadaan segar)

Kemiri, tomat, bawang merah dan bawah putih digoreng atau dibakar dan digiling barengan dengan semua bahan yang segar. Setelah itu ketika akan menyajikan bisa dikasih perasan jeruk nipis. Ehh jangan lupa garam (beuh gimana ini ngasih resepnya haha).

Entar makannya bisa dicocol ke ikan bakar. Rasanya luar biasa enak banget. Saya dan Matt biasanya makan sambal ini jika berkunjung ke Samosir atau Tongging.

Menurut si ibu, sebaiknya sambalnya dibuat dalam keadaan segar.

Ada yang pernah mencoba andaliman? menurut kamu gimana?

IMG_1652 Processed with VSCOcam with b5 preset

Advertisements

122 comments

  1. Ooo Sichuan pepper, kalau andaliman malah ga tau. Klo Sichuan pepper tau, ini klo kena mulut asem banget rasanya biasanya… aku biasa ke restoran Chinese food pesen makanan yang ada ininya nih.

  2. Tadi suamiku br minta dimasakin saksang. Aku mana bisaa.. Trus ngomongin andaliman eh taunya km posting. Aku baru tau bentuknya kayak gitu tohhh… Enaak beneran ya non?

    • Huahahah saksang, ayoo cobain Mar πŸ™‚ katanya ada di Jakarta yang jual andaliman, pasar impres apa ya namanya, aku juga lupa.

      enak kalo dibikin sambal atau coba deh cek websitenya si koki gadungan, dia suka bikin resep2 dengan andaliman

      • Iyaa kayaknya ga di semua pasar ada sih. Udah gitu mahal bgt ya skr 120rb per ons. Gileee seharga menu utamanya itu sih πŸ˜€
        Okee, coba ntar aku ceki2 ke web koki gadungan, kali aja ntar kesampean masaknya *sok bisa masak* πŸ˜€

  3. Mama saya biasanya nyampurin andaliman di arsik ikan mbak Noni… pedar dan memang bikin beda sensasisnya.

    Btw, mbak Noni ini saya dukung 100% jadi Duta Pariwisata SUMUT ya… Bagus bngt promosiin Medan. Pasar Sentral aja jadi bagus banget kelihatannya di Foto. Padahal selain siapin uang belanja, juga harus siap lahir batin kalau mau belanja di sana πŸ˜‰

  4. Ajaib harganya Mba Non. Dulu tahunya emang bukan nama bahan masakan. Pas pertama ke Medan dulu dikasih tahu ada sesuatu namanya andaliman ternyata gedung ya. Hihihi.
    Jadi penasaran berat deh rasa andaliman yang dipake dimasakan itu gimana. :-9

    • Kalau yang ini rasanya kan gak pedes, Lia, makanya harus dimasak dengan campuran cabe. Efeknya itu bikin lidah kelu. Entar kalau beli mba cobain deh rasanya yang bener2 cuman andaliman aja hehe. Katanya sih getir.

      Mba beli tempo cuman gara2 itu doang loh haha

  5. Aku pernah coba. Ada didalam resep arsik kan ya. Rasanya menggigit Non. Ada rasa merica campur citrus gitu tapi pedesnya pelan-pelan cuma lama hilangnya πŸ™‚

  6. ah baru nyadar andalimana ama sichuan pepper itu sama..di korea disebutnya apa ya.chopi gtu hehe
    kalo kegigit rasanya gimana gtu πŸ˜€

  7. Postingan bagus, sukses mempopulerkan sejenis merica dan membuat kepo rasanya, apalagi pake iming2 sambel, teri, ikan bakar, dan Toba..
    Ahhh, horas!
    Kalo di masakan Padang ada si andaliman ini gak sih Non?

  8. Rasanya nyelekit, Mbak. Aku ngga sukaaaa.. Hahah.. πŸ˜€ Mama sukak nyetok sih, kan keluarga demen bikin arsik ikan mas. Aku mah makan tahu goreng aja.. πŸ˜›

  9. bah, masak daging panggang trus buat sambal cabe rawit +andaliman, wuihhh mantap! *lap iler hahaha. Kl suamiku sih biasanya pakai andaliman kalau masak arsik + saksang + buat sambal daging/ikan bakar…ngebayangin lidah kelu itu…slurppppp πŸ˜€

  10. pertama kenal kosakata andaliman waktu baca bukunya Dee Lestari, serial supernova yang terbaru, “Gelombang” bulan november kemarin.
    Pertama lihat bentuknya (lebih tepanya, gambarnya) di blog ini.
    Makasih dah berbagi

  11. sering kak, hehehehe. kalau lagi kepengen bangat aku nyari di pasar senen banyak dech yang jual. kadang buat sambal biasa aku taruh sedikit andaliman dan diulek, hasilnya mantap bangat. hehehe

  12. Tertarik nama andaliman sejak baca bukunya Dee yang terbaru “Gelombang” secara orang Batak di rantau (US) berbekal andaliman untuk survive terhadap makanan ha ha ha….

    Interesting! πŸ™‚

  13. Hai mba Noni,
    salam kenal, andaliman di batam malah lebih mahal lagi mba..350rb sekilo, sempat beli dan kaget dgn harganya…penasaran juga dengan rasanya, akhirnya coba buat mie gomak dengan mie lidi/spaghetti batak…ajib rasanya..mantap mba…lumayan blog ku akhirnya ada masakan khas batak juga…
    cuma belum tertarik buat arsik, ga suka ikan mas, arsik ayam enak juga kali ya..he he he maksa..

  14. maaf ikut nimbrung mbak…sebagai info aja, buat yang minat beli andaliman boleh pesan di saya ya… harga fluktuatif, kalau mau pesan tanya harga dulu yak… untuk bulan bulan sekarang andaliman harga 150rb/kg.. belum ongkos kirim yak.. dari medan.. hub di 082272797247

  15. pagi,,, maaf ikut nmbrung mbak… mau infoin tentang andaliman, kalau minat beli andaliman boleh beli disaya yak..harga fluktuatif.. untuk sekarang harga 150rb/kg belum termasuk ongkir dari medan yak… boleh pesan di 082272797247, siap kirim keseluruh indonesia.. ada juga teri medan loh.. terima kasih sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s