Tongging – North Sumatera


Salah satu tempat favorite saya di Sumatera Utara adalah Tongging. Tongging adalah sebuah desa kecil di antara jejeran Bukit Barisan. Desa kecil di pinggir Danau Toba yang bisa kita nikmatin dari ketinggian 900 mdpl.

Pemandangan terindah jika kita melihat dari atas bukit-bukit. Menyusuri jalanan yang berkelok-kelok dan di setiap kelokan kita akan menemukan kejutan. Kejutan menyenangkan. Bayangkan danau besar, desa kecil, pepohonan pinus, bukit-bukit hijau, bebungaan liar dan makanan super enak plus udara segar cenderung sejuk. Amazing!

Sayangnya seperti biasanya, di setiap pemukiman penduduk di Sumut pasti memiliki masalah klasik yaitu sampah. Di kunjungan saya tanggal 25/12/2014 kemarin ketika berjalan mengelilingi desa kecilnya, gampang sekali menemukan sampah dimana-mana bahkan dipinggir danau. Sedih ya. Tempat ini luar biasa cantik, sedikit susah untuk membayangkan kita merusaknya hanya dengan sampah-sampah gak berguna itu.

Entah kenapa masyarakat dan pengunjung seperti kesusahan untuk membuang sampah pada tempatnya. Entah karena pemerintah tidak membantu juga tapi saya pikir untuk desa sekecil itu seharusnya warga bisa melakukannya sendiri. Toh akhirnya mereka yang setiap hari menikmati kota tempat mereka tinggal. Kalau danaunya/desanya bersih pasti pengunjung akan lebih banyak yang datang kesana. Wisatawan datang artinya ekonomi bisa jalan lebih bagus karena sebenarnya kebanyakan penduduk disana memiliki warung-warung ikan kecil sebagai mata pencarian.

Biasanya wisatawan lokal datang ke Tongging untuk makan siang di pinggir danau. Makanan khas pinggir danau bakalan saya posting di lain post :).

Enjoy πŸ™‚

Kebiasaan nyirih
Kebiasaan nyirih
Jump......background Bukit Barisan
Jump……background Bukit Barisan
Nyirih
Nyirih
Kids........
Kids……..
Orang Batak punya kebiasaan memiliki kuburan dengan ukuran sangat besar
Orang Batak punya kebiasaan memiliki kuburan dengan ukuran sangat besar
Desa Tongging
Desa Tongging
What do you think?
What do you think?
Jalur menuju desa
Jalur menuju desa
Setiap kelokan mesti kaget
Setiap kelokan mesti kaget
Me and Matt
Me and Matt
Hi Opung :)
Hi Opung πŸ™‚
Opung dan cucunya
Opung dan cucunya
Menuju desa
Menuju desa
Desa Tongging
Desa Tongging
Tongging
Tongging
Dari atas bukit
Dari atas bukit
Dari atas bukit
Dari atas bukit
Dari atas bukit
Dari atas bukit
Dari atas bukit
Dari atas bukit
Desa Tongging
Desa Tongging

IMG_1494

Bunga2 liar di pinggir jalan
Bunga2 liar di pinggir jalan
Ada yang warna putih
Ada yang warna putih
Ada yang bisa ngeliat air terjun Sipiso-piso?
Ada yang bisa ngeliat air terjun Sipiso-piso?
Kuburan di atas bukit. Super keren
Kuburan di atas bukit. Super keren
Dari warung tuak seperti ini, biasnya lahir musisi Batak bersuara emas
Dari warung tuak seperti ini, biasnya lahir musisi Batak bersuara emas
Sayangnya desa ini kotor :(
Sayangnya desa ini kotor 😦
Cek banyaknya sampah di Danau dan sumpah bauuuuk
Cek banyaknya sampah di Danau dan sumpah bauuuuk
Rumah makan Family :) bapak ini baik banget dan masakan di restonya luar biasa enak
Rumah makan Family πŸ™‚ bapak ini baik banget dan masakan di restonya luar biasa enak
Matt
Matt
Pemancing dimana-mana
Pemancing dimana-mana

 

Advertisements

151 comments

  1. Menunggu postingan tentang makanannya.
    Btw Matt kayaknya tambah gemuk ya, pipinya jadi chubby gitu πŸ™‚

    dan foto-foto ini sukses bikin saya pengen nengok ke sana *nabung… nabung

  2. Ajiejieeeh yang bajunya kompakan biru πŸ˜€ fotonya cantik-cantik banget Mbak. Jadi pengen ke sana *kumpulin receh dulu*

    • Iya ya, kita juga baru sadar pas ngeliat foto πŸ™‚ udah kayak pasangan alay.

      Alamnya udah kece banget juga, Anggun. Difoto pake apapun tetep bagus. Yuk kesini mumpung masih ok

      • belum mbak, sumatera hanya pernah ke palembang, bangka dan lampung aja. Itupun palembang karena lahir dan pernah tinggal disana, bangka karena pernah tinggal disana dan ada saudara disana. Ada keinginan suatu saat pengen ke Medan mbak, tapi ntah kapan baru terealisasi. πŸ˜€

      • Ayo maen-maen ke Bangka, mbak. Melipir dikit bisa ke Belitung.. πŸ˜€
        ya, semoga ada rejekinya mbak, jadi bisa kesampean ke medannya. πŸ™‚

      • Semoga ada rejeki juga ya, pengen juga sih ke Bangka Belitung. Padahal udah deket tapi dari Medan kayaknya mesti muter ke Jakarta dulu ya.

        Amin…semoga rejeki kamu banyak ya

  3. kemaren ga ke desanya non, cuma begitu nemu warung langsung minggir buat makan, tapi emang kece bgt tu tempat
    awalnya sebel karena ga diajak ke prapat karena kata sepupu aku “udahlah ga perlu ke prapat segala klo cuma mau liat danau toba, ke tongging aja lebih bagus, bisa kita liat air terjun disana”
    dan ga nyesel abis itu πŸ˜€

  4. Cantik banget ya! itu bukit2 di seberang danau ketutup awan kabut kesannya mistis banget. Aku nggak bakal kaget kalau tiba2 ada naga terbang keluar dari situ. hahahaha.

    ya ampuunn tapi beneran cantik banget ya….

  5. cuma ngeliat foto ini saja, aku bernafas berasa udaranya bersihhhhhhhh bgt kak non, hahah. Berasa ada disana jg menikmati pemandangan ini.

      • mengurangi kecantikan tempatnya mbak Noni. Tapi emang masalah sampah di tempat wisata ini bikin sedih banget 😦

      • pemerintah atau warga setempat juga tidak menyediakan tempat sampah sih ya mbak. Masyarakat kita juga belum biasa bawa-bawa sampah di tasnya ><

      • Ira, di tengah desa kalau gak salah inget ya, ada satu bak sampah besar banget. Sampahnya ampe meluap2 gitu. Nah kemungkinan sih selain mereka buang sampah di danau yah buah sampah disana juga.
        Setelah buang sampah disana, bingung, kan, mesti diapain lagi hiks. Harusnya kita mesti mikirin solusinya deh.

  6. Woww bagus banget pemandangannya mbak πŸ‘πŸ‘
    Kalo mau ke Tongging jalannya via Berastagi ya mbak? Berapa lama perjalanan?

  7. Udah lama gak mampir sini eehhh..langsung disodorin pemandangan cantik-cantik…beneran deh Non, tahun lalu belum puas eksplor Medan dan Danau Toba..pengen kesana lagii πŸ™‚

  8. Kaak aku pernah kesana pas cuaca lagi cerah banget. Asli pemandangannya bikin klepek2. Warna danaunya biru campur tosca gitu, bukit2nya keren dipapar sinar matahari, keren kak pokoknya ! Sayang disana sering mendung ya kak 😦

  9. salam kenal mba noni,terimakasih sudah menyajikan tulisan tulisan yang indah tentang lake toba salah satunya.
    tulisan mba juga yang bikin aku pengen pulang kampung kesana as soon as possible setelah tabungannya cukup he he
    secara aku keturunan batak tapi gak pernah tau kesana.
    mudah mudahan bisa ketemu mba noni ya next time aku kesana..cheers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s