Vetiver Si Tanaman Sakti


online-media.uni-marburg.de
online-media.uni-marburg.de

Saya telat banget membaca tentang tanaman hebat bernama Vetiver yang sanggup membersihkan air yang sudah tercemar. Untuk yang mengetahui mengenai vetiver boleh banget di share, ya.

Sebuah perusahaan kosmetik alami dari Jepang (bukan si eske yang rame banget dipake cewek2 Indonesia, loh) bernama Shokubutsu Hana, bekerja sama dengan Sungai Pasig di Manila, Filipina untuk membersihkan sungai yang terkenal tanpa kehidupan ini. Jadi ceritanya si sungai udah parah banget tercemarnya.

www.marketing-interactive.com
http://www.marketing-interactive.com

Sangking parahnya keadaan si sungai akhirnya mereka punya ide untuk membersihkan sungai dengan cara menanam tumbuhan bernama vetiver.

Vetiver sengaja dipilih tentu dengan alasan karena tanaman tersebut bisa hidup dalam habitat tinggi nitrat, fosfat, dan baja. Tanaman ini pun sanggup menyerap material beracun untuk membantu mengurangi polusi. Berdasarkan penelitian, sistem Vetiver seperti ini bisa membersihkan dua hingga delapan ribu galon air per hari. Hebat banget, kayaknya perlu ditanam vetiver disepanjang parit-parit di Medan.

Sangking penasarannya dengan vetiver, saya sengaja googling. Salah satu blog yang juga menuliskan tentang vetiver, bisa dicek di sini  . Gak cuman air, ternyata vetiver juga bisa mencegah tanah longsor. Ih, keren banget, kan.

Fungsi rumput vetiver itu di antaranya mampu mengonservasi tanah dengan menyerap pencemaran air serta limbah cair. Bagi tanah, keberadaan vetiver mampu menurunkan kehilangan tanah 90 persen, mengurangi aliran permukaan air hujan 70 persen, serta meningkatkan hasil tangkapan air 50 persen.

Nah, setelah baca tulisan tentang vetiver, saya jadi optimis kalau kita bisa koq menyelamatkan bumi ini. Sungai/danau yang rusak bisa dibersihkan dengan tanaman ini. Tanah longsor juga bisa dihindari dengan menanam rumput ini. Caranya aja gimana ini memulainya? tetep aja saya mentok di ide huhu.

Ada yang pernah nanam tanaman ini atau mungkin pernah lihat?

 

Advertisements

56 comments

  1. Pernah liat waktu si Tomo nunjukin fotonya, Mbak.. Tapi ngga terlalu ngeh sih. Soalnya disebutin sama dia namanya jadi susah. Wkwkwk.. 😀

  2. Jakarta banyak banget sungai berpolusi, warna hitam dan bau tak sedap, bisa kali ya ditanamanin ini? Apa ya kira2 yang bikin tidak ada yg coba nanam tanaman jenis ini di sungai jakarta (termasuk saya kenapa?)

  3. Baru tau ada tanaman hebat seperti vetiver. klo ga salah sungai han di korea itu joroknya minta ampun, dan butuh waktu tahunan untuk memurnikan airnya. Apa mereka pake vetiver ini juga ya ?. mudah-mudahan indonesia bisa tergerak untuk memurnikan air sungai-sungai yang warnanya udah kayak oli itu :D.

  4. Yaelah, namanya selebriti banget “Vetiver” alias “Vetti Vera” hihihi…. Berkembang-biak dengan cepat gak? Ntar kayak enceng gondok, awalnya indah eh jadinya cepet rimbun dan susah ngebersihinnya…..

  5. Wah, sangat mencerahkan! Banyak banget sungai dan parit di Jakarta yg perlu kehadiran vetiver ini. Gimana ya caranya usul ke dinas pertamanan kota kita agar mereka melirik rumput vetiver?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s