Berobat ke Penang ( Lam Hwa Ee dan Island Hospital)


Kalung dari
Kalung dari

Tanggal 27 November 2016 lalu saya menemani ayah berangkat ke Penang untuk general check up. Jadi sudah sejak 2002 ayah saya mengalami masalah dengan kaki dan tangannya. Kaki dan tangannya menjadi sangat lemah sampai akhirnya 4 tahun terakhir ini ayah tidak bisa lagi berjalan. Kemana-mana harus menggunakan kursi roda.

Beliau sudah melakukan check up di berbagai rumah sakit di Medan dan juga ketemu banyak dokter tapi tidak juga ditemukan penyakitnya. Sejauh ini semua hasil test bagus tanpa masalah. Ayah saya memang cukup sehat sepanjang hidupnya. Olahraga, makan makanan rumah, tidak merokok atau minum dan tentu saja istirahat cukup. Makanya kita juga bingung banget ada apa dengan beliau?

Sebenarnya ide ke Penang ini sudah dilontarkan bertahun-tahun lalu tapi karena beliau masih merasa cukup kuat jadi selalu menolak, sampai akhirnya tahun ini tambah parah sampai tidak bisa bangun lagi tanpa dibantu barulah dia menyerah dan memutuskan ke Penang untuk check up.

Rumah sakit yang dipilih adalah Lam Hwa Ee Penang. Jadi dari Medan saya sudah langsung booking penginapan di Apartemen Mewah Court Penang yang tidak jauh dari rumah sakit. Jangan bayangin ini apartemen mewah ya hehe. Apartemen sederhana ini biasanya memang digunakan oleh banyak pasien dari Indonesia (khususnya Sumut/Medan) untuk menginap selama berobat. Alamatnya cek dibawah ini.

Apartemen Mewah Court Penang Malaysia

Alamat: Jalan Hijau 5, Taman Green Lane, 11600 George Town, Pulau Pinang, Malaysia.

Eric Boo +60124939813 atau bisa juga hubungi Adi di no +60143498217

Apartemen ini dekat sekali ke rumah sakit. Sekitar 200 meter. Kita sengaja memilih menginap disini karena bisa jalan kaki ke rumah sakit, rumah makan banyak dan tentu saja ada pasar tidak jauh dari rumah sakit. Kenapa harus jalan kaki? karena ayah saya itu harus didorong dengan kursi roda dan beliau sendiri susah banget kalau harus turun naik taxi yang rendah seperti sedan. Jadi bagusnya emang menginap di apartemen selain bisa masak, cuci baju, dll seperti dirumah. Bonusnya harganya tidak terlalu mahal. Harga kamar disini sekitar 45 RM – 75 RM.

Mungkin nanti saya tulis postingan tersendiri tentang apartemen ini ya πŸ™‚

Untuk berobat ke rumah sakit Lam Hwa Ee ini agak-agak harus rela berkorban. Rumah sakit ini sebenarnya bukan milik pemerintah tapi non profit. Kalau saya lihat di website atau tv informasi, rumkit mendapatkan banyak sekali donasi sehingga harga masih bisa ditekan. Ini penyebabnya banyak sekali pasien yang berobat kesini. Rumah sakit ini terkenal dengan program bayi tabungnya dengan dr. Ng Peng Wah.

Perlu diingat untuk konsultasi dengan dr. Ng Peng Wah, hanya bisa dilakukan setiap hari Senin, Rabu dan Kamis. Pada hari tersebut dr Ng menerima pasien baru. Di hari lainnya menurut petugas rumah sakit beliau melakukan operasi sehingga tidak bisa menerima pasien.

Saya antri hari pertama itu Senin. Nah, catatan aja nih ya, buat yang ingin berobat ke rumkit Lam Hwa Ee tapi bukan mau program bayi tabung, sebaiknya tidak ngantri dihari-hari diatas karena panjangnya bukan main. Saya datang jam 04.00 pagi aja sudah dapat no antrian 8. Jadi orang-orang mulai datang antri sejak pukul 03.30 pagi. Antrian juga luar biasa panjang karena sebagian besar ingin bertemu dr Ng.

Hari Selasa dimana dr Ng tidak menerima pasien baru, saya datang pukul 04.00 pagi untuk ngantri ehhh sepi banget. Baru sekitar pukul 05.00 pagi para pengantri datang. Jadi perhatikan harinya ya. Lumayan satu jam ngantri hahaha. Soalnya beneran pagi-pagi buta gitu orang-orang sudah bermunculan untuk ngambil nomor.

Loket antrian baru buka pukul 06.45 pagi. Nanti kita bakalan ditanyain mau ketemu dokter siapa? nah karena waktu itu saya sebenarnya bingung antara general check up atau gimana, trus petugas rumkit bilang mendingan langsung ketemu dokter aja. Dipilih dokter tulang karena kita mikirnya masalah ayah saya emang ditulangnya.

Saya disuruh datang lagi pukul 10.30 (2 antrian karena saya juga ketemu dokter obgyn untuk check up hehe). Kenapa jam 10.30? soalnya dokternya baru datang jam 10.00. Rumah sakit sendiri baru dibuka pukul 07.00 tapi pasien sudah mulai ngantri sejak Subuh. Pokoknya kalau sudah dapat no nanti kita bakalan diberitahu kira-kira harus datang pukul berapa, sehingga gak perlu seharian nunggu di rumkit. Cuman kalau dapat no awal, baiknya dalam 1 hari kita bisa melakukan semua test yang kita butuhkan.

Setelah dikasih no antrian dan melakukan pendaftaran (jangan lupa bawa paspor) kita bisa pulang dulu untuk sarapan dan nanti balik lagi.

Jam 10.00 kami sudah sampai di rumah sakit. Saya nemenin ayah dulu untuk siap-siap ditemanin adek. Trus suster manggil nama pasien untuk memastikan data-data pasien dan disuruh tunggu lagi plus dikasih no antrian. Nanti kita tinggal liat aja di layar elektronik kalau no kita sudah dipanggil.

Pada hari itu ayah saya mendapatkan 2 test. Xray dan MRI. Semuanya sudah pernah kita lakukan di Medan dan hasilnya nihil. Saya gak akan cerita sakitnya ayah ya hehehe. Jadi disini pengalaman berobat aja deh πŸ™‚

Catatan 2 : Untuk yang ingin general check up, antrian bisa diambil di lt. 7, jadi jangan ikutan ngantri di Lobby karena emang beda.Β 

Ini kali kedua saya check up di Penang, sampai hari ini saya cukup terkesan. Saya itu bolak balik ketemu dokter dan masuk rumah sakit untuk check up dan pengobatan Kista. Ayah saya lebih sering lagi , jadi kita punya banyak pengalaman dengan rumah sakit di Medan dan Surabaya. Begitu di Penang kayaknya semuanya cukup berbeda. Berobat disini bisa saya bilang cukup “nyaman” dan sangat “dimudahkan” kecuali antrinya haha.

Contohnya nih dari dokter Tulang, ayah mesti ketemu dokter Syaraf bedah. Kita gak perlu buat janji. Suster bantu kita buat janji. Semua hasil pemeriksaan langsung dikirim ke komputer dokter. Suster-suster di rumah sakit Lam Hwa Ee tidak bisa saya bilang luar biasa ramah tapi mereka sangat membantu, menjawab pertanyaan. Yang paling bikin saya bengong dokter-dokternya baik banget bahkan mau mendorong kursi roda pasien. Ini gak pernah saya lihat di Medan ketika membawa ayah berobat.

Rumah sakit sejak saya ngantri pagi-pagi buta sudah bersih sampai semua yang ngantri gak perduli hanya duduk di lantai. Tidak ada bekas sampah atau makanan dibawah kursi-kursi tunggu, petugas sangat membantu jika kita memiliki pertanyaan, kursi roda tersedia puluhan biji, kantin bersih, harga tidak terlalu mahal, dan menyediakan air panas/dingin gratis.

Semua dokter memberikan informasi sangat jelas, dokter syaraf yang bingung apa penyakit ayah saya langsung bilang “tidak tahu” tapi dia membantu ayah saya untuk ketemu dokter lain di rumah sakit Island Hospital bahkan langsung menghubungi dokter tersebut untuk membantu membuatkan janji. Kita bahkan gak sempet nanya apa=apa karena mereka kasih informasi lengkap. Serius………ayah saya yang selama ini selalu kesal kali ini dia ngerasa beneran puas.

Yang paling mengesankan untuk saya sebenarnya cara dokter menyampaikan informasi. Beneran bagus banget. Kalau kita tidak bisa mengerti bahasa Melayu, mereka akan bicara bahasa Inggris hehe. Kalau gak bisa juga, mereka itu sabar banget menjelaskan sampai pasien mengerti.

Sekarang saya bener-bener mengerti kenapa orang-orang (terutama yang saya kenal) bolak balik ke Penang bahkan hanya untuk check up doang, yah karena ini semua. Emang beda banget. Bahkan saat jam makan siang, dokter tetep ditempat karena pasiennya ngantri banyak banget. Salut lah.

Ini informasi untuk yang ingin general check up seperti saya kemaren di Lam Hwa Ee

1). Paket Medical Check up Kesehatan ( Paket Standar ) Paket ini harga nya RM 428.
Paket Standar Medical Check Up meliputi:
  • Konsultasi dan pemeriksaan Fisik.
  • Ronsen bagian Dada
  • EKG
  • Test Fungsi Ginjal.
  • Test Fungsi Hati
  • Pemeriksaan Diabetes
  • Test Fungsi Teroid
  • Pemeriksaan Kolestrol
  • Pemeriksaan Hepatitis B dan Hepatitis C
  • Test Fungsi Mata.
  • Test Urine.
  • Pemeriksaan bagian perut dengan Ultrasound.
2) Paket Medical Check Up Eksekutif
Paket Medical Check Up Eksekuitif ini harga nya RM 558. Paket Medical Check Up Eksekutif pemeriksaan nya hampir sama dengan Paket Standar yang Harga nya RM 428. Hanya saja untuk paket Eksekutif ada tambahan pemeriksaan Fungsi Jantung atau biasa disebut dengan Treadmill Test.
Untuk tambahan test lainnya nanti bisa dicek harganya masing-masing.

Ada yang ingin berbagi pengalaman juga? saya share video youtube saya tentang berobat di Lam Hwa Ee.

Rumah Sakit Lam Hwa Ee

Alamat: No. 141, Jalan Tan Sri Teh Ewe Lim, Jelutong, 11600 George Town, Pulau Pinang, Malaysia
Semoga kita selalu sehat-sehat ya. Amin.
Advertisements

81 comments

  1. Informasinya jelas & lengkap. Beberapa temen ada yg program bayi tabung di Penang juga. Berobat ke Penang juga kesohor banget selain berobat ke sing.
    Mungkin beda banget nya, karena di Indonesia buanyak banget pasien tapi RS pemerintah masih terbatas. Sementara RS swasta, luar biasa mahal. Mending ke sing/penang sekalian.

    • Di Singapore mahal banget soalnya, jadi kayaknya Malaysia terutama Penang sih kalau orang Medan paling banyak pergi berobat. Iya, kayaknya gitu sih, saking banyaknya manusia jadi susah juga ya 😦

  2. Seneng ya mba kalo ke rs pelayanannya bikin nyaman. Jangankan di penang, rumasakit pemerintah dan swasta aja di indo dah kerasa bgt beda pelayanannya. Suka males tp kepaksa kalo berobat ke rs pemerintah..soale sering bgt dijutekin, disepelein petugas2nya.. giliran ke rs swasta, pelayanan prima tapi abisnya ngusap dada liat bill nya haha. Semoga kita sehat-sehat selalu ya πŸ™‚

    • Iya kalau ke rumah sakit swasta begitu liat bill langsung mau muntah darah hahaha. Ke rumkit pemerintah yah gitu deh, gak bisa bilang jelek banget juga tapi secara kita juga bayar koq rasanya gimana ya hehe. Belon lagi pasien suka dijadiin kayak “percobaan” karena mereka sebenarnya gak tau mesti ngapain sama pasiennya. Kayak kasus ayah aku ini.

      • Soal percobaan itu, juga amat sangat ngeselin.. apalagi klo udh ditangani sm dokter2 yg masih magang dan takut2 meriksanya, kan jd tambah gak yakin. :(. Ini bapake jg lg pindah rumah sakit untuk berobat jalannya, tiap dua minggu sekali kontrol dan biayanya mayan bikin ngelus dada.. tp ya mau gmn lg, di rumkit pemerintah antrian dokternya sgt gak manusiawi.. udh lama ngantri, diperiksanya gak sampe semenit.. 😦

  3. Penang sekarang jadi rujukan lain selain Singapura ya mba, beberapa kali orang-orang kantor juga berobat ke Penang. Tapi semoga kita selalu diberi kesehatan dan semoga Ayah Mba Noni lekas sembuh πŸ™‚

    • Iya, banyak yang pasien ketemu kemaren itu bahkan cuman sakit mata aja lngs ke Penang. Maksutnya penyakit2 yang mungkin bs ditangani di Medan. Segitu gak percayanya masyarakat kita lgi

  4. Hi, salam kenal. Sekedar saran, mungkin bisa ke dokter saraf untuk EMG test.
    My dad has exactly similar symptoms and he was diagnosed ALS.

    • Hi Debbie, salam kenal ya….

      Kemaren sudah di test semuanya dan kemungkinan besar Kennedy Disease. Penyakit langka. Cuman untuk pastinya nanti bulan Mei balik lagi untuk mutusin mau masuk ke lab untuk diteliti atau enggak.

      ALS itu gimana ya?

      • Maaf ikut campur mbak Non, ALS itu Amytrophic Lateral Sclerose – penyakit neurodegenerative, aku rada susah jelasinnya krn nggak kenal term2 bahasa indonesia nya. Penyakit langka dimana motorik skill berkurang dalam waktu yg cepat. Stephen Hawking sakit ini juga.

  5. wah ini berguna banget kak noniii, nyokap aku jg pengen berobat ke penang soalnya dia punya jantung. berarti emang beneran bagus yah pelayanannya rs sana, gak heran banyak yang milih kesana. semoga ayahnya cepat sembuh ya kak non πŸ™‚

  6. Iyaa, beberapa temen aku juga banyak yang bolak balik penang buat med check dan konsultasi program punya anak (yang udah nikah hehehe) katanya emang detail dan memuaskan hasilnya. Semoga Ayah mu lekas sembuh ya Non πŸ™‚

    • Makasih Fit….

      amin doanya….

      Iya kebanyakan gitu sih, orang2 di Medan itu (temen2 aku terutama) general check up aja mending ke penang katanya, abisan harganya sama aja kecuali antrinya ya hehehe

  7. Itulah kenapa non alasan aku rela bolak balik medan penang,berasa dimanusiakan sekali berobat disana itu,ora urus walau hrs nambah budget beli tiket + hotelπŸ˜‚πŸ˜‚,terbayarkan dgn pelayanan mrk

    • Kayaknya yang antriannya heboh ini si Lam Hwa Ee aja sih ehhe, pas kita ke Island hospital antriannya biasa aja dan aku datang jam 8 pagi. Sebelumnya dirumah sakit Pulau Penang, aku malahan bikin janji duluan via email, jadi pas datang gak ngantri lagi.

      Makasih yaaa doanya Nina.

  8. Mungkin yang bikin orang senang berobat ke Penang karena informasinya jelas, ya. Kalau di Indo kadang-kadang dokternya suka irit banget informasinya, merasa pasien ga bakal ngerti juga kalau dijelasin, jadi kita suka bingung. Semoga kondisi kesehatan Papa Mbak Noni bisa lebih baik ya. πŸ™‚

    • Bener Naomi, kita malahan bingung mau nanya apaan karena dia udah jelasin semuanya lengkap. Belon mikir ehh udah dipikirin ama dokternya. Trus dikasih waktu lagi buat mencerna informasinya dan kalau mau nanya2 lagi gpp

      • Gimana nggak irit, bpjs nyekek dokter πŸ˜€ dan aturan baru yang ribet ini rata2 belum menyeluruh diaplikasikan ke dr jadi banyak yang tidak bisa dilakukan. Tapi ga tau ya kalau dr swasta πŸ˜†

      • Soal BPJS mungkin kalau nyekek dokter, bisa dibicarakan dengan pemerintah kali ya. Atau siapa sih hehe. Masyarakat kan taunya mereka bayar sesuai dengan kewajiban.

        Aku pernah nyoba BPJS sekali, Alhamdullilah lancar koq. Hampir gak ada masalah. Yah emang gak sama kayak di rumkit swasta tapi dibandingkan dengan bayarannya, BPJS mah bantu bangetlah.

  9. First of all, I’m sorry about what happened to your father, mbak Noni. Semoga keadaannya cepat membaik ya. Dengan pengetahuan yang masih terbatas, aku pas baca ini juga mikirnya di bagian neurodegenerative disease, soalnya symptoms dari tulang biasanya (dari yang udah kupelajari ya) biasanya bone fractures. Neurologists bisa membantu to rule out the possibility of neurodegenerative diseases dengan MR-scanning the brain and/or bone marrow, atau EMG test yang disebutkan diatas.

  10. Komunikasinya bagus banget ya Non, dan ini yang bikin pasien tenang.

    Mudah-mudahan penyakit ayahnya segera diketahui apa sehingga bisa segera disembuhkan ya Non πŸ™‚ .

      • Gakpapa antri, soalnya di sini juga antri haha dan harganya ya lebih mahal *habis nanya-nanya soalnya.

        Ada satu RS yang bagus pelayanannya di Palembang, ibukku suka nyeletuk, “kalo ketemu dokter yang lucu itu belom apa-apa rasanya udah sembuh” πŸ™‚

      • HIhihihi…sugesti yaa Yan πŸ™‚ tapi bagus deh, baru ketemu aja udah berasa sembuh daripada mesti minum obat.

        Bener antrinya pun jelas koq, jadi gak ada masalah sama sekali sebenarnya. Malahan setelah antri kita dikasih tau mesti datang jam berapa lagi buat ketemu dokter, so…bisa santai2

  11. mba non, terus mba non jadi ketemu dr. Ng Peng Wah? aku juga sempet cari info ttg dokter ini, tp kalo ngantrinya kaya gitu…………jiper juga >.<

    • Aku gak ketemu dr Ng, karena kan tujuannya kesana mau check up sama periksa kista aja hehe. Jadi ketemu obgyn lain. Walau akhirnya kalau aku mau operasi kista lagi dan IVF yah tetep harus ke dr. Ng.

      Coba aja, gpp antrinya gak semengerikan itu koq πŸ™‚ paling datang jam 4 pagi, trus ngantri sampai jam 7, beresin dokumen sama pendaftaran. Jam 7.30 udah beres, bisa sarapan dulu trus jam 10 balik lagi buat ketemu dokter

  12. Halo mbak Noni, aku baru pertama kali ke sini dan langsung jatuh cintong huaaaa blognya bagus banget, foto2nya jernih juga love love, aku follow ig km ya mbak muaaach

    Ya ampun dr. Ng Peng nya laris banget ya, sampai harus antri pagi-pagi gitu, tapi udah banyak antrian. Aku sih belum pernah ke Penang,, tapi skg jadi ada gambaran rumah sakit di sana πŸ™‚

    • Hi Mei…..salam kenal ya, tadi aku main ke blog kamu deh hehhe.

      Makasih loh udah suka blognya.

      dr. Ng itu ramee pake banget lah. Antriannya panjang. Soalnya katanya emang bagus sih. Ada 2 dokter yang bagus untuk IVF di Penang. Salah satunya dr. Ng ini makanya yang mau ketemu dia mesti bangun pagi hahaha.

      Penang menarik koq, gak cuman buat berobat. Mudah2an bisa ke Penang tapi buat jalan2 aja yaaa πŸ™‚

  13. nice info nih…selama ini sering denger banyak dari Indonesia pergi ke Penang untuk berobat dan mendapat perawatan medis. Ternyata yang sekedar check up pun ada ya, no wonder sih kalau pelayanannya seprofesional itu. ngantri panjang juga nggak berasa rugi kalau kaya gini kan.
    semoga Papa nya segera pulih kembali kesehatannya ya, dirimu sekeluarga selalu diberikan kesehatan.

  14. Syafakallah ayahnya Mba Noni, semoga Allah segera mengangkat penyakitnya…amiin.

    Pas banget aku lagi mau MCU di Penang dan mau bawa kakak berobat diabetes. Kalau mau MCU harus puasa dulu atau tidak mba? Atau hari pertama daftar dan cek lab nya keesokan harinya dalam kondisi puasa?

    Terimakasih banyak ya mba, blognya sangaaaat informatif dan membantu

  15. Halo siss.. Salam kenal.. Kbetulan saya lg cari info mengenai dokter obgyn dipenang.. Tp yg subspecialist kista.. Dokter mana yg rekomen yaa.. (bukan dokter buat punya baby lagi yee hehehee)

    Gws yaa buat papanya+sis sendiri

  16. Hi Ibu Elen, ibu boleh hubungi Perwakilan Island Hospital di Indonesia : telp nya 0811657299 (bisa di W/A atau bbm: 5FF6B476)
    Perwakilan Island Hospital bisa bantu buatkan appointment, penginapan, transport semua.

    • Hi Semua yang mau berobat di Penang Ini Perwakilan Hospital Gleneagles yang resmi.

      Kita ada servis Gratis Jemput dari Bandara ke Rumah Sakit dan kembali ke Bandara untuk Pulang
      Servis Daftar dulu juga bisa, booking hotel yang murah Juga Bisa.

      Ini Website kita http://www.medistour.com
      Website kita ada informasi yang lain
      atau
      WA: +60129889632
      Jika perlu tanya tenteng berobat dan semua

    • Hi Sekarang Rumah Sakit Island ada buat Paket Medical Check up yang promosi

      Bisa Check di Websit ini:

      http://www.medisinfo2u.com

      Kita mempunyai informasi paling update tentang rumah sakit

      Tanggal Cuti Doktor dan Rumah Sakit, Daftaran Duluan, Jemputan gratis dari Bandara.

      Harga Promo Untuk Hotel:
      Grand Inn RM80
      Hotel Redrock RM132
      Hotel Sentral Georgetown RM127
      Hotel St, GIles Wembly RM263

      Dan banyak hotel lain

      Ini Facebook kita: https://www.facebook.com/ptspringisland/?ref=bookmarks

      Mau informasi lebih lengkap, sila kontak kita saja

      WA/HP: 0811657299. 08153318356

      Kontar Penang yang di Dalam Rumah Sakit Island (Indonesia Desk)
      +6042383161

  17. Mbak, semoga ayahnya lekas sembuh ya… Btw, di island hospital ke dr. bedah syaraf sispa mbak?
    Rencana mau bawa ayahku juga kesana. makasih yaaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s