10 Negara dengan Visa On Arrival/ E-Visa Untuk Orang Indonesia


Sebagai orang Indonesia saya sebenarnya lumayan sering cemburu dengan Matt. Cemburunya bukan kenapa-napa sih, ini soal kalau kita mau traveling. Serasa mau traveling banyak aja hehhe. Jadi setiap kali kita ngobrolin satu tempat yang pengen kita datangi (dalam khayalan tentunya) saya suka stress duluan mikirin harus ngurus visa. Dari Medan ngurus visa itu bukan sekedar biaya pembuatannya aja tapi harus mikirin pergi ke Jakarta (kalau gak ada kedutaan/konsulat dari negara yang dituju di Medan), hotel untuk nginep, taxi dan pengeluaran ini itu lagi. Akhirnya malah bengkak hehe. Kayak sewaktu pembuatan visa US, saya keluar hampir 5 juta untuk tiket pesawat, hotel, taxi dan biaya pembuatan visanya sendiri. Lumayan kan ya.

Padahal ya ada banyak negara juga yang bisa dikunjungi tanpa visa atau menggunakan visa on arrival atau e-Visa  Tulisan ini saya buat berdasarkan artikel dari Skyscaneer. Jadi ada beberapa negara yang bisa dikunjungi dengan bermodalkan visa on arrival atau E-Visa. Artinya saya bisa lebih berhemat dan less stres nungguin visa di approve hehe. Berasa mau pergi aja. Mau sihhhh 🙂

Negara-negara tersebut adalah :

01. India

www.greavesindia.com
http://www.greavesindia.com

India adalah negara yang sebenarnya pengen banget saya kunjungi. Cuman semakin besar keinginan untuk mengunjungi negara ini semakin jauh juga kemungkinannya karena si Matt males. Ugh.. makanya kalau ada yang pengen ke India jalan bareng yuk 🙂 Negara ini sempat memberikan VOA untuk Indonesia tapi sejak April 2015 ada perubahan. Jadi kalau pas mau kesini cek lagi aja websitenya.

Per 15 April 2015, pemegang paspor biasa Indonesia, paspor hijau, tidak lagi bisa menggunakan fasilitas Visa on Arrival dengan mengurusnya langsung di bandara, namun harus mengajukan e-Visa melalui situs web Kedutaan Besar India di http://www.indianembassyjakarta.com/.

02. Maldives

www.simplymaldivesholidays.co.uk
http://www.simplymaldivesholidays.co.uk

Indonesia bisa mendapatkan 30 hari VOA di Maldives. Lumayan banget kan, palingan kita disini juga cuman satu minggu hehe. Sayangnya saya gak terlalu penasaran dengan Maldives jadi emang gak pernah ngobrolin tempat ini. Pas kemaren kita berencana ke Sri Lanka aja si Matt sempet nanya mau singgah ke Maldives juga gak? saya bisa bilang gak ah… nanti-nanti aja. Alasannya cuman karena saya gak bisa berenang huihihih…..

03. Sri Lanka

www.letstravelsomewhere.com
http://www.letstravelsomewhere.com

Negara ini sebenarnya hampir kita kunjungi September kemaren huhu. Masih kesel kalau diingat2 tapi udahlah ya. Ok, untuk Sri Lanka, pemilik paspor Hijau hanya perlu mengajukan E-Visa yang bisa direq lewat online. Prosesnya gampang banget dan hanya butuh sekitar 10 menit hehe. Jadi gak pake deg-deg’an. Kita udah buktiin betapa mudahnya req E-visa disitus websitenya. Untuk pembayaran visanya sendiri juga langsung di debet dari CC. Gampil. Kemaren saya dapat 4 bulan untuk pengajuan Visa di bulan Agustus.

04. Yordania

www.youtube.com
http://www.youtube.com

Hihihi.. emang agak serem ya negara-negara didaerah ini tapi kalau liat foto-fotonya pasti langsung ngiler apalagi banyak sekali peninggalan2 bersejarah. Haduh… bisa abis memory card kamera.

Di antara negara-negara yang ada di sekelilingnya, Jordania mungkin adalah negara teraman dan paling stabil di antara yang lainnya. Kita memiliki waktu satu bulan di sana sejak  mengambil visa on arrival di bandara. Ada yang mau berangkat kesini?

05. Kirgistan

www.remotelands.com
http://www.remotelands.com

Saya baru tau soal negara ini setelah membaca artikel ini loh. Tadinya gak pernah kepikiran. Pas tau trus liat-liat fotonya pengen nangis rasanya. Huaa… aku mau dong kesana tapi gimana ini caranya. Koq malah nanya ya haha.

Menurut beberapa tulisan dan foto ya, di negara ini kita bisa ketemu pegunungan kece tapi terjal sampai padang rumput. Trus banyak banget yang bisa kita lakukan disini terutama yang sehat dan memang suka kegiatan nature. Akuuu mauuuuu (langsung niat olahraga). Ada Suleiman Too, Lake Issyk-Kol, Altyn-Arashan, Osh, Hinga Arslabob. Kita bisa mendapatkan 30 hari visa untuk mengelilingi negara ini. Yang mauuuu pergi, ajak akuuuuuuu

06. Tajikistan

www.pbase.com
http://www.pbase.com

Koq negara2 berakhiran Stan ini pada kece-kece semua ya? heran. Saya sampe beneran terharu cuman ngeliat foto-fotonya doang. Gimana coba kalau bisa kesana. Gak tau kalau pemandangannya ok ehhh ternyata toiletnya jorok bisa bikin ilfil juga sih hahaha. Kita pemegang paspor hijau mendapatkan 45 hari untuk keliling Tajikistan 🙂

07. Madagascar

kwekudee-tripdownmemorylane.blogspot.com
kwekudee-tripdownmemorylane.blogspot.com

Orang tua temennya Matt taon lalu pernah cerita ke kita soal Madagascar. Saya langsung penasaran selain emang suka film kartunnya hehe. Ehh ternyata kita bisa masuk kesini  selama 3o hari dengan VOA loh. Lumayan banget ya, yang gak lumayan adalah tiket pesawatnya hahaihiahia. Jadi bagaimana kalau kita nonton kartunnya aja deh 🙂

08. Armenia

armenia
http://www.wexas.com

Tau gak saya baru tau soal Armenia gara-gara Kim Kadarsian hehehe. Trus pas liat-liat ternyata Armenia ini kece juga. Katanya sih Armenia memiliki masa lalu yang traumatis di abad ke 20. Saya belum sempet googling kenapa? mungkin ada yang mau kasih tau?

Sekarang Armenia mulai bangkit terutama sektor pariwisatanya. Untuk mengunjungi negara ini paling pas buat yang demen dengan sejarah karena banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah mulai dari biara, gereja sampai benteng-benteng. Kita bisa tinggal di Armenia selama 3 bulan atau 120 hari. Lebih dari cukuplah ya. Kira-kira butuh berapa koper ya buat kesana?

09. NEPAL

www.rajputanaindiatours.com
http://www.rajputanaindiatours.com

Saya suka ngobrol gini ama si Matt

“Babe, gimana kalau kita ke Nepal? mau gak?”

“Boleh aja, kamu mau naik gunung?”

“Enggak

“Trus mau ngapain?”

“Belanja pernak perniknya hahhaha”

Huhahaha…. iya beneran saya suka terkesima gitu kalau liat orang pulang dari Nepal dan pamer-pamer barang-barang belanjaannya. Negaranya sendiri udahlah ya…. pasti bagus koq.

10. Kenya

www.magicalkenya.com
http://www.magicalkenya.com

Yang suka ngikutin blog ini mungkin pernah baca kalau salah satu binatang yang pengen banget saya lihat langsung dan bukan di taman safari atau kebun binatang adalah Jerapah. Saya itu ngefans banget dengan Jerapah tanpa alasan yang jelas hehe. Pokoknya suka banget dan salah satu negara yang sempurna banget untuk melihat jerapah di habitatnya adalah di Kenya. Kita bisa menikmati Kenya dalam waktu 3 bulan dengan VOA. Gimana gak yipeeee…. tapi aman gak sih?

Ada 10 negara yang saya masukkan dalam list ini tetapi sebenarnya masih banyak lagi loh, bisa langsung cek ke sumber tulisan saya ya di http://goo.gl/Eif8UN

Kalau kamu pengen kemana?

Advertisements

85 comments

  1. NEPAL!!! Udah ngidam bgt dr kapan dulu mbak, hehe. Tp masih memprioritaskan negara berbahasa Mandarin, sih..
    Yordania ga pernah kepikiran tp kyanya menarik jg ya. Oia mbak di Medan bukannya ada konsulat Amerika jg?

  2. Ke Armenia sama Yordania dulu ya yang ada di list ini soalnya tertarik dengan peninggalan-peninggalannya, itu kalau Yordania kayaknya yang Sungai Eufrat sama Tigris ya, peradaban yang masih sayup-sayup misteriusnya, seru banget buat dikulik lebih dalam mah :hehe.

  3. Huaaaa Mbak Nooon… Saya berhenti baca mulai dari Srilanka.. Ohmygoooodddd… Foto-foto yang dipajang dan penjelasan sampai Sri Lanka bikin kebit-kebit buka website pesawat dan pesen tiket deh. Ntar aja kalo mau jalan saya buka lagiiiih. Hahaha. Makasih mbak Noni…

  4. Asia tengah mbak gara2 pas SMP buguru ngejelasin jalur sutra, trus baca bukunya Agustinus Wibowo (duh aku suka sama mas ini), trus baca ttg negara (blum diakui deh kayaknya makar gitu kali ya) Nagoro karabagh di Asia tengah, Madagascar krn waktu itu lupa tahunnya kudeta tak berdarah deh (koreksi kalo salah) masih muda banget jadi presiden ganteng aku lupa namanya trus berteman sama blogger tinggal di madagascar dpt kartu pos gambar pohon itu, Bosnia Herzegovina, nemu lagunya Maya Tsar-Nespretno sambil bayangin ada disana (krn vidclipnya) trus listnya masiiiiiiih panjang dan komen ini juga panjang hahahahahaha.

  5. di list ini aku mau ke Armenia sama Nepal, tentang Armenia aku penasaran tapi males baca karena waktu googling ada kata kata genosida 😦 nanti aja bacanya kalo udah kesampean kesana :p

  6. aku mau pengen ke NEPAL 🙂
    gara2 pernah liat film korean tentang reporter time traveller ada scene di nepal itu bagus banget hahhaha penasarannn semoga kita bisa kesana aamiiin

  7. Imigrasi Nepal mirip banget sama Indonesia jaman 70 an, semua serba manual & ngantrinya… Keuntungan bawa bayik, dipisahkan dari antrian lain, kalau ke Nepal mungkin harus nyoba ke Pokhara or Lhasa, lbh banyak pemandangan apik, karena kalau kota Khatmandunya aja mah.. yaah mirip Jakarta tahun 70an hihihi

  8. Non, tulisan Skyscanner diatas kurang bener. Kelebihan e dan kekurangan n hehe. Kalau dari listmu aku penge ke Kenya. Kalau aku sendiri pengen ke Afrika (belum ditentukan negara2nya selain Kenya) karena memang impian sejak kecil ke Afrika. Trus pengen ke Athena, ikutan Marathon dinegara asalnya haha *bukannya jalan2 malah marathonan.

  9. Dari semua list negara di atas, yg pernah cuma ke india saya mba,ahaha. Tapi mba noni kalo ngarep toiletnya bersih2 mending buang jauh2 harapan itu dan siap nahan jijik. Jadi inget berapa kali kudu nahan hasrat ‘bawah’ sampe penginapan dulu karena ga tahan ma toiletnya 🙈

    Btw, negara2 yg tan tan di asia tengah itu emg cakep2 kan ya peninggalan budaya, alam, sama orangnya #eh 🙈

    • mending kamu udah ke India, mba malah belon pernah satupun haha. AKu dulu yah kalau traveling agak tahan kalau liat toilet agak2 busuk tapi sekarang gak bisa lagi dan karena gampang kena2 infeksi saluran kemihlah, infeksi inilah itulah jadinya agak2 males kalau pergi ketempat2 yang jorok haha.

      • Ahaha. Tapi kalo negara lain yg ga masuk list ga sebanyak mba noni pastinya 😀

        Kalo udah ketemu toilet yg nganu itu jadi agak bersyukur sih di Indonesia, meski toilet umum kadang juga nemu yg errr tapi ga separah di India itu. Jadi mikir2 pgn banget bisa ke China, tapi yaa kalo denger minusnya parah bgt di kebersihan itu bikin errr.. 🙈

  10. dari fotonya, pengennya ke Kirgistan, banyak gunung dan kayanya hangat, hahaha efek dingin disini kayanya 😛

  11. Wow terima kasih infonya mbak Non sangat bermanfaat *yaelah nina kayag yg mau travelling aja**tapi mana tau someday ya* hihihi

  12. Iya tuh mbaaakkk. Aku juga stress sendiri klo berhubungan dengan visa. Mahal ke jakartanyaaa. Kenapa yak gak online semuanya aja. Hiks.

    Ke india seru kali ya. 😆

  13. Penasaran sama Madagascar non. Enak juga ya visa nya gak ribet…
    Aku sendiri sih gak pernah ngurus visa, lah perginya juga cuma mentok ke singapur doang, itupun cuma sekali kali ya :). Kangen traveling nih, mungkin mesti rencana buat 2016 biar ga stress di kantor melulu yah 😀

  14. wah kenapa yg Tan2 itu aku ga ada temennya…klo yg kazakhs, uzbek ada temen yg bisa ditanya-tanya..cuma katanya sepi negaranya haha
    yg di list atas pengen semua heuheu..klo nepal srilanka ama maldives mgkn enaknya makanannya kita kebayang gmn rasanya jadi gampang cari makan jg kali ya

  15. Pengen ke Maldives dan Srilanka. Kenya keren sih, cuma khawatir aman nggaknya 😀 Ga kepengen ke India karena baca banyak berita tentang kekerasan seksual di sana 😐

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s