Efek Samping Terapi Hormon Untuk Endometriosis


www.vemale.com
http://www.vemale.com

Tanggal 9 Juni 2014 kemaren, saya ke dokter kandungan di rumah sakit Colombia Medan. Setelah periksa ini itu akhirnya ditemukan kembali kista di Ovary kiri dan miom di rahim. Karena kita berdua tidak berencana untuk membuang ovary kiri saya, dokter menyarankan untuk memberikan saya obat hormon yang harus dikonsumsi selama 1 tahun. Yep, 1 tahun. Obat hormon oral ini diharapkan bisa menekan pertumbuhan kista dan juga mencegah rasa sakit selama saya menstruasi.

Saya mulai mengkonsumsinya sejak tanggal 9 Juni 2014. Obat oral ini harus saya minum setiap hari di jam yang sama. Repot kalau ketinggalan saya mesti buru-buru pulang kerumah hehe. Sewaktu memulai terapi kebetulan saya sedang mens. Mens yang cukup parah karena terlalu banyak plus rasa sakit.

Setelah minum obat, mens saya gak berhenti-berhenti. Maksutnya untuk yang banyak-banyaknya bisa sampe 2 minggu padahal biasanya hanya 3-4 hari doang, setelah itu flek-flek. Sekarang bisa sampe 2 minggu dan setelah itu flek-flek 2 minggu sampai siklus mens besarnya lagi. Membingungkan banget. Saya dan Matt sempet baca-baca di jurnal katanya emang efek obat tersebut membuat siklus mens jadi panjang dan darah yang keluar juga lebih banyak.

Di juli 2014 kejadiannya masih sama. Saya masih mens berkepanjangan dan banyak banget. Masih sakit kalau mens tapi dokter memang sempet wanti-wanti kalau efek obat mungkin baru bekerja setelah 3-4 bulan mengkonsumsi obat tersebut. Kita berdua masih nunggu-nunggu aja. Efek yang lain gak pake nunggu 3-5 bulan. Saya udah ngerasainnya sejak minggu pertama saya mengkonsumsi obat hormon tersebut.

Bulan Agustus ini saya mens besar sejak kamis (14/08/2014). Mensnya bener-bener banyak banget. Kamis malam saya pulang kantor dan kaget banget karena di kursi mobil penuh darah padahal baru ganti pembalut waktu baru pulang. Dari rumah ke kantor sekitar 45 menit. Sampai di kamar mandi dan duduk di kloset darah beku kayak (sorry) pup berjatuhan. Saya sempet ngerasain lemes karena darah dimana-mana berceceran hehe. Ini ya kenapa gak jadi dokter. Liat darah sendiri aja lemes haha.

Jum’at 15/08/2014 ternyata sama aja tapi gak sampai parah banget. Saya mikirnya mungkin karena udah hari kedua mens besar. Sabtu 16/08/2014 sebenarnya udah mulai normal. Saya ke rumah ortu di pagi trus makan siang dan pulang ke rumah. Jam 4 sore tiba-tiba saya kayak ngerasain pengen pipis tapi pas duduk pengen pipis yang keluar darah ngocor gitu. Gak berenti-berenti sampe saya lemes dan pingsan huhahaha. Asli pingsan beberapa menit (lupa) kali ya. Parahnya karena saya sendirian, Matt lagi di Vietnam trus hape di lantai 1. Saya diem aja sampe bisa bangun dan tiduran di kamar. Jam 6 lewat kali ya, Beby datang ke rumah nemenin. Saya sempet nelp rumah sakit juga nanyain dokternya tapi gak ada karena praktek hanya sampai jam 12.

Minggu kejadiannya hampir mirip dengan sabtu. Anehnya darah yang keluar parah-parahnya itu selalu sore menjelang malam. Pagi-pagi saya sih sehat-sehat aja paling lemes. Ehh menjelang malam saya sempet pingsan lagi padahal sorenya adik saya sempet datang buat cek-cek dan istrinya ngasih suntik vitamin hehe. Mungkin tepatnya bukan pingsan kali ini tapi kayak hilang sesaat gitu. Semua gelap dan keringat dingin. Matt belon nyampe dari Vietnam. Jam 1o pas dia nyampe, saya lagi di tempat tidur, Β pucat dan muntah 3 kali. Selamat datang Suami hahahhaha.

Senin kita ke dokter di Colombia juga. Kali ini dokter yang berbeda. Ini dokter dari KL yang kebetulan resident rumah sakit Colombia. Setelah saya kasih liat obat hormonnya. Dia langsung bilang “berenti minum ini dan kenapa dikasih 1 tahun untuk terapi? biasanya orang cuman minum 1-6 bulan aja” saya yah bingung juga ya. Kita kan bukan dokter. Kita datang ke dokter supaya sembuh. Lah kalo dokternya juga beda-beda pendapat gini, pasien jadi bingung banget. Saya dan Matt mungkin ceroboh juga karena gak cari tau lebih banyak soal terapi hormon tapi kita baca banyak di jurnal dan juga denger temen2 saya yang kebetulan sempet terapi juga. Semua hampir sama kecuali mens mereka gak separah saya yang 2.5 bulan gak berenti-berenti sampai sekarang hahahaha.

Oya dokter ini pas tau saya udah operasi membuang ovary kanan yang punya kista langsung ngomong gini nih :

“kenapa dibuang? kan seharusnya kalau cuman kista coklat yah dibersihkan aja. Gak harus dibuang apalagi kamu belon punya anak, kan? bisa koq dibersihkan trus setelah operasi kamu dikasih suntik selama 6 bulan. Banyak pasien saya yang gak balik lagi kistanya. Kamu operasi dimana kemaren? sayang sekali harus dibuang, sekarang kan muncul lagi juga di sebelah kiri”

Dengernya kayak yang ditusuk pisau belati. Saya cuman diem aja sambil bengong huhuhu. Lah…..kan saya cuman pasien. Saya udah datang ke 5 dokter di Surabaya untuk memastikan emang harus di operasi. Semuanya bilang harus operasi, trus gimana dong hiks. Mana bekas operasinya ganggu banget kalo saya pake thong/lingerie lagi!!!!! double sebel.

Nah efek yang saya rasain itu adalah :

01. Mens berkepanjangan

02. Masih sakit perut kalau mens

03. Lemes dan cepet banget capek. Ini juga sebab setiap pulang kantor saya males kemana-mana. Rasanya setiap hari badan saya kayak yang dipukulin orang sekampung (trus aja berlebihan)

04. Toket saya tambah gede. Saya benci banget ini karena bikin punggung saya sakit tapi Matt happy. Sungguh gak adil dunia.

05. Mual dan pusing

06. Berat badan nambah. Ini bener banget, kemaren saya timbang naik aja 5 KG. Kurang ajar KAu……..Obat hihihi.

07. Minggu pertama minum obat saya gampang banget kesulut emosi kalau sekarang kata si Matt, saya kayak kucing. Gampang banget ditaklukan. Mungkin baliklagi ke efek no 3 hahahah.

08. Nafsu s3x berkurang. Emmm……saya berdarah trus bow….setiap hari hahaha.

Ok…….tulisan ini saya tulis cuman buat berbagi aja , supaya kalau ada yang kebingungan kayak saya kemaren paling gak bisa berbagi. Saya belon tau persis harus melakukan apa buat ngobatin si kista sialan ini. Yang pasti sejak 3 hari lalu (saya bolos kerja senin dan selasa) saya dan Matt trus browsing buat nyari diet yang pas untuk saya. Maksutnya diet bukan pengen kurus tapi supaya saya lebih sehat. Ada terlalu banyak makanan yang saya kira gpp dimakan ternyata malah memicu kista saya menggila.

Udah 2 hari ini juga kalau malam saya balik lagi ke menu FC or kalau malas saya cuman makan oatmeal atau bubur. Hasilnya saya gak mual dan sakit perutnya berkurang tanpa harus makan pain killer. Kita mesti cek-cek lagi sih. Entar kalo sukses pasti saya posting ya πŸ™‚

Saya tahu sekali kita punya kista mungkin selamanya akan hidup trus dengan si kista ini. Penyakit ini nyebelin banget. SEmua penyakit sih nyebelin ya.

SEkarang saya lagi nunggu obat dari dokter yang baru bekerja. Katanya 10 hari. Kita liat ajalah selain itu saya punya jadwal check up juga ke dokter lain next month. Yang pasti untuk sekarang pola makan dan pola hidup harus berubah sih. Makanan mempengaruhi kesehatan kita banget, kan ya. Pas liat diet yang dibikin si Matt kemaren, saya kayak yang pengen nangis karena terllau banyak makanan-makanan yang harus saya hindari. Demi la ya…..demi sehat emang harus menjaga diri baik-baik hehe.

Semoga kita semua sehat-sehat aja ya….Amin πŸ™‚

Advertisements

148 comments

  1. duuuh aku lgs ngeringis baca postingan mu mba 😦 Kebayang sakitnya…. mamaku jg myom… tp wkt itu berobat ke Penang dan akhirnya di angkat rahimnya krn emg udh parah bgt… Tapi kita semua setuju toh udh ada 4 anak dan mama emg ga niat punya anak lg..

    tapi mba smoga bisa sembuh tnpa hrs operasi2 lg yaaaa

  2. cepet sehat mba….terkadang pilihan yang kita hadapi memang sulit, tapi it’s all your choices…pokoknya apapun pilihan yang diambil, operasi, berobat alternatif, dan minum obat, moga-moga kita selalu bisa hidup sehat …semangaaaat πŸ™‚

  3. Cepet sembuh kakak, gw ngebayangin nya lemes banget coz keinget temen semeja di kantor. Dia akhirnya angkat rahim dan dibersihan setelah pingsan berkali2 ngak tahan dan sempet operasi kista juga sebelum nya tapi timbul lagi.

    Btw agak kacau nich dokter indo, selalu saja kasih opini yg main enak sendiri. Temen2 ku sekarang kalo penyakitnya rada2 berat, langsung ke penang cari 2nd opini dan alhamdulillah banyak yg sehat tanpa operasi disana

  4. Halo mbak noni salam kenal, kebetulan saya juga mengidap penyakit endeometris ini mbak, dan saya juga belum nikah huhuhuhu. setahun lalu operasi dan alhamdulillah saluran tuba kanan kiri saya masih utuh normal, iya saya disuntik seperti kata dokter kedua mbak itu. suntik hormon namanya,harganya buat kantorng kering mbak sekali suntik 1,5 jt dan setiap bulan. setelah operasi saya sempat cek kembali ke dokter berbeda mbak, katanya udah muncul lg tapi normal untuk wanita, mungkin kalau cek ke dokter lain beda lagi pendapatnya. Saya tunggu informasi pengobatan selanjjutnya y mbak saya juga lagi cari informasi cara memberantas endeometris ini mbak. huhuhu

    • Di operasi nya gimana mbak?? Di kuret gitu? Aku jg lg pusing nih 2 bulan flek ga brenti2 ..mens banyak cm 1 hari kmudian flek flek aja terus -___- minum obat penghenti drah udah puluhan tablet blm smbuh jg

  5. hi kak non, salam kenal ya aku baru baca post kakak yang ini hehe kaka aku suggest minum air daun sirsak 3x atau minum air sarang semut 3x dan puasa makan ayam, daging, hanya buah yang mengandung anti oksidant tinggi, sayuran hijau brokoli, wortel yang mengandung anti oksidant tinggi, telur ayam kampung, jgn makan yg mengandung MSG ,aku sempet juga kak kena tumor 6 bulan lalu harus dioperasi tapi dengan pola yg diatas sekarang sudah clean kak, hati hati kak dengan dokter kadang suka membingungkan πŸ™‚

  6. Bismillah. Beli tanamannya aja mbak, kemudian ditanam sendiri di rumah kalo pas ga sibuk. Kalo herbal memang harus rutin minumnya. Coba searching di internet nemu ini:

    Untuk penyembuhan: bisa dengan merebus 10 lembar daun sirsak yang sudah tua (warna hijau tua) ke dalam 3 gelas air (600cc) dan direbus terus hingga menguap dan air tinggal 1 gelas (200cc) saja. Air yang tinggal 1 gelas diminum setiap hari 2x.

    Semoga lekas sembuh mbak, semangat.. Baarokallohu fiikum..

  7. hi Kak noni cepet sembuh ya πŸ™‚ coba cari dipajak kak pajak sukarame atau pasar rame, atau di hero digiant ,semangat kak noni πŸ™‚

  8. Oh iya kak beli online kakak dan rebusnya di kendi tanah liat kak nggak boleh yang dari stainlesstell atau alumunium kak krn zatnya nanti menghilang, klo memang kak noni belum nemu makan buahnya dulu atau apke sarang semut papua kak cari di giant..semangat kak noni πŸ™‚

    • Salam kenal mb noni,, ternyata masalh wanita banyak banget ya q jg pernah kena kista dan sma akhrnya operasi, miom juga tp udh dibersihkan,menstruasi jg sakit, q udh 4 th nikah blm jg dikasih keturunan,,udh ke dokter kandungan 5x dgn dokter yg berbeda katanya udh g ada kista lg dksh penyubur ee..bb q naek 7kg..tp blm ada hasilnya jg,ne lg berusaha ke alternatif berusaha dua2nya,mungkin ne ujian kita untuk lebih baek dan lebih sabar,,oiya q jg minum daun sirsak mb tp pada waktu menstruasi aja soalnya kalau tiap hari konsumsi daun sirsak takut ada efeknya meskipun herbal apalagi kalau masa subur..ya udh mb noni kita sama2 berusaha untuk menjemput baby…

      • Slam kenal kak… sya mau sharing nih… menyimak crita td ktanya gak usah d angkat kistanya. sy jg kena kista endometriosis 8cm dan 5 cm.. jd sya perlu operasi gak ya.
        Kta dokternya sya harus d operasi dan ovarium kanan aq d ambil..

  9. Sama seperti yg kualami, ovary ku sebelah kanan jg sudah dibuang, pas berobat dipenang dokternya bilang knp hrs dibuang, diindonesia pengennya cepat cepat selesai klu dipenang tinggal dibersihka sj tp apa hendak dikata semua sdh terjadi, waktu tdk dapat mundur

  10. Sy ada jg mb,d ovary sebelah kanan..dan sy blm mnkah..awal ny sy cek d rs di karawaci disuruh operasi..untung ny keluarga sy tdk lgsg meng iya kan dan cr 2nd opini..sy pindah k rs di jogja dan ternyata benar,dokterny blg jgn dioperasi dan disuruh terapi hormon..alhamdlh ukuranny mengecil.dan sampai skrg sy jg msh terapi

  11. Sy baru terapi hormon (suntik) selama 3 bln dan ukuranny berkurang 2 cm..dan skrg sy lg proses terapi dr suntik diganti ke pil,kata dokterny dilihat dl selama satu bln ini mba,gmn reaksinya.

  12. slam knal ya nba noni..
    saya jga t.kena kista sbelah kiri,,warna coklat,,kista nya sdh membesar,,sdh mau menutupi rahim saya,,,
    d saran dokter harus d operasi….Tpi saya tdk setuju,,soal nya kata org nnti susah hamil,,,!! d saran kan lgi suntik sama pil hormon….Tpi suami saya blum m.iya kn kata si dokter….soal nya dya raguu…apkah suntik sma pil hormon it,,benar” lgsung menghilang kn kista….!!
    saya bingung mba smpe skarang sa blum pergi k dokter lgi,,,takuut saya mba…!!
    skarang saya cmn mengkonsumsii obat Propolis aja….!! tpii klw haid,,ttap masii sakit…!! tpii tdk separah kmaren”….!! kmaren klw haid,,bisa mual” pusing,,sampe d bisa bngun dri t4 tduur smpe 1 minggu…!!
    saya tkut mba,,kista nya nnti mkin membesar…😒

  13. Salam kenal, ikut bagi cerita ya….
    Nov’ 14 sy operasi kista endrometriosis, setelah itu disuruh suntik Endr****(buat mencegah kista muncul lagi). sbnarny dsuruh suntik 3X, tp bru suntik 2x sy USG ddokter lain (waktu itu pas mens trs perut sakit) dan ternyata kistaQ masih ada, & ukurannya udah 3 cm. Sedih, tapi sy gak bs berbuat apa-apa. Akhirnya suntiknya gak q lanjutin lagi.
    Awal maret kemarin sy mau-tidak mau operasi lagi untuk ke-2 kalinya. 2 bln sebelum operasi tiap mens itu perut sakitnya gak karuan, gak bisa ngapa-ngapain. Sekarang harus suntik Diva*** 3x, ini mau suntik yg ke-2. Mudah2an habis ini tidak sakit lagi, dan program hamil sy berjalan lancar, tahun ini usia pernikahan kami 3 th. Mudah-mudahan kita semua diberi kesehatan…… aaaamiiiin

    • Hi mba anik, saya evy, Salam kenal
      Saya baru seminggu lalu Di diagnosis endo****
      Saya Ingin sekalian bertanya lbh banyak ke mba anik. Bisa kah Kita berkomunikaso lewat WA? Pls reply ya mba, thanks

  14. Hy mbak noni..
    Saya baca posting mbak.. bikin saya baca nya tdk menjadi takut..
    Meski saya tau.. itu pasti sakit banget..
    Saya jg di blg endometriosis..
    Saya di kasih obt pil slma 3 bulan..
    Tp reaksi obt saya terbalik sm mbak..
    Saya justru mens nya tidak keluar2.. hanya bercak2 saja..
    Hanya saja sakit di perut dan punggung saya sangat luar biasa sakitnya..
    Emosi saya jd tdk teratur..
    Saya jd cepat marah2 dan nangis skrg ini.. πŸ˜₯
    Semoga mbak noni dan kita semua di berikan kesembuhan ya kak..
    Amin..
    Sehat selalu bagi kita smua..

    • Salam kenal mba noni…
      Makasih tulisannya inspiratif sekali..
      Ternyata byk yg menderita endo(jadi ga merasa sendirian). Ayo sama2 berjuang.πŸ™†πŸ™†
      Kalau aku baru terapi 1 bulan, dikasih obat azol dan dismeno.. efeknya sama kaya cerita mba indah☝☝(alhamdulillah cuma sakit pinggul,,,awal2 malah rambut rontok)..
      Skrg harusnya haid malah flek2 aja,,,
      Semoga mba noni dan semua yg share pengalaman disini diberi kesembuhan oleh Allah.
      Aamiin.

    • Please kalo mau ngobrol banyak n sharing WA aku…aku butuh sista sista buat saling menguatkan…aku jg 2 bln gak brenti mens nya bercak n flek…sedih saya soalnya minum obat puluhan tablet kok ngga ngefek ya 089674487897. Chat ya sista…sapa tau kalian lbh pengalaman drpd aku… 😦

  15. Hy slm kenal, aku juga pernh tes hormon suruh minum pil hormon kecil2 setiap mau tidur dan efeknya bangun tidur pusing, mual dan kluar flek selama 2 Bulan gk da perubahan dan gk kuat pusing mualnya, akhirnya aku brhnti minum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s