Mooncakes


photo 1 (3) edit

Mid Autum Festival. Ini bukan review koq. Saya cuman mau cerita-cerita soal mooncakes. Sejak masih di kerja di Bank dulu saya lumayan sering ngurusin pembelian dan pengiriman mooncakes untuk cust. Biasanya sebulan sebelum kirim-kirim saya udah nelp beberapa hotel untuk cek-cek ombak, berapa harga yang mereka punya walaupun jatuh-jatuhnya ke hotel itu lagi hotel itu lagi. Sangking seringnya ngurusin mooncakes saya bahkan gak sempet loh ngerasain mooncakes ini rasanya kayak apa. Selalu setiap sales datang dan bawain kue-kue mooncakes kecil untuk tester langsung saya serahkan ke bos.

Di kantor sekarang urusan terbalik. Masih ngurusin mooncakes tapi promonya. Seru sih karena saya jadi nongkrongin pas mereka buat, nonton gimana masaknya, masukin ke box sampai ikutan jualan. Mooncakes sendiri kalo di pelototin di pinterest atau di google fotonya keren-keren banget. Saya gak tau rasanya gimana haha. Kemaren nyobain yang pandan berdua sama Indra dari Kuliner Medan dan sayaa sukaaaaa. Rasanya enak.

Mooncakes sendiri adalah tradisi dari masyarakat chinese untuk merayakan keberhasilan bertani. Mereka biasa merayakannya dengan memakan kue bulan ini sambil memandang bulan purnama. Biasanya dirayakan dengan keluarga besar juga sambil makan malam. Intinya sih kebersamaan ya πŸ™‚ Kayaknya taon ini saya harus nyelip ke keluarga salah satu temen buat ngerasain kue bulan hehe.

Oh iya kata temen saya, mooncakes yang biasanya beredar di Medan (gak tau kota lain) kebanyakan gak halal tapi di tempat saya kerja halal koq, kalau mau kasih tau aja πŸ™‚ bisa beli disini atau di Centre point Mall (ujung-ujungnya jualan padahal tadi saya cuman mau ngomongin mooncakes doang loh)

Nah….siapa yang suka mooncakes, ayoo ngacung πŸ™‚

photo 1 (1) edit photo 2 (4) edit photo 2 (12)edit photo 2 (12)edit
Processed with VSCOcam with f2 preset photo 3 (9) edit Processed with VSCOcam with f2 preset photo 2 (6) edit

Β Dan gongnya adalah si snow skin mooncakes. Dikantor ada juga sih. Dingin gitu mooncakesnya soalnya harus disimpan dikulkas. Warnanya lucu2. saya ambil foto dari Singapore aja ya πŸ™‚

www.singaporemarriott.com
http://www.singaporemarriott.com
Advertisements

94 comments

  1. yang gak halal biasanya yang bentuknya masih tradisional non, yang bulet gitu dan tanpa ukiran.
    Kalo aku sih gak terlalu suka tuh moon cake πŸ˜€

      • eitsss yang polos bulet tradisional biasanya kaga halal ya neng πŸ™‚
        banyakan yang kalo di hotel sih bentuknya kayak yg di JW Marriot itu loh. Yang di hotel Mulia juga gitu

      • Kayaknya enaaak ya. Sejak tinggal di BSD gak ngeh kalo udah waktunya mooncake festival lagi non. Pas tinggal di grogol sih, di mall nya pasti udah rame πŸ™‚

      • Aku juga sering gak ngeh kalo gak ngurusin trus ya ampun May setelah aku googling2 itu kue2, ampe gemes sendiri. Kayaknya aku mau beli juga buat makan dirumah haha. Kamu masih ngerayain mooncakes gitu gak sih?

      • Kagaaa non, udah keturunan cina abal abal dah aku mah πŸ˜†
        Kaga ngerayain mooncake, kaga sembayang lagi, bahkan gak punya nama chinese πŸ˜€
        Jujur kalo moon cake aku belom pernah makan yang versi modern non, seringan makan yang tradisional. Tetangga aku ada yang bikin, enaaaak banget. Dijualnya cuma setahun sekali dan pas kita terima tuh masih anget anget. Hehehe kalo halal mah udah aku kirimin ke kamu deh non:)

      • hahahah huaaa……aku penasaran banget emang jadinya ama mooncakes ini May. This week pas aku pergi berobat kayaknya aku mau cari disana. Soalnya ada festivalnya, kayaknya lumayan gede huhahaha. Jadi mooncakes hunter. Di medan banyak yang gak halal juga soalnya

      • iya emang enak kok non, apalagi kalo yang bikinnya pinter. Itu gak halal soalnya adonannya supaya kalis itu di buat pake lemak biba nya.
        Paling enak rasa kacang ijo atau duren trus di makan pake teh pahit. Nyam nyam
        eh, kamu berobat ke KL berangkat tanggal berapa? semoga hasilnya baik ya non *hugs*

      • tgl 5 May, ke Penang πŸ™‚
        amin2 semoga gak ada apa2 deh.

        Iya kemaren anak kantor baru jelasin buat mooncakes yang halal dan gak halal itu apa. Yang rasa pandan juga enak, May. aku baru ngerasain yang pandan doang sih haha

      • Duuuh, langsung ngeceh. Kalo di jakarta yang jits itu mooncakes nya Hotel Mulia soalnya mereka jualnya sampe buka booth gitu mall non πŸ™‚

        Amiiin, iya mudah2an abis berobat ini gak sakit2 lagi non.

  2. Oh gitu toh cara bikin bentuknya, pake alat khusus πŸ˜€
    Biasanya sih kita pake yang bentuk bulat mbak krn filosofinya, kebahagiaan dan keberuntungan hoki jadi tak berujung, sama kya makan mie tuh kan ga boleh dipotong di tengah jalan hehe.
    Mbak, mooncakes yang vegetarian (tanpa telur) jg enak lho.. Lupa diganti apa tp sama gurihnya.

  3. wah jeng ….gambarnya menggoda…membuat ngencess…*halah bumil segala macam diembat nieh kaya gini nieh..lihat gambar aja bisa ngences hehehee..
    penasaran kayak mana yah rasanya…itu berarti di Hotel mbak noni kerja yah?? JW marriot medan?? ..halal yah yang disitu??? …semoga suatu saat bisa nginep disitu…*ada diskon nggak kalo booking…harga kawan blogger gitu hahahaa…*dikeplak mbak noni..:)

  4. Di Jakarta rata2 juga gak halal mba, jadi ga pernah berani beli. Btw, aku penasaran banget, rasanya seperti apa mba Non? πŸ˜€ mirip kue lapis surabaya, atau lapis legit, atau apa hehe ^.^

  5. entah kenapa diriku ga suka moon cake… tapi prnah sih makan yang mini rasa greentea, itu doyan. kalo yang di Jkt bener gak halal, jd bau2 babi gitu kayanya ga cocok deh sama dessert hahaha… n moon cake banyakan isi kacang ya, aku gak doyan kacang.

  6. Mau dong mooncakes-nya πŸ™‚ Saya suka banget dech yg halal tapi sayang disini rada susah dapetin yg halal, Mbak Noni.. Have a nice weekend!

  7. Udah lama banget deh gga makan mooncakes, Kalau gga salah terakhir makan mooncakes di Singapore wah udah bbrp thn yg lalu tuh. Disini pasti ada sih cuman yg namanya gw, udah mutant kale ya, dalam setahun bias diitung berapa kali ke Asian store. Bahkan pernah sampe bertahun2 gga ke Asian market. Soalnya males juga sih ke Asian market disini, lokasinya di Timur, daerah para immigrant dan kalau gw beli makanan Asia yg ada anak2 dan misoa pada ngliatin gw makan dengan pandangan takjub. Takjub melihat makanan aneh dan gga enak (bagi lidah mereka) kok dinikmati denga segitu nya. LOL

  8. Non.., jadi inget jaman kejayaanku dulu waktu masih jadi wanita karier (halaaahhh ngakunya…hehehe..) Sama tuh tiap tahun pasti ada urusan mooncake ini.., kalo aku sih kebagian semua: mengirim, dikirim dan yg jelas makannya dong..hahaha..

  9. mooncakes enak yak πŸ˜€ ini kemaren dikasih ama temen cina mooncake asli dari sana, pengen minta lagi tapi malu haha

  10. oalah bentar lagi ya festivalnya. belum pernah nyobain. untung aja baru tau kalo kue bulan ada versi halal dan tidak halal πŸ™‚

    salam
    /kayka

  11. Maooooo.. Tapi gratisin dongs, Mbak. Ahahah! πŸ˜€

    Temen-temen ku banyak chinese dan mereka sukak banget makan Kue Bulan. Tapi ngga nawarin ke aku karena ngga halal. Ihik.

    • Wahh baru aja beberapa hari yg lalu beli mooncake mba non,walau bukan orang china aku sangat terobsesi dengan mooncake..bentuknya itu loh menggemaskan ,cantik2 rasanya enak yg paling enak menurut aku isi pasta bunga teratai telur asin dan kalau liat pengen borong aja semua,tapi harganya itu ga nahan .mahal sampai2 teman bilang aku dulunya renkarnasi orang china karna saking heboh nya haha

  12. Kalau udah kita yang ngurus, kadang emang udah enggak pingin ngerasain, ya. πŸ˜€

    Di Banjar mana ada mooncakes, Non. πŸ˜€
    Saya belum pernah mencobanga. Mau dong diberi teaser. πŸ˜€

  13. Wahhh mooncakes yang hijau itu kok kayaknya enak banget. Green tea kah? :D. di Pontianak jg tradisi Mooncakes, Mbak. Meriah jg, mgkn sebelas dua belas dengan Medan yang mayoritas orang Tionghoa :))

  14. wahhh ak paling suka mooncake mbak non, enakkk padat2 gmn gt hehehhehe, gmn mbak setelah kesampaian makan mooncake? enak tdk? bagi bbrp org mungkin rasanya agak aneh yaaa…btw mbak noni kerja di JW marriot skrng?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s