Efek Samping Terapi Hormon Untuk Endometriosis


www.vemale.com
http://www.vemale.com

Tanggal 9 Juni 2014 kemaren, saya ke dokter kandungan di rumah sakit Colombia Medan. Setelah periksa ini itu akhirnya ditemukan kembali kista di Ovary kiri dan miom di rahim. Karena kita berdua tidak berencana untuk membuang ovary kiri saya, dokter menyarankan untuk memberikan saya obat hormon yang harus dikonsumsi selama 1 tahun. Yep, 1 tahun. Obat hormon oral ini diharapkan bisa menekan pertumbuhan kista dan juga mencegah rasa sakit selama saya menstruasi.

Saya mulai mengkonsumsinya sejak tanggal 9 Juni 2014. Obat oral ini harus saya minum setiap hari di jam yang sama. Repot kalau ketinggalan saya mesti buru-buru pulang kerumah hehe. Sewaktu memulai terapi kebetulan saya sedang mens. Mens yang cukup parah karena terlalu banyak plus rasa sakit.

Setelah minum obat, mens saya gak berhenti-berhenti. Maksutnya untuk yang banyak-banyaknya bisa sampe 2 minggu padahal biasanya hanya 3-4 hari doang, setelah itu flek-flek. Sekarang bisa sampe 2 minggu dan setelah itu flek-flek 2 minggu sampai siklus mens besarnya lagi. Membingungkan banget. Saya dan Matt sempet baca-baca di jurnal katanya emang efek obat tersebut membuat siklus mens jadi panjang dan darah yang keluar juga lebih banyak.

Di juli 2014 kejadiannya masih sama. Saya masih mens berkepanjangan dan banyak banget. Masih sakit kalau mens tapi dokter memang sempet wanti-wanti kalau efek obat mungkin baru bekerja setelah 3-4 bulan mengkonsumsi obat tersebut. Kita berdua masih nunggu-nunggu aja. Efek yang lain gak pake nunggu 3-5 bulan. Saya udah ngerasainnya sejak minggu pertama saya mengkonsumsi obat hormon tersebut.

Bulan Agustus ini saya mens besar sejak kamis (14/08/2014). Mensnya bener-bener banyak banget. Kamis malam saya pulang kantor dan kaget banget karena di kursi mobil penuh darah padahal baru ganti pembalut waktu baru pulang. Dari rumah ke kantor sekitar 45 menit. Sampai di kamar mandi dan duduk di kloset darah beku kayak (sorry) pup berjatuhan. Saya sempet ngerasain lemes karena darah dimana-mana berceceran hehe. Ini ya kenapa gak jadi dokter. Liat darah sendiri aja lemes haha.

Jum’at 15/08/2014 ternyata sama aja tapi gak sampai parah banget. Saya mikirnya mungkin karena udah hari kedua mens besar. Sabtu 16/08/2014 sebenarnya udah mulai normal. Saya ke rumah ortu di pagi trus makan siang dan pulang ke rumah. Jam 4 sore tiba-tiba saya kayak ngerasain pengen pipis tapi pas duduk pengen pipis yang keluar darah ngocor gitu. Gak berenti-berenti sampe saya lemes dan pingsan huhahaha. Asli pingsan beberapa menit (lupa) kali ya. Parahnya karena saya sendirian, Matt lagi di Vietnam trus hape di lantai 1. Saya diem aja sampe bisa bangun dan tiduran di kamar. Jam 6 lewat kali ya, Beby datang ke rumah nemenin. Saya sempet nelp rumah sakit juga nanyain dokternya tapi gak ada karena praktek hanya sampai jam 12.

Minggu kejadiannya hampir mirip dengan sabtu. Anehnya darah yang keluar parah-parahnya itu selalu sore menjelang malam. Pagi-pagi saya sih sehat-sehat aja paling lemes. Ehh menjelang malam saya sempet pingsan lagi padahal sorenya adik saya sempet datang buat cek-cek dan istrinya ngasih suntik vitamin hehe. Mungkin tepatnya bukan pingsan kali ini tapi kayak hilang sesaat gitu. Semua gelap dan keringat dingin. Matt belon nyampe dari Vietnam. Jam 1o pas dia nyampe, saya lagi di tempat tidur, Β pucat dan muntah 3 kali. Selamat datang Suami hahahhaha.

Senin kita ke dokter di Colombia juga. Kali ini dokter yang berbeda. Ini dokter dari KL yang kebetulan resident rumah sakit Colombia. Setelah saya kasih liat obat hormonnya. Dia langsung bilang “berenti minum ini dan kenapa dikasih 1 tahun untuk terapi? biasanya orang cuman minum 1-6 bulan aja” saya yah bingung juga ya. Kita kan bukan dokter. Kita datang ke dokter supaya sembuh. Lah kalo dokternya juga beda-beda pendapat gini, pasien jadi bingung banget. Saya dan Matt mungkin ceroboh juga karena gak cari tau lebih banyak soal terapi hormon tapi kita baca banyak di jurnal dan juga denger temen2 saya yang kebetulan sempet terapi juga. Semua hampir sama kecuali mens mereka gak separah saya yang 2.5 bulan gak berenti-berenti sampai sekarang hahahaha.

Oya dokter ini pas tau saya udah operasi membuang ovary kanan yang punya kista langsung ngomong gini nih :

“kenapa dibuang? kan seharusnya kalau cuman kista coklat yah dibersihkan aja. Gak harus dibuang apalagi kamu belon punya anak, kan? bisa koq dibersihkan trus setelah operasi kamu dikasih suntik selama 6 bulan. Banyak pasien saya yang gak balik lagi kistanya. Kamu operasi dimana kemaren? sayang sekali harus dibuang, sekarang kan muncul lagi juga di sebelah kiri”

Dengernya kayak yang ditusuk pisau belati. Saya cuman diem aja sambil bengong huhuhu. Lah…..kan saya cuman pasien. Saya udah datang ke 5 dokter di Surabaya untuk memastikan emang harus di operasi. Semuanya bilang harus operasi, trus gimana dong hiks. Mana bekas operasinya ganggu banget kalo saya pake thong/lingerie lagi!!!!! double sebel.

Nah efek yang saya rasain itu adalah :

01. Mens berkepanjangan

02. Masih sakit perut kalau mens

03. Lemes dan cepet banget capek. Ini juga sebab setiap pulang kantor saya males kemana-mana. Rasanya setiap hari badan saya kayak yang dipukulin orang sekampung (trus aja berlebihan)

04. Toket saya tambah gede. Saya benci banget ini karena bikin punggung saya sakit tapi Matt happy. Sungguh gak adil dunia.

05. Mual dan pusing

06. Berat badan nambah. Ini bener banget, kemaren saya timbang naik aja 5 KG. Kurang ajar KAu……..Obat hihihi.

07. Minggu pertama minum obat saya gampang banget kesulut emosi kalau sekarang kata si Matt, saya kayak kucing. Gampang banget ditaklukan. Mungkin baliklagi ke efek no 3 hahahah.

08. Nafsu s3x berkurang. Emmm……saya berdarah trus bow….setiap hari hahaha.

Ok…….tulisan ini saya tulis cuman buat berbagi aja , supaya kalau ada yang kebingungan kayak saya kemaren paling gak bisa berbagi. Saya belon tau persis harus melakukan apa buat ngobatin si kista sialan ini. Yang pasti sejak 3 hari lalu (saya bolos kerja senin dan selasa) saya dan Matt trus browsing buat nyari diet yang pas untuk saya. Maksutnya diet bukan pengen kurus tapi supaya saya lebih sehat. Ada terlalu banyak makanan yang saya kira gpp dimakan ternyata malah memicu kista saya menggila.

Udah 2 hari ini juga kalau malam saya balik lagi ke menu FC or kalau malas saya cuman makan oatmeal atau bubur. Hasilnya saya gak mual dan sakit perutnya berkurang tanpa harus makan pain killer. Kita mesti cek-cek lagi sih. Entar kalo sukses pasti saya posting ya πŸ™‚

Saya tahu sekali kita punya kista mungkin selamanya akan hidup trus dengan si kista ini. Penyakit ini nyebelin banget. SEmua penyakit sih nyebelin ya.

SEkarang saya lagi nunggu obat dari dokter yang baru bekerja. Katanya 10 hari. Kita liat ajalah selain itu saya punya jadwal check up juga ke dokter lain next month. Yang pasti untuk sekarang pola makan dan pola hidup harus berubah sih. Makanan mempengaruhi kesehatan kita banget, kan ya. Pas liat diet yang dibikin si Matt kemaren, saya kayak yang pengen nangis karena terllau banyak makanan-makanan yang harus saya hindari. Demi la ya…..demi sehat emang harus menjaga diri baik-baik hehe.

Semoga kita semua sehat-sehat aja ya….Amin πŸ™‚

Advertisements

155 comments

  1. Mbak Noniiiiiii.. Gimana keadaan Mbak sekarang? Uda lumayan sehat kah? Duh.. Jadi merasa bersalah pulangnya sore.. Aturannya malem ya.. 😦

    Semoga cepet sembuh, Mbak.. Dan efek obat ini ada hasil baiknya.. :’*
    Amiiiin..

  2. Waduh non cepat sembuh ya…
    coba kalau dkat aku temani. wah terus yang benar dokter yang mana nie, untuk kamu ngak sampai kehabisan darah..
    Aku perna terarg hormon tp ngak sedasyat ini non cuma Γ¨fek nya BB naik dasyat…
    wah aku mau kontrol lagi ah cek cek lagi..

  3. duh mbak non…semoga segera sembuh… sedih bgt bacanya 😦
    mbak, buat iseng2 aja, baca blognya alodita deh. kmrn dia juga abis operasi besar soal onderdil wanita ini. siapa tau tertarik nyoba berobat ke dokternya…

    sembuh buh buh ya mbak.. *hugs

    • aku udah punya janji check up dengan dokter di Penang bulan depan. udah buat janji dari bulan juli tapi yah itu sebelum ke Penang ehhh udah sakit duluan hihi. makasih ya infonya

  4. Pantesan aku tunggu postingan yang baru biasanya muncul setelah weekend, ternyata mba noni lagi kurang sehat yaa.,. cepet sembuh yaa mba noni.
    Jadi perempuan banyak juga cobaannya yaa, terutama urusan rahim dllnya. Aku juga kalau lihat darah sendiri langsung lemes gitu mba, apalagi kalau darahnya terus ngalir dan banyak aduuuh lemes badannya, kepala pusing, berasa mau pingsan. Tapi kalau lihat darah orang aku biasa2 aja, nggak ada rasa lemes. cuma aneh kalau lihat darah sendiri kok rasanya yaa gitu mbaa lemess.. Pokoknya mba noni cepeet sembuh yaaaaa πŸ™‚ Amieen

  5. Noni, get well soon dear… Aku punya teman yg juga punya masalah kisata di ovariumnya, dan setiap mens selalu banjir, sakit dll. Kondisinya membaik setelah konsisten FC selama 6 bulanan (dan dilanjutkan).
    Dia konsisten minum air jeruk lemon + air putih hangat setiap bangun tidur, lalu sarapan hanya buah, 3 macam buah atau lebih. Setelah jam 11 siang baru makan yang lain.
    Makan siang dan malam milih antara karbo+sayur atau protein+sayur. Sebisa mungkin menghindari daging olahan, dan kalau masak sendiri pilih ayam kampung dari pada ayam negeri.

    Semoga kistanya lekas pergi & gak kambuh lagi ya Non. Doaku buatmu πŸ™‚

    • Kemaren aku sempet sekitar 8-9 bulanan itu ikutan FC mba Tika. Lumayan badannya tapi kalo mens tetep sakit. Abis masuk kerja bubar jalan, sekarang kayaknya mesti disiplin lagi deh. banyak banget nih sekarang pantangannya termasuk rendang huhuhu.
      makasih ya mba Tika doanya. amin semoga sehat deh

  6. Sedihnya baca post ini 😦
    Kasian badannya yang tiap hari harus minum obat
    Semoga cepat sembuh yaa mba, semoga obatnya ngefek & bisa sehat secepatnya amiinn
    Btw aku lagi konsumsi teh item, katanya tetanggaku yang anaknya juga ada kista minum ini bisa berkurang
    Klu mba mau tar aku kirimin deh

  7. mba Noni, sedih bacanya 😦
    cepet sembuh yaa..
    semoga segera ketemu dokter yg pas dan baik, semoga kistanya bisa dibersihin ga kambuh2 lagi, semoga dapet penanganan terbaik deh intinya!
    semangaaat pengobatannya πŸ™‚ *bighugss*

  8. Waduh, serem banget pendarahannya banyak sekali. Sejak udah merit kalau mens gw selalu pakai tampon jadi gga kemana2, Kudu banyak makan makanan yg mengandung zat besi kali ya. Well, gw bukan dokter atau ahli gizi siy….. Cepet sehat yah Non.

  9. Ya ampuun mba noniiii 😦
    Semoga dilancarkan proses penyembuhanya yaa..
    Ikutan sedih, karena namanya perempuan penyakit-penyakit kaya gini yang super ganggu karena ditambah rusaknya hormon pula..

    Peringatan buat aku juga nih, mulai kacau pola makan. padahal punya miom yang makin gede (bukanya makin kecil 😦 ) dan pengen banget cepet-cepet hamil dan punya anak.. huhuhuhu

    Cobaan banget ya..

  10. Get better soon Noniii😘😘 Moga2 si kista bisa dimusnahkan ya. Temen aku ada yg kasusnya sm kyk kamu Non, bahkan waktu di usg isinya gelap semua krn uda ketutup kists semua. Dia operasi 2x tapi ovary nya ga diangkat. Sekarang uda ok, anaknya 2, tapi tetap rajin kontrol bolak balik Jkt-Perth, krn dokter dan RS-nya disini. Take care ya darling. xx

  11. Noniii hiks sabar yaa sayang. Kista emang nyebelin. Semoga dengan dokter yang dari KL itu kistamu bisa hilang dan gak balik lagi. Dan buat seterusnya kamu sehat selalu . Pelukkk noni :’)

    • makasih sayang
      mudah2an dokter yang ini bener deh tapi bulan depan aku juga udah punya rencana check up ke luar. Kalo hasilnya sama kayak dokter KL ini yah udahalah, aku percayakan aja hehe

  12. Kak Noni, semoga cepat sembuh ya. Semoga dengan dokter yang dr KL ini benar2 bisa hilang kistanya (meski reaksi tubuh seseorang selalu berbeda reaksinya terhadap suatu obat), God bless you kak πŸ™‚

  13. Mbak Noni, ijin share ke temanku yang lagi bikin campaign Endometriosis Awareness ya mbak. Kalau mau lihat pengalaman dia ada di blognya http://www.misswhadevr.com (namanya Maya). Nanti aku minta dia baca ini supaya “kenalan” dan kalian bisa bersama2 ngembangin campaign Endometriosis Awareness. Semoga tertarik πŸ™‚
    #STAYSTRONG!

  14. Astaghfirullah.. sampe ngilu bacanya mb,.. ya mesti lemes bgt wong darah yg keluar sgt2 byknya.. mg better ya mb.. dan si kista yg membandel itu mau pergi selama2nya.. *semangat ya mb*

  15. Noniii, duh semoga kamu cepet pulih ya. Kamu kayak gt masih aja ngantor? astaga. Bikin emosi dan gak pede ya berobat di negri sendiri kok beda beda gt, sabar yah non semoga di KL pengobatannya lbh bagus dan bikin kamu cepet sembuh. Peluk noni!

  16. Dulu pas sma aku pernah ada benjolan yg stelah diperiksa katanya positif tumor rahim. Trus berobat alternatif, dikasih batang pohon yg mesti direbus. Pas balik k dokter, alhamdulillah tumornya ilang. Entah apa namanya itu, beliau udah almarhum skarang.
    Smoga cpt ktemu terapi/pengobatan ya cocok ya Non, big hug…

  17. Ya ampun mbaa.. Semoga cepet sehat yaa..
    Aku merinding ngeri bacanya. Ternyata kista sama miom sampe kayak gitu yaa *elap keringet di dahi*..

  18. Ya ampun Non, nggak kebayang deh mens selama 2,5bulan dan banyak gitu. Dulu aku nifas juga hampir 2 bulan, tapi yang banyak-banyaknya cuma 2 minggu doang kayaknya. Semoga dengan treatment baru bisa sembuh ya Non.

  19. Mbak noniiiii cepet sembuh ya. Semangaattttt mbak :”)
    Aduhh mbak jangan sendirian di rumah ya bahaya gitu takut kenapa2 mbak noninya 😦
    Semoga cepet dapet diet yang tepat ya mbak. Aku doain kistanya cepet2 kabur dari badan mbak noni amiiinnnnn!!!!

  20. hilang sesaat juga pingsan kan..
    moga cepet sembuh…dpt terapi dan dokter yg cocok dan istiqomah ama diet sehatnya πŸ˜€

  21. Sedih denger ceritanya, Mbak Noni… Take care dan semoga cepet sembuh ya…
    Saya doain dari sini juga, Mbak….

  22. Mbak Noniiikk, baca ceritanya ngeri banget huhu. Maap ga bisa bantu kasih solusi padahal mama perawat, udah keburu balik bali, soalnya..

    Cepet sembuh buat mbak Noniikk sehat2 selalu ya :’) hiks

  23. 😦 I am sorry to hear that, Non. Cepet pulih ya dan semoga yang terbaik idberikan Tuhan buatmu.
    Btw maaf kalo aku kurang nasionalis tapi check-up ke Penang boleh juga dilakui. Dokter di sana bagus-bagus dan lebih murah pula biayanya.

  24. Duh serem bgt mbak noni, ngebayangin sakitnya…aku mens biasa aja kadang2 suka ga tahan 😦 . Dokter yg pertama itu ngaco bgt sih zzzzz. Oh iya, yg poin ke-4 bikin ngikik *secara toket aku jg 11-12 jd i feel you mbak hihi* Semoga dokternya cocok dan kistanya bs ilang selamanya! πŸ™‚

  25. Noniii…ikutan ngilu dengernya, pasti sakit dan lemes banget itu 😦 😦 :(semoga cepat sembuh ya dan si kista nakal bisa dienyahkan selamanya, aamiin

  26. Noni, waktu kamu cerita rahim diangkat aku pun bingung, krn aku jg ada endo tp cukup laparascopy aja, memang kata dokterku (dr. Ivan Sini – RS Bunda) si endo bisa balik2 lagi, tapi lifestyle mayan ngaruh, sebenarnya endo itu jaringan darah kotor haid yang numpuk dan gak terbuang, jadi kuncinya adalah gimana caranya supaya haidnya lancar, darah lancar, tips dari gue: makan makanan sehat, sekarang udh banyak bgt yg jualan katering sehat, kalo mau bikin sendiri- beli bahan makanan sehat, jangan makan yg berminyak, kalo bisa jangan keseringan makan sate, daging2 bakar, sukur2 gak sama sekali, terus yg paling penting lagi olahraga Non, gue selalu usahain olahraga 2-3 kali seminggu, kalopun gak ada waktu disempet2in untuk jalan kaki minimal 5000-10.000 langkah setiap hari (bisa diukur pakai pedometer di henpon ato nikefuelband hehe). Mulai dari hal kecil dulu, misalnya parkir mobil di tempat yang jauh, drpd lift pakai tangga, dst. Selain itu coba terapi akupunktur, supaya darah lancar. Good luck ya Non, kalo mau cerita2 bisa e-mail ato whatsapp aku πŸ™‚ take care!

  27. wah Non, aku bacanya berasa sadar pentingnya arti pola makan ya..semoga segera diangkat penyakitnya ya,,,iya jaman sekarang jangan asal mau kalo dokter bilang operasi, dokters ih iya iya saja karena dia dibayar mahal… padahal beberapa kasus tak perlu… tapi kan kamu bilang dah visit 5 dokter seblum operasi ya..dan semua bilang iya.?? gimana tuh dokter kita ya…jadi ngeri saja…. jadi berasa gak percaya dokter deh..mesti cek mungkn 6x dokter lainnya… baru nentukan langkah selanjutnya…

  28. Semoga cepat pulih lagi ya Mbak. Aku setuju sama pendapat Mbak Eka, coba cari other opinions di Penang. Dokter sini kebanyakan dikit-dikit main suruh operasi, awal tahun ini waktu aku sakit, dokter sempat desak aku untuk operasi juga, untung aku keukeuh tolak. Sekarang sudah ok dengan pengobatan tradisional China. Dokter China-nya juga cuma ketawa waktu aku bilang disuruh operasi dan bilang jangan diperasi karena efeknya akan tambah jelek buat badan.

    • Non aku bacanya ngiluu.
      Adegan pingsan dikamar mandi pas gak ada orang pas lagi mens juga pernah aku rasain.
      Semoga cepet sembuh yaaaaa…. Gak ada lagi miom2 dan kista2 yang ganggu.
      Di grup fc di fb ada temenku namanya fety coba tanya-sama dia say soalnya dulu pernah cerita bermasalah juga sama organ reproduksi dan berkurang gara2 FC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s