Hidup dengan Endometriosis


 

www.prensalibre.com
http://www.prensalibre.com

Akhirnya nulis lagi tentang endometriosis, miom dan kista.

Endometriosis adalah radang yang terkait dengan hormon estradiol/estrogen berupa pertumbuhan jaringan endometrium yang disertai perambatan pembuluh darah, hingga menonjol keluar dari rahim (pertumbuhan ectopic) dan menyebabkan pelvic pain.

Tulisan-tulisan saya yang berkaitan dengan penyakit ini bisa langsung klik aja link dibawah.

https://nonikhairani.com/?s=endometriosis

Sejak 3 bulan lalu saya akhirnya memutuskan untuk terapi hormon lagi dengan suntikan. Jadi awal bulan Mei tiba-tiba perut saya sakit banget setiap kali pipis dan bab. Ini setelah selesai mens tapi masih ada flek-flek. Sakitnya beneran gak enak. Awalnya saya pikir infeksi saluran kemih aja karena ada beberapa kali saya keluar rumah dan terpaksa pipis di tempat umum. Tapi setelah diobatin tetep aja sakit dan suatu hari pas saya ngangkat kaki yang sebelah kiri ehh sakit. Sakit yang gak enak. Ditunggu 2 hari masih sakit jadi kita putuskan ke dokter. Kali ini saya ganti dokter.

Setibanya di dokter dan USG plusย trans vaginal scan, ketauan deh kalau miom saya tambah gede di rahim. Uhuhuhu….sedih banget. Jadi karena mens otomatis rahimnya kayak bengkak gitu dan bikin pipis atau bab sakit plus ngangkat kaki juga sakit. Nyebelin banget.

Transvaginal ultrasound is a test used to look at a woman’s reproductive organs, including the uterus, ovaries, and cervix. Transvaginal means across or through thevagina. The ultrasound probe will be placed inside the vagina.

Karena saya masih kapok dengan operasi sebelumnya jadi kali ini dokter menyarankan untuk terapi hormon aja. Terapi hormon ini biasanya yang saya tahu menggunakan Tapros tapi kemaren Tapros nya gak tersedia di rumah sakit dan cuman ada Endrolit. Dokter bilang Endrolit ini sama dengan Tapros malah harganya lebih murah. Saat itu satu kali suntikan Tapros Rp 1,8 juta dan Endrolit Rp 1,5 juta.

Nah efek samping dari suntikan ini sebenarnya saya lumayan tahu karena 2 tahun lalu sempet terapi hormon menggunakan pil yang menyebabkan saya mens selama 3 bulan. Setelah diskusi dengan Matt, karena emang yang suntikan kita belum pernah coba jadi oklah kita coba dulu. Paling gak saya gak sakit dulu nih karena buat jalan aja saya udah meringis-meringis.

Untuk obat hormon baik Tapros ataupun Endrolit (yang bentuk injeksi) efek sampingnya kira-kira seperti dibawah ini :

Efek samping obat ini: hot flushes, berkeringat, haid yang berhenti, perdarahan (withdrawal bleeding), disfungsi seks, berkurangnya libido, vagina kering, perubahan ukuran payudara, nyeri sendi(arthralgia), nyeri otot (myalgia), bengkak di perifer(edema), pusing (dizziness), sakit kepala, mula, muntah, susah BAB, perubahan mood, tulang keropos, peradangan pembuluh vena (thrombophlebitis) serta reaksi bekas lokasi injeksi.

Efek yang jarang: Bronchospasme (penyempitan saluran nafas), Rash (merah2 di kulit), hilang rasa (paraesthesia) dan depresi.

Info dariย http://konsultasi-spesialis-obsgin.blogspot.co.id/2009/06/tapros.html

Setelah suntikan pertama memang sakitnya berangsur-angsur menghilang. Saya sempet datang 4 hari setelah suntikan untuk kontrol dan rasanya bener-bener hilang jadi saya putuskan untuk melanjutkan terapinya. Nah suntikan ini hanya boleh diberikan maksimal 6 kali atau 6 bulan. Kalau kelebihan dikhawatirkan bisa menyebabkan osteoporosis dan tentu saja perubahan hormon. Soalnya sekarang ini kan kita kayak dimasukin hormon nya cowok. Kalau kelamaan yah ada kemungkinan kayak tumbuh jakun, kumis, dll.

Bulan pertama suntikan saya gak merasa efek apapun kecuali hot flushes trus 2 minggu setelah suntikan saya mens lagi selama hampir 10-11 hari. Lumayan lama ya. Karena merasa semuanya ok, saya pun lanjut ke suntikan kedua. Yang mana begitu pulang dari rumah sakit kaki sebelah kiri (bagian pantat kiri yang disuntik) kayak ngilu bukan kepalang. Saya pikir ini efek suntikan aja bikin pegel dan ngilu ternyata sampai 4-5 hari saya kayak harus terbungkuk-bungkuk untuk jalan karena sakitnya gak hilang-hilang. Kalau mau naik tangga rasanya kayak nenek-nenek. Sakittttt……..

Dan setelah 5 hari itu bukannya hilang ya sendi-sendi yang sakit tapi makin menghebat. Pokoknya sakit banget. Sementara semua temen saya yang disuntik tapros gak ngerasain ngilu-ngilu sendinya. Ini beneran sakit banget dan gak enak karena saya kan setiap hari harus nyetir, harus bersih-bersih rumah, pokoknya harus kerja.

Bulan ketiga gantian punggung saya yang sakit sampai hari ini. Ini sakit kayak nusuk-nusuk gitu. Kita pun berteori oh ini mungkin karena saya latihan head stand (yoga) jadi mungkin cedera, salah tidur sampai teori lainnya. Saya masih curiga gara-gara suntikan dan emang saya mungkin ada salah gerak. Saya juga sempet tiba-tiba demam/flu selama seminggu. Agak aneh tiba-tiba saya demam.

Dibawa ke dokter tulang/syarat kata dokter “ohh ini kayaknya kamu kecapek’an aja” jadi gak dibolehin kerja keras, ngangkat-ngangkat barang, nyetir, dll. Masalahnya susah kan ya untuk diem aja gitu secara badan saya sebenarnya gak ada masalah (kelihatannya)

Nah efek yang saya senang adalah mens saya berhenti. HOREEEEEEE. Iya saya kalau mau mens itu sudah stress duluan karena sakitnya minta ampun. Jadi selama beberapa bulan (3 deng) saya gak mens jadi bebas sakit tapi sakit yang lain. Sama aja haha. Cuman muncul flek-flek aja dan bikin bingung ini shalat atau enggak sih?

Jadi karena efek yang ditimbulkan itu buat saya agak mengganggu selain berat badan naik, ukuran payudara berubah, sendi-sendi yang ngilu bukan kepalang, demam, rambut rontok parah padahal saya baru aja seneng rambut saya berhenti rontok dari terapi yang sebelumnya trus emmm hot flushes yang bikin mau ngamuk karena asli ini gak enak banget. Kayaknya suntikan ke 4 ini saya bakalan berhenti deh. Mungkin mau cari alternatif lain yaitu makan makanan yang lebih sehat hehe.

Diet Endometriosis
Diet Endometriosis

Temen-temen saya juga mendukung diet ini. Maksutnya setiap hari kita bahas makanan yang ok untuk saya. Bantuin nyari menu yang bisa saya makan. Jadi yah….liat aja bisa gak saya melakukan diet yang susah itu haha.

Untuk obat alternatif dengan amat sangat menyesal saya emang gak mau nyoba lagi.

Oya soal obat alternatif ya, jadi beberapa bulan lalu ada pembaca blog ini yang berbaik hati menawarkan obat alternatif. Namanya bawang Dayak. Saya pun sempet denger khasiat bawang ini untuk penyakit endo dan temen-temennya. Ok saya pun mikir cobain aja deh. Begitu dicoba kurang dari satu minggu saya masuk rumah sakit 1 minggu karena sesak nafas. Jadi obatnya itu kayak menyerang pencernaan saya. Beneran deh setelah itu saya gak mau main-main lagi sama obat alternatif apalagi kalau gak jelas takarannya,dll. Ini pelajaran banget untuk saya.

Dibawah ini sedikit bisa menjelaskan gimana orang yang punya endometriosis mesti setengah mati setiap bulannya. Mungkin kalau gak ngerasain sendiri emang kayaknya “gak banget deh” atau kita manja banget tapi sebenarnya adalah emang sakitttttt banget. Kadang-kadang pas sakit banget itu saya bahkan sampai ngerasa sangat-sangat capek padahal gak ngapa-ngapain. Makanya 3 bulan yang tidak mens ini kayak luar biasa happy walaupun sendi-sendi kesakitan haha. Serba salah deh hidupku.

3ced70578cd87dbe40053baddf790714

91a2c62f40dfe57466a725a78b558ead

4f96ca0f338e90e477cb146b129c7f51

65754c9fe0a888830d0af1b137f3ba09

Untuk endosis diluar sana keep fighting yaaa dan pastikan kalau kalian akan mengambil terapi hormon pastikan siap dengan efek sampingnya.

Cheers

Lari meringis karena punggung nyeri……

Advertisements

116 comments

  1. Mbak Non, aku terdampar di blog ini gara2 nyari2 artikel penderita miom.. Heheheh tapi ternyata isi blog ini asyik, jadi lupa tujuan awal tentang penanganan miom..
    Semoga mbak Noni diberi kesembuhan dan kesehatan ๐Ÿ™‚
    Awal taun kemarin aku ketahuan ada miom, gak nanggung hasil lab uk. 11 cm, hasil usg di dokter kandungan 9cm.. Sampe sekarang galau operasi ato gimana.. Dokternya nakut2i kalo operasi ada resiko sal telur keambil soalnya uk. Miom dah gedhe.. Mbak Noni miomnya gimana?.. Masih ada?..

    • Ternyata aku check up Nov kemaren di Penang itu bukan miom tp endometriosis. Ada bny jenis endometriosis dan salah satunya agak mirip miom bentuknya. Skr masih ada tp aku males operasi hehe. Palingan ganti pola hidup dan kalau mens pas sakit yah minum pain killer. Semoga kamu cepet sembuh ya, semangat!

  2. Halo mba Noni, selamat lebaran. Saat lebaran begini gimana caranya menghindari kue, sirup, sayur bersantan, semur daging, dllnya? Apa boleh kalo cuma icip2 aja? Sy jadi serba salah dgn kondisi kesehatan sy yg penyandang kista endo. Kalo sy kurus cuma 42 kg, jadi apalah yg bisa sy makan supaya sy gemukan. Padahal kista ini hrs diet/ pantang super ketat. Mau tahu dari sudut pandang mba. Makasih ya mba

    • Hi Vicky, selamat lebaran.
      Wah aku bukan dokter atau ahlinya hahaha. Aku sih tetep makan sesuai yg aku mau. Gak ditahan2, setahun sekali ini. Cuman makan secukupnya aja ๐Ÿ˜„.

      Org Endo masih bisa makan semuanya koq asal yg pantang2 dihindari atau dikitttttt aja hahaha. Aku paling pantang makan soya, dairy product, gorengan pinggir jalan. Lainnya masih makan ๐Ÿ˜„ dan olahraga. Kalau mens tentu saja masih sakit hahaha

  3. Thanks for prompt reply mba ๐Ÿ™‚ Sy bertanya krn tau mba juga penyandang kista endo kaya sy. Jadi mba pasti tau, rasa sakitnya kaya apa ๐Ÿ˜ฆ Sy paling seneng makan cuma sama lauk ikan tenggiri goreng. Tulangnya dikit dan karna digoreng bebas amis. Tapi kalo sy lagi ngumpul bareng tmn di food court, alamak mba sy bingung mau pesen apa. Selama ini cuma pesen empek empek. Sedih banget ya hidup sy. Punya duit gak bs makan enak. Dulu kecil gak dapet uang jajan dari ortu, jadi gak bisa donk jajan, malah sehat walafiat

  4. Tapi pas lagi sakit itu mba, sumprit dah, sampe sy sumpah sumpah gak mau makan lagi. Uda 2 asam mefenamat ditegak gak mempan juga. Dilarikanlah sy ke UGD, dimasukin dari anus obatnya. Padahal sy cuma salah makan sekali aja pas bukber sama temen2. Sy pesen mie goreng papajakck (yg ala ala mie Malay). Kata sy jangan2 pakai formalin tuh mie. Juga pernah sekali minum es manohara (pake sirup, nata de coco) pas lagi bukber juga. Merasa kalo uda masalah makan, uda kelar lah hidup ogut.

  5. Mba masih kontrol ukuran si endo gak? Sy tuh rutin mens, teratur juga, tapi kok masih kena endo ya, ckck ๐Ÿ˜ฆ Kirain yg mens gak teratur aja yg kena. Sy tau dari bos sy, ada klinik di Malaysia yg dokternya ada ilmu yg diluar kedokteran (baca: semacam orang pinter tapi bergelar dokter dan bnyk juga pasiennya), gak nganjurin operasi. Entar ah, sy mau tanya lbh slm lagi ama pak bos. Istri beliau sakit kista juga uda gede juga. Entr sy kbri de mba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s