Akibat Denial


dsc04703

Akibat keseringan denial ini ternyata banyak banget, termasuk gagalnya program diet haha.

Jadi ya, dari tahun ke tahun saya itu setiap hari selalu berniat untuk hidup lebih sehat dengan cara diet endometriosis ( ini salah satu langkahnya). Apa sih diet endometriosis itu?

Baca disini jika penasaran pengen tau apa sih diet untuk penderita Endometriosis ya πŸ™‚

Nah kembali ke denial, jadi yah setiap kali bangun tidur tentu dong saya penuh dengan rencana-rencana hidup yang positif. Mulai dari olahraga lebih rajin, makan makanan sehat (bahkan saya sudah bayangin menunya) lalu gak akan terpancing kemarahan atau stress. Pokoknya hidup saya sempurna kayak di taman bunga. Bukan bunga mawar berduri atau bangkai pastinya.

Kenyataanya biasanya nih ya, di pagi sampai siang hari saya bisa sih bertahan dengan rencana tapi disore biasanya mulai goyah. Mulailah saya berteori, emm hari ini sudah yoga dan makan sayur, kayaknya sore boleh deh makan ini dan itu (lalu berakhir di rumah makan Padang). Omakjang….begitu aja trus haha. Setelah makan biasanya saya sih menyesal dan sedih hati. Gagal sudah rencana indah hari ini. Mulai lagi besok deh, dan begitu aja trus haha.

Denial adalah mekanisme pertahanan psikologis yang membantu seseorang menghindari kebenaran yang berpotensi menimbulkan kesedihan.

Masalahnya tentu saja gak lucu karena setiap bulan saya masih ngerasain sakit perut akibat endometriosis ini. Setiap kali mens pasti deh saya kesakitan lalu menyesal. Lalu seperti biasa saya akan berniat untuk diet endo lagi yang lebih disiplin haha. Begitu ajaaa trus. Denial trus kalau saya sudah hidup lebih sehat koq. Saya yoga, banyak makan sayur, banyak makan makanan lebih sehat tapi….gak dihitung yang saya langgar haha. Porsinya sama banyak ! Gimana mau sembuh. Toyor!

Trus denial yang juga sering saya buat adalah, hmmm kayaknya emang saya gendutan deh. Eh…gak deh, kayaknya masih normal koq. Gendut itu kan kalau kelebihan 50 kg huhaha. Abis itu yah bener aja nambah aja berat badan.

Denial ini juga yang bikin semua rencana diet-diet menguruskan badan saya gagal total. Yah seperti yang tadi itu. Dulu saya mikir kalau saya gak pernah berhasil dengan diet atau apapun lah rencana-rencana saya karena males tapi….saya pikir-pikir sebenarnya karena saya suka punya “denial” haha.

Bagaimana dengan kamu?

 

Advertisements

31 comments

  1. Ukuran badan mbak noni itu udah pas ko,daripada aku kurus tapi perutnya ndut,hahahaha…padahal yoga dan rajin olag raga tapi gak kempes2 neh perut mbak 😭😭

  2. sulit ya mbak non. aku juga kalo bangun bilang “hari ini makan buah ya, jalan kakinya diperbanyak, jangan makan gorengan”, ujung2nya pas sore “kayanya aku kurang karbo deh. tadi pagi kan udah banyak makan buah. kayanya skarang aku harus makan agak berat dikit”, berujung pada makan nasi goreng pake telor dadar di atas jam 6 sore. hiks.

  3. Hahaha, nyari-nyari alesan untuk “cheating” dari tujuan yang positif ya Non. Iya nih setan-setan begitu susah dilawannya, harus punya keteguhan hati dan tekad yang kuat *halahhh, hahaha πŸ˜† *

  4. Memang susah ya non.. pengeeeeen banget bisa benar2 hidup sehat,..tp godaan kok ya lebih besar ya,setan2 selalu gentayangan diotak, buat ngancuri rencana2 baik kita. hahahahaha..dibilang jangan makan bakso, santan, tetap juga klw plg kerja diajak temen pasti gk bisa nolak, trus minggu udh diniatin gk beli sarapan lontong, ya tetap aja dibeli juga tuh si lontong sayur…:(

  5. sama. aku juga sempet turun naik lagi kilonya. biasanya kalau suka masak kue kue jajanan Indonesia. ga tahan aku ga makan itu. payah memangπŸ™ƒ

  6. Compensatory behaviour: kalau udah lari 5 kilo terus udah zumba 2 jam berarti boleh makan Astor satu kaleng – seriously, aku bisa abis sendiri dalam sehari haha.. kita semua sama kayaknya kalo masalah jaga kesehatan itu yang paling susah… mungkin kita harus bikin denda buat diri sendiri yaa mba Noni, misalnya, kalau hari ini makan santan/Padang, kita harus nyisihin 20rb ke toples.. kan lumayan tuh tiap kali ngerasa bersalah, duit di celengan 20rb πŸ™‚ aku sih kalo udah kena denda duit biasanya langsung jadi disiplin HAHAHA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s