Pengalaman Berobat Ke Penang


jugorum.wordpress.com
jugorum.wordpress.com

Saya sebenarnya lumayan sering jumpa dokter di Indonesia. Mulai dari sakit yang ringan sampe akhirnya harus di operasi. Memutuskan untuk operasi kista juga saya sudah menjumpai 6 dokter yang berbeda sampai akhirnya saya punya keputusan bulat. Saya kurang tau, harus berapa banyak dokter saya jumpai di sini sampai saya bisa bener-bener pasti dengan solusi dari mereka.

Berobat/check up ke Penang baru saya lakukan 1 kali aja. Sebelum ini temen-temen saya lumayan bolak balik ke Penang bahkan hanya sekedar untuk medical check up.  Menurut beberapa temen saya biaya berobat/check up ke Penang sama aja dengan di Indonesia. Pembandingnya rumah sakit swasta ya.  Menurut 1 dokter di Medan dan Penang  sebenarnya ovary saya yang sebelah kanan itu  masih bisa diselamatkan. Denger mereka memberitahukan kalau ovary saya itu masih bisa di selamatkan daripada dibuang kayak membelah bekas operasi lama. Nyeriiiiiii………….sampai ke ulu hati.

Untuk kasus saya saat ini adalah : Ovary kanan saya sudah dibuang dengan dianosa kista endometriosis sebesar 7-8 cm didalam ovary dan 1 buah miom yang sudah di bersihkan di uterus (rahim). Ovary kiri saya 3 bulan lalu ditemukan 1 buah kista endometriosis atau biasa disebut kista coklat (kalau gak salah) sebesar 5 cm (lumayan gede) dan 1 buah miom lagi di rahim. Kista ini udah kayak rambut uban. Muncul aja lagi walaupun udah dicabut.

Setelah ketemu 2 dokter di Medan tapi akhirnya setelah 3 bulan ketemu dokter2 itu,  akhirnya kita memutuskan ke Penang. Di Penang saya ke rumah sakit Pulau Hospital. Dokter yang menangani saya masih cukup muda.

Kita masuk keruangananya. Ada musik jazz. Santai banget. Dokternya rapi dan langsung salaman dengan saya dan Matt. Saya jelasin semua riwayat kesehatan saya termasuk memberikan semua hasil operasi dari dokter Patologi di Surabaya, 2 hasil pemeriksaan dari dokter di Medan juga. Setelah melihat semua data dan sisa obat yang ada. Dokter langsung melakukan pemeriksaan. Btw….2 kali saya ditangani oleh dokter yang berasal dari Malaysia, kedua dokter ini gak pernah melakukan USG lewat Vagina, jadi mereka USG biasa aja lewat perut. Kalau dokter2 yang pernah saya temui biasanya selalu cek keadaan jeroan saya lewat Vagina kecuali Dokter Agus A . Saya gak tau bedanya apa tapi hasilnya kayaknya sih sama-sama aja, kecuali saya sebenarnya tentu saja lebih nyaman hanya melewati USG lewat perut.

Setelah semua pemeriksaan selesai dan memang ditemukan kista dan miom seperti hasil pemeriksaan di Medan. Dokter ini menjelaskan semua tentang penyakit, solusi yang harus saya ambil jika kami memang masih ingin punya anak atau tidak. Yang saya paling seneng walau dia terlihat kesal karena ovary kanan itu dibuang sehingga gak ada pilihan lain untuk kami (seandainya tetep ingin punya anak) tapi dokter ini gak menyalahkan siapapun, gak membuat saya dan Matt tambah jengkel (walau Matt jengkel setengah mati) dan selalu ngomong “hei…..kita benerin aja yang ada sekarang. Yang udah lewat gak usah disesalin. Saya juga yakin koq, dokter kamu kemaren udah melakukan yang paling baik” Saya tau dia cuman membesarkan hati kami aja hehe.

Nah dari hasil ngobrol-ngobrol kemaren, jadi kesimpulannya kira-kira ya. Jika kita punya kista diatas 5 cm memang sebaiknya dioperasi karena takutnya kista tersebut melintir dan menyebabkan kesakitan yang luar biasa. Kista di atas 7 cm seperti punya saya kemarin sebaiknya dioperasi dengan sistem Laparoscopic  jadi bukan operasi besar banget kayak saya kemaren yang menyayat perut segitu lebar. Laparoscopic itu operasi yang memasukkan beberapa benda kecil lewat perut gitu. Bisa di baca di Internet deh prosedurnya. Saya lumayan takut soalnya ngeliat benda2 dimasukin ke badan hehe. Operasi Laparoscopic itu sebenarnya cuman ngebersihin/ngebuang kista/miom aja, jadi gak usah membuang ovary. Ovary bisa dibuang jika kista yang kita miliki udah diatas 15 cm karena biasanya kondisinya udah rusak. Saya disini kayak mau di tujes gitu denger kata si dokter. Dia lagi-lagi ngomong “waktu kejadian itu kan kita gak tau kondisi kamu persisnya gimana, pasti dokternya mutusin yang terbaik. Gak usah kecewa ya” huaaa…………….

Sebenarnya kemaren kenapa kita akhirnya positive mau dioperasi. Koq kita ya hehe. Maksutnya saya karena dokter bilang tumor maker saya naik sampai sekitar 84. Dia khawatir kalau dibiarkan akan menjadi cancer atau tumor. Siapa coba yang gak takut. Apalagi setelah saya ketemu dokter yang lain juga tetep disarankan yang sama. Ternyata setelah saya jelaskan dengan dokter yang di penang ini kenapa saya operasi, dia bilang “untuk tumor maker 84 itu masih rendah dan normal kalau kamu punya kista. Bahaya itu kalau tumor maker kamu sudah diatas angka 200. Kalau di angka 200an kita emang harus kasih perawatan lebih atau emang harus di operasi.” gimana dong itu dengernya? saya sama Matt cuman pandang-pandangan aja. Matt lebih kesel,  saya udah di status mewek dot com.

Biasanya setelah operasi baik itu laparoscopic atau yang lainnya (untuk kista ya) dokter akan memberikan suntikan sebanyak 6 kali selama 6 bulan (1 kali 1 bulan) untuk membuat kita gak mens. Setelah itu memang dianjurkan untuk hamil (kalau sukses ) atau mengikuti program baby dengan harapan selama 9 bulan gak akan mens dan juga sewaktu menyusui. Ini yang biasanya dokter-dokter sarankan dan gak saya dapatkan kemaren ditambah kita emang gak berencana punya bayi dalam waktu 1 tahun pertama menikah. Tuh…..buat bayi gak segampang buat kue loh hahaha.

Sekarang karena ovary saya hanya 1, dokter emang menyarankan untuk laparoscopic lagi supaya ovary saya tetep bersih dan satu-satunya jalan untuk memiliki bayi adalah dengan program bayi tabung. Dengernya langsung tiung-tiung haha. Saya tiung-tiung karena tetep aja ngerasa gak siap untuk mencoba semua itu, Matt tiung-tiung denger biaya puluhan ribu ringgit itu hahaha.

So far….kunjungan saya ke Penang kemaren cukup mengesankan. Dokter yang saya temui sabar banget. Gak pernah kita konsultasi sampai hampir 1 jam di ruangannya. Bisa ngobrol dari mulai rumah sakit sampai restoran India paling enak di Penang.

Next time…..jika ada kesempatan (gak ada kayaknya haha) kalau memang memiliki masalah kesehatan pergilah ke beberapa dokter yang random. Maksutnya Dokter Tua, dokter Muda, dokter di Indonesia atau kalau ada dana pergilah ke PEnang untuk mendapatkan solusi paling baik. Sungguh menyesal di belakang hari sangat tidak menyenangkan 🙂

 

 

 

Advertisements

127 comments

  1. Hai Non, aku tgl 22 rencana mau berangkat buat berobat ke Penang. Rencananya ke Lam Wah Ee. Udah 2 kali operasi pengangkatan kista endometriosis. Sekali di kuret. Sekarang ya kayak yg kamu bilang, kistanya seperti uban, ada lagi ada lagi. Terakhir ini dokter anjurin buat angkat rahim. Baca disini, lega juga bahwa I am not alone. Aku cuma pengen pol polin ikhtiar aja. Kalo emnag hasil akhirnya tetep harus angkat rahim, yaudah. Mau digimanain lagi. Tapi aku pengen tau, biaya operasinya itu berapa ya kira2?. Disini aku udah cek sekitar 50-60 jt. Itu pun belum termasuk biaya perawatan. Mudah2an aku bisa dapat info. Trims.

  2. Hai, mbak! Kenalkan saya Ayunda. Ayah saya pasien kanker & berencana berobat ke Penang. Untuk warga asing (WNI), mekanismenya bagaimana ya mbak? Makasih banyak sebelumnya.

  3. Salam Kenal Mba..
    Mau Tanya refrensi nama Dokter di Pulau Hospital untuk konsul endometriosis & kista siapa ya? Sy ada rencana check & konsul jg. Serial dtg bulan sakitnya luar biasa 😦

    Lebih Baik sy konsul ke Adventist Hospital a tau ke pulau Hospital?

    Tks a lot

  4. salam kenal admin, saya mau tambah infomasi kepada teman2 yang mau berobat di penang.

    Dokter di Penang memang berpengalaman dan pakar dalam bidangnya masing2,karena sebelum para dokter bekerja di RS swasta,para dokter harus wajib bekerja terlebih dahulu di RS pemerintah selama 5tahun untuk mendapatkan pengalaman.Jadi semua dokter di RS swasta sudah berpengalaman dan profesional karena kebanyakan para dokter lulusan dari luar negeri.
    Para dokter yang berprofesional dipenang tidak suka2 menangani kes penyakit yang bukan kepakaran mereka.Seperti dokter kanker mereka hanya menangani penyakit kanker saja.dokter jantung hanya menangani penyakit jantung saja,begitu juga dengan penyakit2 lain ditangani oleh dokter pakar masing2.
    jika anda perlu pertanyaan sebelum ke penang atau bantuan untuk segala urusan sewaktu dipenang,dari airport ke RS (seluruh RS dipenang) dan penginapan,serta jalan2,anda dapat menghubungi kami sepasang suami istri di Penang.

    ERIN +60164269114(istri orang indonesia) dan LEE +60164746757(suami orang penang)
    email leetkw@yahoo.com
    dengan begini anda dapat menghemat waktu dan segala urusan anda dapat berjalan dengan lancar dan teratur.

  5. Hai semuanya 🙂

    Untuk penginapan yang nyaman, bersih dan murah di depan RS Lam Wah Ee (apartemen Mewah Court), bisa hubungi kami aja. Kalau butuh informasi apa-apa, bisa juga.

    Adrian +6012-903 6135 [suami orang Penang]
    Meliana +6016-459 0494 (pin bbm 52D6DA33) [isteri orang Indonesia]

  6. […] Saya sendiri 2 tahun lalu juga sempat check up untuk kista setelah operasi di Surabaya. Hasilnya cukup mengejutkan karena dokter di Penang memberitahukan kalau indung telur saya sebenarnya tidak perlu dioperasi. Nasi sudah menjadi bubur hehe. Cerita lengkapnya bisa dibaca disini  dan disini. […]

  7. Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami….
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 – Indonesia.
    Phone : +6283 830028050
    Whatsapp : +6281 331777697
    Line : +6282 140262166
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

  8. Haloo semua,

    Telah dibuka Sunway Medical Centre rep Office Indonesia,

    Sunway Medical Centre , merupakan RS. swasta terbaik di Malaysia yang terakreditasi secara Internasional dari ACHS , berlokasi di Bandar Sunway Kuala Lumpur , memiliki 361 tempat tidur dan 170 klinik spesialisasi . Dari berbagai macam spesialisasi Sunmed memiliki 5 Spesialisasi unggulan diantara nya :
    1. Spesialisasi Tulang
    2. Spesialisasi Jantung
    3. Spesialisasi Syaraf dan Bedah Syaraf
    4. Spesialisasi Mata
    5. Spesialisasi Pencernaan

    Kini anda dapat mendapatkan informasi lebih melalui Kantor informasi Kami di Indonesia
    – Informasi rumah sakit , second opinion , estimasi biaya dan lama perawatan
    – Booking appointment
    – Pengaturan akomodasi dan transportasi dan lain lain

    silahkan mengubungi kantor kami:
    Jln. TB Simatupang 18C , Lantai 12
    Jakarta Selatan 12430, Indonesia
    Phone : 021-30497306
    Fax : 021-30497307
    HP : +628118161486
    Email : nugrahabr@sunway.com.my
    http://www.sunwaymedical.com

    semoga bisa membantu
    terimakasih

  9. Hi, Salam Kenal,
    saya dari kantor Perwakilan Island Hospital di Indonesia,
    (Kantor Perwakilan resmi Island Hospital Penang)

    Telp / WA: 0811657299 / 085296335566
    email : islandpg@hotmail.com

    Memberikan layanan informasi seperti:
    – tentang keluhan,
    – jadual libur dokter dan rumah sakit,
    – appointment dan pendaftaran
    – akomodasi

    anda juga boleh like facebook page kami ada informasi ter-update:

    #Perwakilan Island Hospital Penang#
    https://www.facebook.com/ptspringisland/

  10. Hi,

    salam kenal semua.

    Kami Perwakilan Resmi Island Hospital Penang
    (Kantor – Indonesia)

    Telp / WA: 0811657299 , 085296335566
    email: islandpg@hotmail.com

    Jasa Pelayanan:
    – Informasi kesehatan (keluhan & dokter)
    – Jadual dokter & jadual cuti rumah sakit
    – Appointment dan penfaftaran
    – Akomodasi & transport GRATIS dari Airport Penang – Island Hospital

    Like facebook kami terdapat informasi ter-update:
    “Perwakilan Island Hospital Penang”
    https://www.facebook.com/ptspringisland/

  11. Salam kenal mbak lintang. Mau tanya neh. Kemaren periksanya ke dokter apa dan di rumah sakit mana mbak? Terimakasih 😄

  12. Salam kenal mbak. Senang sekali baca pengalaman mbak berobat di Penang. Saya minta saran mbak,saya didiagnosa ada 3 kista kecil masing2 dibawah setngah centi dipayudara kiri
    Apakah lebih baik saya konsultasi dan berobat di Penang saja ya mbak? Mengingat berobat disini (jogja) hanya disarankan tdk perlu operasi krn masih kecil.dan hanya diberi obat penghilang rasa nyeri saja. Mohon saran ya mbak ke dokter dan RS Penang apa yg banyak menangani pasien dg tumor?
    Sebelumnya banyak terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s