Kista Coklat / Endometriosis


Kista coklat

Cara Mengobati Kista Tanpa Operasi

Buat yang ngikutin blog ini pasti agak-agak ngeh kalau saya pernah terkena kista dan di operasi di tahun 2012 kemaren.

Semenjak operasi dan pindah ke Medan, saya hampir gak pernah lagi check up karena gak tau siapa dokter yang ok di Medan sini. Trus bayangin mesti di ubek-ubek lagi jeroan saya,  koq rada gimana gitu ya.

Setelah operasi menurut dokter seharusnya saya udah gak ngerasain sakit lagi jika mens yang nyatanya sejak bulan pertama setelah operasi saya masih kesakitan. Sakitnya sih terkadang gak parah-parah banget tapi lebih sering bikin saya jungkir balik kesakitan. Pain killer udah lama banget jadi temen saya sejak setelah operasi itu.

2 hari kemaren sakitnya gak ketulungan. Sangking sakitnya bahkan mau jalan aja mesti bungkuk-bungkuk. Saya udah tambahin dosis pain killernya masih gak ngaruh. Pokoknya sakit banget deh. Hari senin saya bolos kantor karena masih kesakitan. Jadilah sore-sore Matt ngajak ke dokter. Berdua kita ke Colombia Hospital. Itupun semalaman saya tidur dengan hot sock yang diisi beras trus dimasukin ke microwave sampe panas trus dibuat ngompres perut sekitarnya.

Ternyata setelah di periksa , kistanya nongol lagi dong 🙂 . Memang dari yang saya baca-baca di jurnal,  kebanyakan walaupun udah di operasi entar kistanya tetep datang lagi. Pendek kata, seumur hidup akan bersama si kista atau endometriosis ini. Arghhh mau marah.

Penyakit kista coklat merupakan penyakit kista endometriosis. Penyakit ini merupakan penyakit yang bisa tumbuh pada permukaan ovarium. Namun penyakit kista coklat ini bukan hanya muncul di ovarium saja juga bisa muncul pada organ tubuh lainnya. Penyakit kista coklat ini menyerang pada bagian dalam ovarium dan bisa membentuk kantng yang isinya darah. Mengapa penyakit kista ini disebut penyakit kista coklat? Karena terdapat darah yang memerah kecokletan hingga warnanya gelap. Dan ukuran dari kista coklat ini adalah sebesar kacang dan bisa tumbuh menjadi lebih besar dari yang diperkirakan. Banyak gejala yang dirasakan dari penyakit kista coklat ini.

Nyebelin banget ya si kista ini. Pokoknya saya sebel banget karena sekarang tiap bulan jadi ketakutan sendiri menghadapi mens. Ngerasain nyerinya itu yang bikin males banget sebenarnya.

Temennya si Matt ada yang lebih gila lagi kena kista ini. Jadi selain di bagian reproduksinya ehh si kista nongol juga di paru-paru. Setiap kali dia mens, itu paru-paru berhenti bergerak. Artinya setiap bulan dia cuman bernafas dengan satu paru doang. Kurang ajar bener, kan ya, si kista ini? Kasus kayak gini sih gak banyak tapi buat yang menderita saya bisa bayangin kayak apa sakitnya.

Hasil periksa kemaren kista nongol lagi di Ovary kiri saya. Ukurannya masih kecil sih tapi bisa tambah gede yang artinya saya harus therapy lagi (minum obat selama satu tahun hiks) untuk memperlambat pertumbuhannya. Trus rahim saya rada bengkak gitu (Dokternya jelasin tapi sayanya kunang-kunang jadi gak jelas) sehingga menyebabkan tiap kali mens pasti saya ngerasa gak enak, ditambah ada infeksi kemaren itu. Saya udah curigaaaaaaa ama toilet kantor huhahahaha.

Jadilah setahun ini saya bakalan therapy hormon lagi. Kali ini gak pake suntikan yang biasanya 6 bulan, saya pilih minum obat aja selama setahun. Matt jadinya harap-harap cemas. Dia cemas kalau ada perubahan hormon kira-kira saya bakalan lebih gampang ngamuk-ngamuk atau kalem-kalem aja hehe. Udah 2 hari diminum sih saya tetep kesel kalo kejebak macet 🙂 .

Setiap kali saya ke dokter pasti deh saya tanyain, koq yah bisa kista/miom ini muncul? kayaknya belon ada yang bisa ngasih jawaban pasti. Dicari di jurnal-jurnal kesehatan juga belon jelas pasti apa penyebabnya. Ada yang bilang genetik atau juga life style. Untuk sementara ini kemungkinan besar saya balik lagi ke pola makan food combining untuk lebih sehat aja sih hehe. Abisnya daripada dokter A ngomong gak boleh makan ini dan itu, dokter B bilang boleh makan semuanya, dokter C bilang ini dan itu lagi. Arhhh kan jadi bingung 🙂

Untuk pengobatan alternative, entah kenapa saya antara percaya dan gak percaya. SEbelum operasi saya sempet dong nyobain minum ini itu tapi tetep aja tuh gak ilang-ilang. Ngeselin banget karena obat-obatan herbal juga gak murah loh huhu.

Saya tahu di Indonesia ini buanyak banget cewek-cewek yang punya penyakit sama dengan saya. Kista dan miom ini kayak momok karena banyak banget yang kena. Sedih banget kan ya 😦 . SEmoga kedepannya ada obatnya deh ya. Aminnnnn

Ada yang punya masalah yang sama? share dong 🙂

 

Advertisements

176 comments

  1. kak noni cepat sembuh yach..

    aku boleh share nga yach? aku juga mengidap kista tapi di payudara, setiap mau mens payudara rasanya bengkak dan nyilu. dulu juga kalau mens perutnya sakit nga ketulungan, bisa jungkir balik. dokter bilang sich hormonal secara belum menikah dan tidak punya anak. tapi satu hal yang aku percaya kalau penyakit itu bisa kita sembuhkan. caranya seperti apa? macam-macam kali yach, tiap orang treatment nya beda-beda. tapi aku pribadi sich jaga pola makan, olahraga sama jaga pikiran alias kontol stress. maaf yach kalau rada panjang. semoga bisa membantu.

  2. Haa? Kalau lagi menstruasi yang berfungsi cuma 1 paru? Astaga segitu jahatnya ya si kista ini 😥
    Kemaren temen deketku ada juga, ga hanya endometriosis tapi ada juga dia ada yg namanya adenomyosis juga. Itu kalau mens dia sampe terkapar ga keruan. udah sempet di’down’in mentalnya karena adenomyosis ini kalau sudah akut bisa disaranin untuk angkat rahim.. padahal dia blom punya anak juga 😦
    Dan 2 hal itu pula yang membuat dia hampir 9thn belum punya keturunan. Akhirya beberapa bulan lalu diangkat sama dokter di Sam Marie (dr.deradjat) yang besaran jaitannya kayaknya lebih besar dari jaitan sectio aku.. Setelah itu menurut dia udah ga terlalu sakit haidnya dan hopefully program baby nya dia juga lebih lancar.

    Semoga segera selesai dan tuntas ya si penyakit ngeselin ini.. Ikut mendoakan 🙂 Salam kenal yaaa…

  3. Non, so sorry to hear this. Mudah-mudahan segera sembuh dan kistanya nggak balik-balik lagi ya. Memang kista itu ada kecenderungan untuk balik ya ternyata? Temenku juga ada yang punya kista, dulu udah pernah dioperasi, terus muncul lagi. Tanteku juga dulu ada kista, cuma akhirnya dia minta diangkat aja rahimnya, biar nggak balik-balik lagi kistanya.

  4. hai mbak noni, saya punya tante yg terkena kista. awalnya dokter bilang harus operasi, tp tante saya kemudian disarankan untuk mengandung lagi spya pas kelahiran sekalian operasi angkat kista. ternyata pas melahirkan gak jadi operasi. tp kemudian, tante saya disarankan utk minum obat kb import dr malaysia, katanya obat kb ini dapat membersihkan kista. beneran deh, pas haid ada keluar sel sebesar telur puyuh. dan setelah dipeiksakan ke dokter, kata dokter kistanya tinggal sedkit lg & dianjurkan utk terus mengkonsumsi pil kb tsb. cuma informasi aja ya mbak, semoga bisa membantu :))

  5. Ka nono, bagaimana khabarnya? Kita senasib. Saya juga bingung harus apa lagi. Segala usaha hampir sudah dicoba. Cuman op sama subtik yg belum.

  6. Haii….aku juga punya kista coklat….dulu pernah terapi hormon 6 bulan gak had…abis tuh mengecil….terus berobat herbal mengecil…eeh Karna bandel sekarang jadi 9 cm lagi….tp masih berobaylt herbal siii….bulan INI masih sakit men’s nya…lumayan gak kaya bulan kemaren….sesama penderita kista aku paham banget gimana rasanya masa2 men’s …cuma bisa domain…semoga kita semua cepet sembuh Dan kistanya hilang…amin.

  7. Halo salam kenal..kebetulan beberapa bulan lalu saya juga ada kista di sebelah kanan dan kiri. Dokter malah tidak menyarankan untuk operasi. saya hanya disarankan untuk konsumsi rebusan daun sirsak sehari dua kali sama harus pola hidup sehat. Alhamdulillah kemarin pas USG lagi kistanya kanan kiri sudah hilang..

  8. Hai aku juga kena kista coklat. Maret 2015 kemaren baru operasi, dibagian ovarium kanan udah 4cm. Tapi sakitnya udah level sakit banget. Hihiii.. Sangat mengganggu aktivitas dan kayak ngganjel gitu rasanya, akhirnya aku minta operasi aja. Aku ga mau terapi hormonal, karena efek sampingnya macem2. Trus lagi aku blum nikah, jadi takutnya mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh aku. Sekarang kalo waktu mens alhamdulillah rasa sakitnya udah ga ada, cuma kadang bekas operasinya yg masih sengkring2 gitu. Kalo keinget kista ini jadi pengen nangis sendiri, makanya aku cari kesibukan sebanyak2nya biar ga keinget sama si kista. Hehehehe

  9. Halo mba noni , slaam kenal
    Aku juga kena kista mba dan di OP juga sdh 3 thn aku therapy kista endometriosis, aku juga sempat suntik tafros tapi suntikan nya bkin haid jdi 1 bln full . Hiks
    Tiap 1 bln skli aku cek dokter karena tkt tmbuh lagi . Trus kata dokter nya check up nya tiap 3 bln atau 6 bln skli aja mgkn krna ksringan ya .😅 6 bln yng llu kista nya muncul lagi sktr 4 cnti . Trus aku dikasih tau temen aku kata nya minum bawang dayak dari kalimantan..lumayan sih mengurangi rasa sakit saat haid trs haid kt lancar trus pas aku cek sdh ga ad sih alhamdulillah ..
    Aku juga takut mba ga bisa hamil tapi untung nya dokter ku dr awal OP aku sllu dikasih smgt dia bilang anak itu bukan pemberian saya tapi Tuhan ..

      • Online bisa mbak.. tp ga tau deh asli apa gak . Memang mbak noni daerah mana ?
        Kalo aku kmrn beli daerah palangkaraya mbak daerah kampung dayak kbtulan aku tinggal di banjarmasin. Kalo mbak noni mau bisa kok nanti aku kirimin cba dlu manjur gak..
        Murah kok mba di sni cmn 25 rbu satu bungkus nya .. byk sih yang sdh cba camer juga konsumsi heheh . Dijkt kata nya mahal sekitar 200 an . Jd sering dikirimin dari sini . Nanti aku bantuin hehe
        Mbak WA aja ya 0821.58021767

  10. Halo lam knl aku penyot ,istri saya kena kista ovari endeometris sdh 2 kli bhkan sdh oprasi 2x jg,aq pingin tau gmn cranya hilangin scra alami aja dan tlong kch tw obt alaminya apa,mksihh

  11. Salam kenal mb noni n smua nya…aku dilla d medan. Awal periksa kista endo udh 9cm, 9 bln brikutnya periksa lg d dokter yg beda ehh jd 12cm. Kista nya nutup rahim, makanya udh 2th lbh blm hmil jg 😦 udh nyobain bwg dayak kering, rebusan daun sirsak, kunyit putih tp kyk nya blm da hsil. Anehnya slama mens aq gk prnh ngerasain skit atwpun nyeri..aneh gk ya ?? Ni lg terapy jus buah n sayur…dan mulai cb vegetarian (pelan2…wl pun kdg mkn ikan n telur) hehee…doain ya bunda2 n mb2..smoga kita smua cpet smbuh..

  12. Makasi sharingnya. Saat ini sy msh shock krn smalem ke dokter kistanya sdh tumbuh lg 3 cm pdhl baru 10 bulan yll laparoscopy buang kista di ovarium kiri dan kanan. Pantes 2 bulan ini haid sy sakit lagi. Dokter saranin laparoscopy lg, sy msh ragu. Smentara sy dikasi obat dl utk1 bln utk menekan hormon estrogennya. Tp sy takut kondisi semakin parah..gmn yaa…

  13. Hallo salam kenal smua, aku juga kena kista nih , kistaku 2 kiri dan kanan , dokter saranin untuk operasi, aku masi ragu, klo operasi masi bisa punya anak gk y? U minum rebusan daun sirsak , jus tomat, kira ” obat herbal apalagi yg hrs ku coba. Supaya kistanya hilang tnp operasi ya

  14. Salam kenal smua.aq juga kena kista coklat tiap haid selalu terkapar di tempat tdur wlo sdh lo tp tetep sj sakitny gak ilang.uda coba minum daun sirsak tp gak ngefek.aq nikah uda 7th lbh dan blum dikasih anak.uda coba herbal pun tetep aja kista nya gak mau pergi.sakitnya tuch yg gak nahan klo haid.yg bisa sembuh dari kista bagi info nya dong

  15. Hii mbak thank u bgt buat sharingannya. Btw aku msh umur 23 thn blm menikah, dan hampir gapernah pacaran. Pertama tau aku kena kista lumayan shock mba sampe berbulan2. Dokter bilang gausah dibawa stres karna ngaruh bgt sama daya tahan tubuh, tp ya gamungkin kalo ga kpikiran, kista aku udah lumayan gede ada 2 yg kanan +/- sekitar 10 cm yg kiri 4 cm. Kata dokter kalo belum menikah lebih baik jgm di op dlu, aku baru coba2 obat herbal rebusan daun gt. Lumayan enteng sih mba udahannya, cuma aku gapernah berani usg lg. Aku cuma mau minta pendapat lebih baik di op / nggak ?

  16. Coba terapi herbalnya KK sma pkai pantyliner Natesh dan pembalut Natesh saat Mens..
    Obat yg d konsumsi dr dalam Jg ada..
    Itu sudah bnyk terbukti untuk penyakit apapun.. Cb browsing y say..
    Aq skrg jg terapi itu..
    Aq udh pnh oprsi kista pecah dan skrg tmbuh lgi..
    Aq terapi pux KK n kotoran pda mulai kluar say..
    Gws yaa..

  17. Aku juga kena kista ini.. Berharap nemu keajaiban.. Bs sembuh tanpa operasi.. Karena setahun lalu udah operasi miom juga…
    Rasanya sedih… Pengen nangis… Setelah miom berlalu.. Ganti sodaranya kista coklat…
    Mba gimana.. Apakah sudah sembuh.. Sy doakan semua wanita pengidap kista atau sodaranya bisa sembuh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s