Kista Coklat / Endometriosis


Kista coklat

Cara Mengobati Kista Tanpa Operasi

Buat yang ngikutin blog ini pasti agak-agak ngeh kalau saya pernah terkena kista dan di operasi di tahun 2012 kemaren.

Semenjak operasi dan pindah ke Medan, saya hampir gak pernah lagi check up karena gak tau siapa dokter yang ok di Medan sini. Trus bayangin mesti di ubek-ubek lagi jeroan saya, Β koq rada gimana gitu ya.

Setelah operasi menurut dokter seharusnya saya udah gak ngerasain sakit lagi jika mens yang nyatanya sejak bulan pertama setelah operasi saya masih kesakitan. Sakitnya sih terkadang gak parah-parah banget tapi lebih sering bikin saya jungkir balik kesakitan. Pain killer udah lama banget jadi temen saya sejak setelah operasi itu.

2 hari kemaren sakitnya gak ketulungan. Sangking sakitnya bahkan mau jalan aja mesti bungkuk-bungkuk. Saya udah tambahin dosis pain killernya masih gak ngaruh. Pokoknya sakit banget deh. Hari senin saya bolos kantor karena masih kesakitan. Jadilah sore-sore Matt ngajak ke dokter. Berdua kita ke Colombia Hospital. Itupun semalaman saya tidur dengan hot sock yang diisi beras trus dimasukin ke microwave sampe panas trus dibuat ngompres perut sekitarnya.

Ternyata setelah di periksa , kistanya nongol lagi dong πŸ™‚ . Memang dari yang saya baca-baca di jurnal, Β kebanyakan walaupun udah di operasi entar kistanya tetep datang lagi. Pendek kata, seumur hidup akan bersama si kista atau endometriosis ini. Arghhh mau marah.

Penyakit kista coklat merupakan penyakit kista endometriosis.Β Penyakit ini merupakan penyakit yang bisa tumbuh pada permukaan ovarium. Namun penyakit kista coklat ini bukan hanya muncul di ovarium saja juga bisa muncul pada organ tubuh lainnya. Penyakit kista coklat ini menyerang pada bagian dalam ovarium dan bisa membentuk kantng yang isinya darah. Mengapa penyakit kista ini disebut penyakit kista coklat? Karena terdapat darah yang memerah kecokletan hingga warnanya gelap. Dan ukuran dari kista coklat ini adalah sebesar kacang dan bisa tumbuh menjadi lebih besar dari yang diperkirakan. Banyak gejala yang dirasakan dari penyakit kista coklat ini.

Nyebelin banget ya si kista ini. Pokoknya saya sebel banget karena sekarang tiap bulan jadi ketakutan sendiri menghadapi mens. Ngerasain nyerinya itu yang bikin males banget sebenarnya.

Temennya si Matt ada yang lebih gila lagi kena kista ini. Jadi selain di bagian reproduksinya ehh si kista nongol juga di paru-paru. Setiap kali dia mens, itu paru-paru berhenti bergerak. Artinya setiap bulan dia cuman bernafas dengan satu paru doang. Kurang ajar bener, kan ya, si kista ini? Kasus kayak gini sih gak banyak tapi buat yang menderita saya bisa bayangin kayak apa sakitnya.

Hasil periksa kemaren kista nongol lagi di Ovary kiri saya. Ukurannya masih kecil sih tapi bisa tambah gede yang artinya saya harus therapy lagi (minum obat selama satu tahun hiks) untuk memperlambat pertumbuhannya. Trus rahim saya rada bengkak gitu (Dokternya jelasin tapi sayanya kunang-kunang jadi gak jelas) sehingga menyebabkan tiap kali mens pasti saya ngerasa gak enak, ditambah ada infeksi kemaren itu. Saya udah curigaaaaaaa ama toilet kantor huhahahaha.

Jadilah setahun ini saya bakalan therapy hormon lagi. Kali ini gak pake suntikan yang biasanya 6 bulan, saya pilih minum obat aja selama setahun. Matt jadinya harap-harap cemas. Dia cemas kalau ada perubahan hormon kira-kira saya bakalan lebih gampang ngamuk-ngamuk atau kalem-kalem aja hehe. Udah 2 hari diminum sih saya tetep kesel kalo kejebak macet πŸ™‚ .

Setiap kali saya ke dokter pasti deh saya tanyain, koq yah bisa kista/miom ini muncul? kayaknya belon ada yang bisa ngasih jawaban pasti. Dicari di jurnal-jurnal kesehatan juga belon jelas pasti apa penyebabnya. Ada yang bilang genetik atau juga life style. Untuk sementara ini kemungkinan besar saya balik lagi ke pola makan food combining untuk lebih sehat aja sih hehe. Abisnya daripada dokter A ngomong gak boleh makan ini dan itu, dokter B bilang boleh makan semuanya, dokter C bilang ini dan itu lagi. Arhhh kan jadi bingung πŸ™‚

Untuk pengobatan alternative, entah kenapa saya antara percaya dan gak percaya. SEbelum operasi saya sempet dong nyobain minum ini itu tapi tetep aja tuh gak ilang-ilang. Ngeselin banget karena obat-obatan herbal juga gak murah loh huhu.

Saya tahu di Indonesia ini buanyak banget cewek-cewek yang punya penyakit sama dengan saya. Kista dan miom ini kayak momok karena banyak banget yang kena. Sedih banget kan ya 😦 . SEmoga kedepannya ada obatnya deh ya. Aminnnnn

Ada yang punya masalah yang sama? share dong πŸ™‚

 

186 comments

      • Hai non…kamu temennya ika ginting ya? Aku kakaknya ika. Pengen share jg ni. Aku jg pernah kena kista endometriosi, udah di operasi tahun 2008. Tp udah lama ga check up lagi. Dulu saya operasi di penang. Kata dokternya sih bisa tumbuh lagi karena pengaruh hormon kita. Trus dl dokternya bilang kalo kena kista endometriosis kita jd susah untuk punya anak. Aku jg skrg kalo haid masih sakit, sakitnya dari ujung kaki sampe ke pinggang. Makanya tiap bulan kalo mau haid udah stres duluan. Kalo kamu mau coba aja check up ke penang, di rs glen eagles. Sama Dr. Suresh Kumarasammy. Dokternya baik banget, enak diajak ngomong. Ditanya apapun pasti dia jawab dgn jelas. Soalnya aku dl takut berobat di medan, takut salah diagnosa. Makanya aku milih berobat ke penang. Dl aku berobat sama dr. Suresh itu. Habis operasi aku 1 tahun gak haid krn suntik hormon. Stlh itu haid ku gak terlalu sakit tp itu gak lama paling juga 6 blnan setelah itu sakit lg deh.

  1. waaaah… mba nonii..
    ini sama juga kaya miom ga mba? aku juga soale πŸ˜‰
    trus..trus.. kata dokternya apa ga dioperasi aja mumpung msh kecil, atau piye? ngeri ih kalo baca2 soal kista dan miom 😦

    big hug, mbaaa

    • kalau masih kecil gak usah aja hehe. AKu sih dulu pas masih kecil cuek gitu ehh tambah gede jadinya. Skr yang masih kecil ini kita mau therapy pake hormon2 gitu deh, supaya pertumbuhannya gak cepat. Mudah2an aja bisa kerja. Paling bener juga sih ganti life style πŸ™‚
      semoga kamu juga sehat2 aja ya Eda

  2. Hai mba, salam kenal. Aku silent reader selama ini. Hehe. Aku pun kista, namun belum berani dioperasi. Alasan utama sih karena takut, trus temenku juga ada yang kista, udah diangkat kistanya. Eh itu kista tumbuh lagi. Ada juga sih yang bilang setelah operasi kista baiknya menghindari kedelai2an (tempe, tahu, dan susu kedelai), lemak – lemak seperti lemak ayam, lemak sapi, bakso jadi tuh kista ga nongol lagi πŸ˜€ Mmm aku sih masih agak berat untuk berhenti makan itu semua. Lol. Anyway semoga tetap sehat dan semangat ya mba πŸ™‚

    • emang iya sih walo udah di OP tetep nongol lagi. Ini kasus di aku dan temenku juga. Coba deh kamu ganti pola makan hahha. aku juga mau ganti nih. Mudah2an aja bisa tambah kecil ya.
      coba juga rajin2 kontrol, ada beberapa jenis kista yang bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan

      • Ganti pola makan? Mmm mau sih (baru sebatas mau) hehe. Amiiin. Ngomong2 rajin kontrol, aku sempet pergi ke Sinse (alternatif) trus pas cek ke dokter eh kistanya mengecil tuh πŸ˜€ Dan yang menyenangkan, aku cuma satu periode doang (kurang lebih sebulan) minum obat herbal, dan sisanya di terapi totok.. Tapi pointnya menurut sinse sendiri dan dokter. Emang bener – bener harus ubah pola makan. Dan ini yang susah, Say NO To JUNKFOOD Hikssss…Semoga kita semakin sehat

  3. mbk noni, mau minum jamu ga? ini jamu ibuku bikin sendiri.. teman kakakku yg punya kista juga pernah minum, katanya hasil kontrol terakhir kistanya udah ilang..kalo mbk noni mau, nanti aq tanyain ibuku, kalo masih ada stok, nanti aq kirim in ke mbk noni…

  4. pas masa awal2 program hamil aku sempet divonis endometriosis ini. heboh deh… tapi terus periksa ke dokter laen, eh dokter yg itu aja sih ndableg. ternyata gada katanya…

    terus 2 tahun lalu sempat program lagi, cukup intens, dan ada kista di rahim kiri, kecil sih kata dokternya. aku periksa lagi ke dokter lain dan memang ada. terus tetep program aja sih karena belom perlu operasi katanya dan kalo mens juga gak sakit. program 6 bulan… kistanya ilaaang dooong… tapi tetep gak hamil… terakhir periksa awal tahun ini, Alhamdulillah kistanya gada, gatau ngumpet di mana-mana, moga2 lagi travelling aja…

    cepet sembuh yah Mbak Noniii… aku belom pernah sakit banget kalo mens, tapi suka liat temen yg kesakitan sampe pingsan, kesian banget :(((

    • iya si kista ini ada yang model ilang2 timbul gitu. Temen aku beberapa di vonis punya kista ehh pas cek lagi 3 bulan, kistanya ilang. Pokoknya ngeselin deh. moga2 aja kamu gpp juga ya πŸ™‚ nyebelin kan ya kalo ada penyakit

  5. Mbak Noniiiii…. Mewek langsung aku baca postingan ini, Mbak eeee.. πŸ˜₯
    Cepet sembuh Mbak ku, semoga kistanya bisa hilang selamanya. Amiiiin..

    Ibu (tante) ku yang 3x operasi kista akhirnya ditanganin sama Dr.Fauzi, Mbak. Itupun mesti ngedatengin berkali-kali saking banyaknya pasien dia yang minta operasiin.. Mbak mau? Ya terakhirnya rahim ibu diangkat karena kistanya uda menjalar ke sekeliling rahim trus anehnya sampe ke bagian punggung dalam, apa ya nama bagiannya aku kurang tau..

    Jaga pola makan memang penting banget ya Mbak, aku jadi mau ikutan belajar fc deh

    • lah, kenapa mewek hahaha
      aku sih kayaknya agak males ya kalo di OP lagi beb, masih kebayang sakitnya hehe.
      kayaknya aku ikut therapy ini dulu deh sekalian FC lagi

      • Ya sedih aja.. Kista itu kan penyakit.. Malesin kan kalo numbuh lagi numbuh lagi..
        Apalagi kalo sampe berkali-kali dioperasi..

        Tapi Mbak Non, bude ku ada kista bisa hilang akhirnya. Kalo dulu sih ngga ngerti FC itu apa, tapi dia jaga pola makaaan banget. Sampe sekarang mana mau tuh makan ayam selain ayam kampung, indomie, msg atau vetsin.. In Shaa Allah Mbak juga bisa sembuh. Amiiin.. Ganbare, Mbak! πŸ˜€

  6. mbak noni, same here..
    aku dr SMP sampe skrg udah lahiran SC setiap dapet kayak orang gila kesakitannya. ampun2an.
    bahkan sampe pas SMA ibuku nekat bawa ke RS, tentunya dengan aku yang masih pake baju SMA, karena dokternya praktek pas banget aku jam istirahat. di tes macem-macem, dipakein obat KB yang bikin naik 10 kg dalem sebulan, gak ngaruh. sampe pindah 4 RS, dan berakhir di RSCM pake usg transvaginal yag dmn dulu aku masih gadis jd masukkin lewat (maap) anus. suakitnya bukan main…dan ternyata, ada endometriosis tapi kayak selaput doang gitu. tp kata dokter ini gak ngaruh ke mens, yang ngaruh malah selaput daraku yang katanya agak tebal dibanding yang seharusnya. jd itu yang bikin kontraksi gila2an karena harus ngeluarin si luruhan dinding rahim…
    yang nyebelin pas sc kmrn dibelek khan ya perutku, dokternya jg ngeliat, dan ngomong “ibu punya endometriosis ya”. aku bahkan lupa kalo dokternya gak ngomong begitu (secara udah 9 bulanan lebih gak mens juga). pas aku bilang ambil aja, katanya “gak begitu bahaya kok bu”. padahal sc jg gak murah yes, kalo dipikir itu harganya udah beda buat ngambil endometriosis doang. soalnya takut mbak noni gini, awal2 kecil, taunya membesar.

    bapakku jg ada kista loh mbak, di ginjal tapi..makanya kena prostat 😦

    • kamu sampe minum obat KB juga ya? temen aku juga ada tuh yg kayak gitu biar gak kesakitan doang sih. Skr dia lagi suntik tapros karena mau program bayi tabung. Aku emang belon nyoba hhehee. Sekali ini kayaknya therapy buat setaon, biar kistanya gak tambah gede. Ahh moga2 kita tambah sehat ya. serem aku bayangin sakit huhu

      • mbak aku nulis komen aja udh males kebayang sakitnya 😦 😦
        aku minum pil kb bahkan pas SMA mbak, soalnya ibuku hamil aku setelah 7 tahun nikah, mungkin dia takut aku knp2 kali ya.

        smenjak melahirkan haidku gak lancar, 2 bulan sekali haidnya skrg. dan sekalinya haid rasanya pengen mencak-mencak mbak. i feel you… semoga kita2, perempuan2 tangguh ini terus diberi kesehatan ya mbaak..ayo rajin minum obatnya :’)

  7. Semoga cepat sembuh ya mba Noni πŸ™‚
    Coba periksa ke beberapa dokter deh mba, soalnya diagnosanya bisa beda2.
    Tapi di tiap tubuh wanita emang ada deh, cuma ada tidak membesar, dan ada yang membesar 😦

    • kayaknya sih bakalan ganti dokter juga sih, buat second opinion tapi aku emang punya history kista jadi emang gak kaget juga hehe.
      makasih yaaaa πŸ™‚

  8. Salam kenal mbak Noni πŸ˜‰ terdampar disini pas blog walking.
    Mau share soal si kista ini. Menurut dokterku, selama kita masih dapat haid maka tetap ada kemungkinan tumbuh lagi, tapi perkembangannya tergantung pola/kualitas hidup pasien (pola makan, stress, etc). Aku tau kalo punya kista justru setelah menikah, kanan-kiri. Selama ini nggak pernah ada masalah kalo haid seperti rasa kesakitan yg mbak alami. makanya nggak ngeh kalo punya kista. Setelah di-diagnosa kista itu dokter kasi waktu aku 3 bulan untuk program hamil, kalo masih belum harus dioperasi. Alhamdulillah berhasil hamil, dan janinnya tumbuh bareng kista yg juga ikut membesar. Pas lahiran harus caesar karena sekalian mau angkat kistanya. Tapi ternyata kondisi ovary yg kanan udah rusak, jadi kista+ovary nya diangkat sekalian. Sementara ovary yang kiri masih bisa dipertahankan setelah kistanya diangkat. Jadi sekarang aku cuma punya 1 ovary aja. Alhamdulillah lagi, ternyata dengan ovary yg tinggal 1 itu Allah ngasi rejeki anak kedua.
    Jadi sekarang emang harus rutin kontrol buat monitor ada yg tumbuh lagi nggak, plus jaga makan!!!
    Semangat mbak…kalo Allah berkehendak gak ada yang nggak mungkin πŸ˜‰

    • kayaknya aku juga stress sih, jadi yah gitu akhirnya malah gak sembuh2. belon lagi kalau makan suka gak bener, alias suka2 huhu.
      alhamdullilah ya, kamu sehat2 dan bisa punya anak juga. semoga deh aku bisa sehat2 dan gak sakit pas mens itu. asli nyiksa banget

  9. Halo Non, udah lama tak bersuoo hihihi. Tentang endometriosis, kalau menurut dokterku emang bisa timbul lagi, krn kita haid stp bulan, memang belum ada penjelasan penyebab pastinya, tapi kemungkinan karena hormon yg tidak seimbang, untuk itu harus jaga dengan pola makan sehat dan olahraga teratur. Tahun lalu aku laparascopy, moga2 gak nongol lagi. Mari hidup sehat! Semangat Nonikkk! πŸ˜€

  10. Mba, aku kalau urusan perut bagian bawah, suka ngilu :(( Setahun theraphy mba ? aku aja minum obat selama 6 bulan sudah bosan ini lagi harus theraphy :(( hiksss …
    Mba noni semoga cempat sembuh yaaaa πŸ™‚

  11. Non, semoga bisa diatasin ya masalahnya. Kalau emang harus hidup dengan kista, moga2 nggak bikin sakit sampe kaya gitu lagi 😦

    Aku dulu waktu pap smear yang 5 tahun lalu dibilang ada kista, tapi ternyata setelah di USG false alarm. Temen aku yang lagi di Jakarta sekarang juga ada, dan dia kesakitan kaya kamu non, kayaknya dokter2 Jakarta juga ga bisa ngasi saran selain cepet2 (segera nikah) punya anak. 😦

  12. Hampir sama kayak temen ku, tapi dia kuat nahan sakit sampai akhir nya periksa dan kista nya dah sekepala bayi dan mesti diangkat saat itu juga. Tapi parah nya kena ke rahim kalo ngak salah jadi mesti angkat rahim juga, untung nya udah punya 2 anak 😦

  13. Noniiii… sabar ya saaayyy…! Semoga bulan depan nggak sakit lagi bulanannnya. *eh ini mungkin nggak sih?* hihihi…
    Ah, kalo soal ngambek dan marah2 di jalan macet bukan cuman kamu doang kali, darling… πŸ˜€

  14. yaah noni, kok ada lagi ya? cepet sembuh darling, smoga bisa ilang n ga balik2 lagi si kistanya
    padahal kayaknya kamu pola makannya ga amburadul bgt ya kayaknya, iya ga sih?

  15. Semangaaat.. Semoga kista nurut, nggak tambah besar, gak bandel lagi. Aku dulu pernah USG bbrp kali karena aku selalu telat Haid. Ternyata ada kista. Abis itu periksa lg mengecil. Terus sekarang entah dia berada dimana. Belum periksa lagi. Moga2 dia anteng. Kalau haid aku kadang saki, tp lbh sering nggaknya. Moga2 nggak papa deh. Amiiiiiiiiiin

  16. Mba Noni, aku juga punya miom 3 buah di rahim. Waktu kemarin hamil sempet deg-degan takutnya miom membuat janin tidak berkembang. Tapi Alhamdulillah miom nya agak mengecil dan bayiku sehat wal afiat. Tetap semangat mba Noni. Semoga bisa diterapi sehingga kista mba noni tidak semakin parah.

  17. Hiks, sedih bacanya 😦
    cepet sembuh ya mba Noniiii.. Rajin2 kontrol ke dokter, siapa tau bisa cepet sembuh (ngaruh gak sih?)

  18. *Gemeteran baca postingan ini*

    Semoga segera sembuh dan Kista yang ini bisa diatasi tanpa operasi ya Non #Hugs

  19. *hugs* duh kebayang deh non, secara aku juga kan tiap mens udah ga karuan 😦
    Aku sampe sekarang di periksa ga ada endometriosis tapi tetep sakit banget. Kata dokternya sih mungkin belom keliatan aja karena kecil banget. Buset dah kecil aja udah gitu sakitnya gimana kalo gede ya πŸ˜₯
    Anyway, berobat lagi, FC lagi, dan berdoa ya Non, semoga nanti di beri kesembuhan *hugs*

  20. ouch. get well soon!
    dulu aku juga deg-degan nih soal ini, karena tiap bualn selalu dysmenorrhea. puji Tuhan setelah USG semua normal, jadi diberi resep bulanan aja.

  21. halo mba nonik, aku biasanya silent reader tp setia ngunjungi blog mba tempat bahan bacaan yg asik πŸ™‚ btw turut bersedih ya mba nonik, semoga diberikan yg terbaik. aku punya temen kantor yg kena kista juga ketauannya pas hamil kedua, ga besar tapi lumyan sih, dan sampe mw lahiran tetap ada. setelah lahiran (normal) kistanya ikut menghilang. katanya sih mba benar selain faktor gen adalah life style terutama makanan, dijaga aja mba makanannya, hindari junk food. hehe. semoga cepat sembuh ya πŸ™‚

  22. waaa kista ini sama kaya miom kak non? dulu aku pernah sampe masuk rumah sakit gara2 perutnya sakit banget pas dapet, abis diperiksa malah ketauan ada miom ini, tapi cuma kecil banget. sempet dikasih obat, dan dokternya bilang harus kontrol lagi beberapa bulan kemudian, tapi aku gak pernah kontrol lagi soalnya udah gak sakit2 banget gitu kalau dapet hahaha.. tapi ya aku gatau skrg masih ada apa engga itu miom, paling susah emang jaga pola makan sih kak non… semoga kistanya bisa diatasi ya kak noniii πŸ™‚

    • beda jaringan kayaknya Re. Coba aja kalau ada waktu di kontrol Re, moga2 hilang sih. soalnya kan kalo tambah gede takutnya bahaya. Amit2 sih yaaa.
      iya aku harus ganti pola makan dan hidup ni heheh

  23. Kamuuuu!!! Bandel deh! Ada yang bilang kista itu bisa tumbuh lagi karena pola makan yang kurang sehat Non, dulu mantan mertua punya kista gt, belom sampe oprasi ilang karena dy minum jamu. Jamunya waktu itu cuma ada di kaltim sih, coba deh kamu minum itu juga, namanya jamu bawang tiwai ….
    Semoga kistanya gak betah lama- lama di kamu yah Non, smoga cepat sembuh. hugs!!

    • padahal aku ikut FC loh Cha hahaha. emang sih 4 bulanan ini gak ngikut lagi tapi tetep aja aku gak minum kopi, teh, semua produk turunan susu dll. Kalau bisa makan sayur doang. tapi emang dasarnya mau nongol lagi kayaknya huhuhu.

      btw…….yang bawang itu aku liat2 nih, apa bisa pake yang pil aja ya?

  24. Noni, semoga terapinya berhasil dan kistanya menghilang ya. Semenjak kawin mules-mulesku kalau mens jadi berkurang, tapi biasanya kalau sakit juga gak parah-parah banget sih.

    Btw, soal toilet di kantor, aku biasanya nggak duduk di toilet umum, bahaya sih, tapi suka geli, apalagi kalau toiletnya becek.

    • koq bisa yaa Ai tapi bagus juga sih kalau beneran hilang hehehe. Aku sempet sih abis operasi itu 2 bulan gak sakit tapi setelah itu haduhhhhh amit2. Hari ini aku lupa bawa obatnya, seharian rasanya dunia muter2 sama pengen muntah. Sore tadi dikasih pain killer dari klinik di kantor tapi yah gak ngilangin cuman ngurangin doang 😦

      toilet umum itu sarang penyakit banget deh. Si Matt bilang kayaknya aku harus beli yang kayak tissue untuk toilet itu loh Ai cuman masalahnya kan nambah2in sampah platik/kertas huhu

  25. Semangat kak Noni, semoga kistanya sakti jadi punya kemampuan menghilang ya.. πŸ™‚

    Oiya, itu di gambarnya kok tulisannya “cancer” ya kak? Sama kah antara cancer sama kista?

    • kista bisa jadi cancer kayaknya HIcna. Yang taon lalu aku operasi itu gara2 tumor maker aku naik, jadi khawtir jadi cancer/tumor kata dokternya makanya di operasi

  26. Obatnya kista tuh katanya hamil, Non hihihi πŸ˜€ Karena setiap kita menstruasi, akan merangsang si kista buat aktif lagi. Dulu setelah laparoskopi aku sempet disuntik tapros, semacam obat KB, jadi selama beberapa bulan gak mens untuk mematikan sisa2 jaringan yang mungkin masih ada.
    Tapi polusi, gaya hidup yang tidak sehat, dan radikal bebas yang berkeliaran tetep saja bisa memicu si kista buat muncul lagi. Harus banyak makan sayur dan buah yang mengadung antioksidan deh. GWS ya Noniiii πŸ˜€ πŸ˜€

    • katanya sih gitu haha. Tapi aku gak tau deh bisa hamil apa enggak πŸ™‚
      aku sekarang itu mengkonsumsi pil sejenis tapros untuk mengontrol hormon jadi kistanya diperlambat pertumbuhannya. Yah mudah2an bisa sih ya, paling gak aku gak pengen kesakitan lagi pas mens.

  27. i’ve been there mbak non (eh,,apa skrg kistaku masih ya?blom cek lagi)
    aku pun sama. kalau mens itu rasanya ampun. sampe setiap bulan ada temenku yang langganan nganterin aku pulang kalau lagi mens karena mana tahan dengan sakitnya (selain itu malu karena aku kalau sakit sampe kayak mau pingsan gitu)

    aku punya dua di kanan dan kiri. waktu itu kata dokter obatnya hamil atau ga dilaparoskopi. tapi dilaparoskopipun ditakutkan itu kista nempel ke indung telur. lah kalau dua2nya diangkat, mau punya anak darimana? akhirnya aku cuma minum rebusan daun sirsak. rutin. hampir setahunan aku minum. terus hamil.

    saat hamil, kistanya nambah jadi 3. terus di bulan ketiga, kistanya kepuntir aja gitu yang menyebabkan tiap jalan berasa ada kayu yang menancap di perut. kata dokter, waktu hamil 4 bulan operasi tapi ada kemungkinan anakku keguguran. jadi aku lebih baik menahan sakit daripada harus menggugurkan anakku (dapetnya aja susah. hihi..)

    hamil tambah gede, udah ga sakit lagi. ga tau deh apa karena kistanya kejepit atau gimana. sekarang setelah melahirkan, mens masih sakit tapi ga sesakit dulu. paling kram di kaki aja yang mengganggu dan mensnya lancar banget. ga kayak dulu yang dikit-dikit keluarnya.

    tetep semangat ya mbak noni. semoga kistanya bisa segera sembuh. at least jangan sampe tambah gede.

    • huaaa alhamdullilah kamu sehat2 aja ya. Aku bacanya aja udah merinding, gak kebayang kalo ngerasain kepuntir.
      aku gak makan apa2 lagi sih sekarang. Cuman obat untuk therapy ama vitamin dan kemaren dikirimin jamu ama temen. mudah2an beneran bisa hilang deh

  28. Noni kista coklat ini emang ngeselin banget ya. Suka-suka hati dia aja kapan mau kambuh. Aku jg jadi was2 sekarang karna belom sempet check up lagi. Km kemarin abis operasi ada suntik tapros ga non? Suntik itu kayaknya lumayan ampuh untuk memperlambat proses tumbuhnya kista. Walaupun hormon jadi naik turun gila-gilaan tapi setidaknya ga terlalu cepat kambuhnya. Dan mudah2an bisa ga kambuh lagi.
    Konon emang kista ini banyak yang bilang dipengaruhi sama gaya hidup, stress, kecapean, begadang, dll. Pokoknya yg ga sehat2 itu bikin kista ini cepet kambuhnya. Semangat terus ya Nonii.. Semoga cepet sembuh ya sayang πŸ™‚

    • aku gak suntik tapros sih tapi ini lagi therapy dengan pil yang mirip2 tapros gitu selama 1 tahun.aku mau perbaikin polan hidup aku deh Mar, banyak yang gak bener nih makan2nya

      • Iya non, aku rasa memang yg paling berpengaruh sm penyakit ini tuh pola hidup dan tingkat stres kt pastinya. Dulu aku ke 3 dokter semuanya kasi saran spy aku jgn trlalu banyak pikiran/stress karna memang itu jg pemicu terbesar penyakit ini. Km jgn stres2 yaa darling, get well soon noni :*

  29. Mbak Non, komenku kemarin koq ilang ya? 😦 keknya gara2 komen via hape yg suka error nih… btw, ada temanku yang sama seperti mbak. sudah pernah operasi kista tapi kistanya muncul lagi. kista bisa muncul lagi (selain karena alasan yg mbak tulis diatas) juga bisa karena beban pikiran entah itu akibat stres yang berlebihan atau takut berlebihan.

    I hope everything’s gonna be alright with you mbak.

  30. Noni hugs.. Non mau coba minum collagen pmc utk rasa sakit haidnya. Temenku yg biasanya sampe mo pingsan2gt setelah minum pmc jadi hilang sakitnya. Aku jg minum &nyeri2 haid beneran hilang &ga lemes lg.. apalagi bisadioles kemuka, multi fungsi hehe.. Bukan promosi sih,just sharing aja coba google dulu aja atau search di ig. Khasiatnya utk detoks semacam memperbaiki fungsi tubuh . Semoga membaik ya non.. Inshaa Allah

  31. Non, aku telat baca ini, wah baru tahu tentang kista,,itu gejala awalnya apa sih Non, cuma sakit saat mens? kalau alternative waktu mslh wasirku kmrin juga pernah sempat mau coba..ihhhh mahal ternyata .. dan sy jg antara percaya dan tidak.. skrg sih alhamdulilah sudah normal .. habis OP kmrin.. semoga kamu jg segera di sembuhkan ya…………

  32. Noniii sabar ya sayang. Pasti km bisa survive n sembuh dari si kista ini. Klo mens gitu ambil cuti aja non jadi bisa bedrest dirumah . Kan dapat kan ya cuti khusus menstruasi. Aku dulu selalu gitu either hari pertama or kedua. Obat jangan lupa minum n harus teratur yaaa πŸ™‚

    Peluukkkk !!! πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s