Why George Town Penang?


photo 1 (14)

Bosen gak sih beberapa hari saya nulis serius melulu. Kali ini seperti trip saya kemaren yang sebenarnya buat check up tapi juga diselingin jalan-jalan. Ini kali ke 5 saya ke Penang. Untuk orang Medan, jalan-jalan ke Penang lebih murah dan tentu saja lebih gampang dibandingkan pergi ke pulau Jawa. Paling gak kalau ke Penang hanya 30 menit naik pesawat udah nyampe hehe.

Penang dan Kota Medan kalau menurut saya mirip. Beberapa kuliner lumayan mirip, bangunan kota juga mirip-mirip, panasnya 11-12 tapi biar dikata mirip, perbedaanya jauhhh banget. Di Penang gak ada mati lampu seperti di Medan, gak ada suara klakson yang bikin jantung pengen copot karena kaget, gak ada macet yang gak jelas walo sekali macet berkilo-kilo meter.

Yang bikin saya seneng di Penang ini adalah daerah di sekitaran George Town. Sepanjang jalan, blusukan, keluar masuk nyasar, mata kita bakalan dimanjain oleh gedung dan rumah-rumah tua peninggalan kolonial Inggris, China Peranakan dan tentu saja Melayu serta India. Saya seneng banget kalau kebetulan bisa berdiri di roof top hotel trus ngeliat pemandangan sekeliling kota dan nemuin kubah mesjid nyempil, bangunan tua dengan pintu-pintu kayu warna warni, kelenteng, vihara, gereja tua, coffee shop sampai toko-toko souvenir.

little india
little india

Ada beberapa orang yang saya temui selalu mengatakan ke Penang itu cuman menyenangkan untuk kuliner dan berobat aja. Buat saya ke Penang itu menyenangkan selain untuk kuliner (yang untuk saya sekarang gak punya banyak pilihan makanan juga hehe), belanja segala pernik-pernik di Little India, juga belusukan keluar masuk gang-gang kecil buat nemuin rumah-rumah tua cantik. Saya juga senang dipanasnya kota selalu bisa menemukan  coffee shop kecil atau warung kecil dengan teh tarik yang super duper enak.

Untuk yang gila photo, kota ini INSTAGRAMABLE banget. Setiap sudut pengen di foto. Setiap dinding di George Town bisa ditemukan spot-spot keren dan grafiti cantik buat di foto. Pokoknya menyenangkan yang gak enak cuman panasnya yang menggigit kulit. Paling nyaman sih jalan kaki/naik sepeda keliling-keliling kotanya sebelum jam 11 siang 🙂 ini waktu paling tepat atau menjelang sore ketika matahari condong ke Barat.

Selain itu ada banyak sekali museum di George Town. Mulai dari Museum Camera sampai Museum Peranakan. Semuanya cantik-cantik dan dirawat dengan baik. Semuanya bikin kita gemes pengen nyolong barang2nya hahaha. Ahh…..pokoknya 35 menit aja dari Medan sudah bikin saya seneng bukan main :).

Ada yang pengen ke Penang?

Salah satu rumah tua di sekitaran George Town
Salah satu rumah tua di sekitaran George Town

70 comments

  1. Sebenarnya nggak mau nengok2 little india, mbaaaaaaaaaaa… broken heart nih mba akyu :((
    tapi no problemo deh, tulisan2 mba noni seruuuuuuuu… jadi ku tak bisa berpaling hihihi

  2. wah baru dari penang yah mbak noni…aku cuman dapat oleh oleh dan cerita dari bojoku soal penang ini…aku penasaran pingin juga oneday kesitu. …*kapan yak…lagi hamidun kayak gini..hahhe…
    menyimak ceritanya george town, si pak ne kemarin nginep di hotel G dan pas sebelumnya di shangrila kayaknya di george town juga….

  3. 5x aku ke Penang gak pernah blusukan daeraj george town pdhl pwngen bgt tapi kudu jln panas2 trus buat motret2 doang bisa manyun anak2… pdhl alu demenotret tempat wisata hahaha mungkin tunggu anak2 gedean x yah toh tiap thn bakal bulak balik sini sampe pny cita2 mau cobai
    semua hotel yg oke hahaahah

    • kemaren pas kita kesana tiap pagi kan hujan tuh Fel, jam 6an berenti. lumayan enak sih jalan sebelum jam 11 siang. Begitu jam 11 siang hadow….aku aja langsung nyerah. panasnya gak kuat.
      hotel2 disana emang banyak yang kece ya, apalagi yang boutique2 hotelnya. aku juga pengen sering2 kesana

    • kemaren juga ujan trus Dit tapi untungnya ujan itu pas subuh ampe ke jam 6an gitulah. Begitu kelar ujan langsung jalan2 ampe jam 11. setelah itu langsung keluar masuk cafe aja karena gak kuat panasnya.

    • kemaren karena kita emang fokusnya berobat jadi gak kelain tempat Zi. keliling george town aja, sebenarnya agak melipir2 dikit bisa ketemu kuil2 🙂 si Matt yang belon pergi sih, dia baru pertama kali ke penang. Mungkin next time deh kalo ada rejeki lagi keliling Penang.

  4. Aku pengen banget ke Penang mbak Noni!!!
    Apalagi liat-liat foto mbak Noni di Instagram, beneran pengen banget muterin kotanya 😀

    • makasih JO 🙂
      lebih murah sih ke Penang. Tiket aja normal2nya cuman 750 ribu., itupun beli 1 hari sebelum hari H masih sama aja harga tiketnya, gimana orang Medan main2nya gak ke malay ya hihi

  5. ah kotanya cantik yaaa..ah iya kata temen orang medan, org medan rata2 lebih suka jalan2 ke penang drpd tempat lain kek jawa hihi

  6. Penang gak cuma buat yang berobat dan kuliner aja, buat jalan-jalan juga seru koq 🙂 He he he jadi pengen ke sana lagi nih setelah baca tulisan Mbak Noni 🙂
    Btw, foto terakhir dibikin B/W lebih keren tuh kayanya Mbak

  7. Ah mba Noniiii! Medan tuh jauh ga siihhhh? 😭 Dari dulu kepengennn banget ke Medan. Air terjun – air terjunnya.. Belum Danau2nya plus Danau Tobanya. Hikk, KZL!! 😤

    Ehiyaa… Penang ini kan yang kamu foto2 di Museum Camera & disudut2 kota George Town itu kan mbaaa? Yakannn? HA! Keren2 banget foto2 kamu disana. Lucu & artsy banget. Suka banget aku! Aku cinta banget mbaa sama yg berbau2 art, bangunan2 tua, apa lagi museum.

    Terus ngeblog dan sharing sama kita keindahan2 Sumatera ya mbaaa. Xx ❤️

    • Medan itu cuman 2 jam dari jakarta Ky, ayolah kesini. entar nginep di JW Marriott ya hahah *jualan loh aku tetep*

      Penang itu yang ada Museum Camera itu 🙂 bisa sekalian jalan. ke Medan dulu trus ke Penang hehe

  8. Tempat main nya mana aja, sapa tau neh kalau mudik kesana. Who knows. Kayaknya brothernya RS pernah kesana deh, maklum deh pas ngobrol ama doski neh ati deg2an juga jadi gga konsen, ha ha ha ha. Kayak diwawancara ama calon aja…. calon brother in law githuuuuuuu Boahahaha…….. ngkhayalnya tinggi bener.

  9. baru sekali kesana, nginep di hydro hotel (batu feringhi), hotel tuek, mo ke pantainya kudu nyebrang jembatan. stiap hari aku klilingan ke george town blusukan liatin gedung2 tuek yg cantik2 plus kuliner tentu… eh aku juga sampe nyasar ke penang bridge hehehe… masih mau kesana lagi deh buat jajan penang laksa, ngangenin rasanya

  10. Haloo kak noni. Orng medan ya? Salam horas ya. Aku jg anak medan. Postingannya keren kak. Kalo boleh bagi info dong kak, kalo dri kl ke penang sebaiknya naik mrt apa lrt? kl-penang brpa jam ya jrak tmpuhnya? Trus tmpat2 mnrik di penang slain george town apa aja? Little india itu di george town ya kak? Maaf pertnyaan ku bnyak bgt. Soalnya bln 7, insya Allah mau ke kl-penang. Hehehhe. Makasih ya kak. Salam anak medan . horas bah !!!!! 🙌

Leave a comment