Kota Merah Melaka – Malaysia


Melaka Malaysia

Ada beberapa tulisan tentang kota Melaka Malaysia yang pernah saya tulis. Bisa dibaca disini tulisan-tulisan tersebut ya 🙂

https://nonikhairani.com/2015/10/12/ke-kota-merah-melaka-malaysia/

https://nonikhairani.com/2015/10/16/10-gaya-turis-di-melaka-malaysia/

Minggu ini tema #ceritajalanasik adalah Interesting Buildings. Ngomongin gedung-gedung yang menarik untuk saya sebenarnya cukup banyak. Rata-rata gedung-gedung tua. Paling menyenangkan ketika pergi ke Eropa sebenarnya untuk hunting bangunan menarik. Semuanya rasanya terlalu cantik.

Sementara kalau di Asia Tenggara sebenarnya ada juga sih. Beberapa gedung tua peninggalan Belanda masih berdiri kokoh di Medan, sebagian lagi dihancurkan. Makanya memang lebih seneng hunting bangunan tua malah pergi ke negara tetangga yang kota-kota tuanya lebih dilindungi. Contohnya saja Penang.

https://nonikhairani.com/2015/10/05/mansion-peranakan-penang-malaysia/

https://nonikhairani.com/2014/09/10/why-george-town-penang/

Jangan sampai lewatkan tulisan teman saya yang lainnya tentang gedung-gedung yang menarik untuk mereka :

Febby : Menyusuri Kota Kuno Yazd di Iran

Aggy : Historical Buildings Around Bucharest’s Old District

Melaka untuk saya cukup menarik karena tidak terlalu jauh dari Medan. Hanya 1 jam terbang ke Kuala Lumpur dan dilanjutkan dengan menumpang bis, taxi atau menyewa mobil sekitar 2 jam ke Melaka. Kotanya sendiri rapi, bersih, dan yang pasti memiliki banyak bangunan tua peninggalan Portugis.

Kota Melaka ini merupakan kota sejarah, dan terdaftar dalam UNESCO World Heritage Site sejak 7 July 2008. Rata-rata gedung tua disini adalah peninggalan Portugis dan juga bangunan dari peranakan Cina. Saat ini beberapa gedung masih digunakan sesuai fungsinya seperti gereja. Lainnya banyak yang dijadikan toko, restoran dan kedai kopi.

Salah satu toko yang menjual banyak cendramata Orangutan
Salah satu toko yang menjual banyak cendramata Orangutan
Jendela kayu yang entah bagaimana dibiarkan rusak
Jendela kayu yang entah bagaimana dibiarkan rusak
Fotonya miring, saya coba lurusin beberapa kali gagal
Fotonya miring, saya coba lurusin beberapa kali gagal
Kota tua melaka
Kota tua melaka
Gereja
Gereja

Stadthuys – Red Square

Gedung-gedung berwarna merah inilah yang menjadi pusat keramaian wisatawan di Melaka. Lokasinya persis di tengah kota. Gampang banget keliatan karena emang hampir semua turis pasti tujuannya kesini hehe. Kompleks bangunan berwarna merah ini dikenal dengan sebutan Red Square . Dulunya ini adalah tempat pemerintahan Gubernur Belanda. Sempat dijadikan sekolah dan sekarang menjadi museum. Katanya ini adalah bangunan Belanda tertua se Asia Tenggara yang masih digunakan.

Melaka
Melaka

Melaka

Melaka
Melaka
Melaka
Melaka
Melaka
Melaka
Melaka
Melaka
Melaka
Melaka

Daerah yang paling saya suka sebenarnya sungai yang membelah kota Melaka ini. Setiap saat ada kapal yang membawa turis-turis hilir mudik melalui aliran sungai. Diseberang jalannya terdapat banyak sekali toko, restoran dan tentu saja rumah makan ayam hainan yang sangat terkenal. Antriannya bisa sampai 1 jam untuk mencicipi bola-bola nasi hehe.

Melaka
Melaka
Melaka
Melaka
Melaka
Melaka
Melaka
Melaka
Melaka
Melaka

Tentu kita sebenarnya pengen bisa berkunjung lagi ke Melaka, karena pertama kali saya datang waktu itu teramat sangat panas, hingga tidak kuasa menikmati sepenuhnya. Kali kedua datang kesini ehhhh asap dimana-mana. Makanya pengen bisa datang lagi dan menginap sehari di kota ini.

Selain itu Melaka juga terkenal dengan rumah sakitnya. Ada banyak pasien datang dari Indonesia ke rumah-rumah sakit yang berada di Melaka untuk berobat ataupun check up.

Kalau kamu gedung apa yang paling menarik yang pernah ditemuin ketika traveling?

#ceritajalanasik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by jalan2liburan, nyonyasepatu dan dewtraveller. Check our posts every Wednesday!

This week’s theme : Interesting Building

Advertisements

19 comments

  1. Aku kok jadi kangen Malaka, Non. Rasanya belum puas eksplor tempo hari. Aku juga suka kota-kota dengan bangunan historis kayak Malaka dan Penang. Klasik gitu☺.

  2. Mantap Mba Noni Traveling nya 🙂

    Kemaren di Penang udah jelajah kemana aja???

    Oh iya, gimana Bapak? Udah ada perkembangan???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s