Ke Kota Merah Melaka Malaysia

Melaka Malaysia

Berkunjung ke Melaka Malaysia sebenarnya jauh lebih menyenangkan daripada stay di Kuala LumpurΒ kalau menurut saya. Mungkin karena banyak bangunan tua jadi emang lebih betah aja. Udah gitu di Melaka lebih banyak yang bakalan saya suka daripada di KL hehe. Masalahnya ke Melakanya ini butuh waktu sekitar 2 jam dari Kuala Lumpur dengan menggunakan bis makanya kita jadi sering skip karena males ketempat ini.

Jika ingin ke Melaka dari Kuala Lumpur bisa langsung ke Stasiun Bis atau booking aja secara online diΒ http://www.easybook.com/ . Hampir setiap jam ada bis yang ke Melaka sampai jam 9 malam. Lama perjalanan sekitar 2 jam. Pastikan untuk membeli tiket return terutama kalau bepergian pas weekend atau liburan sekolah. Tiket bisnya sendiri murah koq cuman 10 Ringgit Malaysia.

Minggu lalu akhirnya saya dan Matt memutuskan ke Melaka karena di KL asapnya luar biasa tebal. Keputusan yang gak tepat juga sih karena di Melaka pun asap tetep tebel. Yang ada kita tetep harus pake masker jalan-jalan hehe.

Ini kali kedua kunjungan saya ke kota Melaka. Pertama kali saya berkunjung tahun 2010 jadi sekitar 5 tahunlah. Perbedaannya gak banyak kecuali di tahun 2010 saya datang kesini sepi karena datangnya pagi-pagi subuh udah nyampe dari Penang. Jadi udaranya masih asik buat jalan-jalan naik sepeda atau jalan kaki sementara kemaren kita nyampe jam 12 siang, yang mana udah sesak karena asap, panasnya bukan main trus pengunjungnya sudah membludak. Melaka ini hampir gak pernah sepi deh kayaknya.

Sebenarnya untuk yang pengen berkunjung ke Malaysia untuk berobat, Melaka juga bisa dipertimbangkan. Ada beberapa dokter yang saya temuin di Penang, menyarankan kami ke Melaka aja karena mereka juga memiliki rumah sakit yang sama jika kebetulan kami gak bisa ke Penang. Jadi kalau emang pengen check up (pokoknya yang berhubungan dengan rumah sakit) coba aja cek-cek rumah sakit dan dokter yang ada di Melaka. Biaya perobatannya menurut temen saya sama aja koq.

Kota Melaka sendiri adalah kota tua peninggalan Portugis kalau saya tidak salah. Beberapa bangunan utama di daerah ini berwarna merah. Salah satunya adalah gereja yang masih aktif digunakan sampai saat ini. Disinilah pusat kota tua Melaka. Selain beberapa banguna tua ada juga bangunan-bangunan peninggalan peranakan (nyonya dan Baba), museum, kapal laut dan sebuah desa portugis. Awalnya saya pikir desa Portugis bakalan liat bule-bule Portugis tinggal disini ternyata sekarang ditinggalin oleh orang-orang Melayu Malaysia.

Tempat yang paling menarik selain kota tua di Melaka adalah Jl. Jonker atau biasa disebut Jonker Street. Saya bisa panik deh disini karena banyak sekali toko-toko lucu haha. Katanya suka kota tua tapi menghabiskan waktu paling lama di jalan ini. Matt juga suka banget jalan ini karena banyak coffee shop, warung es cream dan masih banyak lagi. Seneng hahaha. Toko favorite saya adalah Jonker Boutique. Ada beberapa toko mereka tapi dari dulu sampai kemaren saya datang ternyata dagangannya masih mirip-mirip hehe.

Waktu terbaik untuk datang ke Melaka menurut saya adalah di pagi hari dan sore hari ketika matahari sedikit kurang garang. Sumpah jalan-jalan pas matahari mentereng gitu rasanya bikin kepala senat senut hehe, gak tau deh kalau kamu πŸ™‚

So…. gimana, ada yang tertarik ke Melaka?

melaka4

Melaka Malaysia Becak di Melaka. Sekarang mereka udah gak pake bunga2 lagi tapi berganti dengan karakter2 dari film kartun
Museum
Melaka Malaysia
Melaka Malaysia banyak sekali spot foto bagus dan ini salah satu hasilnya haha. Belon siap di foto udah ceklik :)
banyak sekali spot foto bagus dan ini salah satu hasilnya haha. Belon siap di foto udah ceklik πŸ™‚
Dari atas bukit kecil
Melaka Malaysia Desa Portugis
Desa Portugis
Melaka Malaysia Melaka memiliki sebuah sungai yang bisa kita arungi dengan menggunakan kapal. Ini rumah-rumah cantik di pinggir sungai. Btw sungainya bersih dan gak bauuuuuuu
Melaka Malaysia
Melaka Malaysia Jonker Street yang terkenal itu. Di simpang jalan ini ada Nasi Hainan yang super enak. Hati2 karena katanya gak halal haha.  Oya antrinya bisa sampai 1 jam di tempat chicken hainan itu
Oya antrinya bisa sampai 1 jam di tempat chicken hainan itu

Advertisements

64 comments

1. Malaca ini salah satu tempat berobat favorit deh buat warga Bengkalis, juga salah satu tempat study tour fav waktu SMA dulu..soalnya lebih murah kemalacca dibanding ke jakarta sih.. πŸ˜€

2. Cantik banget kotanya Mbak Noni. Dan foto-foto yang ada dirimu bagus baguuus. Ini modelnya yang emang fotogenik dan juga spotnya yang oke sih emang. Eh kameranya juga! πŸ˜€

3. Melaka emang asik ya mba, tapi emang ampunnn dah panasnya bukan main. Adanya klo siang2 pingin masuk ke cafe aja sambil nyruput es kopi. Waktu itu ke Melaka adanya cuma makan doank sampe kenyang gabisa jalan hakakaka

4. Di Indonesia mungkin mirip-mirip dengan Ternate ya Mbak, saya lihat dari langgam bangunan bentengnya, di sana juga agak termakan usia tapi kok dilihat tetap apik ya Mbak :hehe. Ah, Malaka memang kota paling tua di Asia Tenggara dalam jalur rempah itu, sejak 1511 yang Alfonso d’Alburqueque itu yak Mbak :hehe. Semoga suatu hari nanti saya bisa jalan ke sana. Dari sana Portugis bermula, melebarkan sayap dan memulai intrik dengan seluruh Indonesia… :hehe.

5. Aku berkunjung ke Malaka Oktober tahun lalu kalau gak salah. Dan suka banget dengan kawasan kota tuanya. ukurannya tidak terlalu besar tapi cukup terawatt. Cukup jalan kaki aja sudah bisa eksplor semuanya. Sayangnya waktu itu gak nginep, jadi cuma bisa lihat keramaian Jonker Street di sore hari. Seafood nya enak banget ya di kota ini. Dan bener banget mbak, jalan-jalan di Malaka pada siang hari itu bikin kepala senat-senut, panasnya bukan main … Kami aja sampai ngadem di dalam Mall di dekat menara Tamingsari, makan es apalah itu namanya di dekat air mancur dan kolam di dalamnya … πŸ™‚

nice article & photos mbak, jadi pengen balik lagi ke Malaka πŸ™‚

6. Kotanya cantik ya sepertinya Non? Aku blm pernah ke sini nih. Pengen tapi kayaknya masih lama karena klo mudik sekarang gak berani lagi naik MAS wkwkwkwk. Btw iya fasilitas kesehatannya bagus dan malah lebih murah in some ways dari di Jakarta. Suamiku operasi besar di situ dan lebih update teknologinya karena dokternya rata2 lulusan oz, amrik dan Inggris.

7. saya ada 3-4 kali ke malacca. seringnya karena tertarik air asia murah ke KL trus krn KL ga ada apa2nya, kita mampir ke malacca. tujuan ke malacca karena saya dan suami fans berat dari bakkut teh malacca haha.. jadi, kita dateng buat nongkrongin uncle yang jualan disana. mantap banget lah bah

8. Aku sudah 3 kali ke Malaka dan selalu suka balik lagi ke kota ini walaupun jalan ke tempat yan sama, rute yang sama, makan di tempat makan yang sama. Ngerasanya tenang dan damai di sini πŸ™‚ sebagian orang lebih suka Penang. Ya Penang juga bagus sih, cuma Malaka kayaknya jauh lebih berkesan di hati hehe

9. Mending berobat ke malaka di banding penang. Apa entah rs yg aku pegiin itu bagai langit dan bumi. Hahahahhaha

Dlm setaon ini aku ud 2x ke malaka dan rasanyaa yayy kesitu lagi….

Ad tempat makan enak selain nasi hainam yg ga halal tp rame itu, di belokan kiri beda 2-3 toko dr enterance jonker