Panduan Berobat Ke Penang


pulaupinang.home.net.my
pulaupinang.home.net.my

Akhirnya saya berobat juga ke Penang jum’at lalu 🙂

Ini sebenarnya udah rencana lama banget tapi yah gitu deh, kita berdua suka gak ketemu waktu yang pas untuk ke Penang trus ngerasa di Medan juga masih ok koq berobat. Sampai akhirnya kemaren hasil pemeriksaan saya kan lumayan kurang baik. Masa sih mesti di operasi lagi. Males mikirin  biayanya. Kalau asuransi udah gak cover urusan kista-kistaan saya karena udah pernah operasi 2 tahun lalu.

Sewaktu ada wacana ke Penang ini, salah satu temen langsung kasih tau untuk ke Pantai Hospital aja. Trus gak berapa lama saya dihubungi sama ibu Sella yang bekerja sebagai representative rumah sakit Pantai di Medan. Dr Sella ini lumayan cepet responnya. Dia telp saya, WA, kirim email dan bantuin buat janji dengan dokter.

Dr Sella ( Representative PUlau HOspital Di MEdan ) bisa dihubungi di No 081263394730.

Sebenarnya ada banyak banget rumah sakit di Penang. Semuanya bagus. Mulai dari rumah sakit pemerintah seperti  LAM WAH EE sampai rumah sakit swasta seperti ADVENTIST, ISLAND HOSPITAL dan MARIAM. Kata sepupu saya sih yang paling murah Lam Wah EE cuman karena pesawat saya nyampe siang plus di Lam Wah EE gak bisa booking janji dengan dokter akhirnya kita tetep ke Pantai Hospital aja.

Biasanya kalau kata temen-temen saya di kantor emang agak jarang orang Medan berobat ke Pulau Hospital karena jauh dari mana-mana dan termasuk rumkit swasta juga. Biasanya orang Medan lebih senang ke rumah sakit dibawah ini :

1.RS Adventist

2.RS Lam Wah Ee

3.RS Loh Guan Lye

4.RS Island

5.RS Kanker Mt Miriam

Tapi yah saya pikir rumah sakit disana emang bagus-bagus koq servicenya dan gimana dokter-dokternya menghandle si pasien. Saya lumayan tenang dengerin dokternya kasih tau apa penyakit saya, apa yang mesti kita lakukan dll padahal vonis saya lumayan gak mengenakkan hati plus kita mesti nabung super keras supaya bisa balik lagi haha. Selain itu kita juga bisa cek harga-harga rumah sakit yang sesuai dengan budget kita ketika melakukan tindakan. Contohnya operasi.

Nah tips dari saya adalah :

01. Pilih Rumah sakit dan dokter.

Caranya gampang koq walo bingung juga haha. Bisa liat di internet rumah sakit yang mana yang kita pengenin. Misalnya kalau cancer sebaiknya kerumah sakit Mariam, Kalau jantung ke Adventist. Pokoknya cari aja informasinya. Bayi tabung katanya sih paling ok di Lam Wah EE dan biayanya lebih murah juga.

Setelah pilih rumah sakit dan dokter, langsung aja buat janji. Bisa telp representative di Medan atau bisa juga langsung hub no telp yang ada diwebsite rumah sakit. Karena bahasa mereka bahasa Melayu jadi gak usah takut, kita masih bisa pakai bahasa yang sama. Bingung-bingung dikit gpplah ya hehe.

Kalau beberapa rumah sakit pemerintah emang gak bisa bikin janji, jadi langsung aja ke rumah sakit. Saya baca di internet dan pengalaman beberapa temen/sodara, kalau bisa datangnya antara jam 6-7 soalnya rame banget. Daripada ngantri lama mending datang lebih awal. Kita kan udah biasa nunggu ya 🙂

Keuntungan kalau kita udah book atau minta bantuan representative, entar pas nyampe di Penang langsung di jemput dan dianterin ke rumkit. Lumayan menghemat beberapa ringgit dan semuanya gratis. Jadi pergunakan aja servicenya.

02. Pesan Tiket Pesawat

Nah yang ini cek aja di websitenya AIr Asia. Kalau dari Medan ada Air Asia,  Firefly, Sriwijaya dan Lion kalau saya gak salah. Tiketnya dari Medan untuk harga normal sekitar Rp 750.000 return. Kalau dari Medan Penang itu deket banget. Cuman 35 menit dari Medan plus disana situasinya menyenangkan sekali. Bebas mati lampuuuuuuuuuu 🙂 *anak medan gampang banget disenengin hahaha*

03. Akomodasi

Serius Penang itu sangking ramenya turis plus “turis” yang sedang berobat banyak banget menyediakan penginapan. Mulai dari yang murah meriah sampai 5 stars. Untuk yang pengen menghemat bisa menginap di condo/condo yang disewakan. Bisa dicari disekitaran rumah sakit supaya bisa hemat biaya taxi juga hehe.

Salah satu no telp milik Ibu Dora di daerah pulau tikus no telp +60103941969 . Saya gak pernah nginep disini sih tapi minggu lalu temen baik saya yang kebetulan nganterin ibunya operasi penyumbatan tulang,  nginep disini dan dia bilang lumayan banget. Bersih, bisa nyuci sendiri karena ada mesin cuci dan bisa masak. Biayanya sekitar RM 30 permalam.  Lumayan bisa menghemat kalau kita harus tinggal di Penang lumayan lama. Kalau mau lebih murah lagi coba cek penyewaan kamar-kamar semacam kos-kosan gitu kayaknya ya. Cuman yg ini belon dapet info sih.

04. Transportasi

Ini juga penting banget. Penang itu punya bus-bus yang menghubungkan satu tempat dengan  tempat lainnya. Bahkan untuk turis bisa ngikut shuttle bus-shuttle bus yang gratisan. Masalahnya kalau sakit, pasti males kan naik turun bus otomatis taxi jadi pilihan. Masalahnya taxi di Penang males banget pake argo. Nyebelin ya hehehe. Kita kemaren juga kemana-mana naik taxi sih selain jalan kaki kalau keliling kota George Town. Kalau mau cari taxi mending ditawar dulu atau bisa aja minta tolong orang rumah sakit bantu kita. kalau tinggal di hotel kayak kita kemaren setiap kali mau keluar, staff hotel bantuin kita untuk nyariin taxi dan nawar.

Bisa juga kalau mau no telp supir taxi yang lumayan murah, ini no-nya saya dapat dari temen ke temen hahaha. Entar saya posting ya nomornya. Bisa langsung hubungi Abang tersebut dan minta dijemput. Beberapa kali saya naik taxinya dia emang lumayan murah dibanding yang lainnya.

05. Makanan

Nah yang ini gampang banget. Dimana-mana juga ada. Untuk makanan chinese disini sih kayak surga ya. Indian food juga berserakan dimana-mana. Makanan sehat juga gampang koq didapat. Kalau pengen masak sendiri karena tinggal di Condo tinggal belanja di pasar atau Giant. Buah-buah potong bisa didapat dimana-mana. Ahhh….surga deh 🙂

06. Duit…Duit….Duit….

Yang namanya sakit itu gak pernah murah. Beruntunglah yang punya asuransi dengan polis gede atau tinggal di negara yang biaya kesehatannya kecil. Di Malaysia kalau gak salah penduduknya (WN Malaysia) cukup bayar beberapa ringgit setiap kali masuk rumah sakit. Rumah sakit pemerintah mereka aja udah bagus banget, jadi walaupun sakit rasanya gak perlu stress mikir darimana duit untuk berobat. 

Di Indonesia tentu saja ada BPJS yang bisa kita manfaatkan, cuman entah kenapa saya koq jadinya agak-agak gimana gitu kalau mau operasi lagi di Indonesia sekarang. Agak-agak trauma dengan operasi pertama yang ternyata setelah di cek ulang oleh beberapa dokter, seharusnya gak perlu di buang ovary kanan saya. Sekarang wis jadi bubur. Ovarynya udah ilang, tinggal satu ovary yang mesti saya urus baik-baik nih.

Untuk saat ini saya dan Matt masih mikir tujuh keliling nih. Pengennya operasi di sana tapi koq mahal banget ya hiks, mau operasi disini saya koq yah deg-degan takut salah potong lagi. Dillemaaa………*pohon duit mana ya*

07. Good Luck 🙂

Semoga kita sembuh dan sehat-sehat semua ya

Advertisements

114 comments

  1. salam kenal admin,saya ingin menambah informasi kepada teman2 tentang berobat di penang

    Dokter di Penang memang berpengalaman dan pakar dalam bidangnya masing2,karena sebelum para dokter bekerja di RS swasta,para dokter harus wajib bekerja terlebih dahulu di RS pemerintah selama 5tahun untuk mendapatkan pengalaman.Jadi semua dokter di RS swasta sudah berpengalaman dan profesional karena kebanyakan para dokter lulusan dari luar negeri.
    Para dokter yang berprofesional dipenang tidak suka2 menangani kes penyakit yang bukan kepakaran mereka.Seperti dokter kanker mereka hanya menangani penyakit kanker saja.dokter jantung hanya menangani penyakit jantung saja,begitu juga dengan penyakit2 lain ditangani oleh dokter pakar masing2.
    jika anda perlu pertanyaan sebelum ke penang atau bantuan untuk segala urusan sewaktu dipenang,dari airport ke RS (seluruh RS dipenang) dan penginapan,serta jalan2,anda dapat menghubungi kami sepasang suami istri.

    LEE +60164746757(orang penang) dan ERIN +60164269114(orang indonesia)
    email leetkw@yahoo.com
    dengan begini anda dapat menghemat waktu dan segala urusan anda dapat berjalan dengan lancar dan teratur.

  2. Hi admin saya ingin kongsi sedikit info tentang berobat ke Penang . Jika pihak admin ingitahu dengan lebih lanjut boleh hubungi saya.

    Saya Pak Iqbal dari RS KPJ Penang Specialist . Hospital kami mempunyai ramai pakar-pakar yang bisa rawat anda . Untuk keterangan lanjut bisa hubungi saya

    Pak Iqbal +6011-2655 7258
    BBM : 58ACFAEC

    RUMAH SAKIT KPJ PENANG TERLETAK DI BANDAR PERDA, BUKIT MERTAJAM, PENANG. JARAKNYA DARI BANDARA KE RUMAH SAKIT HANYA 25 MINIT SAHAJA. KAMI MENYEDIAKAN PERKHIDMATAN JEMPUT-ANTAR SECARA CUMA-CUMA AJA SERTA KAMI SEDIAKAN HOMESTAY GRATIS. KAMI MENAWARKAN PAKEJ PERIKSA KESEHATAN SERENDAH RM165 AJA. VISIT WEBSITE http://www.kpjpenang.com ; Like Facebook http://www.facebook.com/kpjpenang ; Follow Twitter http://www.twitter.com/kpjpenang

  3. Hai semuanya 🙂

    Saya sangat merekomendasikan penginapan Ko Adrian & isterinya Meliana Panjaitan (orang Indonesia). Mewah Court yang di depan Lam Wah Ee. Tempatnya bersih dan nyaman sekali dibanding penginapan2 lainnya yg berada di Mewah Court. Facilitasnya lengkap. Dan orangnya baiiiik sekali.

    Adrian +6012-903 6135 (pin BBM 58BCC900)
    Meliana Panjaitan +6016-459 0494 (pin BBM 58AB3D42)

    Laman FB mereka
    https://www.facebook.com/Pengobatan-Ke-Penang-1564391323815790/

  4. Perkenalkan, kami dari perusahaan asuransi Generali Indonesia.
    Generali Indonesia meluncurkan produk andalan Global Medical Plan (GMP) yang memberikan manfaat perlindungan kesehatan di semua rumah sakit di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat.
    Adapun keunggulan utama dari produk ini adalah :
    1. Usia masuk 31 hari – 70 tahun dan masa perlindungan s/d usia 85 tahun
    2. Batas manfaat hingga Rp 35 M/tahun tanpa batasan hari & perketidakmampuan
    3. Pre existing condition diperhitungkan
    4. Masa tunggu penyakit 30 hari
    5. Perlindungan Sebelum & Sesudah Rawat Inap (+/- 90hari)
    6. Transplantasi organ utama
    7. Perawatan kanker ditanggung sesuai tagihan
    8. Standar fasilitas kamar single bed
    Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut, Tyo Winarno di 0851-0523-3355

  5. Saya rekomendasi penginapan ko Adrian dan Meliana Panjaitan di seberang Lam Wah Ee. Recommended banget.

    Bersih. Lengkap.
    Cocoklah untuk yg mau cari nyaman selama stay di Penang.

    ko adrian +6012 9036135 (bbm 7B4A5B83)
    meliana panjaitan +6016 4590494 (bbm 58AB3D42)

  6. Saya program ke Dr Ng Peng Wah di Genesis, Gurney Paragon. Teman2 saya ada yang ke Dr Ng, ada yang ke Dr Devindran di rs Loh Guan Lye, ada yang ke Dr Lau Soon Yen dan Dr Aw Lin Da di rs Lam Wah Ee.

    Mayoritas antara kami setuju penginapan ko Adrian dan isteri Meliana Panjaitan (orang Indonesia) di Mewah Court yang paling recomended untuk orang2 program bt ga kira programnya sama dokter yang mana. Lebih nyaman, bersih, lengkap banding yang lain.

    Hubungi mereka untuk penginapan………………

    ko adrian +6012-9036135 pin bbm 7B4A5B83
    ibu meliana +6016-4590494 pin bbm 58AB3D42

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s