Berburu Mural di George Town Penang


Mural Art Street Penang -

Ini kali ketiga saya dengan sengaja jalan-jalan di George Town Penang hanya untuk melihat-lihat mural. Kali pertama dengan Matt, terhalang cuaca panas terik yang bikin saya stress dan sakit kepala. Apalagi baru pulang dari rumah sakit jadi emang gak tahan kalau kena panasnya Penang yang beneran bikin kulit dan kepala pedih hehe. Alesan ya. Tulisannya bisa dibaca dibawah ini.

https://nonikhairani.com/2016/05/18/medical-trip-penang/

Penang Street Art Painting
Penang Street Art Painting

Kali kedua tanggal 27 Nov lalu dengan adek ipar dan anaknya. Sayangnya hujan hampir setengah hari di Penang. Kita terpaksa jalan-jalan mencari mural sambil berteduh. Bawa anak kecil lebih tricky lagi karena gampang cranky, cepet ngambek, pengennya jajan mulu dan tentu saja males diajakin jalan karena lebih tertarik untuk masuk kedalam toko. Yang ada pencarian pun tidak maksimal. Setelah hujan berhenti dan hampir Magrib saya putuskan untuk kembali ke apartemen saja.

http://www.tourismpenang.net.my/pdf/street-art-brochure.pdf

suasana di george town
suasana di george town
 Three Chinese Dolls or Cultural Girls at Lebuh Armenian
Three Chinese Dolls or Cultural Girls at Lebuh Armenian

dsc08281

Pedagang sayur
Pedagang sayur
dorong
dorong

dsc08288

yang model beginian saya kurang suka tapi ada banyak sih
yang model beginian saya kurang suka tapi ada banyak sih

Cat and blue window dsc08297

Boy on Chair
Boy on Chair

Boy on Chair

:)
πŸ™‚
Sembayang
Sembayang

Kali ketiga saya datang lagi dong, Β sebelum kembali ke Medan. Start dari pagi karena sebelum makan siang sudah harus balik ke apartemen. Kita sengaja nyewa sepeda supaya penjelajahan kali ini lebih sukses hehe. Ternyata sama gatotnya πŸ™‚

dsc08465 dsc08468

old motorcycle _ penang mural
old motorcycle _ penang mural
 penang mural
penang mural
 penang mural
penang mural
 penang mural
penang mural
 penang mural
penang mural
 penang mural
penang mural
 penang mural
penang mural
 penang mural
penang mural
 penang mural
penang mural

Dan tentu saja tidak ketinggalan mural yang paling terkenal yaitu Kids on Bicycle

kids on bicycle
kids on bicycle

Berburu mural tentu menjadi kegiatan banyak turis di Penang. Mural-mural yang terletak diberbagai tempat ini seperti mengajak kita bermain puzzle. Letak mereka yang terkadang tidak kita sangka-sangka. Seperti Bruce Lee yang terletak disebuah gang sempit. Nyempil aja gitu mirip kotoran gigi mana warnanya hitam putih hampir luntur.

Boy on Chair juga beberapa kali saya lewati cafe tempat mural ini berada gak kelihatan ternyata karena saya berjalan selalu lebih fokus ke toko daripada ke dinding cafe itu. Seru lah mencari-cari mural ini.

Ada banyak sekali mural yang belum sempat saya lihat. Keterbatasan waktu, hujan yang trus turun dan tentu saja karena ada anak kecil yang lihat satu dua mural masih semangat malah bantuin nyari-nyari tapi setelah beberapa mural mulai bosen haha. Perhatian anak kecil itu ternyata selalu pecah dengan mainan, ice cream, lolipop, boneka, kipas angin mini sampai segala tetek bengek yang menurut kita orang dewasa gak penting banget.

Georgetown Β terbagi menjadi dua bagian situs warisan dunia: core zone dan buffer zone. Di daerah ini sebenarnya ada banyak karya seni seperti mural, patung atau patung baja yang sebenarnya melukiskan keseharian masyarakat di George Town.

Pelopor karya seni di Penang adalah seniman muda dari Lithuania yang tinggal di George Town, lihat video dibawah deh. Nama pemuda itu adalah Ernest Zacharevic’s yang saat ini karya seninya ada diseluruh pelosok kota Penang.

Kalau lagi di Penang saya itu suka mikir kenapa ya, Β Medan gak bisa seperti disini? soalnya cuaca hampir mirip, kebudayaan juga hampir sama. Di Penang ada banyak India, Cina dan juga Melayu, hampir mirip dengan Medan kan ya. Tapi kenapa beda nasib banget haha.

Karena proyek karya seni jalanan ini masih terus dibuat, sering kali kita bakalan menemukan mural baru ketika berkunjung kembali ke Penang. Seru kan πŸ™‚

Jangan sampai lewatkan untuk nonton vlog saya tentang Art Street Penang dibawah ini.

Kalau ada kesempatan ke Penang Malaysia, kira-kira kamu mesti ketemu Mural yang mana?

Advertisements

33 comments

  1. Berhubung saya belum pernah ke sana, maka ketemu mural yang mana saja saya sudah senang banget Mbak, hehe. Keren-keren muralnya. Saya suka sebab dia dilukis menyatu dengan kondisi eksisting, misal dengan retak tembok, ada tanaman yang kebetulan tumbuh, altar sembahyang, dan lain-lain. Jadi meskipun temboknya berlumut dan terkesan tua tidak tampak kumuh, malah muralnya terkesan otentik. Keren deh.

  2. Kalau di jakarta kalau di area publik udah dibikin mural cakep eh abis itu ada yang coret2 kayak sengaja gitu mbak… Vandalisme ya namanya πŸ˜₯

  3. bagu2 banget muralnyaa.. kemaren ke Penang cuma ketemu dikit. soalnya males jalan plus panas2annya. padahal sebelum pegi udah diniatin pengen liat mural artnya. begitu liat cuacanya langsung batal. lebih enak ngadem di mall. hahahahha….

  4. aku sampai gosong karena muterin george town mbak Noni..dan ga semua mural berhasil dilihat. seru jg sih ke penang buat nyariin mural ini, berasa maen game yg ga beres2 πŸ˜†

    mural favorit aku yg 3 chiness dolls dan sampai skrg jadi dp whats app πŸ˜€

  5. Mesti bgt aku ketemu sama mural yg kucing gede itu mbaa.. hihi so cute πŸ˜€ Kece yah Penang bisa narik wisatawan berbekal mural2 di sana.. Aku pun tertarik buat ke sana karena liat mural2 itu.. Eh ternyata seniman muralnya cakeps yaa.. πŸ˜€

  6. Seruuu ya mbak cari2 mural di Penang. Gw dulu sengaja naik sepeda dan itu pun gak dapet semuaaa plus kepanasan jadi sering berenti2 di cafe hahaha. Liat foto2 mbak, keknya banyak yang baru ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s