10 Places to Travel When You’re Feeling Blue


Sapa Vietnam

Hidup tidak selamanya semanis madu. Terkadang ada waktu-waktu tertentu yang membuat hati gundah gulana dan sedih hati. Perasaan kayak gini lebih sering saya rasain pas lagi kesepian sih sebenarnya hehe. Apalagi pas masih single dulu. Saya sebenarnya cukup bersyukur sempet nyicipin tinggal di Surabaya karena ternyata membuat kaki bebas melangkah kemanapun sejauh dompet mampu :).

Selama di Surabaya sebenarnya setiap kali saya merasa sedih atau kacaw atau putus cinta. Yang terakhir itu paling sering deng hehe. Ada beberapa hal yang bisa membuat saya happy lagi atau paling gak bisa kayak “nafas” lagi.

Di Surabaya ada Igor’s. Ini Pastry ya. Saya suka sekali dengan Igor’s ini. Yang paling saya suka adalah Chinese Manggo Pudding nya. Sampai sekarang masih belum dapat penggantinya. Please pak Igor….buka cabang di Medan dong. Kalau yang di Jakarta dan Bali bisa cobain deh main ke Igor’s Pastry.

Igor's Pastry

Nah itu tuh si pudding kesukaan saya. Pokoknya ini pudding beneran bisa bikin happy selain tape Bondowoso penyetan bu Kris (Bu Kris buka di Medan dong).

Tapi….sekarang saya gak ngomongin tentang makanan yang bisa bikin mood balik. Kayaknya nanti saya tulis juga ah. Yang saya pengen tulis sekarang adalah beberapa tempat yang dulu sering jadi tempat pelarian saya ataupun saya harap bisa ada ditempat itu ketika sedang ngerasa sedih.

01. BROMO

Bromo DSC_9087

Saya sering kan nulis betapa cintanya dengan Bromo. Pokoknya Bromo itu salah satu tempat yang kalau saya lagi meditasi bahkan sering dibayang-bayangin hehe. Tempat yang bikin happy dan tenang. Gak tau kenapa koq bisa segitu-gitunya saya dengan Bromo.

Kadang-kadang karena sudah cukup sering ke Bromo pas nyampe dan check ini saya cuman ke ladang-ladang kentang doang bawa minuman/snack trus duduk-duduk aja. Trus biasanya juga nih saya suka keluyuran kedesa-desanya bareng pak Eko (ini supir jeep langganan). Besok paginya kalau malas liat sunrise yah tidur aja sampe jam 9 gitu trus bangun ikutan sarapan kayak orang-orang. Bikin rusuh restoran aja hehe.

Ahh….rindunya dengan Bromo

02. Danau Toba, Tongging dan Samosir

TOngging Sumatera Utara

TOngging Sumatera Utara
TOngging Sumatera Utara

https://nonikhairani.com/2013/01/05/tongging-sumatera-utara/

Saya sering kan nulis tentang Danau Toba, Samosir dan Tongging. Kalau perlu infonya tinggal di search aja ya.

Nah untuk ketiga tempat ini sebenarnya mungkin karena lumayan deket dari rumah jadi dulu kita lumayan sering kalau bosen banget di Medan langsung kabur ke Toba selama 3-4 hari atau lebih kadang-kadang.

Yang paling kita seneng sebenarnya adalah Samosir. Ini pulau di Danau Toba yang sebenarnya tidak terpisah dari pulau utama yaitu Sumatera. Jadi kita bisa datang ke Samosir dengan menggunakan kendaraan seperti mobil, motor dari kota Medan. Cuman orang-orang emang lebih seneng masuk dari Perapat karena jalurnya yang lebih singkat tetapi pemandangannya biasa-biasa aja selama perjalanan.

Taman Simalem Resort

Cara lain untuk menikmati Danau Toba adalah menginap di Taman Simalem Resort

https://nonikhairani.com/2015/01/27/camping-di-taman-simalem-resort/

03. Bali

bali2 bali13

Siapa yang bisa menolak Bali?

Tau gak dulu ya emm sekitar tahun 2007 dan 2008 saya hampir setiap bulan ke Bali. Kadang-kadang cuman bengong-bengong gak jelas aja. Ke Bali ini kalau dari Surabaya sudah saya cobain deh semuanya. Mulai dari bis, naik kereta, naik pesawat dan juga travel. Capeknya belon hilang sudah harus pulang biasanya kalau naik bis hehe.

04. Lombok

Pantai Malibu Lombok
Pantai Malibu Lombok
Gili Terawangan Lombok
Gili Terawangan Lombok

Lombok ini sebenarnya gak terlalu berkesan untuk saya. Maksutnya yah seneng sih kesini tapi gak kayak yang kepatil gitu loh. Cuman saya tetep masukin Lombok karena pantai-pantainya asik trus kalau sunset dari Malibu itu bagus banget. Saking bagusnya saya sampai dapat kecelakaan hehee. Jadi walau gak terlalu berkesan tetap saya pengen datang lagi kesini karena emang bagus.

Ada 4Β kejadian seru di Lombok yang saya alami. Pertama nemenin temen baik saya pacaran, kedua nemenin temen saya nikah diam-diam, ketiga dapat kecelakaan, keempat dapat pacar karena dibantuin pas jatuh dari motor. Nah….gimana ya koq masih bisa bilang gak berkesan hahaha.

05. Phuket

patong beach8 patong beach9

Kenapa saya selalu pengen ketempat ini? karena seingat saya pantai-pantainya keren banget tapi sayangnya karena kita datang pas musim hujan yang ada kita selalu terjebak dengan badai hehee. Makanya pengen kesini lagi. Oya saya kesini dengan adek saya Loni dan waktu itu kita beneran lagi butek banget trus kabur kesini. Jadi emang selalu kalau denger Phuket langsung mikir ihhh….tempat kita nakal-nakal dulu hahaha.

06. Flores

DSC_7555 DSC_7649 flores7

Segala tentang Flores itu bikin kangen dan bikin happy. Kita ketemu orang-orang yang tinggal disana aja bawaannya udah ketawa mulu. Semua orang yang saya temuin gampang banget senyum dan ngajak ngobrol. Ini jadi kayak nular kekita. Pokoknya Flores itu dari ujung ke ujung bakalan gak akan pernah saya lupakan deh.

https://nonikhairani.com/2013/01/07/komodo-rinca-islands-flores-indonesia/

https://nonikhairani.com/2014/08/04/flores-trip/

https://nonikhairani.com/2016/05/16/10819/

07. SA PA Vietnam

sapa-vietnam-31

Yang ini masih perlu saya ceritain gak ya hehe.

https://nonikhairani.com/2016/06/21/berkunjung-ke-sa-pa-vietnam/

Vietnam terutama Sa Pa bukan hanya berkesan karena saya melakukan perjalanan dengan pacar (yang sekarang sudah jadi mantan) tapi karena semua elemen yang ada disana itu kayak bener-bener bikin saya “terpesona”. Orangnya, udaranya, makanannya sampai bau busuk taik kerbau nya haha.

08. Klaten

e021b20d-085a-4401-aa26-ff68e56b6660

Koq bisa Klaten?

Jadi begini ceritanya. Dulu sewaktu baru-baru pindah ke Surabaya saya lagi maruk-maruknya Spa/Pijat. Soalnya murah kebetulan didekat kos ada tempat spa Bali murah meriah. Saya sering banget kesini dan suatu hari ketemu satu orang cewek. Namanya Uci. Kita kayak ngobrol-ngobrol gitu setelah kelar spa. Tukeran no hape dan minggu berikutnya saya sudah ngintilin dia pulang kampung ke Klaten huhaha.

Trus hari pertama nyampe di rumahnya, pagi-pagi bangun udaranya lumayan sejuk. Saya lihat orang-orang hilir mudik bawa pacul mau kesawah/ladang. Pas sarapan bapaknya temen saya itu (sudah tuaaa banget loh) nanya kesaya mau ikut ke sungai gak buat mandiin sapi? saya bingung banget. Kapan coba saya ditawarin mandiin sapi haha. Jadilah saya ikut.

klaten1 klaten2 klaten4 klaten5

Foto-foto tahun 2006, saya masih muda belia πŸ™‚

Oya saya masih inget jadi sungainya itu airnya kering karena Gunung Merapi lagi batuk-batuk waktu itu dan musim kemarau. Jadi banyak banget kodok gede-gede sembunyi dibatu-batu. Duh sumpah jijik haha tapi seru. Setelah itu kita nyobain off road pake mobil hartop besar milik abangnya Uci. Saya disuruh nyetir pula. Berasa gimana gitu kan kalau nyetir mobil gede πŸ™‚ .Β Β Bayangin aja nyetir masuk-masuk kesungai sama kehutan. Berasa jagoan gak sih. Yah…gak juga hahaha.

Saya akhirnya emang selalu banget ke Klaten. Sampai-sampai gak ada Uci pun saya masih bisa aja ke Klaten cuman buat tidur, males-malesan trus nanti bawa mobil nyetir ke Solo atau Yogya cari makan. Gak penting bangetlah. Ibunya Uci pun kayak udah ibu sendiri, kalau gak datang-datang suka ditelp. Menyenangkan ada keluarga baru pas jadi anak rantau.

Oya yang saya inget juga jadi pas malem-malem, secara kampung ya sekitar jam 10Β malam sudah sepi dan gelap. Saya dikamar baca buku trus sayup-sayup denger suara orang nyinden sama gamelan-gamelan Jawa. Awalnya horor tapi penasaran, jadilah saya keluar dari rumah utama. Rumah keluarga Uci ada 2. 1 yang masih berbentuk Joglo dan yang lainnya sudah bangunan modren. Begitu keluar sepi banget tapi suara musiknya tambah kenceng. Saya intip-intip dari pagar ternyata asalnya dari satu rumah kecil berbentuk joglo gitu. Ada sinar temaram dari sela-sela dinding kayunya.

Besok pagi begitu mulai terang langsung saya datangi rumahnya hihihi. Segitu penasarannya. Pemiliknya bapak tua yang ternyata emang suka banget dengerin musik. Setiap malam sampai akhirnya dia meninggal beberapa tahun lalu.

09. Jepang

0a7db983-efb1-4b87-9de0-cd10593341da

Yes….ini sebenarnya negara favorite Matt. Suka banget dia. Kalau saya bingung pengen kemana, dia selalu tau mau kemana haha. Jepang. Kata si Matt gak bakalan dia bisa bosen sama negara ini dan pengen banget bisa tinggal di Jepang.

Saya suka banget Jepang karena teratur, tertib, orang-orangnya sopan dan barang-barangnya lucu-lucu. Pemandangannya pun bagus banget. Belon lagi kebudayaannya. Ahhhh πŸ™‚

Jadi nih kalau pas lagi nyetir trus dapat macet yang gak banget kita suka otomatis ngayal gimana enaknya tinggal di Jepang aja deh. Terutama di kampung-kampungnya.

10. Bagan MyanmarBagan Myanmar

Ini tempat yang masuk bucketlist saya jadi pas bisa kesana saya sudah tau bakalan jatuh cinta. Tempat ini juga bikin saya sekonyong-konyong happy cuman karena pemandangannya, warna sunsetnya, kambing-kambing yang pulang kerumah disore hari, debunya yang menyakitkan mata dan pagoda-pagoda yang tersebar.

Emm apa lagi ya, kayaknya 10 aja deh ya. Itupun susah hahaha. Susah karena jauh coba kalau ada pintu ajaib.

Kalau kamu kemana pengen pergi jika sedang feeling blue?

Advertisements

48 comments

  1. Seneng banget liatnya, mbanon udah kemana-mana, aku ingin bisa kemana2 jugaaaa (tapi nanti kalau udah punya suami) hahaha sekarang tidak memungkinkan.

    Hmmm aku gada tempat yang ngerasa feeling blue begitu… (yaiya gak pernah traveling) hahaha

  2. Hahahhaha ada Klaten tiba2 di list ini :)) random banget. Klo gw lg feeling blue cuss ke tempat adek di Singapore, pgnnya sih ke Paris yak tp apa daya huahahahaha. Btw aku juga pgn penyetan Bu Kris buka cabang di Jogja 😦

  3. Senengnya ya non dh jalan2 ketempat2 yg segitu indahnya, buat hati tenang., jd pengen jalan2, dh lama nih dirumah aja,. ayooo ipah nabung terus yaa..xixixixi..

  4. kalo jaman masih muda dulu (tsailah) ke danau deket kampus, trs ngerokok sebatang. udh lumayan ngilangin penat. kalo skrg, paling tiba2 booking tenda buat glamping di kaki gunung atau ke pantai aja. yang penting bisa liat langit bagus, nyium udara segar udah bahagia πŸ™‚

  5. Dari semua tempat, aku sependapat Klaten. Selain Klaten kampung halaman ibu saya, kuliner Klaten kok enak semua ya. Plus murah meriah. Begitupun Solo & Jogja. Menyenangkan & mengenyangkan *tetep akhirnya urusan perut. Haha

  6. Ambulu karena memang tanah kelahiran, rumah mbah, dan banyak saudara di sana, dan makanannya enak2πŸ˜…. Tempatnya sangat desa, kalau pagi pasti ada kabut sampai bernafas saja keluar asapnya. Selain itu di Ambulu ada Pantai Papuma, 15 menit aja dari rumah. Selain itu Jogja, ga ada bosen2nya sama Jogja, terutama makanannya. Terakhir, Tomohon dan Tondano di Manado.

  7. Mba Noni, aku silent reader blog mba noni nih, mau tanya hotel yg oke dan kids friendly di bromo apa yaaa,,karena aku klo kesana bakalan bawa 2 bocah nih :D..makasih mba..

    Oiya blognya keren..hehehe

  8. Ke kota atau negara mana aja, pokoknya ke pantai yang bagus mba Non. Udah duduk diem aja di tepi pantai, dengerin deburan ombaknya, sambil ngelamun + nangis atau mikir dalam diam. πŸ™‚

  9. yg jepang feb 2017 nanti baka aku dtgin mbak ;D.. mw puas2in main rollercoaster2 yg extreme di sana ^o^ hihihi… kalo aku mah gampang, tiap kali sdg stres, feeling blue ato sedih gmn, obatnya 1 deh, coabin aja wahana2 seram yg bisa bikin teriak sekencang2nya ;p ..

    .fav ku, Reverse bungy dan giant swing di clarke quay singapur.. yg deket2 ama indo ajalah… ama wahana space shot di genting malaysia… makanya ke jepang nanti aku cuma ngincer semua rollercoaster yg terextremenya doang ;p.. ngilangin stress ceritanya πŸ˜€

  10. Kalau lagi sedih nelangsa gitu kayaknya jalan jalan kemana aja aku mah hayuk #anaknyamurehbanget, tp yang enak emang ke tempat sepi gitu mba, liat laut, duduk di tepi pantai sepi atau ga di atas bukit, biar lebih dapet aja feelnya, hehe

  11. mbak noni aku dong.. tiap kali sedih, gundah gulana, merana, langsung makan bu kris. Psen yang menu komplt, harga paling mahal, sambelnya paling pedas, lalu hilang sudah sedihku
    BTW, bakwa penyetnya Bu Kris tuh emang mood booster banget ya mbak. Yuk ke Malang, disiniada juga

  12. Kalo buat gua sih, antara ke Pangandaran (kalo duit lagi mepet) atau ke Guilin (kalo duit lagi banyak hahaha)
    Dua duanya tempat yg banyak memori buat gua, tapi salah satu hal yg gua sukai dari kedua tempat itu adalah…tempatnya damai. Kita bisa punya banyak me time, berjalan-jalan di pinggir pantai kalo di Pangandaran, atau di pinggir sungai, kalo di Guilin.

    Duh, jadi kangen sama dua tempat itu. Kapan ya bisa ke sana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s