Kampung Bena Bajawa – NTT


Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT

Sebenarnya ini trip saya yang sudah lumayan lama. Juli 2008. Baru inget karena kemaren abis liat-liat foto trus nemu deh foto KampungΒ Bena ini. Sebagian tulisan bisa dilihat disini dan disini.

Desa Bena atau biasa disebut kampung Bena adalah satu perkampungan megalitikum yang terletak di Kabupaten Ngada, NTT. Persisnya di Desa Tiwuriwu. Kampungnya terletak di puncak bukit dengan pemandangan gunung Inerie. Bagus sekali. Pas mobil kita tiba didesa ini saya sampai menahan nafas.

Kampung Bena NTT 3 - Gunung Inarie Flores

Kampung Bena NTT 4 - Gunung Inarie Flores

Kampung Bena NTT 33 - Gunugn Inarie Flores

Kampung Bena yang berada dibawah kaki gunung Inarie sebenarnya adalah ciri khas masyarakat lama yang memuja gunung sebagai para dewa mereka. Para penduduk didesa ini selain beragama Katolik, mereka juga masih percaya dengan Yeta yaitu dewa yang bertempat tinggal digunung dan akan selalu melindungi kampung mereka.

Dulu sebenarnya ada sekitar 40 rumah di kampung ini dengan beberapa bangunan yang mereka sebut Bhaga dan Ngadhu. Bangunan Bhaga mirip pondok kecil tetapi tidak ditinggalin, sementara Ngadhu adalah bangunan bertiang tunggal dan beratap serat ijuk sehingga bentuknya mirip pondok. Setiap Ngadhu terbuat dari kayu jenis khusus yang keras karena berfungsi sebagai tiang gantungan hewan kurban ketika pesta adat.

Penduduk kampung Bena kabanyakan bekerja sebagai petani dan penenun untuk para wanitanya. Sebagian besar penduduk yang saya lihat pada hari itu terlihat menggunakan kain atau sarung tenunan. Kebetulan kami datang ketika hari menjelang sore hari sehingga udara sudah mulai sedikit sejuk.

Mengunjungi Kampung Bena di Bajawa NTT ini hampir mirip dengan Kampung Naga di Garut yang belum tersentuh kemajuan teknologi. Masyarakatnya hidup sangat sederhana. Anak-anak bermain diluar rumah sampai ingusnya kering dan keringetan. Keliatannya happy banget. Pas saya datang mereka semua ngerumunin hanya untuk melihat hasil fotonya dan minta permen hehe. Oya satu yang saya suka dari trip Flores ini adalah setiap bocah yang saya temuin selalu antusias minta difoto hahaha.

Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Anak-anak di Kampung Bena
Anak-anak di Kampung Bena
Anak-anak kampung Bena
Anak-anak kampung Bena
Anak-anak Kampung Bena
Anak-anak Kampung Bena
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT

Menurut catatan pemerintah Kampung Bena sudah ada sejak 1.200 an tahun yang lalu. Sampai saat ini pola kehidupannya belum banyak berubah. Saya kurang tau kalau 2016 ya hehe. Mungkin kalau ada yang baru-baru ke Kampung Bena bisa kasih informasi ya. Masyarakat sampai saat saya datang kedesa tersebut masih sangat memegang teguh adat istiadat mereka.

Bentuk kampung Bena dibuat atau didesain tidak mengeksploitasi lingkungan sekitarnya. Hampir semua kampung-kampung mirip Kampung Bena ternyata memang ramah lingkungan ya. Misalnya saja kontur tanah diperkampungan tetap mengikuti asli tanah dikampung yang berbukit-bukit. Bentuk kampung pun mirip perahu yang ternyata bentuk ini sesuai dengan kepercayaan megalitikum. Kepercayaan itu mengangap perahu punya kaitan dengan alat/kendaraan untuk arwah yang menuju tempat tinggalnya. Kehidupan disini pun penuh dengan kerjasama, gotong royong, dan kerja keras sesuai dengan yang dicontohkan para leluhur mereka yang sebelumnya telah mengarungi lautan sebelum tiba di kampung Bena.

Dan pada tahun 1995 Kampung Bena telah dicalokan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kampung Bena NTT  ketemu bocah-bocah di jalan otw ke Kampung Bena
Kampung Bena NTT
ketemu bocah-bocah di jalan otw ke Kampung Bena
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT  Sore di Kampung Bena
Kampung Bena NTT
Sore di Kampung Bena
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena NTT
Kampung Bena Bajawa - NTT Indonesia
Kampung Bena Bajawa – NTT Indonesia
Kampung Bena Bajawa - NTT Indonesia
Kampung Bena Bajawa – NTT Indonesia

 

Jadi gimana? naksir untuk berkunjung ke kampung Bena Bajawa Flores NTt ? semoga kampung ini masih tetap sebagus seperti yang pernah saya lihat dulu.
Untuk yang belum ikutan survey dan berkesempatan mendapatkan E-VOucher Zalora @Rp 100.000 untuk 7 orang pemenang, silahkan klik link ini ya.
Advertisements

66 comments

    • aku sih enggak ya Frany tapi ada anak cust dulu yang aku emang sarankan suntik malaria secara dia hampir gak pernah keluar rumah trus mau tinggal hampir 1 bulan disana buat jalan2

  1. fantastis! kampungnya indah bangeeeet.. itu macam rumah2 di punden berundak yaa.. cantik bangeet..

    trus itu anak cewe yg difoto pertama kali, mukanya kok bule2 gitu ya πŸ˜€

  2. Kemaren baca cerita arievrahman tentang desa wae rebo di NTT, trus sekarang baca ini, jadi tambah pengen ke NTT, banyak yg dieksplor buat jalan jalan selain main ke pantai pantai

  3. kk kaget ngelihat di Kampung Naga udah pada punya tv
    keren itu komposisi rumah2nya Kampung Bena.., ada aturannya ya NOn ?

    • ada aturannya kak, kayaknya gak boleh dirubah2 gitu deh soalnya mungkin ngikut kontur tanah juga kan ya.

      oh iya di kampung naga aku juga liat tv tapi pake baterai

  4. Kereen banget mbak ini, tempatnya, fotonya , sejarahnya dan mba nya.
    NTT keren banget ya. Semoga ada kesempatan bisa kesini amiin

  5. Wah makasih share ini harus dicatet neh…demen untuk mengunjungi tempat kyk gini dan foto2 anak2 keliatan bngt mrk happy dr wajah mrk yg riang 😍

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s