Berkunjung Ke Sa Pa Vietnam


Pertanian di Sa Pa Vietnam
Pertanian di Sa Pa Vietnam

Kalau ada kota yang ingin saya kunjungi kembali jika ke Vietnam adalah Sa Pa. Sa Pa terletak di Vietnam Utara, hampir berbatasan dengan Cina.

Sa Pa sejauh yang saya tahu lebih disukai oleh wisatawan yang menyenangi aktivitas outdoor seperti trekking atau mendaki gunung Fansipan. Gunung Fansipan adalah gunung tertinggi di Vietnam yang katanya dimusim dingin akan diselimuti oleh salju.

Cerita lengkap mengenai kunjungan saya ke Sapa bisa dilihat disini ya.

Untuk saya dan temen seperjalanan saya tentunya kita hanya memilih untuk trekking kedesa-desa disekitar Sa Pa. Ada beberapa suku minoritas yang tinggal di Sa Pa seperti Black H’mong, Red Dao, Flower H’mong dan masih banyak lagi. Kalau kita datang pada saat festival atau hari-hari besar maka hampir keseluruhan suku akan berkumpul. Saya hanya sempat bertemu dengan beberapa suku di pasar, tempat segala kegiatan masyarakat Sa Pa dipagi-siang hari.

Hari pertama kami berencana hanya berkeliling kota, mencoba beberapa restoran kecil dan tentu saja makan yogurt Vietnam yang enak banget. Tapi karena kita terus diikuti oleh wanita-wanita H’mong akhirnya kita malah ngikut satu orang wanita bernama Tsu kerumahnya.

Tsu, our guide
Tsu, our guide

Jadi nih ya seperti dimanapun tempat wisata kebanyakan kan suka ada pedagang-pedagang gitu termasuk Tsu ini. Dia menawarkan anting kesaya. Secara saya emang suka beli anting-anting akhirnya ngobrol. Trus dia nawarin untuk kerumahnya dan nanti dimasakin dirumahnya untuk makan siang. Kita pikir-pikir kenapa enggak. Jadilah kita ok ngikutin Tsu dengan janji membeli dagangannya dan bonusnya makan siang.

Ternyata rumah Tsu ini jauh, melewati beberapa desa, sungai trus mendaki bukit kecil. Habis nafas deh baru nyampe dirumahnya haha.

Tas Tsu
Tas Tsu
Rumah Tsu
Rumah Tsu
Diajarin masak tapi percayalah saya gak fokus hehe.
Diajarin masak tapi percayalah saya gak fokus hehe.
Dikasih pinjem bajunya, gimana udah mirip gadis H'mong?
Dikasih pinjem bajunya, gimana udah mirip gadis H’mong?
Kota Sa Pa dari hotel
Kota Sa Pa dari hotel
:)
πŸ™‚
Sa Pa
Sa Pa
Gadis H'mong di pasar
Gadis H’mong di pasar
Tas Handmade H'mong
Tas Handmade H’mong
Gadis H'mong
Gadis H’mong
Dari pasar
Dari pasar
Mereka modis kan ya
Mereka modis kan ya
Tsu dan temannya
Tsu dan temannya
Perjalanan kerumah Tsu
Perjalanan kerumah Tsu
Perjalanan kerumah Tsu
Perjalanan kerumah Tsu
Perjalanan kerumah Tsu
Perjalanan kerumah Tsu
Perjalanan kerumah Tsu
Perjalanan kerumah Tsu
Perjalanan kerumah Tsu
Perjalanan kerumah Tsu
Perjalanan kerumah Tsu
Perjalanan kerumah Tsu
Perjalanan kerumah Tsu
Perjalanan kerumah Tsu

Sapa Vietnam 21 Sapa Vietnam 22 Sapa Vietnam 28

Anaknya masih ngerjain PR waktu kita datang
Anaknya masih ngerjain PR waktu kita datang
Tetangga Tsu yang lagi ngerjain sawahnya
Tetangga Tsu yang lagi ngerjain sawahnya

Sapa Vietnam 31 Sapa Vietnam 32

Sa Pa Vietnam

Saya sebenarnya kurang jelas kenapa mereka semua tetep berpakaian traditional walaupun lagi bekerja di Sawah. Soalnya ada beberapa informasi yang saya dapat kalau katanya perempuan-perempuan ini sengaja berdandan seperti itu untuk menarik perhatian turis. Masalanya masa iya perempuan yang kerjanya disawah persis diatas bukit pake baju yang sama? panas banget pula hehe. Jadi saya simpulkan emang mereka seneng aja berdandan seperti itu dan memang seperti itu lah mereka berpakaian. Menarik ya πŸ™‚ ga bakalan bosen deh ngeliatin mereka wara wiri.

Perempuan-perempuan H’mong ini rajin dan gigih-gigih banget dan mereka rata-rata bisa berbahasa Inggris terutama yang saya temui di pasar. Mungkin karena sering berinteraksi dengan turis dan mereka juga suka menawarkan untuk menjadi guide trekking seperti yang dilakukan Tsu. Saya memang memilih berjalan dengan Tsu daripada mengambil paket dari travel karena yah……terasa lebih menyenangkan aja. Tsu bahkan menawari kami tinggal dirumahnya haha. Baik ya.

Foto was taken by Lucky
Foto was taken by Lucky
Kota Sa Pa dimalam hari
Kota Sa Pa dimalam hari
topi khas Sa Pa
topi khas Sa Pa
2 remaja yang baru pulang dari pasar. liat kaus kakinya karena udara cukup dingin, mereka selalu menggunakan kostum seperti itu
2 remaja yang baru pulang dari pasar. liat kaus kakinya karena udara cukup dingin, mereka selalu menggunakan kostum seperti itu
Oya suku H'mong juga jago sekali menjahit
Oya suku H’mong juga jago sekali menjahit
Cute
Cute
Wanita H'mong di pasar
Wanita H’mong di pasar
H'mong
H’mong
Makanan khas di Sa Pa
Makanan khas di Sa Pa

Sapa Vietnam 40

Kenapa saya masih ingin berkunjung kesini? karena tempatnya memang cantik sekali, sepi, penduduknya ramah dan barang-barang handmade nya keren-keren hehe.

Untuk yang berkunjung ke Vietnam saya rasa Sa Pa patut diperhitungkan apalagi harga hotel disini tidak terlalu mahal, makanan enak, penduduk ramah, udara masih sangat bersih dan tentunya melihat suku-suku minoritas yang tinggal disana sangatlah menyenangkan. Jangan lupa untuk berbelanja kerajinan tangan mereka πŸ™‚

Untuk melihat foto-foto lainnya klik disini ya….

 

Advertisements

67 comments

  1. Uaaaah mbaak bagus banget, paling ga kuat klo liat sawah2 yang cantik. Dingin banget mbak hawanya? Yuk kapan2 ke sini lagi anterin aku hihi

    • Mba datang awal Juli Gy, katanya menjelang musim gugur tapi lumayan sejuk sih kayak di Puncak gitu hehe. Kalau pas winter katanya bisa drop sampai minus juga.
      Ayolah kapan kita kesini. Emang pengen sih balik ke Vietnam

  2. kaya rumah neneknya suami di pucuk gunung di trenggalek, mba.. masak masih pake kayu bakar. lantai dapur juga masih tanah πŸ˜€

  3. Ka noni, ngobrol sm mrka pake bahasa apa?
    Ka noni hebat ihh mau berbaur dr penduduk lokal, org asing lagi. Kalo aq keburu mikir takut diculik trs dipaksa kawin sm tetua adat sana #gagalfokus

    • Bahasa Inggris Syera, mereka bagus banget bahasanya atau paling gak bisa berkomunikasilah, terutama perempuan2 H’mong yang ada di Pasar. Rata2 bisa ngobrol hehe.
      Gak kepikiran waktu itu diculik haha, lagian aku sama si mantan pacar sih, berdua jadi agak kurang takut. Padahal kalau mau diculik bisa2 aja haha

  4. Mengeksplorasi suatu kota dengan warga lokal memang lebih berkesan ya daripada ikut tur, karena kita bisa berinteraksi langsung dan mengenal budaya mereka lebih dekat πŸ™‚

  5. Fotonya keren – kereen banget mbak. Seneng dehkalau bisa kesana, banyak kebudayaan yang bisa di explore ya

  6. Mbak Noni imut banget pake baju H’mongnya! Foto2 subyeknya keren mbak terutama yang orang sama binatang! Trus karena penasaran kenapa perempuan H’mong pake baju tradisional mereka terus aku langsung gugel dan kesimpulannya adalah mereka begitu karena pertahanin tradisi. Cuma itu kayaknya kudu dinamain kaus betis ya, bukan kaus kaki hahaha!

    • Makasih yaa πŸ™‚

      Oh jadi mereka emang mempertahankan tradisi ya, bagus juga sih karena keliatannya malah tambah unik dimata turis hehe. Kaos betis iya, soalnya gak ada dikakinya ya hehe

  7. Bagus ya πŸ™‚ . Bulan lalu, aku ke Vietnam, tapi hanya ke hanoi dan Halong Bay. Sasaran berikutnya : pengen jalan2 ke Iran πŸ™‚ . Kamu udah pernah mengunjungi negara Timur Tengah atau belum mba?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s