Hidden Tresure


Krakal atau Wediomboh yang ini, lupa :(
Krakal atau Wediomboh yang ini, lupa 😦

Rabu ini untuk #ceritajalanasik membahas mengenai Hidden Treasures. Kira-kira tempat yang kita temuin dan masih belum banyak orang yang tahu. Saya jadi nya mengingat-ingat tempat yang pernah saya datangi dan sedikit “rahasia” tapi ternyata kayaknya semua tempat yang saya pernah datangin bukan rahasia lagi huhaha. Secara saya tahunya pun dari majalah, koran, internet atau dari informasi temen. Gimana bisa dibilang rahasia, ya 🙂

Tempat pertama yang saya kira beneran rahasia banget adalah Pulau Sempu

Pulau Sempu tahun 2007
Pulau Sempu tahun 2007

Saya tahu pulau ini dari Ebbie dan Erin. Trus mereka berdua ngajakin saya kesini. Karena memang saya masih tinggal di Surabaya, kita putuskan untuk pergi ke pulau ini pulang hari. Sebelum ke pulau Ebbie sempet ngurus ijin nya di pos Perhutani di Sendang Biru.

Perjalanan lancar, semuanya bagus banget sesuai dengan harapan saya apalagi katanya pulau ini mirip dengan film the Beach yang syuting di Thailand. Tempatnya sendiri sepi banget dan masih bersih. Setiap orang yang kesini biasanya harus membawa kembali sampahnya keluar pulau. Gak boleh ditinggalin dipulau karena memang tidak berpenghuni, siapa juga yang mau ngurusin, ya kan.

Tahun lalu saya dengar pulau ini berubah banget. Jadi kotor. Sedih ya dengernya. Saya sempet menuliskan tentang pulau Sempu yang lain disini.

Selain pulau Sempu yang saya juga kira sedikit rahasia adalah pantai-pantai di Yogyakarta. Saya pergi kebeberapa pantainya seperti Krakal, Kukup, Wediombo, siung, Sundak, Baron dan Drinil. Lumayan banyak ya, soalnya pantai-pantainya ini hanya berbeda beberapa km gitu. Saya pergi ketempat ini tahun 2006. Untuk datang ketempat ini gak susah tapi nyari-nyari pantainya lumayan ribet karena setiap orang yang kita tanyain pasti deh jawabnya dengan bahasa Jawa hehe. Seru

Pantai Krakal Yogyakarta
Pantai Krakal Yogyakarta
Pantai Krakal Yogyakarta
Pantai Krakal Yogyakarta

wediomboh yogyakarta

Sebenarnya kalau dibilang rahasia gak juga sih, saya lihat banyak warga lokal yang main ke pantai Baron waktu itu. Kebetulan saya datang ketika libur 17 Agustus. Rame banget di Baron tapi dipantai lain cukup sepi. Yang ada cuman pemancing hehe.

Selanjutnya emmmm tentu saja Candi Ratu Boko. Sekarang udah pasti tempat ini bukan rahasia lagi, apalagi sejak film AADC 2. Nah si Ratu Boko ini saya temukan karena iseng main ke Prambanan trus mereka bilang gimana kalau beli tiket terusan ke Ratu Boko dan bisa lihat matahari terbenam. Sebagai penggemar sunset tentu saja saya tidak melewatkannya.

Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko

IMG_1199

Sebenarnya ada banyak lagi tempat yang tidak sengaja saya temukan karena memang tidak direncanakan. Semisal pas lagi nyasar ehhhh ketemu tempat yang asik atau bagus banget. Atau pas nyasar ketemu tempat yang kita cari-cari. Banyak deh.

Saya yakin temen-temen saya punya tempat-tempat seru lainnya. Kamu bisa langsung ke blog Febby @jalan2liburan yang membahas mengenai 7 Europe’s Hidden Gems to Visit dan Aggy @dewtraveler mengenai The Buried Ones: Herculaneum and Villa Oplontis.

#ceritajalanasik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by jalan2liburan, nyonyasepatu dan dewtraveller. Check our posts every Wednesday!

This week’s theme : Hidden Tresure 

Advertisements

57 comments

  1. Aduh nooonn …aku jatuh cinta nih liat foto si pulau sempu ❤ tapi pas baca di paragraf bawah kalo sekarang jadi kotor, sediihh dehh …. Tega ya tempat seindah ini gak di rawat bersama. Kalo mau kesini dr Sby gimana non?

    • pantainya bagus banget padahal, mirip bener sama yang film the Beach tapi sayang karena gak dirawat dan yang berkunjung sembarangan buang sampah jadinya beneran kotor banget.
      Dari Srabaya ke Malang Selatan tepatnya ke Sendang Biru. Nanti dari sana nyebrang ke pulau hehe. Untuk sekarang kalau mau kesana sebaiknya urus smaksi.

  2. Wah baru tahu ada post barengan bertema jalan-jalan setiap Rebo. Saya lupa belom simpen alamat jalan2liburan setelah reset kemaren. Makasih Mbak Non. Jadi kangen pantai baca ini.

  3. Wah kebetulan mbak bahas Pantai Krakal dan Candi Boko, aku pernah kesana waktu study tour SMP. Jadi waktu itu tujuan kita ke parangtritis lalu lupa gimana cerita jadi ke Krakal. Cuma bisa nikmati ajah pemandangannya karena belum jaman hp kamera masih nokia 8210 hahaha, nah sesudah pas ke prambanan diajak jalan kaki tembus ke Boko. Waktu itu masih sepi bgt kerasa bgt sepinya tapi keren bgt. Semoga setelah terkenal tempat2 di atas masih indah dan dijaga kebesihannya

  4. Sempu masih bagus katanya, tapi gak sebagus dulu dan tentunya jadi kotor… #sedihlah
    sekarang susah nyari yg Hidden Gems/Hidden Treasure di Indo, masuk IG sedikit, langsung terkenal, langsung dikunjungi rame2… terus rusak 😦

  5. tempat-tempat indah seperti Pulau Sempu ini kadang ada baiknya tetap menjadi rahasia aj ya, kalau udah banyak yang datang jadi rusak tempat nya

    • kayaknya emang biasa terjadi kalau di Indonesia ya 😦 sedih sih tapi emang masuk ke Sempu itu seharusnya gak bisa semua orang karena termasuk cagar alam. Kalaupun mau harus punya Smaksi. Aku juga salah sih kayaknya waktu itu karena cuman ngurus ijin ke petugas di Sendang Biru doang.

  6. Apa-apa yang dibilang masih rahasia, masih sepi dll, kalau letaknya di Pulau Jawa lalu diekspos, pasti gak lama kemudian akan jadi ramai. Dan sedihnya sebagian orang yang membuat ramai itu seringkali gak tau caranya liburan yang baik. Setelah pulang meninggalkan sampah.

    Btw aku sendiri malah belum jadi-jadi ke Sempu dan susur pantai di Jogja. Selalu aja ada hal lain yang mengalihkan hahahaha 😀

    • Kalau Jawa emang akses nya lebih gampang ya, jadi lebih banyak yang datengin trus jadi rame luar biasa 😦 Kalau Sumatera dan Timor emang agak susah karena mahal juga. Itupun udah mahal sekarang udah rame aja juga hehehe. Emang kalau udah masuk socmed biasanya langsung deh rameeeeeeeeee.

      Gak usahlah ke Sempu Bart, kecuali mau penelitian heheh.

    • iya gak usah diceritain tp kan mau pamer haha. Dulu ada temen aku yang suka jalan juga kalau nemu tempat baru, dia diem aja gak mau ngomong dimana soalnya takut rame.

  7. Tahun lalu saya dengar pulau ini berubah banget. Jadi kotor

    Tukan … yang gini ini yang bikin sebel …
    Apa susahnya sih bawa plastik untuk tempat sampah …

    Semoga tempat wisata kita dari hari ke hari menjadi lebih bersih

    salam saya Non

    • Iya om sampai katanya harus ditutup sayangnya aku liat sampai hari ini masih banyak yang kesini, jadi gak jelas beneran ditutup atau gimana.

      Amin….semoga bisa ya om, rasanya koq sulit hehe

  8. Kadang wisatawan indonesia sndiri yg malah suka ngerusak kak, apalagi klo macam emak2 rempong yg ksana. Piknik bwa makanan trs buang sampah sembarangan *kyak mamaku huhuhu, kdg aq smp melotot-melotot klo mamaku sembarangan buang sampah

  9. sunset di Ratu Boko tuh ga pernah salah ya mbak Noni, cantik banget sunsetnya.
    iya ya, kalau sekarang pasti jadi rame karena efek AADC2 deh

  10. Nah itu dia yang bikin tempat wisata di Indo jadi kumuh soalnya ga pada ngrawat dan jaga padahal tempat wisatanya tidak kalah dengan di luar negeri. Duhh cantiknya kak Noni….

  11. Sayang banget ya Non kalau tempatnya cantik trus terkenal trus rame dan trus jadi kotor 😦 .

    Hahaha, di Gunung Kidul memang banyak banget pantainya. Dan iya sih rada tersembunyi soalnya kesana-nya relatif susah, hahaha 😆

    • masalah banget ya di indonesia kayaknya 😦 begitu rame langsung deh “rusak”

      gunung kidul itu seru untuk disusuri pantai2nya ya Zi, sayangn jauh aja skr dari Medan

  12. menemukan hidden treasure itu pasti menyenangkan bgt ya mba. Apalagi kalau sampai lokasi benar amazing. Rasanya maunya ga ada yg tahu aja dan tetap jadi hidden treasure biar tetap terawat…

  13. yg aku dtgin juga udh bukan hidden gems sih mbak…tp buatku pas dtg dulu masih sepiiiii bgt. jd kyk tempat tersembunyi juga… Ada 2 tuh, pantai klayar (skr mah udh ruameeee). dulu pas kesana berasa pantai pribadi krn yg ada cuma aku dan suami ama 3 org itupun dia lgs pulang pas kita dtg… jd g ada siapapun lagi…

    trs yg kedua, air terjun malela yg kesitunya aja butuh 2 jam naik mobil, 30 menit naik motor yg jalannya ancur byanget nget nget plus jurang dan 1 jam jalan kaki. tp pas nyampe , duuuuh ilang semua capek… kyk niagara mini. ga tau ya skr apa udh rame ato ga tuh air terjun…

    • Klayar itu di Pacitan kan ya? aku dulu kesana juga sepiiii abnget. seharian cuman kita berdua aja waktu itu. gila banget dan bagus banget juga.

      malela itu dimana yaaa Fan? langsung googling hehe

  14. hidden treasure jogja banyak mbak.. meski sekarang udah mulai rame.. seperti spot sunset terindah selain ratu boko bisa ke candi ijo yang htmnya dulu cuma parkir.. trus kalo pantai ke pantai jungwok sebelahnya wediombo, uapik banget.. masih ada lagi laut bekah yang mirip uluwatu di bali.. 😀

  15. Namanya juga di pulau Jawa, yg tadinya org gatau tempat itu kalau tau langsung jadi ramai..plus kotor dan tidak berapa lama malah jadi tidak enak dipandang 😦
    Btw, saya juga pengen ke Pulau Sempu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s