10 Oleh-Oleh Wajib Dari Medan


Walaupun banyak orang yang sebenarnya keberatan kalau harus repot-repot beli oleh-oleh tapi bisnis oleh-oleh kayaknya gak bakalan mati. Di kota Medan yang terkenal dengan kulinernya tentu aja bisnis oleh-oleh ini berserakan dimana-mana. Ada banyak sekali pilihan dan tempat yang bisa dipilih untuk belanja oleh-oleh.

Saya lumayan sering ditanyain langsung, via telp, email atau via DM twitter soal oleh-oleh wajib yang harus dibeli ketika berkunjung ke Medan. Rata-rata sih pilihannya makanan karena paling gampang dibeli plus bisa dibagi-bagikan untuk keluarga atau orang kantor.

Beberapa oleh-oleh di kota Medan yang bisa dijadikan refrensi adalah :

01. Bolu Meranti

pic pinjem dari ritualmakan.blogspot.com
pic pinjem dari ritualmakan.blogspot.com
pic pinjem dari savorsnap.com
pic pinjem dari savorsnap.com yang ini lapis legit yang juga ngetop di Medan

Boomingnya bolu Meranti kayaknya dimulai sebelum Β tahun 2006 deh kalo gak salah. Soalnya waktu itu saya masih ngantor di Medan dan tiba-tiba permintaan oleh-oleh dari Bika Ambon beralih ke Bolu Meranti. Rasa yang paling disukai udah pastilah yang keju karena katanya paling enak. Buat saya seperti biasa gak terlalu suka haha.

Untuk harganya sendiri lumayan mahal sih, satu kotak yang biasa kalau belum naik ya sekitar Rp 45.000 dan biasanya dulu harus bawa beberapa kotak setiap kali pulang ke Surabaya. Lumayan bangkrut juga plus berat. Jadi sebelum pesan pastikanlah kalian udah ngitung baik-baik yang mau dibeliin oleh-oleh hahaha.

Kalau gak salah Bolu Meranti ini bisa diorder via telp, coba aja hubungi no 082263299998

02. BIKA AMBON ZULAIKHA

pic dari goexperience.gonla.com
pic dari goexperience.gonla.com

Saya inget banget nih bolu meranti yang merek Z ini pernah bikin saya nunggu hampir 1 jam 😦 apalagi pas Lebaran atau pas arus mudik. Haduh malesin banget ngantrinya haha. Kalo perlu biasanya kita udah ke tempat ini pagi-pagi banget. Untungnya keluarga saya di Surabaya lebih suka Bika Ambon merk lain yang ngantrinya gak perlu pake lama.

Kalau bika ambon kayak gini ini sih nyarinya gampang. langsung aja ke Jl. Majapahit entar udah deh ketemu banyak toko-toko yang jualannya sama semua. Tinggal pilih aja mau yang mana. Saya sih sukanya yang rasa original. Biasanya juga mereka jual oleh-oleh yang lain kayak sirup markisah, sirup kedondong, lapis legit dan masih banyak lagi.

03. Risol GOGO

Pic dari www.cekinfo.com
Pic dari http://www.cekinfo.com

Koq bisa risol ini terkenal banget? saya juga gak tau karena gak pernah beli apalagi makan. Kemaren sempet ada anak kantor yang bawain tapi saya udah males buat makannya hahaha. Risol ini ngetop banget sampe-sampe ada temen saya di Surabaya dulu nitip-nitip dan gak dibeliin karenaaaaa…..tas udah kepenuhan sama oleh-oleh semua orang. Biaya oleh2 lebih gede dari harga tiket pesawat *curhat*.

Kalau kata orang-orang sih rasanya emang enak banget, entar deh kalo si Matt mau saya cobain juga buat beli hehe. Kalo ada yang pernah coba boleh banget loh curhat dikolom komen πŸ™‚

04. Manisan JAMBU

pic dari www.eresep.com
pic dari http://www.eresep.com

Saya gak nemu foto bagus untuk manisan jambu padahal rasanya enak banget. Saya paling suka nih manisan jambu. Kalau suka bisa beli di GG. Pasir. Masuknya dari Jl. S. Parman deket Harley Davidson. Kenapa jambu ini enak banget? yah pokoknya gak terbayangkan deh huhaha. Sebagian katanya sih pake pemanis buatan/pengawet, jadi coba aja pilih yang tokonya paling pojok sebelah kanan. Ibunya baik banget yang jual dan bisa anter juga. Disini biasanya bisa beli manisan lain juga atau juice-juice botolan gitu yang dia bilang tanpa pemanis. Saya biasanya beli juice kedondong sih disini.

05. TERI MEDAN

pic dari www.indochinekitchen.com
pic dari http://www.indochinekitchen.com

Aduh postingan ini rusuh banget deh. Saya paling suka kan makan teri. Pokoknya teri diapain pun pasti bakalan saya makan. Biasanya nyokap suka bikinin sampe satu toples gitu dan saya makannya bisa setiap hari sampe habis hihihi. Pokoknya fans berat deh. Kalo teri sampe punah, saya bakalan nangis pertama kali.

Teri Medan ini terkenal sampai kemana-mana, padahal kan laut dimana-mana juga tapi gak tau deh kenapa teri Medan bisa ngetop banget. Sangking ngetopnya orang-orang dikantor dulu suka nitip Teri. Yah walopun saya suka banget teri tapi gak segitunya juga mau bawain teri dan bikin semua baju bau huhahaha. Males banget πŸ™‚

Sekarang teri ini dijual dalam 2 model. Satu yang mentah dan yang lainnya udah dijadiin sambal teri pake kacang. Enakkkkk πŸ™‚

Semuanya bisa dibeli di toko-toko di sekitaran jl, Majapahit. Kesana aja langsung. Kalau mau yang murah beli teri medan di pasar-pasar traditional kayak pusat pasar (awas copet) sama pasar peringgan. Coba deh kalo lagi ke Medan, kalo nitip saya gak janji ya soalnya mahal dan bau hahaha.

Pemesanan — email : teribajakmedan@gmail.com / line : teribajak / Twitter : @teribajakmedan / Sms : 08116155866

06. DURIAN (PANCAKE DURIAN)

pic dari fariancake.com
pic dari fariancake.com

Ini oleh-oleh yang mustahil mau saya bawain kecuali orangnya emang istimewa banget atau keluarga hahaha. Pertama baunya luar biasa ganggu hidung dan harganya pun mahal banget. Kedua saya kan gak makan durian, yah masa saya bawain durian sih. Malesin. Durian atau pancake durian emang Booming banget. Rasanya kalo ke Medan gak makan durian berasa gak lengkap. Harus makan. Ada satu tempat makan durian yang gak pernah sepi dan selalu punya durian. Gak kenal musim. Namanya UCOK DURIAN. Sebenarnya saya pegnen sih nulis tentang si UCOK DURIAN ini tapi setiap kali mau berhenti langsung pengen pingsan sangking baunya haha. Gak kebayang tetangga2nya ngerasa gimana ya.

Kalo di kantor yang sekarang, setiap tamu yang ngotot mau bawa durian bakalan dicekal di LObby, alias harus dititipin karena baunya bisa ganggu semua orang di gedung.

Cara orang-orang buat bawa durian ini sih macem-macem ya. Mulai dari dibungkus kopi sampe entah apalagi. Saya cuman pernah bawa 2 bungkus pancake durian ke Surabay tapi karena ibu angkat saya alergi jadi selamat deh. Gak usah bawa-bawa lagi hehe.

Kalau mau makan durian sebenarnya di Medan tersebar dimana-mana. Yang paling top yah si UCOK DUrian itu tapi di tempat lain ada koq. Harganya sendiri saya kurang tau. Untuk pancake saya sering rekomendasiin sih yang di Nelayan or Raja PAncake di jl. sekip.

07. SIRUP MARKISA & TERONG BELANDA

pic dari pro-arif.blogspot.com
pic dari pro-arif.blogspot.com

Sirup Markisa menjadi komoditi unggulan dari kota Brastagi. Sirup markisa tersebut dibuat oleh PT Maju Jaya Pohon Pinang yang sudah berdiri sejak tahun 1982. Cuman saya tetep heran kenapa ya sirup botolan gini sampe dicari-cari?Β 

Selain sirup markisah, yang juga terkenal adalah sirup terong belanda. Carinya gampang koq, ada di semua toko oleh-oleh πŸ™‚

08. LEMANG

Pic Dari medanbisnisdaily.com
Pic Dari medanbisnisdaily.com

Ini makanan yang terbuat dari ketan yang dimasak didalam bambu. Rasanya enak sih πŸ™‚ lemak2 gitu haha. Paling enak dimakan dengan tape. Nyokap paling suka dan biasanya kita belinya kalo di Medan di sekitaran Golden, dekat PETISAH.

Yang paling banyak jual lemang sih sebenarnya di daerah Tebing Tinggi. 2 jam dari Medan tapi kalau dari Danau TOba bisa minta supir berhenti sebentar buat beli lemang.

09. KOPI SIDIKALANG DAN GAYO

pic dari www.savoryandsweetnyc.com
pic dari http://www.savoryandsweetnyc.com

Tau gak, yang saya paling bangga dengan SUMUT itu adalah kopinya. Saya dulu termasuk anak kopi Sidikalang banget. Tiap 3 bulan nyokap pasti ngirimin 1 kG kopi Sidikalang ke Surabaya. Biasanya sih saya minumnya dengna semua satpam di kantor tanpa gula. Buat saya dulu yang minum kopi dengan gula adalah Β banci huhahhahaha *dikeplak*.

Sumut emang terkenal dengan kopi Sidikalangnya. Rasanya emang enak sih. Kalo yang ngerti kopi pasti bakalan tau deh beda rasanya tapi belinya kopi yang bagus ya, bukan yang abal-abal.

DI Medan ada banyak sih tempat jual kopi kayak gini. Mulai dari pasar traditional, supermarket atau warung-warung kopi. Kalau lagi diluar kota bisa beli yang punya Starbucks sih, bapak si Matt biasanya beli dari sana karena punya Kopi Sumatera πŸ™‚

Untuk kopi Gayo juga sama kerennya. Cobain deh, gak bakalan nyesel. Buat yang gak biasa bisa tiung-tiung diawalnya hahaha.

O,ya makasih kopinya ya Tiara, Udah nyampe dengan selamat hehe.

10. ULOS DAN KAOS KHAS MEDAN

Yang ini bisa didapat di pasar traditional πŸ™‚ atau di Danau toba. KAos khas Medan ada di cemara asri dan di jl. Setia budi :0

So…….happy shopping traveler πŸ™‚ Enjoy Medan

 

 

Advertisements

178 comments

  1. Aku beli 4 di antara 10 yang ada di daftar…Bolu meranti, kopi sidakalang, sirup markisa dan ulos. Lainnya beli kalay ke medan lagi> penasaran sama manisan jambuu non πŸ™‚

  2. Aku termasuk yang males bawain oleh-oleh, kalaupun beli ya paling buat konsumsi sendiri aja. Alasan utamanya cuma gak mau repot aja sih *ini pelit apa gak mau repot?* πŸ˜€
    Eh tapi dari kesemuanya yang disebut itu, yang belum pernah coba tinggal risol sama manisan jambunya.

  3. baru makan bolu meranti, dan rasanya khok biasa banget siiih nooon, mending pesen ke temenku lebih enak dan kerasa butternya. kalo manisan medan aku suka juga tapi belum pernah ke medan siiih ahahaha belinya di daerah bratang yg jual asli orang medan.
    Doakan kami bisa ke medan yaaah pengen ke sana bangeet.

  4. whoa, ternyata ada yang ngerekomendasiin manisan jambu hihihi πŸ˜€
    keluargaku kalau ke medan juga langganan bawa manisan jambu sama ikan teri, kalau ikan teri belinya di pajak sentral, kalau manisan jambu di gang pasir (dan foto yang diupload di laman ini adalah langganan keluarga aku). kalau oleh-oleh yang lain sih enggak.
    yang belom pernah dicoba cuma risol. ntar kalau ada sodara dari medan nitip ah, bosen dibawain meranti mulu -_-

  5. Bolu meranti walaupun biasa aja tapi enak …. punya rasa khas sendiri lah. Pancake durian memang enak … tapi mahaaaal. lainnya belum pernah …. nanti kalau ke Medan mau coba. Khusus kopi sidikalang … yg paling enak beli dimana ya? thank you

  6. Kalau mau beli oleh2 kopi sidikalang ada ni tempat yg bgs, selain kota lemang tebing tinggi juga memproduksi kopi andalan sidikalang,tepatny di the king,s coffee, letakny djln prof. Dr hamka,boleh jg kirim2, byk ko farian kopiny dn yg penting terbuat dr 100 % biji kopi asli, kemarin aj vocalis papinka dn drummer asbak band singgah tu sblm konserny di tebing tinggi,

  7. Pancake durian medan & sate kerang tanjung balai phone 08116128180 & 085261219078 alamat jalan Abdullah lubis no.57/71

  8. Wah,klo pacar pulang harus nitip kue2 dan terinya,atau semua kali ya?,macam-macam nih oleh2nya.dijogja blm pernah nemuin manisan jambu.bayangin rasa rotinya dah bikin ngiler.hmmm nyam nyam…

  9. meranti udah lama banget gak makan alasannya dl klo emak kesana gak mau dibeliin krn bosen, tp skrg setelah sekian lama gak makan yooo pengen lagi..klo dpt oleh2 meranti tidak pernah keju dan saya tidak suka…klo gak keju ya sama aja sm bolu2 lainnya. knapa keju itu menurut aku enak krn kejunya gak pelit wakakkak…bukan cuma parutan tp potongan….gak tau klo sekarang gimana.

    risol, lemang dan kopi blom pernah beli….klo bayanganku si klo risol pasti ya rasanya sama aja dimana2, yg membedakan cuma enak dan tidak enak…jd klo enak pasti ya standar hahhaha. klo lemang apaa malah gak tau wakakkaka…apa pernah makan tp gak tau namanya. klo kopi, bukan kopi lover jd ya mending gasah beli drpd di rumah gak ada yg minum hahahha….rugi belinya.

    klo sirup markisa, terong belanda udah bosen niihhh…klo teri tiap butuh tinggal telpon trus dikirimin deh sm tante…

    aku juga pecinta manisan jambu dan entah udah brapa tahun gak makan tuh manisan… hiksss….dan penasaran dengan sirup kedondongnya…besok beli aaahhhhh….dan juga pancake durian…krn duren itu buah paporit…

  10. maaf numpang kasi info aja mba mas…
    orang medan sendiri kurang senang dengan hal” diatas,kebanyakan orang medan mengidolakan
    kopi sidikalang,TST (TehSusuTelur),
    jajanan air tebu itam dan wajik pecren yg kedua nya berasal di berastagi.bahkan ada yg khusus dtg kebrastagi hanya untuk beli wajik n langsung balik lg kemedan….
    TST menjamur di kota medan disegala penjuru kota byk yg menawarkan,tp plg top sekitaran jl HALAT,AMALIUN.muda mudi nongkrong menikmati TST yg hangat segar menyehatkan dr malam – subuh.
    soal rasa silahkan icip langsung dah.jangan tinggalkan medan tanpa mencicipi nya.Welcome to the MEDAN broooo sist…….

  11. Hmmm. Kalo ku rasa sih, bolu meranti enak, langsung kenyang walau cuman makan 1 potong kecil aja kak.
    Tapi Kalo ditanyak, aku lebih hobi lengkapi ngemil manisan jambu rasa manis ato original, rasa jambunya itu ngangenin bgt.
    Trus kalo aku makan nasi pasti ga lupa sama enaknya teri kacang disambal, pasti pas tuh sama lauk apapun.
    Gak lupa juga sama ritual khusus nih kalo dah sore, enaknya minum kopi sidikalang bah. Aroma semerbaknya itu Khas bgt. tapi kalo beli kopinya jgn yg murah ya. Minta langsung yg paling enak biasanya sih 50rb sekilo. Kalo aku belinya sih di grosir yg jual kopi di pajak glugur, ato di daerah pusat pasar. Karna kopi disini biasanya masih baru, gak kayak yg di mall ato swalayan yg udah kurang semerbak lagi aromanya.
    Okay.

  12. Pancake durian medan open order,reseller,cp.0811 612 8180 – 0852 6121 9078 pin bb 7ed95740 alamat jl.abdullah lubis no.57/71 medan

  13. dari pada berat2 bawa sirum markisa atau terung belanda katanya bisa di ganti pake voucher
    nanh untuk dapat voucher itu dimana yaaa

  14. Hai kk…klo mau bawa pancake durian tanpa khawatir ama baunya gampang mbak, saya jualan pancake durian ini, pancake nya dikemas sedemikian rupa, gak bau sama sekali, tapi ya tetep taruh di bagasi kalau naik pesawat y…tp gak bau deh, dan tahan diluar selama 5 jam…klo minat atau mau tanya-tanya bisa via email ya…Rumah pancake dan dimsum jln.setiabudi no.76 medan, email: ianisa82@yahoo.com

  15. waktu ke Medan, nana nyobain makan dimsum sama pancake durian di resto nelayan emang enak banget kak noni, trus beli bika ambon bukan yg merk Z di bandara juga enak, nah kalo minum kopi sidikalang di resto Tip Top waktu itu dan emangg kopinya enak hmmm jd pengen ke medan lagi

  16. Nice share sist, ane sebelum baca post ini taunya oleh-oleh khas Medan cuma Bika Ambon, sama Sirup buah markisa, sekarang nambah lagi deh referensi oleh-olehnya thanks.

  17. dan benda2 ini lah yang membuat aku selalu kerepotan saat pulang kampung. Untung nya di kampung kami sudah ada bandara, so gak lagi harus via medan, jadi ada alasan buat menolak permintaan oleh2 ini. hehehe

    Salam kenal kak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s