10 Oleh-Oleh Wajib Dari Medan


Walaupun banyak orang yang sebenarnya keberatan kalau harus repot-repot beli oleh-oleh tapi bisnis oleh-oleh kayaknya gak bakalan mati. Di kota Medan yang terkenal dengan kulinernya tentu aja bisnis oleh-oleh ini berserakan dimana-mana. Ada banyak sekali pilihan dan tempat yang bisa dipilih untuk belanja oleh-oleh.

Saya lumayan sering ditanyain langsung, via telp, email atau via DM twitter soal oleh-oleh wajib yang harus dibeli ketika berkunjung ke Medan. Rata-rata sih pilihannya makanan karena paling gampang dibeli plus bisa dibagi-bagikan untuk keluarga atau orang kantor.

Beberapa oleh-oleh di kota Medan yang bisa dijadikan refrensi adalah :

01. Bolu Meranti

pic pinjem dari ritualmakan.blogspot.com
pic pinjem dari ritualmakan.blogspot.com
pic pinjem dari savorsnap.com
pic pinjem dari savorsnap.com yang ini lapis legit yang juga ngetop di Medan

Boomingnya bolu Meranti kayaknya dimulai sebelum Β tahun 2006 deh kalo gak salah. Soalnya waktu itu saya masih ngantor di Medan dan tiba-tiba permintaan oleh-oleh dari Bika Ambon beralih ke Bolu Meranti. Rasa yang paling disukai udah pastilah yang keju karena katanya paling enak. Buat saya seperti biasa gak terlalu suka haha.

Untuk harganya sendiri lumayan mahal sih, satu kotak yang biasa kalau belum naik ya sekitar Rp 45.000 dan biasanya dulu harus bawa beberapa kotak setiap kali pulang ke Surabaya. Lumayan bangkrut juga plus berat. Jadi sebelum pesan pastikanlah kalian udah ngitung baik-baik yang mau dibeliin oleh-oleh hahaha.

Kalau gak salah Bolu Meranti ini bisa diorder via telp, coba aja hubungi no 082263299998

02. BIKA AMBON ZULAIKHA

pic dari goexperience.gonla.com
pic dari goexperience.gonla.com

Saya inget banget nih bolu meranti yang merek Z ini pernah bikin saya nunggu hampir 1 jam 😦 apalagi pas Lebaran atau pas arus mudik. Haduh malesin banget ngantrinya haha. Kalo perlu biasanya kita udah ke tempat ini pagi-pagi banget. Untungnya keluarga saya di Surabaya lebih suka Bika Ambon merk lain yang ngantrinya gak perlu pake lama.

Kalau bika ambon kayak gini ini sih nyarinya gampang. langsung aja ke Jl. Majapahit entar udah deh ketemu banyak toko-toko yang jualannya sama semua. Tinggal pilih aja mau yang mana. Saya sih sukanya yang rasa original. Biasanya juga mereka jual oleh-oleh yang lain kayak sirup markisah, sirup kedondong, lapis legit dan masih banyak lagi.

03. Risol GOGO

Pic dari www.cekinfo.com
Pic dari http://www.cekinfo.com

Koq bisa risol ini terkenal banget? saya juga gak tau karena gak pernah beli apalagi makan. Kemaren sempet ada anak kantor yang bawain tapi saya udah males buat makannya hahaha. Risol ini ngetop banget sampe-sampe ada temen saya di Surabaya dulu nitip-nitip dan gak dibeliin karenaaaaa…..tas udah kepenuhan sama oleh-oleh semua orang. Biaya oleh2 lebih gede dari harga tiket pesawat *curhat*.

Kalau kata orang-orang sih rasanya emang enak banget, entar deh kalo si Matt mau saya cobain juga buat beli hehe. Kalo ada yang pernah coba boleh banget loh curhat dikolom komen πŸ™‚

04. Manisan JAMBU

pic dari www.eresep.com
pic dari http://www.eresep.com

Saya gak nemu foto bagus untuk manisan jambu padahal rasanya enak banget. Saya paling suka nih manisan jambu. Kalau suka bisa beli di GG. Pasir. Masuknya dari Jl. S. Parman deket Harley Davidson. Kenapa jambu ini enak banget? yah pokoknya gak terbayangkan deh huhaha. Sebagian katanya sih pake pemanis buatan/pengawet, jadi coba aja pilih yang tokonya paling pojok sebelah kanan. Ibunya baik banget yang jual dan bisa anter juga. Disini biasanya bisa beli manisan lain juga atau juice-juice botolan gitu yang dia bilang tanpa pemanis. Saya biasanya beli juice kedondong sih disini.

05. TERI MEDAN

pic dari www.indochinekitchen.com
pic dari http://www.indochinekitchen.com

Aduh postingan ini rusuh banget deh. Saya paling suka kan makan teri. Pokoknya teri diapain pun pasti bakalan saya makan. Biasanya nyokap suka bikinin sampe satu toples gitu dan saya makannya bisa setiap hari sampe habis hihihi. Pokoknya fans berat deh. Kalo teri sampe punah, saya bakalan nangis pertama kali.

Teri Medan ini terkenal sampai kemana-mana, padahal kan laut dimana-mana juga tapi gak tau deh kenapa teri Medan bisa ngetop banget. Sangking ngetopnya orang-orang dikantor dulu suka nitip Teri. Yah walopun saya suka banget teri tapi gak segitunya juga mau bawain teri dan bikin semua baju bau huhahaha. Males banget πŸ™‚

Sekarang teri ini dijual dalam 2 model. Satu yang mentah dan yang lainnya udah dijadiin sambal teri pake kacang. Enakkkkk πŸ™‚

Semuanya bisa dibeli di toko-toko di sekitaran jl, Majapahit. Kesana aja langsung. Kalau mau yang murah beli teri medan di pasar-pasar traditional kayak pusat pasar (awas copet) sama pasar peringgan. Coba deh kalo lagi ke Medan, kalo nitip saya gak janji ya soalnya mahal dan bau hahaha.

Pemesanan — email : teribajakmedan@gmail.com / line : teribajak / Twitter : @teribajakmedan / Sms : 08116155866

06. DURIAN (PANCAKE DURIAN)

pic dari fariancake.com
pic dari fariancake.com

Ini oleh-oleh yang mustahil mau saya bawain kecuali orangnya emang istimewa banget atau keluarga hahaha. Pertama baunya luar biasa ganggu hidung dan harganya pun mahal banget. Kedua saya kan gak makan durian, yah masa saya bawain durian sih. Malesin. Durian atau pancake durian emang Booming banget. Rasanya kalo ke Medan gak makan durian berasa gak lengkap. Harus makan. Ada satu tempat makan durian yang gak pernah sepi dan selalu punya durian. Gak kenal musim. Namanya UCOK DURIAN. Sebenarnya saya pegnen sih nulis tentang si UCOK DURIAN ini tapi setiap kali mau berhenti langsung pengen pingsan sangking baunya haha. Gak kebayang tetangga2nya ngerasa gimana ya.

Kalo di kantor yang sekarang, setiap tamu yang ngotot mau bawa durian bakalan dicekal di LObby, alias harus dititipin karena baunya bisa ganggu semua orang di gedung.

Cara orang-orang buat bawa durian ini sih macem-macem ya. Mulai dari dibungkus kopi sampe entah apalagi. Saya cuman pernah bawa 2 bungkus pancake durian ke Surabay tapi karena ibu angkat saya alergi jadi selamat deh. Gak usah bawa-bawa lagi hehe.

Kalau mau makan durian sebenarnya di Medan tersebar dimana-mana. Yang paling top yah si UCOK DUrian itu tapi di tempat lain ada koq. Harganya sendiri saya kurang tau. Untuk pancake saya sering rekomendasiin sih yang di Nelayan or Raja PAncake di jl. sekip.

07. SIRUP MARKISA & TERONG BELANDA

pic dari pro-arif.blogspot.com
pic dari pro-arif.blogspot.com

Sirup Markisa menjadi komoditi unggulan dari kota Brastagi. Sirup markisa tersebut dibuat oleh PT Maju Jaya Pohon Pinang yang sudah berdiri sejak tahun 1982. Cuman saya tetep heran kenapa ya sirup botolan gini sampe dicari-cari?Β 

Selain sirup markisah, yang juga terkenal adalah sirup terong belanda. Carinya gampang koq, ada di semua toko oleh-oleh πŸ™‚

08. LEMANG

Pic Dari medanbisnisdaily.com
Pic Dari medanbisnisdaily.com

Ini makanan yang terbuat dari ketan yang dimasak didalam bambu. Rasanya enak sih πŸ™‚ lemak2 gitu haha. Paling enak dimakan dengan tape. Nyokap paling suka dan biasanya kita belinya kalo di Medan di sekitaran Golden, dekat PETISAH.

Yang paling banyak jual lemang sih sebenarnya di daerah Tebing Tinggi. 2 jam dari Medan tapi kalau dari Danau TOba bisa minta supir berhenti sebentar buat beli lemang.

09. KOPI SIDIKALANG DAN GAYO

pic dari www.savoryandsweetnyc.com
pic dari http://www.savoryandsweetnyc.com

Tau gak, yang saya paling bangga dengan SUMUT itu adalah kopinya. Saya dulu termasuk anak kopi Sidikalang banget. Tiap 3 bulan nyokap pasti ngirimin 1 kG kopi Sidikalang ke Surabaya. Biasanya sih saya minumnya dengna semua satpam di kantor tanpa gula. Buat saya dulu yang minum kopi dengan gula adalah Β banci huhahhahaha *dikeplak*.

Sumut emang terkenal dengan kopi Sidikalangnya. Rasanya emang enak sih. Kalo yang ngerti kopi pasti bakalan tau deh beda rasanya tapi belinya kopi yang bagus ya, bukan yang abal-abal.

DI Medan ada banyak sih tempat jual kopi kayak gini. Mulai dari pasar traditional, supermarket atau warung-warung kopi. Kalau lagi diluar kota bisa beli yang punya Starbucks sih, bapak si Matt biasanya beli dari sana karena punya Kopi Sumatera πŸ™‚

Untuk kopi Gayo juga sama kerennya. Cobain deh, gak bakalan nyesel. Buat yang gak biasa bisa tiung-tiung diawalnya hahaha.

O,ya makasih kopinya ya Tiara, Udah nyampe dengan selamat hehe.

10. ULOS DAN KAOS KHAS MEDAN

Yang ini bisa didapat di pasar traditional πŸ™‚ atau di Danau toba. KAos khas Medan ada di cemara asri dan di jl. Setia budi :0

So…….happy shopping traveler πŸ™‚ Enjoy Medan

 

 

Advertisements

182 comments

  1. Owh Noni yg baik hati, postinganmu sungguh membuatku merana πŸ˜‚
    Jd sbagai gantinya, tolong ya sgera dikirim itu bolu meranti, bika ambon sm selai markisa hahahaha… *nyengirpeurih

  2. Medan tuh gila banget makanan enaknya!
    duh ice cream alpukatnya jangan lupa.
    dan kalo dari medan jangan lupa rambutan binjai yang super manis dan wangi itu (maklum Binjai kota kelahiranku)
    eits, oleh2 srikaya adalah paling endeusss yak! Lemangnya juga ! hadeuhh semua deh,,,,

  3. Teri Medan terkenal sedunia! Aku kalo balik NL pasti bawa 1 kg udah digoreng kering. Beli mentahnya di Pasar Senen, Jakarta tapi ;-). Waa Non, kecuali Duren, aku suka semuanya….

  4. Risol gogo enak kakak..wajib dicoba dicocol saosnya…mmmmm…isinya lumer n lembek..beda ama risoles biasa…

  5. Asli ngiler liat pancake durian nya, Kak Non… Oh ya bolu meranti foto nya kok kue lapis legit kak..? kue lapis legit juga oleh-oleh asli Medan kan Kak..? Soalnya kalo aku bawa kue lapis legit buat mertua diomelin karna katanya lha wong kue lapis legit itu aslinya dari Medan kok. hahaha… πŸ˜‰

  6. hai mb non
    aku baru pindah tugas kesini, udh nyobain berbagai macam tempat makan dan oleh oleh ;).
    no.1 bolu meranti
    udh pernah beli, enak sih. tp kalo banyak banyak mkn jd eneg ya. sayangnya mereka ga jual ukuran paling kecil 1 bolu, biasanya kl yang paling kecil minimal 3 bolu.

    no.2 bika ambon
    ini enak, favorite yg keju. btw aku blm pernah nyobain bika ambon selain merek zulaikha ini. ktnya dulu zulaikha jd terkenal karena yg punya haji sementara merek lain bnyk dibuat cina, jd bnyk isu yang ga halal gitu. bener ga?

    no.3 resoles gogo
    ini baru beli minggu kemaren. penuh perjuangan juga bawanya, karena harus masuk kulkas gitu kan ya, takut jadi basi. beli mentah, se biji 2.200. enak , kuah cabenya juga enak. kmrn sekitar 5 jam an ga masuk kulkas, sampe lokasi alhamdulilah msh oke dan langsung goreng.

    no.4 manisan jambu
    blm pernah coba. oke, pulang kampung bsk bakal beli ini

    no.5 teri medan
    pernah beli ini di zulaikha. mahal juga. dan setelah digoreng tetep asin ya. hihihi, namanya juga teri ya.
    akhirnya aku cuci 4x dulu sampe asinnya agak hilang baru digoreng.

    no.6 pancake durian
    rasanya memang enak banget bagi pencinta durian, istimewanya terletak pada perpaduan kelembutan roti dan durennya. sy pernah bawa ini dr medan ke pku, tapi gagal, pancakenya mencair. padahal belinya malam hari dinelayan, langsung masuk kulkas hotel, besok pagi lgsung kebandara. tp nyampe rumah mencair. mgkn ada yg punya tips biar bs bw ini dengan selamat

    no.7 sirup markisa
    beli ini ditempat oleh oleh di zulaika jg, rasanya enak, dimana mana sirup markisa kan memang enak ya. Habis beli , sempet mikir, perasaan di mall-mall di pku kan ada jual ini juga .

    no.8 lemang
    belum pernah beli dan kayaknya ga bakal beli jg buat oleh oleh, krn dipadang/ di pku juga banyak yg jual πŸ™‚

    no.9 kopi sidikalang dan gayo
    blm pernah beli, tp penasaran juga,

    no.10 ulos
    belum pernah ke danau toba

    dari 1 -10 menurutku kalo mau oleh olehin org yg belum pernah kemedan paling tepat masih bolu meranti atau bika ambon πŸ™‚

    • waduh lengkap ya hahaha.
      kalo buat oleh2 sih udah paling bener emang meranti/bika ambon, soalnya bisa dipotong2 dan dibagiin ke banyak orang ya. kalau kain ulos kan mahal hahaha.

      yang pancake itu aku tarok di kulkas sih sehari sebelum berangkat, trus besoknya 5 jam di jalan alhamdullilah gak rusak. coba beli yang di raja pancake lain kali πŸ™‚

  7. Pernah waktu biztrip dulu bawa oleh2 durian ucok buat suami, kalau yang lain nitip mah ogahhhhh hahaha. Dikemas sama box ukuran sedang gitu 150 rebu. Yang repot pas bukanya, soalnya ditaburin bubuk kopi banyak banget….

  8. Waktu Om sy ke Medan dibawain bika Ambon sama sirup markisa itu.. Eh di sini jg ada lemang. Urang Banjar nyebutnya Lamang πŸ˜€
    Pengin kain ulosnya aja. Mahal nggak, Mbak Noni?

    • Yant, kain ulos itu ada yg mahal ada juga yang murah koq. Harganya kalo yang kecil biasanya mulai dari 30an ribu gitu. Cuman ukurannya kecil aja hehe. Bisa buat syal mini gitu deh

  9. waaa aku suka banget bolu meranti, bika ambon, sirup terung belanda dan teri medan..
    ini dikasih ama temen sirup terung belanda ama teri medan masih dihemat makannya πŸ˜€
    klo bika ambon ama bolunya udah lgsg ludes 2 hari dimakan rame2 πŸ˜€
    sayang bolu ga bisa disimpen lama2 hehe
    oh iya di korea, kopi mandailing jg terkenal, suka liat dijual di cafe gtu

    • pernah ya Nit, nyokap itu bawain bolu meranti ke Sby tapi sebelumnya dia 5 hari ke bali, ehh begitu nyampe rusak dong bolunya hajaha.
      bener kopi mandailing juga ngetop sih

  10. *iler netes*
    *kecuali pas baca no.6 karena ga suka durian*
    *dan nomer sembilan karena ga minum kopi*
    *eh sama nomer 10 juga ding.. Karena ga bisa dimakan.. Hihihi..*

  11. Penasaran gilaaaaak sama yang namanya kopi sidikalang apalagi kopi gayo ituuuuhh.
    Ngomongin soal kopi tanpa gula, pas ad acara blogger ad temen yg protes stelah nyicip kopi saya karna gak dikasih gula.
    Aku: “kopi gak usah manis2 kan kita ud manis”
    Tiba2 ad yg nyaut: Uripku ki wis pait e, Qid. Masa ngombe yo kudu pait
    (hidupku ud pahit, masa minum juga harus pahit).

    • hihihihi, kata barista di hotel aku, kebanyakan orang Indo emang lebih suka kopi dengan gula bukan kopi hitam pait gitu. Dulu kalo satpam nemenin aku minum kopi suka diledekin “cakep2 kayak tukang becak mba ini minum kopinya” kopi tubruk soalnya haha

  12. Satu yang aku nggak suka hehhe, Pancake Durian. Soalnya perut bisa blebek..blebek.. nggak enak gituuuu 😦 tapi yang lainnya aku sukaaaaaaa hahaha….

  13. Ah, jadi pengen bika ambon Non! Hahaha πŸ˜† . Kalau spekkoek (lapis legit) di Belanda sih banyak bangettt!! Hahaha πŸ˜† .

    Btw sekilas lemang itu mirip lontong ya.

  14. Aduh bikin ngiler abis deh tuh makanan2. Tiap kali mo mudik ke Indo, pasti deh gw buat list makanan2 yg dipengenin dan nyokap siap2 sediain. Tp kalau udah disana, mungkin pengaruh cuaca yg panas dan lembab dan juga banyak makan ini itu (saudara pada ngirim makanan) kadang males makan segala yg udah dirinduin makan. Nah kalau udah balik ke Amrik baru deh nyesel……

  15. Haduh.. Favorit deh Bolu Meranti Keju dan Teri Medan. Kalo ada temen pulang kampung ga pernah lupa nitip πŸ˜€ Dan Bika Ambon itu, dari dulu udah ada dan selalu di hati. Btw bingung juga mbak Non kenapa namanya Bika Ambon padahal posisi di Medan hahaha…
    Oia Sirup Markisa dan Terong Belanda, kalo ga salah pernah masuk film Nagabonar jadi 2 lho

  16. Alhamdulillah uda pernah makan semua.. Hahah.. πŸ˜€

    Risol Gogo enak, kulit risolnya garing tapi ngga berminyak. Dalemnya lembuuuut banget. Trus kan Mbak, isinya itu gurih tapi ngga lebay. Top lah pokoknya.. Cuma servicenya yang agak-agak lambat. Heheh.. Btw, aku serasa ngereview :p

  17. ya ampun mb Noni.. lgsg kangeen sama bolu meranti keju, bika ambon, dan terutamaa manisan jambu ituuh.. masih inget banget waktu hamil anak k2 aku kan pengen banget itu manisan, terus gag taunya kebetulan banget ada sodara ke Medan, langsung dah aku titipin itu manisan, coba kalo gag keturutan anakku ngiler kali yaak hahahaha #ngidam ini kata suamiku cuma alasan lah wong yang pengen emaknya :p

  18. Risol Gogo? nanti akhir mei cobain ahhhh πŸ˜€

    *asli makin lapar liat postingan kak noni ini *efek gas abis jd ga bisa masak sarapan 😦

  19. 1,2,3,5,6,7,8 check πŸ˜€ Suka bolu meranti yg moka.. ahh.. Untung bsok ada temen balik dr sana, jadi ga lama ngencesnyaa.. nyamm

  20. Laperrrrr mbak noniiiiiii.. saya gak keberatan dikirimin bolu meranti.. hahahahaa.. *dilempar bolu dari medan*

  21. Non aku PP Bandung-MEdan agak tumpur di oleh oleh, secara oleh-oleh bandung dan Medan sama-sama harganya kakaaaak. ahaha dan sobat-sobatku suka banget sama pancake durian boow cepek boow. Aku nggak pernah bawain manisan jambu tuh Non, gak pernah ada yang nanyain. Aku sukaaak banget itu, pernah kan di jakarta liat di Carrefour, kucoba ya mirip sih bolehlah buat pengobat rindu

    • Surabaya – Medan juga bikin bangkrut , Ndang. soalnya mahal semua oleh2nya hahaha dan gak bisa bawa dikit, harus banyak. gila ya oleh2 aja udah ngabisin segitu banyak.
      mungkin banyak yg gak pernah nyobain manisan jambu itu, kalo di kantor dulu banyak yg suka setelah makan walo tetep sukanya sih meranti

  22. Aduh mbak, mati ekeh liat postingan ini, hahaha. Aku dulu tinggal di Aceh dan semua makanan ini udah kucobain kecuali si risol gogo itu. Endang bambang semuaaaa. Sekarang tinggal di Jakarta dannnnnnnn yak ampun aku kangen makanan-makanan ini semuaaaaa *ngiler tiada tara*

  23. Waaah cika suka nih meranti,pancake sama teri nya kak Non. Tinggal risol yg blm nyoba jadi penasaran deh.
    Oya katanya di nelayan itu enak bgt ya pancake nya kak ?

  24. Waktu ke medan tempo hari, saya dan suami smp kelebihan 30kg utk bagasi krn titipan oleh2 termasuk si bolu, teri dan sirup itu mbak non. Mau nolak tapi yang titip nyokap….. Jadilah supaya gak dibilang durhaka dibawain semua *curcol

      • Bolu meranti 15 boks, bika 5 boks, teri 2,5kg, sirup markisa yang seliteran 4 botol dll. Jangan ditanya atau dibayangin gimana bawa semua itu plus koper dari kereta smp ke tempat check-in. Masih mau nangis kl inget itu *selfpukpuk

  25. saya suka bolu meranti yg rasa moka kalo yg keju agak enek menurut saya. Duh,saya juga suka teri nih, makan nasi anget pake teri bisa nambah berkali2 deh

  26. Si Bolu Gulung dan Pancake Durian udah ‘menjajah’ Pekanbaru juga loh mba noni hehehe. Namanya aja yang beda. Tapi pasti terinspirasi dari oleh2 Medan nih πŸ˜€

    Nambahin mbaa, satu lagiii oleh2 SUPER WAJIB dari Medan… dimsum Nelayan! πŸ˜†

  27. Jaman tahun 2004 gue udah ngantri Meranti Non, bahkan di deket situ udah ada abal2nya. Cuma sekarang gila, pakai pesen berapa hari sebelumnya.

    Aku suka risol gogo, karena sausnya dan nostalgia Medan. Btw, lemper ketan itemnya juga enak Non. Udah gitu murah.

    Btw, nomor 7 bisa beli voucher, tinggal dibagiin voucher dan diambil di kota masing2. Daripada repot bawa pecah belah.

    Nambah lagi Non, bumbu pecel dari kampung keling. Aku pernah dapat tugas mulia bawa berkilo2 bumbu itu sama kue dari Swan.

    Baiklah, berhenti nostalgia, ntar pengen…

    • emang gila itu, dari dulu aku biasanya telp dulu trus entar dijemput. aku males nungguin.
      lemper emang enak disini hehehe. oh bisa ya pake voucher, baru tau ane.
      yang di kampung keling itu iya juga sih tapi setelah kenal pecal madiun, aku lebih suka itu haha

  28. Ini mah surganya kulinerrr. Aaaa meranti yang kejuuu, enyak bangetttt. :9
    Kalau adek beliin oleh oleh bolu meranti, malah ade yang dalam proses penantian panjang untuk kuenya di buka dan di potong. aaaaa

  29. Bolu Meranti rasa mocca itu favoritkuuu. Wajib banget harus beli. Tapi yang bikin kangen sama medan sebenarnya chinese food-nya. Aku pernah langsung naik 3 kg begitu balik dari sana. Hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s