10 Must Bring Travel Items


stock-photo-outfit-of-traveler-student-teenager-young-woman-or-guy-overhead-of-essentials-for-modern-young-243084559

Setiap kali bepergian pasti setiap orang punya barang-barang wajib yang harus dibawa. Memang sih, agak sulit menentukan mana yang mesti dibawa dan mana yang harus rela ditinggalkan. Biasanya semakin sering bepergian maka semakin terlatih untuk memilih barang-barang wajib.

Saya kebetulan emang paling males bawa banyak barang, jadinya setiap kali traveling sepertinya bawaan saya lebih sedikit daripada Matt. Dulu Matt bisa banyak sekali bawa baju/celana/sepatu karena takut kenapa-kenapa. Mungkin karena dia kebiasaan travelingnya ke hutan jadi takut gak bisa beli haha. Saya selama masih bisa ketemu toko biasanya lebih santai. Tapi dari yang santai itupun ada banyak sekali barang yang harus saya bawa karena kalau ketinggalan pasti gundah gulana. Dari hasil membayangkan dan ngecheck isi koper, akhirnya ada 10 Must Bring Travel Items saya :

01. Gadget dan perlengkapannya

Dunia hanya sebatas jari kita kan sekarang, makanya gadget gak boleh ketinggalan. Pokoknya gak boleh!!!!!! Jadi kalau hanya pergi kurang dari seminggu biasanya saya hanya bawa kamera, hape dan Ipad. Lebih dari satu minggu biasanya ditambah dengan laptop. Untuk kamera karena kami masing-masing suka motret, jadinya bawa 2 kamera dengan 3 lensa. Makenya bisa ganti-gantian. Untuk Go Pro sebenarnya saya mikirnya gak perlu banget secara saya emang gak suka selfie dan gak melakukan kegiatan ekstrem kalau lagi traveling semacam diving, terbang atau lompat dari ketinggian, so Go Pro gak perlu banget. Hmm tapi lagi mikirin banget gimana kalau untuk bikin Vlog?

Untuk gadget sendiri seperti Ipad biasanya sudah dilengkapi dengan buku dari Scoop tapi yah gitu deh, biasanya untuk buku saya sukaa tetep bawa 1-2. Jadi sami mawon, tetep berat. Pas mau baca bingung, semua pengen dibuka haha.

Tulisan mengenai gadget yang wajib dibawa, bisa dibaca di link ini.

02. Pashmina

Saya suka sekali pashima/syal/kerudung atau kain. Sekarang ada Matt ditambahlah dengan sarung. Heran banget sejak kenal sarung, Matt hampir gak pernah gak bawa sarung setiap bepergian. Kain-kain ini berfungsi untuk selimut, aksesoris kalau dingin atau pas pake baju yang agak kebuka, atau terkadang buat bungkus bantal kalau kita dapet penginapan yang ala kadarnya kayak pas ke tempat ini hehe.

03. Aksesoris

Kalung, anting, kacamata saya masukkan ke bagian aksesoris yang gak boleh dilupakan walaupun belon tentu saya pakai. Hobby saya yang lain adalah ngeliat aksesoris trus pas dibeli gak dipake karena gak PD. Penyakit banget haha. Pas bepergian saya tetep bawa loh karena kan bentuknya pun kecil-kecil jadi gak beratin. Sementara kacamata hitam lebih ke untuk gaya2 deh tapi berguna banget disiang hari bolong buat menangkal sinar matahari yang bikin silau.

04. Obat-obatan dan perlengkapan pribadi

Saya dan Matt gak berbagi perlengkapan pribadi karena kita punya keperluan yang berbeda. Kulit dia pun beda dengan saya jadilah kita selalu bawa 2 tempat perlengkapan pribadi. Untuk obat-obatan karena saya lebih sering sakit dan gampang banget sakit hehe, jadi emang selalu bawa. Biasanya selain obat-obatan wajib saya, kalau lagi traveling kita suka tambahin dengna obat diare, alergi, tolak angin, minyak angin dan tentu saja vitamin gak boleh kelupaan.

05. Dokumen

Yah semacam paspor, ID card semuanya gak boleh kelupaan. Sekarang saya suka scan semua dokumen trus disimpen di email, jadi bisa dibuka kapan aja asal ada internet haha. Ini buat jaga-jaga sih, kalau lagi pergi ke US atau Eropa beberapa dokumen emang kita siapin (photocopy) supaya kalau ditanyain emang ada buktinya. Dokumen ini biasanya sudah disiapkan dan gak pernah keluar koper kabin (kecuali si Matt yang suka bongkar2).

06. Baju, Sepatu, Tas

Untuk barang-barang seperti ini biasanya nih disesuaikan dengan musim. Untuk keperluan musim panas pasti beda dengan musim dingin tapi…..biasanya nih kita gak pernah bawa baju terlalu banyak. Jadi dipakai foto beberapa kali juga gpp, saya bukan pesohor atau model ataupun fashion blogger, jadi saya pilih membawa perlengkapan secukupnya aja. Cukup buat gonta ganti maksutnya , huahha. Biasanya saya bawa 1-4 sepatu/alas kaki (kalau winter 1 aja, kalau summer bisa 2-4 kalau perginya lebih dari 2 minggu, tergantung tujuan dan kapasitas tas/koper) tapi biasanya sih lebih sering 2, karena yang satunya sandal jepit.

Kalau perginya masih ditempat-tempat kayak Asean/Indonesia secara laundry murah, yah biasanya kita laundry ajalah. Kalaupun belanja baju lebih murah lagi, biasanya pas pergi malahan gak bawa baju, jadi pulangnya belanja trus baju lamanya ditinggal. Zaman masih sering ke Bali, saya suka banget beli baju-baju Bali yang murah meriah itu, jadi setiap kali pergi-pergi dibawa dan pulangnya ditinggal diganti barang baru.

07. Head lamp dan Mukena

Sejak sama Matt, headlamp  jadi barang bawaan wajib, gak tau kenapa padahal gak selalu juga dipakai tapi pasti kita bawa. Sementara mukena dari dulu saya emang selalu bawa kecuali jalan sama adek saya. Biasanya dia bawa jadi saya minjem aja.

08. Backpack Cadangan

Oya…..saya selalu bawa backpack/tas cadangan tapi yang ringan koq alias foldable. Gak tau kenapa, ini udah beberapa kali traveling kayaknya kita selalu bawa. Dipake??? yah dipake lah ahha. Buat ngisi belanjaan pas lagi jalan. Kalau gak kita juga suka bawa tas foldable gitu buat bawa belanjaan minuman atau snack buat dihotel. Sebisa mungkin saya gak nambahin sampah plastik belanjaan.

09. Plastic bags of various sizes

Model2 ziplock sama vacuum plastic bag. Kita selalu bawa walaupun terkadang gak kepake juga tapi karena tipis banget jadi gak ngaruhlah. Ini penting kalau pas tiba2 barang2 bawaan kita menggembung (bukan tambah banyak ya) dengan vacuum plastic bag bisa jadi kecilan dikit hehe. Trus kalau diairport kan suka disuruh masukin perlengkapan mandi atau minyak kayu putih kedalam ziplock, jadi mendingan dibawa aja supaya aman.

10. Duit + kartu

Hahahah….yang ini gak boleh banget dilupakan karena…..bisa fatal akibatnya 🙂

Nah, kalau kamu apa aja yang mesti dibawa pas traveling, share dong 🙂

Kadang-kadang saya suka baca clutch seperti difoto untuk jaga-jaga kalau kita mesti makan malam cantik atau pergi ke acara yang agak resmi gitu.
Kadang-kadang saya suka baca clutch seperti difoto untuk jaga-jaga kalau kita mesti makan malam cantik atau pergi ke acara yang agak resmi gitu.

Oya, jangan lupa juga untuk mengunjungi cerita mengenai barang-barang wajib traveling lainnya dari sahabat saya @jalan2liburan5 Hal Yang Penting Diperhatikan Saat Packing  disini dan @dewtraveler  disini

 #ceritajalanasik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by jalan2liburan, nyonyasepatu dan dewtraveller. Check our posts every Wednesday!

This week’s theme : Must Bring Travel Items

 

 

Advertisements

51 comments

  1. Hampir sama sih, mb. Pary sarung dan pashmina itu setuju bangeeeeet. Biasanya aku bawa satu pashmina yg sekaligus berfungsi buat jilbab serep. Wkwkwkwk.

  2. kalo aq, sabun cuci sm sendok makan hihihiih.
    buat jaga2 klo beli makan bungkusan dan ga gt suka sm sendok plastik.
    klo sabun cuci buat cuci daleman wkwkwkw *rempong yakk

  3. poin 2,3,5,8,10 jarang bahkan ga pernah bawa (ketauan yaa travel yang kurang safety dan kurang persiapan wkwk) tp karena ga bawa poin2 itu alhasil bengkak di budget karna belanja sana sini *padahl ga perlu yak kalo niatnya mau backpacking wkwk*

    tapi biasanya, aku bawa cadangan sendal aneka model utk persiapan medan yg dilewati, kali aja sempat dapet jalan yg mulus jadi bisa santai pake gladiator wkwk

  4. Hampir sama dengan diatas Mbak bawaan aku, kecuali kalau peginya sama nyokap, bisa lebih cuek karena nyokap bawaannya lebih kumplit jadi tinggal minjem.hahahahahaha
    Kalau aku yang ga boleh ketinggalan sih cemilan Mbak, biar maagnya ga kumat.:D
    Duh jadi pengen liburan.:D

  5. Eeeh sama banget deh yg aksesoris mbak! Sukak bawa anting2 ama necklace pritilan gt terus sampe sananya gak kepake karena males huahahaha tp malahan beli lg klo nemu yang unyu2..lah piye donk, koleksi nambah tp gak pede makek akhirnya dikasih orang huhuw

  6. Bawaanku simpel banget mba Non. HP + Charger, Dokumen, Dompet + kartu sama baju-baju ganti pastinya. Oya satu lagi, kalo tugas kantor plus bawa2 laptop juga meski cuma sehari dua hari perginya.

  7. Wah nice tips mbak non, aku kalau travel lebih simple mbak. palingan bawa gadget, obat , dokumen , baju & sepatu dan peralatan mandi hehehe. bener mbak kalau di tempat tujuan masih ada toko mah santai ajah mendink beli dsana hehehe

  8. Non, sama banget suamiku bawaannya pastiii lebih banyak dari aku. Padahal baju2 dia kan lebih simple dari aku tapi bawannya lebih heboh, tasnya pasti lebih gede dan dia heran gitu kenapa aku bisa bawa barang lebih simple padahal tiap hari bajunya ganti haha. Benda yg ga boleh lupa kalo aku : botol minum dan payung. Entah kenapa dari dulu kalo traveling dua benda ini pasti dibawa, berasa ga nyaman kalo ga bawa 2 itu (kemanapun perginya) plus kacamata cadangan dan buku.

  9. Sekarang aku udah bisa packing minimalis, dulu mesti bawa koper dong, sekarang bisa survive pake backpack doang 10 hari.

    Yang mesti dibawa selain gadget, dompet (kartu) sama kamera (kadang klo pergi sebentar, bawa iphone aja cukup) adalah BUKU! Kadang bawa kindle, tapi kadang bawa buku beneran. Kalau pergi naik pesawat biasanya bawa noise cancelling headphone juga, tp itu lumayan bulky sih, jadi klo pesawatnya lama baru bawa itu.

    Bawa deterjen bubuk juga aku non, jaga2 klo di tempat susah laundry (namanya juga pake backpack doang), jadi setidaknya bisa cuci2 daleman 😛

    • Emang gak ecofriendly kak, makanya kalau beli baju biasanya aku kasih baju lama ke orang lain 😄. Lagian bajuku gak sampe banyak bgt koq hahaha. Baju lama biasanya ditinggal 1-2 biji koq, kan kalau emang niatnya belanja bawa bajunya cuman utk 1-2 hari. Aku jarang belanja kalau traveling kecuali kayak ke Bangkok. Beda karena niatnya emang belanja

  10. Hahaha, duit dan kartu (plus dokumen) memang yang paling esensial ya Non. Kalo kelupaan bisa berabe. Kalo kelupaan lainnua kan bisa tinggal beli *tsaaaah, hahahaha 😆

  11. Sama.. Aku jg list nya gt, karet sm pop mie ga ketinggalan. Karet tuh buat iket2 misalnya kita abis nyemil apa gt dan ga abis, jd ga repot tutup2nya, klo pop mie, wajib bgt, biasanya aku awal2 suka cranky klo makan makanan disuatu daerah atau negara. Ky wkt ke Kamboja dulu, aku ga bs makan samsek, ketolong bgt bawa pop mie hahahaha

  12. Aku mah sandal jepit kudu harus 😅 sandal jepit yg serba guna bisa buat ke pantai bisa buat dinner cantik

  13. saya juga udah punya sih satu list yang berisi perlengkapan wajib buat pergi-pergi.
    dan memang, yang terpenting dari semua itu adalah gadget, dokumen, serta uang~ :mrgreen:

    • Gak pernah bawa hehe, kan selalu ada di hotel 😄 kecuali emang perginya ke remote area pasti bawa yg kayak kanebo itu. Baju murah meriah yg dibawah 50 rb belinya haha. Travel cooker gak pernah bawa sama sekali karena emang gak suka masak

  14. kalo saya yg gak boleh ketinggalan itu kain bali kak noni soalnya multifungsi (selimut, rok, baju, kain ganti, alas duduk dll) dan adem bahannya, btw tampilan
    blognya ganti ya kak? yang ini lebih clean dan minimalis, sukaaa tampilan yang baru ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s