Tom the Himalayan Cat


Hari pertama di rumah. Dikeluarin dihalaman belakang keliatan banget dia gak suka dan stress berat.
Hari pertama di rumah. Dikeluarin dihalaman belakang keliatan banget dia gak suka dan stress berat.

Resmi sudah blog ini akan menjadi blog gado-gado karena saya mau nulis tentang binatang peliharaan baru kita di rumah. Sebenarnya saya gak mau cerita tentang kucing di rumah tapi………..cerita yang pengen saya tulis tentang bagaimana saya ngedapetin kucing ini 🙂

Sedari kecil saya dan adek sudah dibiasakan punya binatang peliharan. Kita punya kelinci, ayam, ikan, burung (merpati tapi gak lama karena saya gak suka pas mereka buang kotoran hehe) , marmut sampai berkandang-kandang dan dikasiin keorang-orang. Binatang yang selalu ada di rumah adalah kucing. Mulai dari kucing kampung sampai anjing ras jenis Anggora dan Persia. Di tahun 2000an beberapa kucing bahkan sampai menang kontes. Kompetitif sekali memang saya 🙂

Nah, tahun 2004 apa 2005 saya mulai sering sesak nafas (belakangan baru tahu kalau sesak nafas itu dari sakit maag) sehingga ibu saya memutuskan untuk memberikan 7 ekor kucing kami ke Nita. Nita ini temen baik saya yang juga suka kucing. Sedih dong. Saya nangis meraung-raung tapi nyokap mana perduli. Pokoknya kucing dihapuskan dari rumah kami. Gak boleh punya kucing lagi atau binatang berbulu lainnya. Pas waktu ini kita akhirnya saya dan Nita mulai jarang ngobrol lah, saya kayak gak rela kucing dikasiin kedia hehe. Yang disalahin koq Nita sih??

Trus  suatu hari mantan pacar saya yang memang temen baik suaminya Nita kasih tau kalau Nita jual kucing-kucing yang dikasiin nyokap. Saya kayak yang kecewa parah. Nelp sambil marah-marah dan gak mau temenan lagi. Dipikir-pikir koq bisa sih? sepele aja haha. Pokoknya saya kesel banget. Gak mau denger nama Nita lagi pada saat itu. Beneran marah sama ibu dan Nita sih benernya. Tapi ke ibu mana bisa marah lama-lama, nanti yang buatin sayur asem kalau pulang ke Medan siapa dong. Setelah itu pun saya kan pindah ke Surabaya, yah udahlah lupa deh jadinya.

Sebenarnya saya sudah lupa kalau saya musuhin Nita. Kalau dipikir-pikir bahkan saya gak inget tapi juga gak berusaha nyariin. Pokoknya emang lupa aja. Saya dan Nita termasuk cukup deket. Anak-anaknya dulu juga deket banget kesaya. Kalau kerumahnya langsung melukin dan sayang-sayang. Pas nulis ini jadi senyum-senyum sendiri.

Oya, 2014 pas saya kerja di JW Marriott, gak disangka-sangka ketemu lagi (ceritanya klik link ini ya ). Sore itu menjelang buka puasa saya ketemu dia lagi. Baca cerita lengkapnya dilink itu aja ya.

Trus……tahun lalu 2015, pas saya masuk yoga, ehhh dia juga yoga di studio yang sama. Kelas doang yang beda. Kaget ya hehe. Emang entahlah kalau jodoh. Saya udah biasa aja. Kita ngobrol bentar kalau ketemu dan emang ada waktu. Trus beberapa bulan lalu dia nanyain saya lagi kalau mau kucing. Saya sebenarnya mau tapi kan repot ya karena kita lumayan sering pergi dan kucingnya pun udah gede. Dia bilang soalnya sekarang repot banget harus ngurusin banyak kucing. Anaknya ada satu yang harus bolak balik treatment mata di KL, jadi gak bisa maksimal ngerawat binatang2 dirumah.

2 minggu lalu Nita jatuh sewaktu mau hand stand di studio. Kita jadi sering ngobrol di WA. Saya juga entah kenapa belakangan koq jadi pengen banget punya binatang peliharaan lagi. Kata ibu kalau saya gak mau lagi kayaknya adek saya masih mau punya kucing. Jadilah saya emang mikirin banget punya kucing lagi. Nita pun tanya kalau saya mau, soalnya karena tangannya sakit, dia juga makin repot ngerawat kucingnya.

Hari kamis jam 9 gitu saya kerumahnya. Udah lama banget loh saya gak kerumah dia sampai lupa. Pas nyampe anak-anaknya lagi nungguin. Yang dulu suka peluk-peluk saya udah gede, kuliah. Sampai terharu. Dia mau pergi tapi nungguin saya dulu karena kalau nyasar entar dia yang nyusulin haha. Semuanya berubah. Saya sih beneran gak ada rasa marah lagi. Udah beneran biasa dan ketawa-ketawa karena bego banget saya ini ya, ngambek gitu haha.

Setelah liat-liat kucing, serah terima saya ngobrol deh ama Nita. GIlaa…..dia itu ngitungin hampir 12 tahun kita gak ngobrol. Jadinya yang tadinya cuman mau ambil kucing pulang karena saya mau pergi sama ibu, akhirnya sampai jam 12 siang. Sampai semua anaknya pulang sekolah huhahaha. Ngobrol gak berasa waktu berlalu. Banyak banget yang kita omongin. Well, sebenarnya Nita yang banyak cerita, saya lebih banyak dengerin 🙂 Saya emang rindu banget dia ternyata. Pas nulis ini sampai turun air mata (13 tetes aja koq hehe).

Nita tuh cerita, waktu pertama kali negur saya di JW Marriott, dia sebenarnya takut banget. Pas dia liat saya sampai mikir ini cewek kayak pernah liat dan dia emang inget. Sayanya lupa karena dia pakai jilbab hehe. Pas negur pun dia takut banget, takut saya ngamuk kali ya. Padahal gak mungkin banget 🙂

Lalu gimana setelah punya kucing? hmm pas kucing ini dibawa kerumah, Matt kan gak tau dan saya gak ngomong2. Kita emang lagi diskusi untuk punya kucing tapi Matt gak mau punya kucing ras karena dia pikir repot banget plus kasian bulunya kan panjang-panjang tapi……yang ini kan dikasih dan kasian aja kalau gak diambil haha. Trus pertimbangan lainnya kucing ini udah lama tinggal di kandang, sementara kita emang gak mau ngandangin binatang. Matt, kayak yang gak mau tapi…….minggu ini entah kenapa saya beneran pengen. Kayaknya saya agak kesepian juga kalau pas sendirian dirumah selama Matt konfrensi atau pas di hutan. Penyebab lainnya juga karena saya kan suka ngikut Matt kerumah Gabby temennya. Mereka punya 3 ekor kucing, saya betah dirumah mereka lama cuman buat main ama kucing atau duduk baca-baca majalah tapi kucingnya tuh duduk deket-deket saya minta dielus-elus.  Udahlah intinya saya mau punya binatang dirumah.

 

“If your cat falls out of a tree, go indoors to laugh.”
Patricia Hitchcock (actress; daughter of movie director Alfred Hitchcock

Malam pertama kucing dirumah, saya gak tidur semaleman karena kami berdua sama-sama stress. Mana pula kucing ini pake buang air di sofa. OMG….baunya. Jadilah saya kerja keras bersiin rumah tengah malam. Mana bisa tahan. Trus pas saya marahin, dia pun ngambek. DIbaikin gak mau. Yaudalah. Malem kedua juga kayak gitu padahal ada cat litter’nya. Kalau di kandangin dia tertib buang airnya, begitu dikeluarin langsung kayak kesetanan. Parah nih kucing. Kata si Gabby, emang kalau kucing yang biasa dikandangin kayak gitu. Agak-agak bego haha.

Sekarang kita berdua latihan lagi deh. Saya yang mikirnya bisa langsung main ama kucing akhirnya malah harus ngelatih sikucing lagi. Gak nahannya cuman pas buang air doang. Kayaknya nanti malam dia harus tidur dikandang besar diluar. Liat deh di youtube itu 🙂

Tapi…..sesebel2nya saya ama binatang, ternyata memang menyenangkan punya kucing lagi. Matt masih di Bogor pas saya nulis ini. Kita jadi ada hal baru yang didiskusiin lagi selain Orang UTan atau Anjing haha. Trus karena kelakuan kucing ini agak-agak bego-bego dan aneh untuk seekor kucing jadilah lucu aja. Masa kucing ini pas dikeluarin kehalaman belakangn rumah pertama kali ketakutan. Dia jijik coba nginjek tanah dan rumput huahha. Udah gitu dia gak bisa loh, manjat huhahhaa (Ok, saya baru baca ternyata kucing jenis Himalaya emang gak terlalu pintar manjat atau lompat terlalu tinggi). Ya ampun, lucu aja ngajarin dia lagi supaya gak geli nginjek rumput sama tanah, naikin dia di pohon trus dia nangis kenceng banget ketakutan (ternyata saya yang bego) Lucuuuuuuu.  Eh kerjaan sih hahaha.

Ok, ini terakhir kali kayaknya saya nulis tentang kucing 🙂 kalau mau tau cerita tentang Tom (nama kucing ini) saya cuman mau ngobrolin kucing dan hidup remeh temeh saya lainnya di SnapCHat aja hehe @nyonya_sepatu .

Ada yang punya binatang peliharaan juga? Cerita dong nama dan kelakuan paling lucu dari bintang dirumah kamu.

“What greater gift than the love of a cat.”
― Charles Dickens
Gila ya cukup satu hari dia udah mulai ngulet-ngulet di tanah dan rumput
Gila ya cukup satu hari dia udah mulai ngulet-ngulet di tanah dan rumput
Spot tidur baru, ini tempat sepatu tadinya tapi yah udahlah, kayaknya dia suka
Spot tidur baru, ini tempat sepatu tadinya tapi yah udahlah, kayaknya dia suka
Ohh kakinya lucuuu. OMG........kenapa saya jadi kayak gini?????
Ohh kakinya lucuuu. OMG……..kenapa saya jadi kayak gini?????
cute ya
cute ya
Pagi ini
Pagi ini

buku tentang kucing

Oya saya suka banget series Simon’s Cat ini hehe. Dari dulu, sekarang jadi tambah seneng

Advertisements

109 comments

  1. hihihihi pantesan kak noni bilang klo agak males pelihara kucing yg udh gede krn bakalan susah ngelatihnya. ternyata krn kucingnya pup/pee sembarangan ya?!
    mgkn bakalan butuh waktu utk melatih kucing di tempat yg baru terutama utk potty trainingnya.
    di rumah aq dong ada lima ekor kucing, dua diantara mereka nggak mau pup ato pee di litter box sampai sekarang. padahal dulu mereka bisa pup&pee di litter boxnya. eh skrg berubah, ada yg hobby pup/pee di depan pintu rumah 😦
    sama di deket pot *bukan di pot.
    agak nyebelin sih, tapi klo udah sayang tetep aja dijalanin ngebersihin pup&pee mereka di luar litter boxnya.

    eniwei kucing emg bisa ngambek kak, klo ngambek nggak bakalan mau digendong ato dielus2. beneran bakal buang muka sma kita.

    • ya males kan ya pup/pee sembarangan karena aku gak tahan baunya haha. Skr lg nyari magic pets nih Syera untuk bersih2. Lagi mau order online 😻.

      Dulu ada jg kucing ku yg kalau kurang perhatian atau ngambek tiba2 jd suka buang air kecil sembarangan gt. Padahal biasanya tertib. Kata dokter kemungkinan besar karena dia protes hehe.

      • Iyaa benerr, klo kucing kya bgtu biasanya krn protes.
        Ada di rmh gt kok, klo ngambek pup di kasur huaaa…
        Coba lain kali bersihin disemprot air kopi kak biar baunya ilang. Tips ini.

  2. OMG lucu bangeeeet!!! Udah lama ngga pegang2 & pelihara kucing lagi… Waktu dulu aku sempet adopsi kucing yg udah gede juga, tapi sedikit2 bisa kok di ajarin, tapi emang adaptasinya ya rada bikin jengkel XD Tapi teteeep ngga mengurangi rasa bahagia & seneng uyel2 si uciiing..

    • Iya masa adaptasinya nih yg ngeselin, si Tom ini pun msh takut main sama kita mana kemaren pas dibawa pulang kita salah lngs kasih dia ruang yg gede, mestinua kecil dulu supaya dia gak stress

  3. Mbak noniii itu kucing setelan mukanya emang style ‘bete’ gitu ya? Tapi ganteng kook ..huhuhuu pingin diuwel uwel 😻😻
    Klo ada yg post tentang kucing, aku malah keinget kucingnya Mariska 😃
    Aku ga punya snapchat, pliss lah atuh ntar foto fotoin Tom di IG yak 😆😆

  4. kucingnya lucu mba non,aku juga dirumah ada angora baru 6 bulanan ini deh tadinya juga dia pee/pup sembarangan tapi lama kelamaan dia ngerti kalo pup/pee udah disedian tempatnya atau ga kalo pintu kamar mandi kebuka dia pup/peenya di kamar mandi,aku tinggal nyiramin aja. punya kucing seru ya mba non,bisa semacam untuk terapi stress juga…

  5. Iya males kan ya pup/pee sembarangan karena aku gak tahan baunya haha. Skr lg nyari magic pets nih Syera untuk bersih2. Lagi mau order online 😻.

    Dulu ada jg kucing ku yg kalau kurang perhatian atau ngambek tiba2 jd suka buang air kecil sembarangan gt. Padahal biasanya tertib. Kata dokter kemungkinan besar karena dia protes hehe.

  6. Iihhh aku suka kucing mba, itu tom cakeepp, tp mukanya ngeselin ya, ketauan kucing high class, hahaha*ngga mau nginjek rumput* mesti sering dilatih emang mba, kucing aku yg dulu buang airnya di toilet, haha, tp kucing yg sekarang buang airnya di halaman rumah tetangga, hahahaha. Ngga pernah niat melihara kucing padahal, kucing kucing itu dateng sendiri gara gara suka dikasih makan sama ibu

    • karena dia gak pernah nginjek tanah Presyl, kesian juga ya haha.
      wuih….hebat ih bisa dilatih buang ditoilet, dari segitu banyak kucing yg pernah aku pelihara cuman satu yang bisa kayak gitu haha.

  7. Lucuuu Mbak si Tom, pengen diuyel-uyel deh #ehntardicakar
    Yahhh, kok ga diceritain lagi di sini soal si Tom, Mbak. Kan aku ga punya snapchat.huhuhuhu
    Aku pelihara kucing Mbak, 3 tahun lalu pas aku pindah rumah ada kucing datang terus pas mama aku panggil kasih makan dia ga takut, ga kayak kucing lain dipanggil malah kabur. Eh dari sejak itu jadi dia jadi penghuni tetap rumah. Adik aku namain dia Richard the cat.hahahaha
    Kelakuan paling lucunya itu, ini kucing sama apa aja takut Mbak. Ampun deh aku, kadang kesel liatnya tapi lucu.hahahahha
    Ada tikus dia diem aja, ada kucing lain dia sok-sok berani meraung-raung tapi akhirnya mengkeret, ada anak kecil dia kabur, ada anak anjing dia ga berani pulang rumah (ini sampai jam makan pun dia ga berani masuk lho Mbak, cuma di pagar depan, akhirnya kita yang nyamperin ke pagar depan buat ngasih makan), ada bunyi kembang api dia sembunyi di dalam rumah Mbak.hahahaha
    Itu tempat sepatu kayaknya emang tempat favorit kucing ya Mbak, kucing ku juga demen banget disitu.hahaha

    • gak nyakar dia Wul, baik banget haha. Kemaren dibersiin telinganya karena kayaknya gak pernah dibersiin aja dia gak nyakar tapi abis itu benci banget sama aku huahhaha.

      Nanti deh kapan2 aku tulis2 lagi ya, kalau gak bosenin hhaha.

      kan kucing2 skr kayaknya takut sama tikus, jijik juga kali ya hahaha

  8. Wah aku musuhan banget non ama kucing. Entah kenapa, dr dulu ga suka kucing ngusel2 di kaki. Anti…
    Klo ga sengaja lagi makan dmana ada kucing begituh aku bisa lompat2an.
    Tp si Tom ini lucu ya kelakuannya

  9. Awww! Manja banget mukanya Tom! Selamat ya mba non punya kucing baru 🙂 aku pengen banget punya kucing tapi karena keterbatasan hidup di apartemen masih belum bisa huhu aku jadi pengen bikin snapchat biar bisa ngikutin hari-harinya Tom 🙂

  10. Ahhhh… lucu banget kucingnya. Dulu aku juga melihara banyak. Sejak hamil ga berani deket2. Sekarang kucingnya sudah ga ada, tapi masih ragu pengen melihara lagi, karena sempat ngerasain sedih banget banget kalau ada kucing yg mati. mungkin kalau nanti anakku udah agak gedean, pengen deh melihara kucing lagi, tp yg short hair aja biar perawatannya lebih gampang hehehe

  11. I love cats! I love dogs! I love animals…. Asal bukan ular, lintah, ulet dan yg melata-melati yaaaa…. Namanya macem2 Kalau kucing namanya dimulai dengan huruf G kecuali Bob: Greg, Greece, Grace, Greek, Griffin eh diganti Geger sama ibuku…. Anjing ada Plonthang, Buncis, Kapri, Moppy, Mili…. Duluuuu punya kura2 Brazil namanya Tucul, Tesie eh hilang hanyut waktu Tangerang banjir.

    Hi Tom, gimana latihan poop tertib udah sukses?

      • Sabar, Non…. Ini ada cerita. Tene gw rescued a stray cat, dalam kondisi payah payah paraaaah bingits dan so so so stressed. Ternyata solusinya cuma dikasih kardus, kardusnya diadepin ke samping karena kucingnya cuma bisa ngesot di pantat. Eh langsung deh dia ngesot ke dalam kardus dan langsung tenang…. Dan langsung gampang dipegang. So…. coba deh taruh kardus di sebelah kandang dia. If it works, then congrats!

        But if it doesn’t work, sabar again….. Ntar pasti dia gak mau lepas ampe lu kerepotan kalau mau traveling…. (nakut-nakutin Noni)…..

  12. AAAAAHHHH HALLOOOOO TOMMMMMMM!!!
    Lucuk banget ampe punya 7 kucing!!!! Ngomong2 pipisnya kucing si Loki waktu bbrp mgg lalu ngambek krn cium bau kucing lain d rumah (temen dtg nginep n tasnya bau kucingnya) trs dia pipis bok di tembok n kasur kamar tamu yang sialnya udah dijatah utk temen dateng lagi beberapa hr kemudiannya. Bersihinnya sampe makan ati krn matrasnya jd bauuuuu banget. Lucu Mbak Tomnya umur brp? Aku add ya snapchatnya 🙂

  13. Punya binatang memang harus mempelajari lebih jauh tentang sifat2nya. Kenapa suka pipis & pup sembarangan, apalagi kucing – mereka suka dendam loh kalau misalnya ditinggal lama atau apa, jadi pipis / pup itu jadi “pembalasan dendam” mereka.

    Good luck sama si Tom ya Non. Ganteng banget kucingnya

  14. aaaaa si Tom yang kemarin bikin aku ketawa2 gara2 liat snapchatnya mbak noni 😀
    kucing yg suka dikandangin emang rada2 bego gimana gitu mbak non, kucingnya adik iparku aja kalo liat orang pake helm langsung takut… aneh. hahahaha. pengen punya kucing lagi, tapi gak boleh sama ibuku 😦

      • iya kalo kucing tau sebatas isi kandang doank rata2 ya kalo keluar kandang kaya melihat dunia baru gitu hihihi.

        sama kayanya mbak. kakakku jg bbrp tahun yg lalu terdeteksi kena rubella, salah satu penyebabnya karena kucing, jadilah itu kucing2ku dulu ya dikasih2in ke orang. hahaha. sampe sekarang kalo aku minta izin punya kucing selalu ga boleh 😦

  15. Aku punya kucing juga mbak, seekor, namanya Oggy. Karena bulunya lebat dia gampang kegerahan, kalau misalnya aku nyalain AC di kamar pasti dia maunya ngikut masuk ke kamar, abis itu tidur pulas di bawah meja hahahaha 😀

  16. Adik sy jg lg pelihara kucing mba. Namanya Boncil,gk dikandangin sih,jd lincah bgt. Pernah satu kali dia terkurung di dalam ember,sampe lemes gtu..satu rumah pada panik..hehehe

    • aku juga kemaren sempet takut tapi karena gak hamil2 ya udahlah haha. Cuman emang gak berani bersiin kandang kalau gak pake sarung tangan dan maskter plus kandang dicuci seminggu sekali

  17. Dari dulu pengen punya kucing. Tapi mamaku gak izinin, selain repot dan bulunya bisa kemana-mana, papaku punya ikan koi gede-gede. Jadinya gak mungkin punya kucing 😥

    Si Tom lucu banget. Tipe-tipe yang cuek-cuek bebek ya mukanya? Jadi pengen jahilin.

  18. Haha lucu 😅 aku punya anjing german shepherd suka nonton tv pas acara dog rescue 😅 nonton tv nya g bisa di ganggu dah seriua bngt ! Itu dah tingkahnya yg paling lucu 😅 pernah sampe lompat ke screen tv nya 😅

      • Ya udah sini aku kasih loca *nama anjingku* buatmu 😅 krn rencananya kita mau nyariin rehome buat loca “kita sayang bngt ma loca” wkt kmren di tinggal ke belanda ada dog walker yg bantuin kita byr £10 perhari 1minggu udah £70 = Rp1juta 400ribu nah pas musim dingin suamiku biasanya travelling selama 3 bulan klo mst byr £10 perhari kali 3 bulan ya kita gak sanggup lah 😅 hampir £1000 = Rp 20juta ? Duh eman2 duit 😅 trus gak adil jg buat loca kan krn g dpt kasih sayang dr kita…tahun lalu ada anaknya suamiku yg tinggal disini tp skrg dia dah diluar kota g tinggal dsni lg. Jadi ini g tau solusinya gmna wlo sbnrnya kita g mau rehoming dia.mudah2an neh tenant kami mau lah jagain loca dg bayar sewa separuh aja asal mau jagain loca jd pulang dr travelling aku masih liat loca ku sayang…tp gmna…ya klo tenant kmi g mau ya g ada jalan lain selain rehoming loca krn suami ttp kuekueh hrs away 3bulan selama musim dingin. Sedih mikir nya klo hrs melepas anjingku ini…#maaf curhat 😅

  19. halo toooooommmm salam kenal…
    aiih aku juga pengen banget punya kucing. tapi suamiku gak suka (geli) sama kucing. pengen deh sekali2 nyelundupin kucing dirumah, biar tau2 pas suami pulang yang nyambut di belakang pintu ngeong ngeong. hahahaaa…

    btw, so sweet bgt temenmu mba, kasih kucing dan mau nyapa lagi setelah diambekin. aku punya temen yang ngambeknya gak ilang2 nih, udah aku itungin hampir 2 tahun. huhu

    • Temen aku itu emang baik bgt, yg reseh aku hahaha.

      Wah kalau ada yg gak suka emang susah ya, soalnya entar suamimu yg stress ada kucing seliweran dirumah hehehe. Coba yg lain aja Tia, kelinci atau hamster haha

  20. Mbak Non, magic pets itu bentuknya spt apa? Fungsinya apa? Soalnya kedua kucing jantan saya akhir2 ini suka BAK di dalam rumah. Apa iya mereka protes? Apa salahku….😕😕😕. Katanya kalau kucing disteril jadi suka BAK sembarangan ya? Bener g sih? Hampir lupa….Salam buat Tom dari Bleki dan Coklat

    • kayak cairan gitu isinya 300 ml, trus nanti dikasih semprotannya. tiap satu tutup botol dikasih air 100 ml bisa dipakai berhari2. hemat banget lah. aku beli beberapa brand termasuk yang dari luar ternyata efeknya sama aja, jadi kayaknya bakalan pake ini trus. Aku beli online di tokped (milopetshop) 50 ribu aja utk 300 ml.

      nanti kalau kucing bak sembarangan, abis dibersihkan pake karbol/bayclin trus disemprot ini aja jadi baunya hilang. Ini desinfektan juga dan aman untuk kucing bahkan kalau terminum (gitu katanya haha).

      Sekarang dirumah aku semprot si magic pets ini dimana2 pokoknya tempat kucing duduk deh karena terkadang suka ninggalin bau khas juga kan. Kata orang2 sih rumah gak ada bau binatangnya. Cobain deh. Efeknya itu sekitar 1 jam abis disemprot bakalan langsung hilang.

      Kata dokter harusnya setelah disteril malah jadi jarang BAK. mungkin dia ngambek kali ya, kadang2 kucing kayak gitu kan ya. Kalau ngambek jd suka BAK atau BAB sembarangan.

      Kucingku ini ternyata lagi kena kutu yg ditelinga sama ada jamur deket telinganya skr. ribet banget deh ngobatinnya. pernah punya pengalaman gak??

      Salam meaou…mwow…….dari TOm ya hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s