Hobby Traveling dan Hewan Peliharaan


Thomas - Himayalan Cat

Aku mau punya anjing!

Tahun pertama ini trus yang saya dengar dari Matt. Anjing….anjing dan anjing. Temen-temennya pun mulai ngasih tau info adopsi anjing ini dan itu. Sampai kalau ada anjing yang mau dikasih-kasiin, kita termasuk dalam list orang yang ditelp haha.

Sayangnya kita trus mikir resiko kalau punya binatang. Tahun pertama di Medan, memang kami tidak banyak traveling dan saat itupun saya masih belum kerja lagi. Sempet kepikiran untuk adopsi aja dan resikonya pikirin nanti tapi gak bisa haha. Saya mikirnya pasti kami akan kembali ke jalan. Paling enggak dalam 1 tahun adalah 1-2 kali traveling besar.

Lalu sampai hampir 4 tahun di Medan kepengen punya anjing dihapus karena memang susah banget untuk nyari orang yang bisa kita titipin kalau lagi pergi-pergi. Ada temen Matt yang bersedia jagain tapi anjing mereka sendiri sudah 5 ekor plus sekarang beberapa obesitas karena setiap kali mereka traveling yang jaga di rumahnya males bawa jalan dan kasih makan sebanyak-banyaknya. Akibatnya anjing-anjing mereka kelebihan berat badan dan suka pipis/buang air di rumah juga. Duh…gimana kita mau nitip juga.

Nah, kepikiran punya kucing, ย masalahnya Matt gak suka kucing ๐Ÿ˜ฆ ย sampai akhirnya saya dikasih temen kucing. Tom namanya. Ceritanya bisa dibaca dibawah ya ๐Ÿ™‚

https://nonikhairani.com/2016/05/31/tom-himalayan-cat/

https://nonikhairani.com/2016/10/18/tom-dan-noni/

https://nonikhairani.com/2016/06/30/tentang-kucing/

Himalaya Cat

Kenapa saya nekat ngambil kucing?

Sebenarnya ini juga mikirnya lama banget. Setahun kayaknya haha. Sejak ditawarin kucing sampai saya ambil itu sekitar 1 tahun. Kucingnya pas diambil udah umur 1,7 bulan. Tengilnya sudah luar biasa dan susah dikasih tau karena udah “ketuaan” haha.

Sebelum diambil saya diskusi dulu ke ibu dan adek karena kalau sampai saya pergi traveling mereka ini yang ketiban “untung” jagain kucing. Diskusinya panjang banget tapi sebenarnya ibu saya seneng banget sama binatang. Pelihara anjing dia juga mau tapi males harus nyamak setiap kali shalat. Adek saya juga seneng kucing dan istrinya juga kepengen punya, jadi kayaknya soal titipan kucing gak ada masalahn.

Lalu sebelum hari H kucing ditinggal saya dan Matt ke Bukit Lawang 1 malam ketemu Mba Yo dan keluarga. Saya mikirnya kalau 1 malam aja kayaknya Tom bisa ditinggal tanpa harus ada orang datang. Nekat kita tinggal deh, Tom dirumah sendirian. Saya cuman kasih tau ibu mau ke Bukit Lawang dan kucing sendirian di rumah, cuman kayaknya gak perlu datang ke rumah buat ngurusin kucing. Dia sih ok ok aja.

Jadi kita pergi ke Bukit Lawang sekitar jam 11 siang. Jam BAB si Tom minggu itu pagi hari. Asumsi kita dia bakalan BAB besok pagi. Kalau BAK biasanya dia satu hari 2 kali. Jadi kita pikir ok cincay lah. Makanan dan minuman kita sediain agak banyak. Ini agak diluar kebiasaan sih sebenarnya.

Tom punya jadwal makan pagi dan siang. Setiap kali kita kasih makan, biasanya 1 jam makanan bakalan terhidang. Setelah satu jam langsung ditarik karena kita gak mau dia makan trus dan obesitas. Malam hari juga begitu.ย 

Besok paginya pas kita balik makanan habis semuanya, kucingnya BAB satu kali dan pipis 2 kali. Persis seperti yang saya perkirakan.

Setelah tau jadwal pastinya dia, begitu kami ke US, kucing akhirnya gak jadi dibawa mondok kerumah orang tua karena ayah saya kan punya asma. Takut juga jadi sakit. Kalau ditarok di kandang trus kesian banget si Tom. Di rumah adek saya, anaknya masih kecil dan suka buka pintu trus lupa kunci. Sementara Tom itu suka banget nongkrong depan pintu nyari kesempatan kabur haha. Gak pernah koq dia kabur. Jahat banget memfitnah kucing sendiri.

akting sewaktu mau ditinggal sendirian
akting sewaktu mau ditinggal sendirian

Akhirnya kucing tetap dirumah tapi adek saya 1- 2 kali datang buat ngecheck dan bersiin litter box setiap hari. Kebetulan sekolah anaknya depan kompleks. Jadi pagi sambil anter anak dia ke rumah ngecheck Tom dan malamnya begitu juga. Kalau weekend mereka nginep di rumah. Trus 3 kali seminggu ada yang datang siang-siang buat bersiin rumah. Segala aturan main dan keperluan Tomย sampai no telp dokter sudah dikasih ย tau di buku panduan haha.

Apakah semuanya lancar?

So far so good sih.

Jadi selama kita tinggal hampir 1,5 bulan, Tom 2 kali ke dokter buat mandi dan ngobatin jamur. Iya dia jamuran karena kayaknya rumah kan jadi jarang dibuka. Kalaupun dia main keluar kayaknya gak keburu dibersiin adek saya sudah harus kerja. Abis itu kucingnya kayaknya nyelip-nyelip entah dimana jadi jamuran (dikit aja sih tapi dia kegatelan). Trus gak setiap hari disisirin dan karena Tom agak-agak OCD kata dokternya jadinya rambutnya itu agak lembab. AC dan kipas kan selama kita gak ada mati.

Beratnya naik 6 ons haha. Padahal sama kita itu naik 1 ons perbulan aja susah banget, ehh begitu ditinggal naik 6 ons. Gila. Waktu ketemu kita jadi lumayan berat. Sekarang sih udah turun lagi beratnya karena kemaren dia sempet muntah-muntah trus kebanyakan makan dan ganti makanan.

Lebih manis. Sama adek ipar saya dia jauh lebih sayang daripada sama saya dan Matt. Katanya kalau makan dan minum maunya ditemenin. Idih yah sama kita enggaklah. Mandiri dong Tom. Udah disediain makan ehh minta ditemenin pula. Malesin haha.

dsc08213

2 kali BAB di sofa padahal selama ini dia sudah ngerti litter box nya dimana dan selalu bersih. Kayaknya protes. Pas hari saya pulang 2 kali lagi BAB di sofa. 1 kali hari pertama pas kami datang dan 3 hari kemudian BAB lagi karena saya seharian gak di rumah. Pulang-pulang malam ehh dikasih kejutan. Setelah itu sampai sekarang belon lagi. Mudah-mudahan jangan deh, tapi dia sempat muntah-muntah trus 2 mingguan karena makan kebanyakan.

Memang ya punya hobby jalan-jalan trus punya binatang peliharaan ini repot banget. Kalau gak ada adek atau ibu, kayaknya saya gak bakalan mau ngambil kucing juga deh. Kesian aja kalau gak dirawat. Gimana kalau ditarok di pet shop? yah bisa sih, tapi kalau lamaaaa kayak kita travelingย nya yah berasa juga biayanya. Belon lagi pulangnya kata banyak orang malah jadi jamuran dan kutuan.

Berapa waktu lalu saya ketemu satu bapak di Dokter Hewan. Si bapak ini lagi mau ngurus karantina kucing Maine Coone nya karena mereka mau mudik. Jadi setiap kali mudik kucingnya juga ikutan. Biaya karantina sih gak seberapa, harga tiket pesawatnya yang luar biasa haha. Pas saya bilang titip aja di pet shop dan dia bilang kalau pet shop lain saya kurang percaya (kecuali si dokter hewan ini) jadi gpp deh saya bawa aja ke Bandung kayak biasanya. huhaha…..ya ampun ๐Ÿ™‚

dsc08211

Di US juga pas kita traveling Natal taon lalu banyak banget orang bawa keranjang kucing untuk sama-sama terbang atau anjing. Setahu saya beberapa airlines di luar emang memperbolehkan untuk membawa binatang dgn biaya yang variatif. Ada yang 200 dollar untuk 2 jam perjalanan sampai lebih mahal lagi.

Alternatif lain emang ada orang lain yang jagain dirumah kayak Tom kemaren itu ๐Ÿ™‚ biasanya di negara-negara maju yang saya tahu (cmiiw) banyak juga orang yang menerima kerjaan part time untuk menjaga hewan peliharaan ketika si pemilik bepergian. Di Medan saya belon ketemu. Mendingan saya buka aja yaaa hahaha

Ada yang punya pengalaman punya binatang peliharaan tapi hobby jalan-jalan? share yuk

dsc08210

Advertisements

67 comments

  1. Aku ga hobi samaaa sekali sama hewan. Ga suka kucing (tapi anakku yg pertama suka banget), apalagi anjing takut banget ๐Ÿ˜…

    Btw aku malah fokus ke halaman rumah mbak noni. Cakepppp euy ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  2. Tooom kamu ganteng banget sih! Aku dulu kalau travelling nitipin kucing ke rumah nyokap di Bandung hihihi *remfoong deh* abisnya kalau dipenitipan kucing gitu suka kasian, ngga bias jalan-jalan & kekurung dikandang doing ๐Ÿ˜ฆ

  3. ya ampun tom… kok makin buntel sih kamu, gemes deh, aku jodohin sama kucing aq mau?wkwkwk….aq klo traveling gk lama mba,biasany sama kyak mbak sih uda prepare mkan,minum,tpt pupnya, dan dulu itu kucing aq punya kamar sendiri d rmh, jadi ya… pulang” paling liat kamar berantakkan krn kucing ku suka kerasukkan kalo lagi main.wkwkwk….

    • Deee….baru di kastrasi dia haha. Kesian deh, jadi gak pengen cewek lagi ๐Ÿ˜ฆ

      oh enak sih ya kalau ada ruangan sendiri, palingan berantkan ya. TOm berkeliaran bebas dirumah kecuali lantai 2 gak boleh naik dia hehe

  4. Aku seneng sama hewan peliharaan, apalagi anjing. Anak2 jg suka sbnrnya. Di sini ada satu temen, punya 5 kucing di rumah dan anak2 seneng banget kalo udah ke rumah mereka karena bisa puas main sama kucing2nya. Cuma aku masih mikir2 banget untuk punya peliharaan krn takut gak keurus secara tiap hari kerja dari pagi sampe sore..mo nyari yang buat jaga anak aja susah apalagi buat jaga peliharaan..hehehe…kasian malah peliharaan kan kalo smpe gak keurus

    • kalau gak ada yang ngurus emang jangan deh, kesian kalau akhirnya sakit/mati. Kata ayahku kalau gak mau repot pelihara ikan hehe.
      anak kecil emang liat binatang seruuu sendiri ya. Anak2 tetangga dsini kalau pagi/sore aku liatin suka banget main ama kucing. Digendong2, dibawa naik sepeda haha

  5. Emang ribet Non. Gimana ya? Kadang mikir klo ga punya peliharaan enak tinggal cap cus klo mau berangkat traveling, tapi sehari2nya jadi bosen dirumah ga ada yang diajak mainan.

    Aku pengen nulis soal ini juga ah ๐Ÿ™‚

  6. Rempong Non. Gw punya Kelinci dirumah, krn udah lumayan lama, jadi anak2 udah makin cinta gt.
    Repotnya kalo kita mau pergi2, kudu gotong2 nitip kerumah nyokap. Tiap kmn2 selalu kepikiran, udah dikasih makan blm yah, udah ini blm yah, udah itu blm yah ๐Ÿ˜€

  7. Aku punya anjing, kalo berangkat sampe rumah kosong, anjingnya tetep di rumah tapi bayar orang utk kasih dia makan. Biasanya sih tetangga atau org kepercayaan bapak.

  8. Gemeeeess sama tom ๐Ÿ˜
    Kucingku kalau ditinggal jalan jalan cuma nitipin dikasih makan sama tetangga mba non, tp keseringan pas kita ngga di rumah mereka pada ilang, trus baru balik ke rumah pas kita juga nyampe rumah ๐Ÿ˜‚

  9. Belum pelihara hewan apapun lagi sejak pindah ke Jakarta. Kepingin pelihara anjing si. Dulu pernah punya anjing di rumah lama tapi sudah meninggal. Pas pindah ke rumah yang sekarang, bokap peliharanya ikan haha.

  10. Aku ga begitu tertarik pny hewan peliharaan, mgkn krn komitmennya besar. Spt yg mbak Noni jabarkan, pny pet itu bkn sekedar pny aja. Kita hrs telaten merawat.
    Suamiku demeennn bgt sama anjing. Kl ada superman, batman, antman, nah dia nih dogman krn segala model anjing tuh langsung bisa lengket ama dia.
    Dulu dia pny rottweiler 13 thn, kl pegi2 msh ada bonyoknya yg jagain. Itu pun ogah2an peginya. Skrg pet pribadi sih ga ada tp skrg giliran mertua yg pny German Shepherd (u/ companion, mertua perempuan udah wafat). Nah kl mertua away, yg mn lumayan sering, kita ga bs pergi2 krn suami hrs ngurus si pet. Walau kalau bnr2 kepepet, ada tetangga baik hati yg bersedia ngasih makan, let him run around dll.
    Oh ya mbak, pernah liat org sedihnya ky apa ditinggal hewan peliharaan yg udh mrk anggap anak?!? Suamiku bnr2 hancur hatinya waktu itu. Gali kuburannya sendiri, nepok2 perut anjingnya sambil bilang,”come back, mate…”

    • Ibu angkat aku, dia pelihara anjing. Waktu meninggal kan dikremasi, disimpen tuh abunya dan sampai sekarang dia masih belon bs pelihara anjing lagi karena masih trauma sama sedihnya

  11. Iya bener repot banget kalau mau travelling. Makanya aku jadi jarang travelling atau mikir bener-bener kalau mau lamaan. Selama ini belum pernah nitip di petshop, tapi udah ada petshop pegangan yang beneran care kalau dititpin, plus ada waktu jalan-jalannya juga jadi nggak di kandang aja. Selama ini minta bantuan sodara buat jagain kalau mau travelling.

  12. Aku punya kucing 11 dan beberapa aku ambil karena kasihan masih kecil dijalanan jadinya aku pelihara aja,dan ibu jg suka bgt sama kucing..bahkan ada satu kucing suka banget mijitin kita,,tapi bingung klo kita mau pergi spt klo lg lebaran karena gak ada yg jagain..kita semua kan pada pergi,jadilah itu sikucinh” kita tinggal dirumah dan pas kita pulang alhasil berantakan itu semua yg ada dirumah,hahahaha..aku paling gak tega klo liat anak kucing pasti pengen comot aja bawaannya,๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ

  13. Aku gk suka sama binatang,..klw lht kucing dah dekat2 kaki langsung dech kaki siap2 naik ke atas kursi si kucing yang kena sepak..hahahahaha, aku salah fokus lebih ke yg hijau2 halaman rumah noni..seger banget ngeliatnya..mau donk minta bunga nya non..hehehe.

  14. bulunya tom kelihatan halus dan terawat banget ya mbak, pengen elus-eluuus~ ๐Ÿ˜ป
    tapi ya gitu, kasihan juga kalau punya binatang peliharaan tapi sering ditinggal jauh… ๐Ÿ˜ข

  15. Aduh ganteng amat si Tom๐Ÿ˜ pantatnya bahenol hahaha. Kalau qt traveling lebih dr 2 minggu kita minta sepupu nya suami buat tinggal di apartemen kita. Gratis, kulkas di stock, wine, bir, komplit. Kalau kurang dr 2 minggu kita nanya mertua dan teman yg kebetulan jg punya kucing. Jadi kita ganti2an Non, kl mereka holiday kita yg urus kucing mereka. Dua hari sekali kita tengok dan kasih makan/minum/cek litter box nya. So far blm pernah taro pet hotel deh…kayaknya..lupa juga…8 tahun sudah kita miara si pus๐Ÿ˜„

  16. Bener banget Kak Noni, punya peliharaan, kalau pergi2 banyak banget yang dipikirin ya, dan kerasa banget perbedaannya kucing kalau udah ditinggal lama, kalau kucingku jadi posesif banget

      • Gitu Kak, kemana-mana kita dikutin, ke kamar mandi, ke dapur. Kalau aku udah keliatan siap-siap pergi, Mbul suka merajuk, kayak sedih gitu Kak Noni..btw kucingku mati beberapa hari yang lalu, karena sakit…sedih banget sampai sekarang

  17. Haaaaiii Tooom, kamu cantik! *lah? Tom jantan kan? Abodoamat pokoknya dia cantik!* ๐Ÿ˜€
    Saya suka sama hewan-hewan peliharaan, tapi ga boleh pelihara anjing sama bapak T_T
    Kalo sama kucing masih suka hati-hati soalnya punya asma. Nah bingung jadinya hahaha

    • Hihi Jantan dia Veera ๐Ÿ™‚

      Sebenarnya kucing itu gak bikin asma tapi……nah kulit kering/kutu/jamurnya yang bisa bikin asma hehe. Kalau mau aman, kucingnya mesti sebulan sekali dimandiin dan disisir setiap hari, plus pake tutup mulut/hidung kalau mau bersiin kucing

      • hoalaaah gitu ya mbak? jadi saya selama ini salah persepsi rupanya ya. hmmm. mungkin karena faktor lingkungan yg juga blm tahu (dan jg kurang mendukung utk pelihara ๐Ÿ˜ฆ )
        sip sip. terimakasih infonyaaa ๐Ÿ˜€
        Pokoknya Tom tetep cantik! :*

  18. Kalo aku melihara kucing tapi ya kucing kampung aja Non dan bebas berkeliaran di depan rumah. Jadi kalo berangkat nitip makanannya ke tukang kebun kompleks. Soal BAB atau pipisnya dah aman kan di halaman rumah itu aja kasih pasir ๐Ÿ˜Œ

    • Dulu aku juga punya satu May tapi galaknya gak tanggung. Matt sebel banget tiap pulang ada aja yang luka di badan aku. Mulai dari dicakar sampai digigit hehe. Trus pas kita pindah rumah, dia gak mau datang lagi.

  19. Tom lucu skaliiii. Aku juga punya kucing mbaa, namanya Lilo, hihihi. Tapi karena drama terpikat betina beda kasta (baca kucing kampung) dia jadi suka kabur-kaburan dan end up dengan berantem sama gank kucing garong di gang sebelah. Yah sudah bisa ditebak kucing rumahan yang ngga punya kuku itu kalah dan berakhir dengan kornea robek dan badan tercabik, ihiks. Akhirnya kusteriiil, hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s