Sopan Santun Berkirim Pesan


10398693_157481478201_7949711_n

Sebenarnya saya males nih nulisnya tapi ya udahlah ya, karena beberapa kali terima pesen-pesen beginian jadi ditulis aja. Curhat judulnya.

Kita semua pasti diajarin sopan santun baik dalam kehidupan nyata atau dunia maya. Walaupun katanya dunia maya kita bisa jadi siapapun tapi alangkah baiknya jika kita menjadi pribadi yang sopan dan baik, ya kan.

Ok, lanjut ke bagian kirim-kirim pesan baik melalui email atau melalui media lainnya seperti WA, Line, SMS atau DM di social media. Semuanya saya kategorikan sebagai berkirim pesan. Karena email di blog memang saya sertakan, sehingga beberapa kali saya pasti menerima email. Ada yang nawarin pekerjaan, ada juga yang cuman bertanya soal kista atau pun nyari bule. Udah biasa juga.

Selain email ada juga yang berkirim pesan lewat DM. Biasanya lewat IG, FB atau Twitter. Paling baru sih IG. Gak banyak yang kirim tapi bikin ngakak dan gak jarang saya cuekin aja.

Kenapa dicuekin?

Begini, masa ya udahlah nanya nya soal bule, bukannya ngenalin diri dulu tapi main tembak aja semacam

“mau dong dikenalin bule-nya?” atau yang paling terakhir saya terima di IG ” kak mau dong di channel in bule :)”

Udah gitu doang. Bingung kan ya saya. Ini maksutnya gimana? harus saya tanggapin? mana pula foto PP nya gak jelas gitu. Sepengetahuan saya setiap kali saya bertanya ke seseorang, sebego-bego nya saya nanya pasti kenalin diri dulu. Saya gak gila hormat atau minta gimana-gimana tapi paling gak kan ngenalin diri ya, jadi saya pun tahu siapa yang kirim pesan. Lah, kalau cuman kayak gitu dengan nama yang bahkan saya sulit nyebutinnya apa gak bikin males jawabin.

Selain itu saya juga terima pesan dari beberapa orang kenalan saya. Ini mungkin saya sensitif haha. Jadi ya, sejak saya gak kerja di JW Marriott lagi, adalah beberapa kali saya terima email dari kenalan saya. Beberapa diantara nya adalah orang-orang yang sempet kerja dengan saya. Ada yang tiba-tiba WA trus nanya nya begini doang.

“Kak Non, masih di JW Marriott gak?” trus kan saya jawabnya enggak, sudah berhenti dan abis itu mereka gak bales apapun.  Ada juga yang setelah nanya kabar trus ngasih pertanyaan yang sama setelah itu langsung hilang, padahal jawaban saya di baca. Jadi maksutnya gimana? karena saya gak kerja lagi udah gitu aja ditinggalin haha.

Pernah juga rekan saya kerja dulu, setelah 6 bulan resign, eh saya masih dong ditanyain soal kerjaan. Nah, ada beberapa kali dia nanya pertanyaan trus setelah dijawab langsung ilang. Nanti WA lagi kalau mau nanya2 lagi. Kata temen saya gak sopan.

Lalu…..ada juga email-email yang masuk trus setelah dikasih jawaban ehh hilang aja gitu tanpa kabar huahha. Yang ini sih paling sering tapi yasudlah, kan emang udah bilang terima kasih dianya diemail sebelumnya ya hee.

Terkadang saya pikir, saya termasuk orang yang santai banget. Pas masih kantor kalau email resmi saya dibalas setengah casual pun terkadang saya masih ok. Cuman rasanya 3 contoh diatas buat saya agak gimana gitu.

Menurut kamu gimana? sebaiknya kita berkirim pesan gimana sih?

 

Advertisements

116 comments

  1. iya saya setuju mbak Non, kejadian itupun saya alami juga. Dan satu lagi saya juga agak gimana gitu…kalau saya kirim Chat biasanya Suka panjang…detail..mungkin banyak yang sebel kali ya kalo saya Chating itu suka detail banget saya ingin orang yang membaca pesanku gak salah tanggap gak salah maksud gitu, biar langsung mengerti intinya, karena berkirim pesan lewat SMS atau Chat berupa tulisan kan tergantung orang yang baca salah kasih tanda baca aja akan salah arti ya…nada suara pas kit baca juga mempengaruhi Hehe itu yang kadang banyak gak ngerti…(mungkin saya juga) tuh jadi panjang kan…hahaha…dan biasanya yang jawab pesan saya singkat banget…cuman 3kata hahaha

  2. Iya aku juga gak ngerasa sreg sama orang yg main tembak aja gapake babibu udah gitu kalo pertanyaannya gak masuk akal kayak yg nanya perbulean ke mbak noni gt kzl sih. Paling engga ya kisahkan dulu siapa dia dn apa kepentingannya

  3. Iya Non aku pernah merasa hal yg sama, abis dimintain tolong buat sekolah ke luar negeri, tanya2 gitu deh tips2, udah email2an terus minta tolong review esai nya dia. Aku review kan, aku kirim balik. Eh udah gitu ngga ada balesan sama sekali… bukannya gila hormat sih bener banget tapi kan harusnya gak diem aja kabur kan ya? heheheh

    Btw sebel ya ditanyain bule mulu, bule mulu.. aku aja herann nonnnn

  4. hi mbak noni, kenalkan saya kiky. sekitar setahun yang lalu saya pernah ngemailin mbak noni, terus saya seneng banget baca balasan dari mbak noni, sampai mikir panjang mau balas gimana, dan niatnya mau balas besoknya. kemudian saya lupa pasword email sendiri.. yak ampun..kalau ga salah waktu itu sengaja bikin email baru sebelum email mbak noni. maaf keun ya mbak..,, ngilang di telan bumi, belum sempat blg makasiii banyak.. sampai akhirnya 2 minggu lalu saya bikin blog, dan blogwalking kesini baca2 tulisan mba yg tetep seru banget dr subuh. Love Love utk mbak Noni..

  5. Yang nyari orang kalau butuh doang, itu yang paling bikin aku sebel Mbak.hahahaha

    Mbak, itu yang nanyain bule mulu mikirnya apa ya, suka ga abis pikir aku.

  6. iya saya setuju kak noni, sekarang umumnya orang-orang sering
    berkirim surat tanpa ada sopan-santun dan memperkenalkan diri
    pertanyaannya pun kadang konyol, ada yang nanya bahasa inggrisnya
    kalimat ini apa, ada yang minta no Hp, ada yang nanya trip dsb
    kalo sudah begitu saya bingung ini sebabnya apa? apa karena ketidaktahuan
    apa karena guru bahasa Indonesia tidak mengajarkan materi surat-menyurat
    saat di sekolah.

  7. Beneran ya.. banyaaaaaakkk bgt yg pengen punya pacar bule..

    Mba Non, kamu sabar banget.. eh tapi aku jg spt itu sih.. abis sepet, lepehan dibuang…*perumpamaan apa ya ini?*

  8. Klo baru kenal mah nanya nya udah pasti hrs sopan lah yah, masa ujuk2 minta dikenalin bule 🙈 Emang malesin sih yg begitu yah Non, mending ga usah di respon, biar mrk tau dulu lah mrk hrs gmn..

  9. Paling males di IG ad yg habis nyepam like trus DM minta folbek. Kan aku males ribut ya,yasud. Follow deh. Eh ngelunjak minta dilike like juga. Kenal juga enggak. Diblock, ganti akun lagi nanya “kak kok akunku yg xxx diblock?”

  10. aku sih males juga mbak, kalo tiba-tiba ada yg dateng tanya, trus udh gitu ngilang gitu aja, ato ujug-ujug nanya soal hal yang ngga banget. biasanya gak aku tanggepin.

  11. Ga paham deh sama orang2 yang begitu. Namanya kirim pesan itu ya mnrt gw hrs sopan ya apalagi ga kenal. Kliatan banget yg nanya2 mba masih kerja ga itu pasti ada maunya…kesel juga ya. Dulu gw pernah dikirim email mosok isinya “haiii ane sukak blogmu!” Padahal katanya dr manajemen travel apa gt…tp kok rasanya gak sopan banget hahaha, klo yg kayak begini biasanya gak gw bales :))

  12. ya ampuuun 2016 masih ada yg minta dicariin bule kak?
    buceeet dah yakk, pdhl mah cri jodoh nggak mesti bule.
    klo aq seringnya ditanya buat minta diskon lebih beli berlian. huaaa emgnya ini toko kepunyaan moyang aq apaahh..

  13. Non aku juga sering dikirim email nih, seringnya nanya tentang seputar ujian bahasa Belanda atau kehidupan di Belanda atau nanya2 tentang tempat wisata di Belanda (macam travel agen aja aku haha). Pertanyaannya ada yang puanjaaangg ada yg pendek. Selama aku mudeng sama pertanyaannya pasti kujawab. Tapi seringnya aku suruh googling dulu, atau aku suruh pelan2 baca tulisanku di blog karena jawabannya sebenarnya ada disana. Kadang setelah dikirimi jawaban yg panjang lebar, ga ada reaksi selanjutnya. Nah kan bingung ya emailku keterima atau ga. Minimal kasih balasan lah kalaupun ga mau ngucapin terima kasih jadi tau gitu emailnya sudah dibaca. Nah aku beberapa kali juga dikatain judes pas nyuruh mereka googling dulu. Lha gimana maunya, disuruh googling kok malah dikatain judes dan ga mau berbagi informasi. Wes embuh karepe.

  14. Itu iseng mgk orgnya mba asal nanya bule. Bnyk yg cuma iseng..pernah tanya minta resep saya tulis tp ga di respon atau sekedar say thankyou…ya anggap aja mrk ga seriuslah…dan mari berlalu…inget2 aja spy lainkali prioritas lbh ke yg serius….

  15. Kak noni kak noni aku pingin foto sama bule, gimana caranya? Plis kasi tutorialnya *lalu dicakar ama Tom* 😆😆

    Kalo utk email urusan kerja, atau sama orang yg baru kenal, biasanya chatku rada formil, lengkap sama perkenalan nama dll. Selama ini belum pernah dpt email yg kesannya ‘hit and run’ gitu, aku kan ga terkenal 😆😆
    Tapi sebelnya, kalau ada yg chat cuma pas butuh doank, alias tiap kali chat mesti isinya minta tolong. Kalo dia ga butuh, ya ga chat apapun. Nah, ini aku yg ga suka. Kesannya ga sopan

  16. Wakaka! Di channel in bule 🙈 Iya harusnya emang ngenalin dulu atau kalau udah kenal tp lama banget nggak kontak ya minimal nanya kabar dulu ya… Aku pernah nih tiba2 di-pm teman luamaaa (temen kelas 1 SD yg udah lama juga nggak saling kontak) di FB, dimintai tolong nerjemahin materi thesis dia. Itupun nanyanya direct, nggak pake apa kabar dulu: “eh kamu suaminya bule kan? Bantuin terjemahin artikel ini dong… Aku otaknya sudah pusing bikin thesis. ” Eh lho? 😂😂

  17. Aku juga belajar mba, kita nggak pernah tau karakter asli lawan bicara ketika berbicara langsung atau komunikasi di socmed bagaimana?
    Ada yang aktfi & cerewet, tapi nggak suka chat / males ngetik di smartphone; begitu juga sebaliknya.

    Kalau aku sih, apatis orangnya. Sabodo teuing dengan chat / email yang gantung. Mungkin dia punya waktu yang sedikit pada saat chat sehingga lupa bilang thanks/goodbye.
    Berpikir positif aja mba. Kenapa dia gak ada kabar, mungkin kuota internetnya habis 😀

  18. Aku jg suka ngerasa gimanaa gitu mbak kalo ada yang nanya2 trus setelah kita jawab eh udah, gak ada tanggapan sama sekali..kesannya kok kayak digantung gitu ya? Ya maksudnya nanya tuh dalam rangka apa doonngg klo stlh dijawab gk ada tanggapan sama sekali? 😀

  19. ini perasaanku waktu dulu jualan online 😦 di wa/bbm nanya masih ready gak barangnya, pas udah di jawab, dia ga bales2 lagi, gak beli juga, padahal udah ngarep dagangan kita cepet laku T___T

    salah satu chat yg bikin aku sensi sekarang ini adalah nanya “udah hamil belum?” “kok belum?” terus kita cuma jawab “ya belum dikasih aja” eh dia ngilang, padahal akunya masih berdarah2 abis jawab pertanyaannya dia 😦

    • hihihi kalau itu aku juga pernah, kan nanya harga gitu trus udah diem aja huahha. ternyata emang ditungguin ya mau beli apa gak. soalnya aku pikir kalau gak kirim lagi artinya gak tertarik.

      ihh yang nanya udah hamil belon itu sebel dong

      • dulu suka keki gitu mau nanya “mbak jadi beli?” hahaha.

        pertanyaan paling sensi sih itu sekarang 😀

  20. Kayaknya adanya WA dan messenger2 ini bikin orang malas nulis panjang. Padahal harusnya basa-basi dulu, pakai pembukaan baru menyasar tujuan.

    Soal tulis-menulis ini aku belajar dari orang Perancis. Mereka jawara kalau bikin surat berbuih-buih.

  21. Non, Kita kan senasib ya sering ditanya ngga jelas gini. Gimana kalo kita bikin biro konsultasi dan uangnya ditabung buat jalan-jalan bareng? 😀

  22. Suka ngga abis mikir juga mba, belum kenal tp langsung minta kenalin bule gitu. Laah dikira mba noni biro jodoh khusus bule kali ya. Aku juga nyari jodoh ngga gitu gitu amat #eeh
    Udah gitu yg sampai niat kirim email buat nanya trus abis dijawab ilang, yaa macem macem orang sih ya mba, padahal dibales makasih aja udah seneng kan kita

  23. Paling parah kirim email lamaran kerja Mba, ujug-ujug ga pake apapun tiba2 kirim CV tok. Udah gitu aja. Ga sopan bgt. Kenalin diri dulu lah minimal…. 😦

  24. Setuju mbak, aku juga sebel sama orang yg udah la dia kirim pesan duluan eh udah dpat balesan malah ngilang, jadi pengen kpan2 gak bales pesan dia lagi klo dia lagi butuh, tapi gimana donk mba, aku orang nya suka gak tegaan.

    Itu yg nanyak bule mesti kali yaa kirim pesan tanpa babibu gitu, lagian dipikirnya mbak noni penyalur bule kali ya punya bnyak stok abang2 bule 😧

  25. Banyak tuh Mbak yang suka kabur kalo udah dapet jawaban, ga ada say thanks atau apapun. Yang langsung nembak pertanyaan juga banyak. Jadi bingung, separah itu kah sampe ga tau (atau ga peduli?) sama basic manner? :/

  26. Atau contoh soal yg lain misalnya….
    Kapan loe balik ke Indonesia? Bawain kaos sepakbola dong…..
    #pesen dari temen sekolah dulu yg udah ga kontak atau ketemu sekian puluh tahun lamanya, hahaha

  27. Menurut saya nih mbak, etika berkirim pesan ke orang yang belum kita kenal : salam dulu (pagi,siang or malam), kenalin diri lalu maksud kirim pesan
    Ke orang yang udah kita kenal pun, berlaku sama setidaknya ada salam terus nanya ganggu apa nggak..
    Dan sekiranya bahasanya itu sopan ^^

  28. Akuuu sebel banget sama orang yg nyapa via bbm pake ping! Heh ga diajarin selamat pagi, siang sore?
    Itu beneran ga sopan!

    Pun org2 yg wa cuma pas ada butuhnya doang abis dijawab trus ilang aja gitu, ga sempet bilang thx gitu. Plis deh

      • Aku jg udah engga sih, gegara tabletnya rusak trus pas install lagi pin nya berubah. Trus ilang kontak semua. Hahahaha. Termasuk org yg sering pang ping

  29. Satu lagi, aku jg kzl sama org2 yg kirim imel kerjasama trus ilang, maksudnya nerima kaga, nolak juga engga. Maksudnya apa???

  30. Ya alloh samaan ahahhaa
    Aku juga sering dpt undangan event pas masi liputan eh pas dah resign aku bilang uda ga kerja di sono lagi, langsung hening ga ada tegur sapa lagi..
    #merasa dihormatin klo berstatus punya karier akuh

  31. Teman lama yang tiba-tiba datang menghubungi lalu tiba-tiba ‘wuss’ meninggalkan asap dan ‘read sign’. . .? Saya pikir saya saja yang sering mengalaminya. Ternyata, , , hmmph.. apa itu maksudnya? Muncul lagi, fixed bacok!

  32. Hai Non..salam kenal ya….aku Rizza
    Aku juga punya pengalaman,punya temen yg klo dia nanya2 ke aku lewat sosmed..itu slu aku jawab. Pertanyaan dia, hebatnya lg setelah aku giliran bertanya..chat aku di read doang.. 😀 sabar sih tapii aku nya …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s