How To Maintain A Good Posture


yoga-1148172_960_720

Tunjuk tangan yang punya masalah dengan postur tubuh?

Saya punya…..banyak malahan haha.

Jadi pas pertama kali masuk kelas yoga, guru yoga langsung komen “Noni kamu punya masalah ya, badannya bungkuk. Gak bagus. Kalau duduk mesti begini” kasih liat posisi duduk tegak karena saya emang selalu bungkuk. Pokoknya gak bangetlah. Kesannya pun jadi males gitu. Emang males juga sih hehe.

Postur tubuh yang gak bagus sebenarnya juga bakalan menggangu kesehatan tubuh. Dengan memiliki postur tubuh yang bagus sebenarnya kita bisa menghindari banyak sekali masalah kesehatan kayak sakit punggung, leher, kepala, sakit kepala bahkan sesak nafas.

Satu minggu lalu saya bangun tidur dengan punggung sakit bukan main. Kayak kejepit. Jadi setiap saya noleh kekanan atau kekiri kayaknya punggung saya langsung kayak kejepit gitu. Sakit banget. Matt bilang kayaknya saya salah tidur. Posisi tidurnya gak bener. Emang bener sih, belakangan saya suka maksain harus pas tidur berbaring menghadap ke kanan dan gak ganti-ganti yang ada akhirnya sakit deh. Belon lagi sehari sebelumnya saya pakai high heels.

Gara-gara postur tubuh yang gak bener itulah makanya saya suka banget yoga. Diolahraga ini paling gak setiap 3 kali seminggu guru saya ngingetin buat benerin, selain itu saya baru ketemu lini ini buat memperbaiki postur tubuh. Emang gak bisa sehari dua hari tapi paling gak mulai lah dicobain.

Dulu ya pas masih ngantor, kalau saya gak salah taon 2014, kan setiap hari pasti ngetik dikomputer trus tangan saya tiba-tiba kayak kram. Lemes dan kayak digigit semut gitu. Lama banget sampe bingung juga ini kenapa. Trus salah satu atasan saya pas ngeliat saya suka meringis gitu ngecek posisi keyboard komputer yang ternyata terlalu rendah untuk saya, jadi dinaikin. Besoknya tangan saya gak sakit lagi. Nah, hal-hal sepele yang mungkin kita gak sadari ternyata bisa membuat tubuh kita sakit. Padahal salah posisi aja.

Sama juga dengan posisi ketika kita duduk pada saat kerja atau makan yang terkadang tanpa kita sadari malah bisa bikin kita sakit. Saya pernah juga nonton tv sambil makan yang akhirnya bikin sesak nafas. Matt mesti dong narik badan saya gitu supaya tegak baru bisa nafas bener. Makanya makan sambil duduk disofa itu kadang-kadang saya hindari banget karena suka bikin postur tubuh gak bener trus sesak nafas.

Kelihatannya emang sepele ya tapi ternyata penting banget untuk memperhatikan posture tubuh kita yang bener.

Trus kalau misalnya udah punya masalah dengan postur tubuh mesti gimana dong? sebaiknya sih diperbaikin. Kalau terapi gitu katanya emang lebih cepat tapi kan lebih mahal juga hehe. Saya sih masih nerusin yoga tapi kalau yang saya baca-baca postur tubuh bisa diperbaiki dengan :

01. Olahraga. Kayak Yoga gitulah ya. Yoga itu banyak sekali memperbaiki postur tubuh yang salah. Berdiri yang gak bener, duduk yang gak bener, bernafas yang bener. Pokoknya manfaatnya banyak banget.

02. Pijat, karena kan katanya pijat ini bisa melemaskan otot2 yang tegang.

03. Menghindari membawa barang-barang yang berat. Ini bener banget. Saya pernah ngangkat kandang kucing yang gede banget gitu trus berakhir dengan punggung sakitnya minta ampun. Jadi mulai sekarang kalau emang berat pasti minta tolong Matt atau kalau gak yah gak mau maksain bawa sekaligus banyak.

04. Nyetir yang bener posisinya. Ini hampir sama dengan duduk. Kalau nyetir saya suka banget kayak bungkuk itu dan itu gak bener banget.

05. Posisi tidur

Tidur nyenyak. Meskipun Anda tidak dapat secara sadar mempertahankan postur tubuh tertentu ketika tidur, cara tidur Anda akan memiliki pengaruh pada postur tubuh ketika bangun tidur. Ini infonya dari Wikihow.

  • Tidur telentang dengan bersandar pada punggung akan membantu menjaga bahu Anda tetap lurus, dan biasanya lebih nyaman untuk punggung daripada tidur telungkup dengan bersandar pada perut.
  • Jika Anda lebih suka tidur miring dengan bersandar pada bagian samping tubuh, cobalah menyisipkan bantal kecil dan datar di antara lutut untuk membantu menjaga tulang belakang tetap lurus.
  • Gunakan bantal untuk memberikan sandaran dan kelurusan yang benar untuk kepala dan bahu. Jangan memakai bantal terlalu banyak untuk kepala, karena kepala Anda akan melengkung dengan posisi yang tidak alami. Posisi ini akan menyalahi postur tubuh dan Anda akan bangun tidur merasa kaku, sakit dan pusing.

Posisi duduk juga ngaruh banget. Kalau saya pas duduk pasti otomatis nyilangin kaki padahal itu gak bagus banget. Sekarang pelan-pelan dikurangin tapi kalau mati gaya yah tetep nyilangin kaki juga hehe.

Kalau pengen dapetin info yang lebih banyak lagi langsung aja liat youtube diatas karena semua info ada disana. Ada banyak sekali informasi mengenai memperbaiki posisi tubuh dan tinggal kita sesuaikan dengan kebutuhan. Yang pasti posisi tubuh yang bener itu penting banget, jadi jangan cuek ya.

Ada yang punya masalah dengan postur tubuh juga? Share yuk….

Advertisements

51 comments

  1. Nyilang kaki tuh kebiasaan buruk banget. Sekarang dengkulku sering nyeri. Pengen deh hilangin kebiasaan ini.

    Kalau soal postur aku juga masih jelek. Pelan-pelan kurangin pakai tas tangan. Gantinya pake tas ransel. Hehehe

    • dan susah ya ganti kebiasaan ini soalnya udah biasa sih kaki disilangin gitu. Gak enak banget kalau lurus.
      oh iya tas tangan, aku masih susah nih.bawaan banyak aja padahal gak perlu

  2. Skrg aku juga macem2 olahraga ama fisioterapisku mbaaak untuk ngelurusin punggungku yg rada bungkuk. Dia juga blg klo bobo samping dikasih bantal/guling, dan itu nasehat SEMUA fisioterapis yg pernah kutemui lhoo brarti emang gt yak hrsnya soalnya kadang males hehe

  3. aq sering menyilangkan kaki, soalnya agak aneh dan kadang klo duduk suka ngangkang makanya aq menyilangkan kaki hehehe.
    dan klo udh pegel gantian aja gitu, pdhl ga baik ya? huhuu

  4. Aku sering bgt Mba non, pas lg tiduran tiba2 punggung sakitnya minta ampun selama bbrp detik. Mungkin krn sering salah posisi waktu tidur kali ya? Duduk nyilangin kaki jg lumayan sering, abisnya kalo lurus terus pegel sih πŸ˜…

  5. Aku punya skoliosis parah (lebih dari 50 derajat kemiringan) yang berawal dari posisi duduk yg salah sejak kecil dan selama bertahun2. Untuk mengembalikan posisi tulang, pada saat aku awal umur 20an disuruh operasi sama dokter karena dengan therapy biasa ga membantu banyak. Aku ga mau. Trus dokter menyarankan untuk renang karena bisa membuat posisi tubuh lebih bagus meskipun tulang ga bisa balik lagi ke posisi semula. Sejak saat itu aku rajin renang, dan memang lebih nyaman ke punggung, ga sering sakit dan posturnya jadi lebih bagus. Pilates dan Yoga juga pernah nyoba untuk punggung skoliosisku. Yg bertahan sampai sekarang tetap renang.

  6. wah pernah juga saya mba, kebanyakan ngetik di laptop sampai kesemutan dan sakit.. tapi kalau di tempat kerja meski setiap hari ngadep komputer Alhamdulillah nggak sakit, karena posisi keybord tidak terlalu rendah juga.
    kalau duduk emang sih masih sering menyilangkan kaki hehe.. saking kebiasaannya sampai nggak sadar ya hehe

  7. aku bungkuk mbak non. tinggiku 171cm. dari dulu selalu punya temen yang kecil2, jadinya suka ga pede, terus bungkuk. sekarang nyeselllll banget karena kayanya udah sulit dibenerin.. aku juga punya kebiasaan kalo berdiri itu bertumpu paa satu kaki, jadi sekarang ini kalo bangun tidur kaki yg ditumpu pasti sakit atau pegel.

    obatnya berenang aja sih. hehehe. katanya kalo rajin paling gak bisa lumayanlah. hehehe.

  8. Aku ngacuuung ☝ πŸ˜… tubuhku dulu jg bungkuk non! Ea bnr setelah aku rajin yoga setiap hari sejak januari awal tahun 2016 ini beberapa minggu kemudian postur tubuhku jd bagus 😍 aku g pernah ikut yoga class sih krn sudah ada guru privat di rumah πŸ˜… *suamiku dia yogis jadi enak tiap hari bisa yoga dan dia yg mengkoreksi pose nya biar bener…

      • Udah baca postinganku yg “cara berlatih headstand” belum non? Aku nulis postingan itu krn mau berbagi pengalamanku selama aku berlatih headstand g pernah jatuh apa lagi sampe cidera…headstand sbnrnya g ada hubungannya dg kekuatan tangan kata suamiku tp kita hrs belajar menguasai tekniknya…krn setelah kita tau tekniknya g seberapa pake keluata tangan loh…berasa enteng ! Seakan kita berdiri di atap gtu non ! Percayalah πŸ˜‰ org beda2 non ada yg 1-2minggu udah bisa ada yg sampe 2bulan jadi sabar berlatihnya…senderan ke dinding non latihan headstandnya sampe kamu bnr2 yakin bisa br belajar menjauh dr dinding…di postinganku lengkap dg foto n video di youtube.

      • Oke d3h…sabar non…yoga kudu sabar πŸ˜‰ mgkin kamu mmg ada masalah dg punggungmu coba backbend praktis dulu biar tulang punggung lebih lentur dan kuat n gak gampang sakit pinggang/punggung…aku headstand malah cpt bisa di bandingin backbend nya masih kurang lentur πŸ˜…

  9. masalahku banyak mbak Noni…bungkuk, nyilangin kaki, bawa banyak barang x_x. Penyakit semua ini..besok mulai yoga lagi sih, mulai lari juga, dan nyoba ngurangin banyak barang.

  10. No 1, 2, 3, 5 itu bener banget dan berlaku di aq ya, non.. postur badanku bermasalah karena tulang punggung bengkok 5Β° jadi kecapekan dikit bisa asma lah, ato parahnya kayak zombie. Yng bisa bikin bertahan ya olahraga, pijat (ini solusi segera sembuh) dan gk bawa bawaan banyak di punggung.

    Aq kalo tidur malem aja sempet gantian posisi tidur ama bojo gara2 capek hadep 1 sisi. Apalagi kalo anaknya mencep nyusu.. waduuuhhh.. bisa sejam dua jam hadep 1 sisi..

  11. Aku masih sering bungkuuukk huhuhu. Kadang kalo inget jadi buru2 duduk tegap tapi pasti ntar lupa lagi dan balik bungkuk lagi 😦 Tapi bener banget olahraga itu membantu, dulu pas masih sering pilates aku lebih bagus postur tubuhnya.
    Nyilangin kaki itu ga ada obatnya hahahaha. Sampe-sampe duduk di meja makan aja sambil bersila. Ini karena kaki pendek sih, jadi biasanya kalo duduk itu kaki suka ngatung dan rasanya ga nyaman, jadi akhirnya bersila dan kebiasaan deh πŸ˜›

  12. Aku bungkuk sih mbak. Sering sih dikasih tau temen malah ada yg sampe ngomel kalo liat aku jalan/duduk bungkuk. Udah coba agak tegap, tp gak nyaman banget rasanya :(((

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s