Melihat Bintang Jatuh di Ijen Banyuwangi


Senin ini kita masih akan ngomongin Jawa Timur. Kali ini tentu saja Ijen. Sebenarnya saya sudah pernah posting tentang trip ke Ijen tapi….ternyata ada banyak foto yang belum saya posting, jadi saya tulis lagi aja tentang IJen. Kebanyakan foto sih.

Cerita tentang Ijen yang pernah saya tulis, bisa diklik dibawah ya.

https://nonikhairani.com/2013/09/29/ijen-crater-west-java-indonesia/

https://nonikhairani.com/2007/06/07/catatan-perjalanan-ijen/

Ijen ini buat saya berkesan sekali karena sepertinya ini gunung pertama yang saya daki. Tingginya pun sebenarnya tidak terlalu ya,  tapi medannya untuk saya yang hampir gak pernah olahraga dan naik gunung lumayanlah. Lumayan buat berhenti ratusan kali baru tiba dipuncak hehe. Makanya pas matahari terbit saya masih entah dimana punggung gunung. Capek banget soalnya.

Naik ke Ijen itu sebenarnya gak bakalan bosen karena banyak sekali yang bisa dilihat dan difoto. Sepanjang jalan kita ketemu dengan bapak-bapak penambang belerang. Baunya luar biasa enak haha. Trus ada juga entar bapak-bapak yang memahat bongkahan belerang itu jadi beberapa bentuk. Seingat saya kodok salah satunya. Kita tentunya gak beli karena bau nya itu.

Ada 2 gunung yang buat saya benar-benar berkesan. Bromo dan Ijen. Kalau Ijen lebih karena tempatnya lumayan susah didatangi karena kan emang jauh ya. Dari Surabaya butuh sekitar 6-8 jam trus jalannya juga kurang bagus. Jauh bangetlah. Sampai di Ijen pun kalau mau lihat matahari terbit harus mendaki gunung dulu. Kalau Bromo kan gak perlu mendaki dan ada jeep yang bisa nganterin. Pokoknya perjalanan ke Ijen itu jadi luar biasa berkesan karena yah jauhnya, kebun kopinya, dinginnya, langitnya yang penuh dengan bintang. Saya rasa Ijen ini salah satu tempat dimana saya melihat bintang paling banyak. Saking banyaknya berkali-kali saya ngeliat bintang jatuh.

Satu hal yang saya sesalin ketika ke Ijen kala itu adalah waktu yang mepet. Saya cuman 2 hari aja disini. Nyampe sore, naik gunung besok pagi dan cabut kembali ke Surabaya keesokan harinya. Sungguh penyesalan karena tempat ini sendiri benar-benar bagus. Berkali-kali saya jadwalkan untuk kembali ke Ijen atau tinggal di desa-desa sekitarnya selalu saja gagal. Sekarang kalau mau ke Ijen lagi baru deh ngerasa jauh banget.

Seingat saya dulu tidak terlalu banyak penginapan di Ijen. Sekarang nih, biasalah abis googling haha. Baru deh ketemu banyak sekali hotel-hotel baru dan lama yang kayaknya seru-seru banget. Coba ya saya list disini, siapa tahu berguna.

01. Ijen Resort and Villas

Ijen Resort & Villas, Banyuwangi
Ijen Resort & Villas, Banyuwangi

Dulu saya penasaran banget sama villas disini. Sebenarnya bukan villa nya sih tapi lebih ke tempatnya. Kayaknya gimana gitu tinggal dikampung-kampung yang dikelilingi sawah trus pemandangannya gunung dan gak perlu masak karena kan tinggalnya dihotel hehe.

02. Bangsring Breeze

Bangsring Breeze Resort
Bangsring Breeze Resort

Yang ini baru-baru aja sih saya ngeliatnya. Itupun gara-gara ngebahas Ijen sama Febby trus kita berdua browsing hotel-hotelnya. Eh ketemu yang ini. Tempatnya kayaknya nih bagus banget. Suka deh.

Ada yang pernah nginep disini?

Address:

Jl. Raya Situbondo KM 17
Gg. Bangsring Breeze
Dusun Krajan Deze Bangsring
Kecamatan Wongsorejo
Kabupaten Banyuwangi – East Java – Indonesia

Phone: +62 8 1358690800

03. Kampoeng Joglo Ijen

Kampoeng Joglo Ijen
Kampoeng Joglo Ijen

04. Mi Casa Guest House

Tripadvisor
Tripadvisor

Guest house ini kalau dilihat-lihat masuk ke Air Bnb. Tempatnya kayaknya lucu nih, bisa dipertimbangkan kalau lagi pengen kesana hehe.

Saya suka aja liat foto-fotonya walau gak terlalu banyak. Kalau berminat bisa langsung hubungi alamat dibawah ini ya.

 05. Jampit Guest House Kawah Ijen
www.panoramio.com
http://www.panoramio.com

Inilah hotel/penginapan yang bener-bener saya incar untuk ditinggalin kalau ke IJen. Jadi dari dulu pengen banget tinggal disini cuman….entah kenapa selalu gak ketemu waktunya. Tiap kali saya buat reservasi selalu full, makanya gagal-gagal trus ke Ijen lagi. Mudah-mudahan nanti kalau ada waktu bisa kesini lagi.

Kenapa penginapan ini bikin saya penasaran? Karena ini hotel tua, dibangun tahun 1927 oleh Belanda. Gila….tambah ngiler deh saya. Arsitektur nya pun mengikuti bentuk bangunan Belanda. Aduh pokoknya cuman liat fotonya aja saya udah seneng loh. Hotel milik Perkebunan kalau gak salah. Hotel yang sudah lama banget tapi masih kece gitu. Terbuat dari kayu.

http://www.ijenplateau.com/accommodation-at-the-ijen-plateau/jampit-guest-house-ijen-plateau

Sebenarnya mungkin buat sebagian orang gak istimewa karena kamar-kamarnya juga biasa ajalah tapi buat saya ini salah satu tempat/hotel yang emang saya idam-idam kan buat ditempatin. Beberapa temen kalau diajakin nginep disini pasti ngomong “gak cari tempat lain aja Non” hehe. Soalnya hotel tua kali ya.

Eh sebenarnya dulu hotel ini adalah rumah yang ditinggalin oleh pejabat perkebunan Belanda. Sungguh kalau boleh sirik, saya sirik deh sama keluarga itu hehe. Pemandangan disini itu beneran bagus….bagus……bagus pake bikin ngences. Karena tempatnya pun cukup tinggi jadi udaranya sejuk.

Gak tau deh kayak apa saya bener-bener pengen ketempat ini. Ngomonginnya aja bisa betah gitu, padahal belon nginep. Saya pernah ngelewatin doang pas ke Ijen hehe.

Selanjutnya langsung aja ke beberapa foto yang saya ambil di tahun 2007 🙂

Ada yang pernah ke Ijen juga? masih secantik yang dulu kah?

Jalanan menuju Ijen
Jalanan menuju Ijen
Ijen
Ijen
Ijen dipagi hari
Ijen dipagi hari
Ijen
Ijen

Ijen Ijen Ijen

Menuju puncak
Menuju puncak
Menuju puncak
Menuju puncak

Ijen Ijen Ijen Ijen Ijen Me :)

Ijen
Ijen
Pagi hari di Ijen Jawa Timur
Pagi hari di Ijen Jawa Timur
Pagi hari di Ijen Jawa Timur
Pagi hari di Ijen Jawa Timur
Pagi hari di Ijen Jawa Timur
Pagi hari di Ijen Jawa Timur
Penambang Belerang - Ijen Jawa TImur
Penambang Belerang – Ijen Jawa TImur
Penambang Belerang - Ijen Jawa TImur
Penambang Belerang – Ijen Jawa TImur
Penambang Belerang - Ijen Jawa TImur
Penambang Belerang – Ijen Jawa TImur
Menuju Kawah Ijen
Menuju Kawah Ijen

Ijen

Advertisements

60 comments

  1. Cakeeep, pemandangan-pemandangannya, dan hotelnya lucu-lucu. belom pernah ke Ijen mba Non. Hahahaha, itu yang point penting, gak usah repot2 masak karna di hotel. D 😀 Yang Jampit Guest House Kawah Ijen keren yah, emang bikin mupeng. 🙂 ❤

      • Iyah mba, sudah banyak ajakan, termasuk dari Wulan *kayanyanya mba Non linked juga (di blog dan IG) sama si Penguin ini, kkekekek*
        Pengen banget.
        Btw mba Non, aku nanya melenceng dari post ini yah, kira2 kalo 4N3D di Sumatra Utara, bisa ke Samosir gak yah? di Medan sistem transit gitu?
        Makasih pake banget. 😀 🙂

      • Iya kenal ama Wulan. Ayolah pergi. Ini kalau Banyuwangi bener2 rekomen deh.

        Maksutnya itu 4D3N kan ya?
        Kalau cuman ke Samosir bisa banget lah. Samosir itu sekitar 5 jam dari Medan. 2D1N itu paling minim ya untuk bisa nikmatin Pulau Samosir. Sisanya kamu bisa ke Bukit Lawang juga kalau mau. Cuman kalau naik angkutan umum/bis aku bingung Yun. Mungkin kalau mau ke beberapa tempat gitu enakkan nyewa mobil aja. Semisal mau bisa sewa ke ayah aku aja

      • Siap mba, aku udah bookmark yg kmren post mba Non ada penyewaan ayahnya. Ntar kalo jadi aku hubungin yah. 🙂
        Makasih.
        Iyah nih, cari waktu cuti yang berikutnya lagi.

  2. Aku terakhir ke Ijen tahun 2014, sama (calon) suami waktu itu. Pernah aku tulis di sini http://www.conedm.nl/denald/2015/10/27/catatan-perjalanan-kawah-ijen-dan-pantai-pulau-merah/ karena Ijen deket sama rumah, jadi ga pernah nginep di hotel. Dan kok yaa 3 kali ke Ijen (saking doyannya sampai 3 kali😅) meleset terus ga pernah kedapetan lihat blue fire. Kami waktu ke sana sampai turun ke bawahnya Non, deket langsung sama bapak2 itu nambang dan sampai ke air kawahnya. Suami ngajakin ke sana lagi kalau kami nanti pulang, mau nonton blue fire. Memang Ijen dan Bromo itu selalu ngangenin.

    • Den, kamu beruntung banget bisa tinggal di deket2 situ. Kalau mudik kirimin tape yaa hahaha. Aku suka banget tape Bondowoso. Gila…ini langsung ngiler deh.

      Aku juga gak liat blue fire. pertama kesiangan, kedua aku kan punya bakat asma jadi kayaknya kalau terlalu menusuk bau2nya aku gak kuat trus susah nafas huhu.

  3. Yg Jampit guest house itu baru lihat fotonya aja aku udah ngiler pengen ke sana haha. Blm pernah ke Ijen. Scenery-nya bagus2 bgt ya 😍😍

  4. aku mau kesana nih mba tanggal 17 agustus ini, sekalian ke baluran, green bay sama pulo merah.
    Pengen banget nginep di tempat tempat di atas, tapiii.. budget ga memungkinkan karena aku backpackingan. doakanlah semoga ga sengklek pinggangnya hehhe..

  5. Noni, aku juga suka lho villa Belanda itu, tapi anak2 pasti nggak mau kalau diajak ke situ..
    waktu ke Bromo udah ngiler aja diajakin langsung ke Ijen, he.he,…cakep banget ya Non

  6. Ini tulisan bikin ngiler pengen kesana lg, dulu kesana backpackeran “Mejangan – Ijen – Baluran” tahun 2014 akhir, walau dpt blue fire tp ga dpt sunrisenya..dan ga nyangka ada penginapan dg view yg menggoda mata, sekaligus menggoda mata pencarian a.k.a dompet..
    bisa referensi ga mba penginapan murah diskitaran sana yg viewnya ok selain vila2 diatas takutnya penuh terus selepas dipublish diblog mba.. hehe,
    plannya sebelum akhir tahun ini mo keliling malang dan sekitarnya termasuk ijen..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s