Perempuan di Jalanan


legs-520604_960_720

Pernah gak denger komentar kalau lagi dijalanan yang kira-kira bunyinya seperti ini “Pasti cewek deh ini yang nyetir, lambat banget?”

Mantan pacar dulu suka becandain saya setiap kali didepan kami ada mobil/motor yang gak jelas maunya ngapain. Antara kekiri atau kekanan. Awalnya saya suka sebel juga karena kan gak semua cewek kayak gitu haha. Cuman belakangan saya suka perhatikan dan suka banget nemu kalau cewek nyetir emang terkadang gak jelas. Bukan semua cewek loh, mungkin ini hanya perempuan-perempuan yang kebetulan saya temui.

Beberapa hari ini sebenarnya saya lumayan santai nyetir di Medan walaupun mati listrik, lampu jalanan mati dan terkadang seperti biasa jalanan juga berantakan. Ada beberapa yang menarik perhatian saya tentang perempuan-perempuan yang membawa kendaraan disepanjang jalur perjalanan saya.

01. Ibu-ibu dengan motor

Saya yakin mereka yang saya temuin ini gak punya SIM. Mereka keluar rumah pake daster batik, jilbab dorong trus nyetir seolah-olah cuman mereka doang dijalanan. Belok atau berhenti gak pake lampu sein. Pokoknya sesuka mereka lah. Yang kayak gini selalu banget saya temuin di dekat pasar, sekolahan dan jalanan dekat perumahan. Udah gitu kalau ada yang klakson kasih tau kalau mereka salah atau terlalu ketengah nyetirnya ehhh…dianya ngamuk-ngamuk. Lebih galak dari yang bener nyetirnya. Duh….

02. Remaja dengan baju piyama

Nah kalau yang ini sering liat sore-sore pas saya jemput Matt. Biasanya kalau Matt pulang agak sorean yang kayak gini sering banget keliatan lagi dijalanan tanpa helm. Mereka biasanya berdua atau bertiga dengan temennya. Nyetir sambil cekikikan. Gak ngerti juga kenapa sih nyetir keluar pake piyama trus sama seperti ibu-ibu diatas udah pasti gak bawa/punya SIM trus nyetir pun suka petentengan jalan ditengah jalan sambil terkadang ketawa-ketawa kenceng.

03. Perempuan nyetir ala kadarnya

Alakadarnya itu maksutnya gak punya helm, motor bodong bahkan terkadang motornya gak punya plat. Ngeri banget gak sih? Udah gitu nyetirnya pun gak hati-hati.

Oya adek saya pernah punya kejadian buruk dengan perempuan model ini. Jadi ada ibu-ibu yang panik begitu ngeliat razia motor. Dia putar balik tanpa ngeliat ada mobil adek saya. Ditabraklah si mobil. Untuk kesalahan orang lain yang bego banget nyetir seenaknya, gak punya SIM, STNK, motor botak membahayakan, ย akhirnya adek saya dibawa ke kantor polisi. Harus bayar sekian juta dan bayarin si ibu ini kerumah sakit. Kampret banget gak sih. Maaf ya, saya ngerasa aturan main mobil selalu salah itu beneran aneh banget!

04. Bawa kendaraan tapi salah kanan dan kiri

Saya sebenarnya terkadang suka salah juga sih ngomong kanan atau kiri tapi pas nyetir biasanya saya udah tau banget harus belok kanan atau kiri. Beda kalau jadi navigator haha. Masalahnya kan saya jarang banget gak nyetir jadi Insya Allah saya bener koq.

05. Bawa kendaraan sambil ngobrol, pegang kopi, telp, makan, lipstikan, dll

Ok….saya sering tuh hahaha. Jadi biasanya saya suka dandan pas berhenti di lampu merah entah pake lipstik atau cuman benerin eye shadow. Tapi kalau mobil lagi jalan biasanya saya beneran gak mau ngapa-ngapain karena takut. Masalahnya ternyata banyak banget yang akrobat. Udah nyetir dijalanan kayak Medan gini masih bisa loh melakukan banyak hal lainnya. Entah jago atau emang nekat aja ๐Ÿ™‚

06. Nyetir pelan banget dan ragu-ragu

Nyetirnya pelan, ditengah jalan trus ragu-ragu. Kanan atau kiri ๐Ÿ™‚ Ah….ini selalu banget ketemu di depan sekolahan haha.

07. Nyerobot parkiran

Hua…ini baru kejadian dengan saya dan Matt. Jadi si perempuan ini datang dari arah yang salah trus nyerobot parkiran yang mau kita ambil. Kita nunggu mobil lain lewat dan mobil yang salah ini masuk. Saya gak ngerti apa yang nyetir itu buta atau gimana. Masa gak bisa liat tanda panah di parkiran. Rasanya waktu itu saya pengen banget lompat dan jambak rambut si cewek ini haha. ย Soalnya mall emang lagi penuh banget dan kita perlu cepet buat beli slang untuk kompor gas. Ihhhh gemesnya gak nanggung.

08. Keluar dari parkiran lamaaaaaaaa

Iya saya tau kadang-kadang kita perlu dandan, ganti sandal, dll. Pokoknya urusannya banyak bangetlah. Saya suka males banget nungguin cewek-cewek di parkiran karena entah kenapa lama banget. Ada aja yang diurusin.
Emm apa saya kayak gitu juga gak ya??

09. Ketemu Temen

Ehhh ketemu temennya dijalan trus ngobrol aja gitu. Terkadang sambil nyetir tapi kadang2 berhenti aja gitu di jalan dan parkir seenaknya. Kita yang bingung, jalanan ramai mereka ngobrol kayak di warung aja.

10. Parkir Ngangkang

Hahaha…..yang ini paling ngeselin kalau pas pergi ke mall yang rame banget. Trus ternayta yang nyetir ibu-ibu. Untung sekarang dikenakan denda Rp 50.000 yang parkir sembarangan kayak gitu.

Ok ada 10 yang saya baru-baru ini temuin, lumayan banyak juga sih ya hehe. Sebenarnya kesalahan ini gak cuman cewek aja sih, cowok juga melakukannya. Cuman entah kenapa belakangan saya koq sering ngeliatnya cewek yang melakukannya.

Rasa-rasanya emang setiap orang yang nyetir ada kemungkinan untuk melakukan 10 hal diatas ๐Ÿ™‚ . Mungkin terkadang kita emang gak sengaja ya melakukan kesalahan-kesalahan tersebut tapi ketika dijalanan kita gak sendirian. Ada banyak orang lain yang berhak untuk mendapatkan jalanan yang nyaman dan tentu saja aman berkendara. Bahaya banget kan kalau nyetir dengan kendaraan yang tidak lengkap atau seenakanya aja nyetir tanpa meratiin rambu-rambu lalu lintas atau sekeliling. Kita pasti gak mau mendapatkan kecelakaan hanya karena kelakuan orang-orang yang tidak perduli ini ๐Ÿ™‚

Menurut saya menyetir dijalanan itu bukan hanya karena bisa membawa kendaraan saja tapi memang harus mengerti aturan main yang benar dijalanan. Rambu-rambu jalan yang harus ditaatin bukan dijadikan aksesoris jalanan. Menyetir bukan sekedar untuk diri kita sendiri tapi juga menyangkut keselamatan orang lain di jalanan.

Ada yang punya pengalaman juga? atau termasuk oknum hahhaa

Ps : Tulisan ini bukan mendiskreditkan kaum wanita ya ๐Ÿ™‚ karena sebenarnya dijalanan yang melakukan kesalahan yah hampir semua orang termasuk yang nulis haha.

Advertisements

91 comments

  1. Keluar parkiran lamaaa dan bwa motor pagi atau sore2 pake piyama tapi gincuan sering bgt nemu.. haha. Paling sering ketemu di minimarket, belanja tp pake piyama.. suka bingung hehe.

  2. Mbak ikut prihatin poin 3, saya jadi ikut sebel juga heheheh. Teman-teman saya kalo nyetir juga taat aturan banget apalagi kalo bareng raja jalanan, mending ngalah drpd mobil diserempet yg ada mereka ga mau bayar gantirugi malah raja jalanan yg lebih marah. kalo dr jauh dah dengar ngiungngiung suara kereta mau lewat kawan baik saya memperlambat laju mobil, ga mo nekat nerobos lintasan meski palang pintu belum diturunin

  3. Kok banyak..
    Kalau aku paling benci kalau depan aku ibu ibu dan mereka naik motor pelan dan super hati hati namun posisi di tengah tengah kita mau nyalip bingung mau kasih klakson takut nya dia kaget, serba salah pohon kalau nemu yang ajaib kaya gitu..

  4. mbak non, saya sama temen temen suka becandaan gini :
    tipe penguasa jalanan :
    1. ibu-ibu bawa motor
    2. pemotor lagi konvoi
    kalo ada ibu-ibu naik motor lagi konvoi ? kelar idup lo ๐Ÿ˜›
    saya suka sebel sama pemotor yang nyetir sambil pegang ponsel. saya pernah hampir nyungsep di jalan gara-gara hindarin oknum kayak gitu.

  5. Hahahahhahaha gw bln lalu udah posting jg tntg ini. Duh buibu itu emang kadang sulit di mengerti klo dijalan. Sen kanan malah belok kiri, begitu sebaliknya.
    Btw itu kejadian di adeknya kok yah jd bikin gemes sih.. Udahlah si ibu yg salah malah adek mu yg bayar non huhuhuhu

    • Iya, kenapa bisa kayak gitu ya Ye? aku gak liat postingan kamu, entar aku cek ah.

      yang kejadian ama adek aku itu ngeselin banget. Dia cuman niat bantuin si ibu karena dia jatoh. Dan ibu ini boncengan 3 orang. Udahlah salah ehhh adek aku malah dibawa ke kantor polisi, mobil ditahan dan untuk ngeluarinnya mesti bayar berapa juta gitu. Trus kita harus bayar rumah sakit pula. Sekarang jadinya koq agak males nolong orang ya jadinya.

  6. Wah di jakarta belum ada tuh denda 50.000 karena markirnya ngangkang, mungkin perlu juga ya suatu hari Nanti.

    Aku juga paling sebel kalo orang keluar parkiran lama gak jelas, padahalll suamiku itu kalo mau masuk mobil, terus ada mobil yang nungguin , dia langsung gedabrukan padahal bawa bayi dan stroller itu bisa cuma di lempar aja belanjaan , trus anaknya di taro sambil terburu2, dan kita naik mobil dalam keadaan setengah siap. Cuma karena suamiku ga enak, kalo orang yang mau parkir harus nunggu kita lama.

    Padahal orang lain kalo mau keluar parkir itu suka lama dan cuek bebek aja, kan jadi gemes.

    • Ada di Mall Sun Plaza doang Sis, kebetulan aku seringnya ke mall ini jadi ketauan hahaa.

      Samaaa…aku juga kayak suami kamu. Begitu masuk mobil yah udah langsung jalan. Gak ngapa2in lagi apalagi kalau ada yang nungguin. Kecuali aku baru parkir ya, biasanya agak lama sih haha, karena nyari sandal ๐Ÿ™‚

  7. Pernah Non yang parkir lawan arah gitu, aku tegur dianya nyolot abis hhahahaha tapi ini bapak-bapak gt.
    Parkir ngangkang emang nyebelin hihihihi, lebih nyebelin lagi kalo parkir paralel trus dia lupa lepas handrem, wah ini udah beberapa kali kaya gini
    Soal kecelakaan, denger-denger sekarang udah bukan mobil gede yang salah, jadi udah pake pemeriksaaan, kl yang salah motor ya dia yang dihukum cmiiw ๐Ÿ™‚

    • Oh udah ada pemeriksaan ya, duh syukurlah. Asli ngeselin banget soalnya.

      Heran ya sekarang orang2 yang salah malah lebih nyolot daripada yang bener, kan aneh kayak gitu. Oh iya lupa handrem itu emang ngeselin haha. Apalagi kalau akhirnya mobil kita jadi gak bisa keluar ya

  8. He…he..he…. Mbak Noni, setelah sekian lama tidak mudik ke Medan, sorry to say, kota Medan lalu lintasnya paling semrawut yang pernah saya temuin dari kota2 di Indonesia, sport jantung deh, lampu merah seenaknya aja ditabrak, yang naik motor dari arah kiri langsung nyalib ke kanan diperapatan, truk2 jalan pelan tapi di jalur kanan dan banyak lagi kekacauan…..2 minggu liburan di Medan kok rate jantung saya makin cepat ya…..wkwkwk

    • Abdi, aku kan 7 tahun di Surabaya. Nah begitu pindah sempet loh aku gak mau nyetir karena takut hahaa. Jadinya sebulan gitu dianterin adekku tapi lama2 yah nyetir sendiri walau emosinya sampai ubun2.
      Cuman akhirnya aku malah jadi punya cerita lucu di jalan haha. Jantung emang lebih cepet berdetak di jalanan Medan. Bagus buat sport jantung

  9. Kalau yang paling sering aku temuin itu yang poin nomor 1 Mbak. Ya ampun lah itu, urut dada kalau ketemu yang begitu. Mau belok tapi ga pake sein, kalau diliatin (aku biasa jadi penumpang di motor) malah galakan dia melototinnya.ckckckck

  10. aku juga suka nebak gitu mba kalo ada mobil didepan yang gak jelas pasti bilang kalo yang nyetir itu cewek deh padahal belum tentu juga yang nyetir beneran cewek,hahaha.
    tentang mobil yang selalu salah jadi inget kejadian lucu beberapa tahun lalu mba non,ceritanya lagi jalan nih mba rame2 pake mobil temen terus di lampu merah kita berenti dong ya,eh tetiba aja di belakang ada yang nabrak kenceng banget ternyata yang nabrak itu sepeda,ampe penyok gitu sepedanya dan orangnya juga lumayan luka-luka,kita yang didalem mobil bengong gitu dong kasian juga kan akhirnya tuh bapak kita anterin pulang pas nyampe rumah malah kita yang dimarah-marahin keluarganya,malah minta ganti segala padahalmah kan kita baik udah mau nganterin dan si bapak itu yang nabrak mobil kita,lah bagaimana ceritanya kita yang harus ganti?

  11. bukan bermaksud mendiskreditkan sihh, tapi memang biasanya gitu mbaaaak hihihi dan bener banget yang di list sama mbak non di atas. Aku sih cukup sadar kalo gak gape naek motor, jadi mendingan dibonceng atau naik ojek atau angkot aja….daripada nekat bawa motor tapi merugikan orang lain ๐Ÿ˜€

    • Iya Dit, gak maksut sih. Mba langsung bikin PS untuk itu haha.

      Mba juga gak bisa bawa motor, jadi kayaknya mending dibonceng atau udahlah naik taxi atau becak aja kalau di Medan. Daripada malah konyol ya kan

  12. Aku pas ke Medan nemunya yang nomer 1 sama 3 wkwk. Kesel banget! Tapi seru sih, kita juga jadi lebih sabar hahaha. Awalnya emang kesel banget, tapi kesananya jadi biasa aja dan biasanya kalo udah ada ibu-ibu naik motor, suka jaga jarak dikit wkwk

  13. Dih yang nomor 3 itu kok gitu banget ya. Tuh ibu-ibu minta dijambakin banget. Sial banget rasanya adek mba Noni. *ikutan kesel*
    Nomor 7 itu juga minta diajakin berantem bangeeettt hahaha.
    Kalo nomor 10, aku pernah sama temen ngomel2 kesel sama orang yang parkir gini dan ngomentarin kok dia goblok banget dll, eh ternyata dia parkir gitu karena tadinya emang lagi ada perbaikan di bagian samping gitu yang makan setengah slot parkiran, jadi dia parkir ngangkang tapi setelah itu perbaikannya kelar dan bersih meninggalkan mobil dia seolah-olah parkir dengan ngeselin hahahah

    • Yang no 3 sebenarnya banyak loh yang ngalamin kejadian mirip2. Gak salah tapi akhirnya harus bayar2. Bener2 kesel ya, hukum kita harus diperbaiki kayaknya.

      no 7 itu duh, mba udah siap banget nyolot hahaha. Untung Matt bilang gak guna dan kami muter2 lagi nyari parkir.

      Yang kejadian di kamu parkir ngangkang itu susah jg ya, harusnya pas ada kayak gitu dibuat sign, jadi orang gak mikir aneh2 haha

  14. semoga denda parkir ngangkang dijalankan secara nasional ya … klo di mall tuh yg BT banget, klo di RS sih .. yg berpikiran positif aja, mungkin emang darurat bgt hehe

    masalah ibu ibu bawa motor, aduh kayaknya gak akan ada abisnya deh klo dibahas … makanya meme nya ada dimana mana yaa hahaha

    dan kalo aku yg paliiing sebel, nungguin org mau keluar parkiran ya Tuhan lamanyaaaa, padahal dia tau kalo kita lagi nungguin … mk nya kalo ada yg nunggu gue selalu buru buru dan suruh anak anak pun buru buru msk

    • Sama Sil, aku pun gitu, kadang2 langsung nyalain mobil dan pergi kalau ada yang nungguin. Rasanya gimana gitu ya kalau lama2 apalagi kalau gara2 ada yang nungguin trus jadi macet panjang.

  15. Kan makanya ada meme nya.. Kalo ketemu ibu2 konvoi pake motor, kelar idup lo.. Begtu tulisannya..haha :DGa nyetir aja suka geram liat kelakuan yang nyetir sembarangan, apalagi kalo nyetir ya. Ga mati bediri aja udah syukur kayaknya ๐Ÿ˜€ Kalo dah gitu mesti sering2 tarik napas dalam2 ๐Ÿ™‚

  16. suamiku juga ngomong gitu kok. “perempuan itu nggak pantes bawa kendaraan. bukannya apa2, mereka nggak tahu haluan, seenaknya sendiri. yang dibelakangnya ini jadi bingung. nggak semuanya sih, tapi kebanyakan emang seperti itu”

    sebel? banget dong. diriku yang sudah lulus tes uji dari alm bapak ternyata gak lolos uji “KIR” suami. saking seringnya dibonceng ama dia, lama-lama aku ngerti masalahnya dimana.

    perempuan itu gampang panik. misal, niatnya belok kiri. tapi posisi dia magak, entah mau kek kiri ato terus. lalu dibel ama motor/mobil belakang. kaget, dan spontan belok dsb. aku pernah kok dibonceng temen, posisi bawa anak. dari jauh aku dah bilang belok kanan. nah posisi dia di kiri. aq ingetin lagi supaya perlahan dia ambil kanan. cuek aja dianya. pas belokan ternyata dia terus. daripada ngagetin, aku diem aja kan, biar puter balik sekalian. eh ternyata dia tiba2 inget trus motong kanan dong! di belakang ada motor ama mobil, dan dia cuek aja. aku yang deg2an parah, non! habis itu kumarahin habis2an tuh anak. “heh kamu itu bawa penumpang. ada anak kecilnya! kalo gak memungkinkan, putar balik napa? itu kalo tadi kejadian ditabrak, aku ganti rugi ke siapa? jelas-jelas yang salah itu kamu!” anaknya langsung pucet kumarahin ahahahha..

    but, it was scary T__T

    • Nah yg kayak gitu2 kan nyeremin ya. Bahaya nya bukan buat dia sendiri tapi juga orang lain. Aduh aku beneran kesel banget soalnya tiap hari pasti ketemu. Kebanyakan emang yg bawa motor sih hehe. Sabar sama harus tau apa yg ada dipikiran merekA

      • Kebanyakan emang yg bawa motor sih, non. Entah simnya nembak ato apaan. Tapi kuakui kok kalo akupun terkadang ngawur haluan. Tapi gk sampe case diatas. Kalo udh salah jalur ya aq muter di belokan selanjutnya aja. Daripada diteriakin/kecelakaan?

  17. Ini kejadian persis tadi pagi yang aku lihat mba pas berangkat ngantor dan hamper tiap hari kyknya kalo diingat2. Gregetan memang tapi ya mau gimana lagi mindset nya kalau ibuk2 bawa motor jarang yang beres, rata2 ya banyakan yg gak beresnya. Udah gitu bikin tambah gregetan lagi kalo dia bonceng anak nya yang masih kecil, bener2 kayak punya nyawa sembilan aja, kan yang kasian anaknya. Gemeshhh..

      • iya bener mba. kalo aku rasa bukan soal gak ada duit, tapi terlalu menyepelekan. dipikir sepele kali ya, padahal dimana-mana safety driving itu penting. Sampe kepikiran, ini si ibu bener punya SIM gak sih ? Hehehe.. maaf mba jadi kebawa suasana, abis ya itu gregetan bgt.

        aku juga paling kesel sama orang yg bawa mobil atu motor tuh sambil pegang HP. pasti ketauan bener deh dari belakang klo mereka lagi berinteraksi dgn HP. itu kan bahaya banget, bukan bahaya buat dia aja, tapi buat pengguna jalan di sekitarnya juga kan mba.

      • Iya hape itu bahaya bgt buat pengendara karena kan perhatian jd terbagi sementara namanya pun di jalan harus fokus.

        Si ibu mungkin kayak kamu bilang gak perduli

  18. Hahaha kan sekarang ada tuh meme ttg ibu ibu bawa motor matic dan itu 90% bener sih non ๐Ÿ˜†
    Oya soal nyetir serampangan kayaknya ga perempuan aja sih non, laki laki juga ada juga yang begitu (ga ada sim, kendaraan bodong). Disini kadang orang berasa nyawanya kayak ada 9 kayak kucing. Dan kalo dipikir pikir ngeselin sih karena, dengan mereka abai keselamatan gitu bukan mereka doang yang celaka tapi bisa bawa orang lain juga ikutan celaka dan mati konyol ๐Ÿ˜ฆ

  19. hahhahahaa,, bener bgt mbak saya kemarin sempet ngalamin bgtu pas mau belok jdi ngak bisa belok karena si ibu2 yg bawa motor di depan ragu mau belok. pernah juga harus ngerem mendadak karena ada ada ibu” lagi nyetir dari sebelah kanan mau ke kiri tp ngak nyalain reting.. ihh! kesel bgt sm yg bgni ๐Ÿ˜ฆ

  20. iya paling sebel juga kalo ada motor jalan di depan mobil trus dia pasang sen entah kiri atau kanan tapi gak belok-belok.. nyebelin banget.. diklakson juga tetep aja gak inget untuk matiin lampu sen-nya.. mostly ini emang ibu-ibu, tapi sering juga bapak-bapak.. kalo kata suwami itu karena motor sekarang ga ada penanda di dasbor-nya, yang lagi nyala itu sen ke kanan atau ke kiri..

  21. Tidak hanya perempuan sih Mbak, kayaknya cowok banyak juga yang sibuk banget pas berkendara sampai alpa lihat jalan :haha. Paling yang bikin saya kesal itu kalau motor lain menyelonong potong jalan dan mengambil haluan orang, doh. Terus kalau ada yang mengerem mendadak, baru belajar bawa mobil tapi sudah sok menyetir sendiri, aaaaak. Tapi secara umum, kalau saya bawa motor, maka saya akan paling kesal dengan pengemudi mobil, tapi kalau kebetulan menumpang mobil maka saya akan paling kesal dengan pemotor :haha *ironis*.

  22. wiss laaah, aq ngangkot atau jd penumpang aee kakk hihihi

    yg nomer 3 itu nyebelin bgt ya, ibu2 itu yg salah tp adeknya ka noni yg malah keluar uang. klo aq sih jelas ga mau. apalagi jelas2 si ibu itu putar balik dan ngelawan arus dong artinyaa. ihh gemeezzz..

  23. Hahaha, iya Non. Nyetir itu gak cuma sekedar membawa kendaraannya aja tapi juga mesti tahu etikanya ya ๐Ÿ˜€

    Btw, disini aku sewaktu naik sepeda juga nyaris ditabrak ibu-ibu gitu. Ibu-ibunya trus minta maaf sih soalnya dia emang nggak sengaja dan pas nggak lihat, haha

  24. Benar banget mba, tapi kalo yang nyupirnya cewe ini bisa ada positifnya jg sih, waktu itu naik bus udah kesel banget pengen ngatain kata2 kotor gitu pas di liat cewek, eh gak jadi hihi gak jadi adu mulut dehh

  25. sama mbak, kalau ada yang jalannya lambat trus ditengah2 gitu ragu mau kiri atau kanan, kita pasti nebak ini pasti cewek. pas dilewatin beberapa kali kejadian banyakan bapak-bapak tua, hehehehe tebakan kita salah dong ternyata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s