DIY Outdoor Table From Pallet Wood


Diy outdoor table by Matt
Diy outdoor table by Matt

Sudah sejak lama saya merengek minta dibelikan meja untuk halaman belakang. Idenya gara-gara Matt pengen buat tempat untuk BBQ. Panggangan untuk BBQ inipun udah di belikan bokap yaitu satu drum bekas minyak. Sudah sejak lama bokap beliin drum itu tapi seperti biasa Matt tarik ulur dengan idenya untuk membuat panggangan sendiri. Setelah panggangan bbq yang belon juga dibuat, saya mulai dong kepikiran untuk punya meja di belakang rumah karena di siang hari banyak sekali angin masuk dari luar ke tempat ini. Semangkin kepengen punya meja sejak saya menggila dengan tanaman hahaha.

Awalnya sempet punya ide punya meja dengan kaki dari bekas mesin jahit Singer yang motif sarang laba-laba. Saya sudah nyari-nyari kesana sini di Medan belon juga ketemu. Idenya mangkrak di kepala dan di buku oret-oret. Sebenarnya kalau hanya kaki mesin jahit yang biasa (kotak-kotak) banyak sih. Kita bisa dapetin kakinya doang seharga Rp 200.000an. Masalahnya saya pengennya yang motif laba-laba, nyarinya susah apalagi kalau maunya dengan harga murah haha. Akhirnya yasud, mungkin next time kalo ada rejeki bisa ketemu kaki laba-laba bisa dibuat meja yang laen ya.

pic dari sini tekokuning.blogspot.com
pic dari sini tekokuning.blogspot.com

Setelah kaki laba-laba gagal, Matt sempet pengen buat dari kayu jati. Kita juga udah liat-liat jati bekas dan gak ketemu. Maksutnya gak ketemu yang murah. Lagian, saya juga kepikiran kalo jati pasti mahal dan berat sementara meja yang saya pengen ini, maunya berharga murah dan ringan. Kita sempet nyari-nyari di ACE Hardware, ketemu meja yang kita pengen dengan harga Rp 500an ribu tapi saya gak suka bahannya dan motifnya.

Setelah beberapa hari kepikiran trus, saya ngomong dong ke si Matt, gimana kalo buatnya dari jati Belanda atau papan pallet bekas aja. Selama ini saya sering ngumpulin papan pallet itu di rumah untuk wadah pot bunga atau pernik-pernik, saya suka kayunya karena emang gak berat dan gurat-guratnya alias garis-garis dikayunya saya juga suka banget. Matt akhirnya setuju.

Di deket rumah kita kebetulan ada pabrik kecil tempat pembuatan furniture. Kesanalah sabtu kemaren kita. Karena kita gak punya alat-alat lengkap plus males buat motong-motong kayunya pake gergaji, jadi begitu ketemu kayu yang kita suka langsung minta ke bapaknya dipotongin sesuai ukuran yang kita mau πŸ™‚ Β bapaknya ok. Kayu pallet yang kita perlu juga ada, bahkan mereka punya yang hanya bekas-bekas kalo mau. Cuman karena Matt mau ukurannya pas plus males cari-cari di tumpukan kayu akhirnya kita beli yang ukurannya 1,5 m.

Bahan yang diperlukan

Kaki Meja

4 batang kayu ukuran 75 cm ( tinggi) dan tebal 35 cm

Frame Meja

2 batang kayu ukuran 66 cm tebal 35

2 batang kayu ukuran 60 cm tebal 35

Table Top

14 lembar kayu ukuran panjang 74 cm, lebar 7 cm, tebal 1 2/2 cm

Mur 2 ukuran, ini harus disesuaikan dengan tebalnya kayu yang kalian dapatkan hehe

Langkah-langkahnya cukup sederhana koq, Matt kerja sendiri palingan saya bantuin megangin kayu atau ngambilin mur sama ngamplas pake kertas pasir karena dia benci kerjaan itu hehe.

Modal buat meja ini hanya sekitar Rp 200.000an. Harga segepok kayu itu Rp 130.000 (tanpa ditawar dan gak kita tawar juga sih, mungkin bisa dapet lebih murah next time) upah bapak yang kerja kita kasih Rp 50.000 (kata mandornya kasih Rp 30.000 aja tapi Matt kasih lebih karena si bapak cukup baik) dan mur itu seharga Rp 20.000. Seharusnya sih kita pakai cat untuk kayu supaya kayu tahan lebih lama tapi masalahnya belon nemu warna cat yang pas dan untuk saat ini saya cukup seneng dengan warna aslinya yang kalo diperhatikan agak bopeng2 cacat gitu hehe. Cuman seperti hidup, mana ada yang sempurna kan ya πŸ™‚ .

Kita lagi seneng banget ama meja ini. Udah dipake sarapan pagi, dipake buat makan-makan dan minum-minum hari minggu kemaren sewaktu temen Matt datang buat ngeliat meja dan akhirnya cowok-cowok itu malah kepikiran buat bikin proyek lain dari kayu. Untuk sementara ini rencana kita pengen buat lemari buku, sekarang lagi cari-cari ide yang pas dan mudah membuatnya plus cek kayu yang pas. Udah pasti kita pengennya buat dari jati Belanda/pallet aja biar murah hehe.

Oh, iya sangking semangatnya anak-anak cowok itu bahkan pengen beli-beli alat-alat untuk kayu patungan biar gak kerasa mahalnya, soalnya sekarang gear mereka belon lengkap buat main-main dengan kayu hehe. Asal jangan begitu dibeli, hasilnya cuman buat rumah anjing aja sih πŸ™‚ .

So, what do you think?

kayu yang diperlukan
kayu yang diperlukan
Langkah pertama membuat frame meja
Langkah pertama membuat frame meja
Masih dengan frame meja
Masih dengan frame meja
Setelah frame selesai, mulai pasang kayu satu persatu
Setelah frame selesai, mulai pasang kayu satu persatu
Bisa dengan bantuan clamp
Bisa dengan bantuan clamp
Masih dengan bantuan clamp, sehingga Matt gak perlu bantuan saya buat megangin kayu
Masih dengan bantuan clamp, sehingga Matt gak perlu bantuan saya buat megangin kayu
Voila.......almost done
Voila…….almost done
langkah ke 5, menyusun table top. Sesuaikan dengan selera kalian untuk pilihan motif kayu
langkah ke 5, menyusun table top. Sesuaikan dengan selera kalian untuk pilihan motif kayu
Sebagian mur yang diperlukan. Ketika memasang mur untuk table top, sesuaikan dengan selera. Bisa dengan 2 mur untuk satu kayu atau 1 mur. Kita kemaren pake 2 mur
Sebagian mur yang diperlukan. Ketika memasang mur untuk table top, sesuaikan dengan selera. Bisa dengan 2 mur untuk satu kayu atau 1 mur. Kita kemaren pake 2 mur
Done :) . Hanya kurang 2 jam dengan modal sekitar Rp 200.000
Done πŸ™‚ . Hanya kurang 2 jam dengan modal sekitar Rp 200.000
Gak sabaran belon kelar langsung dipake buat sarapan pagi mejanya
Gak sabaran belon kelar langsung dipake buat sarapan pagi mejanya
Kursi didapat di ACE Hardware @ Rp 94.000an
Kursi didapat di ACE Hardware @ Rp 94.000an
Lumayan banget kan ya hehe
Lumayan banget kan ya hehe

14

 

 

Advertisements

121 comments

  1. Cakeepppp bangettt Non! Homyyyy! Matt keren ih, bisa bikin mejaaaa! Bisa dong Non, diberdayakan usaha meja, pasti lakuuuu! *dilempar mur* πŸ˜†
    Eh, itu pemilik rumah seneng bgt deh ya, rumahnya diurus beneran sm kalian, cakep gituuuuu…! πŸ™‚

  2. halo sis..
    bagus banget hasil nya..klw boleh tau beli kayu nya dmna yaah..??kebetulan udah nyari2 ga dapet yang pas(harganya)hehehhehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s