Museum Trip


Jim Thompson HOuse Thailand
Jim Thompson HOuse Thailand

Minggu ini kita akan membahas mengenai Museum untuk #ceritajalanasik. Sebenarnya beberapa tahun terakhir ini saya lumayan banyak mengunjungi museum karena Matt emang suka banget. Saya bukan big fan. Ada ok, gak ada gpp. Jadi bukan orang yang nyari-nyari museum juga sih. Saya bakalan ke museum itu kalau sudah gak ada lagi yang bisa saya datangi atau lihat biasanya haha.

Salah satu museum yang saya suka banget adalah Jim Thompson House di Bangkok. Ceritanya bisa dibaca dibawah ya

https://nonikhairani.com/2015/04/01/jim-thompson-house-museum/

Museumnya sendiri bagus banget dan bersih trus berada ditengah-tengah perkampungan penduduk dengan bangunan dari kayu yang asri. Pokoknya baguslah. Didepan museum ada toko sutra dan juga restoran. Biasanya setiap kali abis ke museum orang-orang kan emang seneng ya belanja-belanja di gift store 🙂

Museum selanjutnya yang juga favorite saya adalah Museum of Science and Industry di Chicago. Ini museum sudah 2 kali saya datangi karena emang bagus dan menyenangkan. Cerita lengkapnya bisa dibaca disini.

https://nonikhairani.com/2016/05/30/museum-of-science-and-industry-chicago/

Selanjutnya tentu ada banyak museum lainnya yang sudah saya kunjungi atas nama ngintilin suami haha. Kita ketemu museum kece di Den Haaq dan masuk kedalamnya cuman gara-gara lukisan Girl with the pearl earring. Saya baca bukunya beberapa tahun lalu jadi lumayan kaget juga bisa tanpa sengaja melihat langsung lukisannya. Matt sampai terharu banget. Kayaknya kalau gak saya kata-katain bakalan nangis deh dia haha.

www.exhibitiononscreen.com
http://www.exhibitiononscreen.com

Gemeente_museum

Setiap kali traveling sebenarnya sejak bareng Matt emang kayak ada ketentuan sih kalau bisa masuk kesatu museum. Terutama museum-museum besar atau kalau gak yah lihat-lihat tempat bersejarah ditempat tujuan kita.

Makanya agak sedih pas kita ke Belanda tahun lalu gak sempet ke Belgia tapi gpp karena selalu ada kesempatan lain, ya kan. Apalagi sekarang ada 7 museum paling ok yang bisa dikunjungi di Belgia. Baca tulisan Febby @jalan2liburan Top 7 awesome museums to see in Antwerp. Oya buat kamu yang jalan-jalan di Asia tentu saja jangan sampai kelewatan membaca tulisan Aggy di Interesting museums to visit in South Asia.

Museum yang juga saya suka adalah Art Institute of Chicago. Saya pernah nulis tentang museum ini disini

https://nonikhairani.com/2015/07/27/art-institute-of-chicago/

Art Institute of Chicago
Art Institute of Chicago

Sebenarnya kalau lagi ke museum saya itu jarang suka semua koleksinya. Pasti deh milih-milih pengennya lihat apa. Biasanya semua dengan Dinosaurus pasti deh saya seneng. Iya saya seneng sama binatang-binatang gede gitu hehe. Trus saya suka juga pemeran-pameran di museum. Seperti sekarang lagi ada pameran di museum tentang China First Emperor and his terracotta warriors di The Field Museum. Ini sebenarnya kita udah mau lihat dari pas kita berdua nginep di Chicago tapi ada aja yang batalin. Mulai dari pertandingan bola, acara bergaul sampai ketemuan sama temen.

https://www.fieldmuseum.org/discover/on-exhibit/warriors/

Screen Shot 2016-09-06 at 8.30.29 AM

2 tahun lalu saya liat pameran dari Mesir di museum yang sama. Seru banget lihat semua koleksi yang mungkin gak selamanya bisa kita lihat disini. Kebayang ya mereka itu bawa-bawa semua koleksinya pindah-pindah dari satu museum ke museum lain.

Saya dan beberapa teman juga pernah ke museum yang berada di Melaka Malaysia. Bangunannya bagus tapi setelah dicari-cari koq gak ada fotonya ya hehe. Museumnya bagus dan koleksi nya lumayan ok juga. Yang paling saya ingat sebenarnya bangunanya dari kayu dan tentu saja banyak pakaian melayu yang hampir sama persis dengan koleksi dari Istana Maimun.

Melaka
Melaka

Oh iya nah tuh kan baru inget setelah nulis ini haha. Jadi selama di Surabaya dulu saya paling suka main ke Museum House of Sampoerna. Berkali-kali secara gratisan juga sih haha. Yang paling saya suka dari museum ini sebenarnya wanginya, bangunan tuanya dan tentu saja restoran disebelahnya. Dulu sup buntutnya enak 🙂 .

House of Sampoerna Surabaya

Tapi tentu saja tidak ada yang mengalahkan museum-museum yang saya dan teman-temen saya kunjungi di Phnom Penh. Sumpah ini antara jijik, sedih, takut sampai akhirnya saya tidak pernah nyimpen semua foto yang pernah saya ambil saking takutnya. Matt pernah nanya kesaya pengen lagi kesini gak, secara 2 tahun lalu kami berdua ke Cambodia, saya dengan tegas menolak. Gak deh, beneran kejam banget dan rasanya hanya untuk melihat foto-fotonya aja saya gak sanggup. Baru kali itu saya keluar dari museum langsung pening dan pengen muntah.

243025_10150217636739681_5748564_o

Seperti yang saya sebut tadi walaupun bukan museum fans tapi sebenarnya saya cukup seneng ke museum. Dari museum kita sebenarnya bisa belajar banyak, ya kan 🙂 makanya kalau diajakin tetep mau tapi kalau ada pilihan lain emang sih saya pilih yang paling saya penasaran haha.

Ngomong-ngomong museum favorite kamu dimana?

#ceritajalanasik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by jalan2liburan, nyonyasepatu dan dewtraveller. Check our posts every Wednesday!

This week’s theme : Museum Travel

Advertisements

41 comments

  1. Aku agak jarang sih ke museum, memang jadi pilihan terakhir kalo jalan-jalan hehehe karena di otakku kok museum kayanya spooky dan gak menyenangkan. Tapi sekarang pandanganku lumayan berubah setelah dateng langsung ke beberapa museum, favoritku sih Ullen Sentalu yang di Jogja Mba 🙂

  2. Memangnya museum apa yg di Kamboja mbak sampai ngeri ? Kalau aku baru beberapa kali doank ke museum, paling berkesan buatku Museum Monumen Yogya Kembali di Yogya dan Affandi Museum,semuanya pas dulu studytour sama sekolah, Tapi emang Yogya indah dan berseni sih hehehe

  3. gak nge-fans juga mba sm museum. dulu waktu SD pernah dibawa ke museum (lupa kemana) sm guru2x sekolah. isinya nakutin ketimbang nyenengin. itu perginya terpaksa banget. pulang2x masih kebayang seramnya tuh museum. hahaha … kayaknya skrg gak bakal takut lg sih, secara udh gede. cuma emang dasar gak doyan2x banget mba, jd kl pun ada, lewat aja tuh. wkwkwkwk … parah dagh aku, mba.

    • Evy, pengalaman kita sama. Pas SD aku diajakin ayahku ke museum. Awalnya seru karena banyak yang bisa dilihat tapi koq semuanya gelap2 gitu dan ada sarang laba2. Akhirnya aku males ke museum deh.

    • Evy, pengalaman kita sama. Pas SD aku diajakin ayahku ke museum. Awalnya seru karena banyak yang bisa dilihat tapi koq semuanya gelap2 gitu dan ada sarang laba2. Akhirnya aku males ke museum deh.Iy

  4. Non, Den Haag nulisnya pakai “g” bukan “q” kalau The Haque baru pakai “q” haha aku selalu rewel tentang penulisan. Gpp ya Non, saling membetulkan. Aku kalo ke museum juga ngintil suami. Dia wajib ke museum kalo kami bepergian. Aku suka beberapa museum ttg Mozaik di Ravenna, Italia. Anne Frank House di Amsterdam juga suka tapi sedih baca ceritanya. Bronbeek Museum di Arnhem juga suka, tapi setelahnya sedih banget (kalo setelah dari museum yg ceritanya sedih2 gitu suka kebawa trus akhirnya jadi pusing kepala). Escher Museum di Den Haag salah satu favoritku.

    • Ishh itu sedih banget ya Nia. Haduh aku ga pernah sampai yang pengen muntah, mual dan pening banget liatnya. Padahal cuman liat separoh loh. Denger cerita, liat gambar aja udah sakit semua badanku.

  5. Hallo Salam Kenal mbak,

    saya jadi berfikir gini lho mbak, kalau setiap cowok travelling itu musti ke museum deh, karena saya pun begitu. kayak melihat objek2 bersejarah yg banyak kenangan. kayak mantan #opps

    oiya saya pernah ke museum tempo doeloe malang yang deket alun-alun malang, dikelola sama pihak swasta. museumnya kelihatan modern tp tetap dengan sentuhan klasik tempo doeloe. sepertinya itu museum yang paling beda dg museum di indonesia pada umumnya deh.

  6. Museum di Cambodia itu bikin kaki lemes ya Non. Museum favoritku kalau di Indonesia Ullen Sentalu. Aku suka jamunya tapi aku gak suka dengan turnya yang terlalu pendek.

    Disini aku suka Russborough House. Rumah yang jadi tempat banyak lukisan dan barang antik. Bulan depan Russborough House ini dibuka sehari dan dipasangi lilin. Seru kayaknya liat lukisan dengan lilin.

    • IYa Ai, aduh itu museum paling menyedihkan yang udah aku lihat. Gak mau balik lagi deh. Bahkan foto2 yg aku ambil, semuanya aku hapus.

      Ullen Sentalu aku pernah pergi duluuu bgt sama kantor. Bagus emang ya, liat kain2 gitu hehe.

      Pasti Russborough House itu bagus banget, agak2 misterius dong kalau pakai lilin ngeliatnya?

    • Museumnya tentang penyiksaan manusia yg dilakukan sama khmer.
      Sadis banget dan luar biasa jahat. Gak terbayangkan ada anak2 atau abege yg suka. Coba deh browsing gambar2nya atau foto2 korbannya

  7. informasi yang lengkap Mbak,
    dari dulu kepingin ke museum-museum terkenal namun belum kesampaian,
    jadinya cukup ke Museum Mpu Tantular, Sidoarjo, Jatim 🙂
    Salam kenal Mbak

  8. Museum yang udah aku datengin gak banyak, itu juga gegara kenal adep sahabat museum. Dia getol banget ngenalin peninggalan VOC di Musseum Fatahillah sama museum Bahari Indonesia . Sama yang di pulau Onrust tuh. Waktu kamu nyebutin museum di Kamboja, aku jadi inget museum Fatahillah, karena disitu ada spot di pintu depan kalo gak salah tempat pemasungan dan dibagian lain ada penjara bawah tanah yang harus jonkok kalau masuk kesana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s