Tips Ngeblog 1


TIps Ngeblog
TIps Ngeblog

Judulnya agak songong gak?

Jadi begini saya sebenarnya ngerasa gak pantes ngasih tips ngeblog Β karena emang bukan ahlinya, Tapi karena saya cukup banyak menerima pertanyaan tentang tips ngeblog, jadi saya pikir tulis ajalah ya. Pertanyaannya sebenarnya bukan semacam “Gimana bikin SEO, gimana bikin blog? gimana blog begini dan begitu”. Kebetulan kalau ditanyain kayak gitu emang saya gak tau, jadi pertanyaan yang paling sering saya terima adalah :

Gimana caranya bisa konsisten ngeblog?

Tentu saja menurut saya menjawab pertanyaan itu sebenarnya gak perlu keahlian ya hehe.

Kenapa saya konsisten ngeblog sebenarnya jawabannya sederhana banget. Saya suka ngeblog. Kalau ada satu hal yang paling saya suka lakukan didunia ini adalah ngeblog.

Saya mulai ngeblog tahun 2004 kayaknya. Dulu saya ngeblog berdua dengan Kukuh (mantan pacar) dan beberapa temen baik saya diradio. Dari ngeblog rame-rame gitu ketahuan sayalah yang paling rajin nulis blog kami. Pokoknya dalam satu minggu ada 2-3 kali saya update blog padahal dulu internetnya jelek banget hehe.

Trus mulai 2007 apa 2008 gitu, saya mulai ngeblog di Multiply. Disini tulisan saya tentunya selain traveling tentu saja kekacauan jaman masih muda belia dan berjaya diudara. Lalu 2012 Multiply tutup dan saya memindahkan sebagian isi MP ke WordPress. Saya mulai aktif lagi nulis blog sejak Februari 2013 sampai sekarang.

Buat saya blog itu kayak rumah lain yang saya punya. Rumah tempat saya berekspresi. Dulu saya gak pernah nyangka kalau blog ini bisa menemukan saya dengan beberapa temen yang akhirnya malah jadi temen baik, membuat saya mendapatkan uang, dan masih banyak lagi. Tapi…..sampai hari ini saya tetep seneng ngeblog walau dapat duit atau gak dapat duit. Balik lagi keniat awal saya yaitu ngeblog karena emang saya seneng nulis, motret dan yah jadi tempat saya “nyampah.” Cuman kalau bisa menghasilkan tentu lebih seneng lagi.

Lalu kembali kepertanyaan gimana saya tetep bisa konsisten ngeblog segitu lama? gimana saya dapetin ide-ide untuk nulis?

Kalau kalian ngikutin blog ini tentunya akan langsung tahu saya hampir gak pernah nulis rapi, sesuai EYD, gak nulis yang berat-berat atau tulisan yang kayaknya saya pikirkan berhari-hari. Tulisan saya adalah tulisan yang emang setiap hari saya alami, saya rasakan atau dari pengalaman orang-orang disekitaran saya.

Intinya tulisan saya adalah pengganti obrolan saya dengan temen-temen saya aja. Apa yang saya obrolin dengan orang lain/temen/keluarga/suami sama seperti yang kira-kira saya sampaikan di blog. So….blog saya ini bener-bener diri saya sendiri jadinya.

Saya pernah menjadi penyiar radio di Medan. KISS FM Medan. Ini radio no 1 dan paling hits beberapa tahun lalu (koq jumawa ya hehe). Sebelum menjadi penyiar kami menerima beberapa pelatihan. Dalam satu pelatihan ada satu omongan mentor saya waktu itu yang saya ingat banget.

“Sewaktu siaran cobalah untuk menyampaikan sesuatu yang mungkin untuk orang lain terlihat biasa tapi jadi menarik/luar biasa karena kalian tahu cara menyampaikannya. Atau cobalah setiap hari tidak melakukan hal yang sama sehingga selalu ada hal menarik yang bisa kalian obrolin. Mulai dari tidak melewati rute yang sama ketika pergi keradio. Lihat apa yang menarik ketika dijalan atau dimanapun”

Omongan itu bener-bener saya inget dikepala. Prakteknya tentu susah. Saya suka kesusahan untuk mencari apa yang menarik. Terkadang malah saya ngerasa gak menarik sama sekali hidup ini hehe. Tapi……nah ini garis bawahi ya, setidak menariknya hidup seseorang atau yang kita alami ternyata selalu ada orang lain yang ternyata ingin tahu. Makanya muncullah tulisan-tulisan yang terkadang pas saya tulis pun saya ngerasa emang orang mau baca? tapi saya tetep tulis karena menurut saya menarik/lucu πŸ™‚ sama ketika saya siaran dulu. Saya ngomong bullshitΒ ehhh…tetep ada loh yang menanggapi. Tetep ada yang telp atau kirim surat bilang dia/mereka ngerasa terhibur atau jadi kepikiran sama apa yang saya omongin. Asik kan ya πŸ™‚

Sekarang terkadang sayaΒ terima email yang bilang terima kasih atau seneng baca blog saya karena lumayan menghibur atau dapat informasi yang mereka perlu dll. Pas dapat email kayak gitu langsung deh saya ngerasa hidup saya bermakna.

Karena hal diatas itulah saya seperti memindahkan isi siaran saya ke blog. Apa yang saya lihat, rasa, pikir atau sekedar obrolan renyah bersama temen saya tulis kembali ke blog. Saya jadi selalu punya bahan untuk tulisan 5 hari dalam seminggu. Weekend saya hampir jarang banget ngeblog karena itu waktunya dengan keluarga :). Ngeblog udah kayak kerja aja hehe.

Trus saya juga selalu menyiapkan seminggu-2 minggu postingan schedule. Jadi walaupun saya pergi traveling atau pas gak punya ide paling gak dalam 2 minggu kedepan blog saya tetep hidup. Kalau blog bener-bener gak ter-update kemungkinan besar karena saya sakit atau emang pergi trus gak sempet update 2 minggu postingan schedule.

Apakah saya pernah males atau mati gaya untuk nulis blog? pernah dong πŸ™‚ sering malahan. Untungnya karena saya selalu punya postingan schedule akhirnya mungkin pada gak ada yang nyadar aja karena selalu ada postingan terbaru hehe.

Sekarang sebenarnya saya cukup terbantu dengan #ceritajalanasik karena paling gak setiap hari Rabu pasti saya punya tema postingan bareng-bareng dengan 2 temen lain.

Dan….ini sebenarnya penting juga sih, kalau lagi dirumah atau traveling, saya dan Matt pasti selalu bawa laptop dan biasanya laptop kita pasti nyala. Matt karena emang selalu kerja dimanapun. Jadi nih, begitu saya punya ide biasanya saya langsung nulis atau kalau gak yah saya simpen di HP. Hanya percakapan bodoh yang biasanya selalu kelewatan hehe.

Yah kira-kira begitu deh rahasianya πŸ™‚ kayaknya bukan tips ya, tapi berbagi aja deh. Semoga membantu.

Gimana tips ngeblog dari kamu? share yuk

 

Advertisements

91 comments

  1. Aku juga pengen ky mbak non rutin ngeblog gitu, tp perasaan idup aku monoton sih, kerjaannya nyapu, masak, nyuci piring, makan&tidur, kayaknya ga indah aja gitu buat jd bahan tulisan πŸ˜…πŸ˜…

    Makanya aku klo nulis buat bikin satu postingan aja bisa berminggu2 sambil mikir hal menarik apa yg pantes buat jd postingan.

  2. Cara mba noni bercerita dan gaya bahasa yg bebas aja senang bacanya, eh saya masih ingat lho mba noni nulis ttg protes temannya yg menurutnya mba noni terlalu liberal (eh gitu ga sih kalimatnya?, masih ingat ga mba?)

  3. So….blog saya ini bener-bener diri saya sendiri jadinya – Ini well noted banget! Jadi diri sendiri bikin tulisan di blog lbh personal & ngga aneh2 πŸ™‚
    Karena aku ngeblog sambil hari kerja (wiken full buat keluarga) jadi kl sibuk diusahain nyicil ngedraft, pas ada waktu luang agak banyak baru disempurnakan utk posting.

    • Udah bagus dong itu San πŸ™‚
      Dulu aku juga gitu, pas ngantor, aku ngeblog itu pas pulang kantor atau wiken kalau lagi gak kemana2. AKu bikin langsung 5 hari haha. Jadi langsung naik setiap hari deh

  4. Kalau saya nggak kuat terlalu banyak ngepost. Maksimal tiga postingan aja seminggu. Tapi nurut saya biar bisa konsisten emang harus didasari rasa suka berbagi. Itu aja. Klo nggak, nggak mungkinlah bisa eksis dalam saktu yang lama.

  5. Aku suka baca blognya mbak, soalnya temanya light, jadi kaya fresh air di hari-hari sibuk πŸ˜€ aku kayaknya blognya paling sering pas liburan in-between semester deh. :p

  6. Wah tips penting ini, rajin ngeblog lagi aahh… *kemudian buka file filem* laaahh… #gagalfokus

    Terimakasih tips nya mba Non, ini menyemangati sekali buat aku yg lesu nulis *serius ini mah* sekali lagi makasih πŸ™‚

  7. Makasih tips-nya mbak Noni…kalo aku hal yang paling sulit ngeblog itu adalah konsisten hahahahah…susaaaah banget…padahal sebenarnya banyak bgt yang pengen ditulis. Udah gitu sering banget pas tengah-tengah tiba-tiba bingung mau nulis apa lagi hahahhaha πŸ˜‰

    Ini aku aja apa ya yang ngalamin ya?

  8. Setujuu! Yang penting suka ya, hehehe πŸ˜€ .

    Topik biasa dan ringan aja bisa lho jadi satu posting. Pernah beberapa kali menulis topik ringan dan awalnya tidak yakin bakal bisa satu posting atau engga; eh ternyata bisa, hahaha πŸ˜† .

    Posting ter-scheduled memang cocok kalau pas lagi liburan (atau malas) ya πŸ˜›

  9. Nahh iya betull.. Pas baca ini jadi tercerahkan πŸ˜€ Soale sama, temen2 juga pada bilang kok lo update terus sih (yah gak terus sih, cuma kalo dibandingin yang sebulan sekali keknya emang lumayan update XD). Ternyata emang karena suka aja gitu ngeblog ya, pas lagi mumet kek skrg dikantor paling enak bw trus baca2 deh πŸ˜€

  10. Aku pendengar setia kiss fm jaman masih imut. Tp ga hapal nama penyiar. Ingatnya si reza .. Karena pas dia nyiar selalu pas waktunya bisa dengar. Kiss fm bener kok emang juara waktu itu

    • Kamu anak Medan ya haha. Reza siaran pagi. Dia senior aku. Aku siaran jam 9-11 malam. Kadang2 sama JImmy. Soalnya dulu aku pagi-sore ngantor di bank, trus kuliah, jadi siarannya jam malem hahaha.

  11. Aku di awal ngeblog malah lbh songong mbak, sok2an ngasih tips 😁 Sebenernya bukan tips sih tapi cuma share gimana supaya blogger pemula kayak aku bisa ngerasain asik ngeblog, waktu itu pake english karena ikutan blogging-u.
    Aku sukanya sama blog mbak Noni itu selain tentang travelling ya tentang daily life. Hal-hal sehari2 yg kadang mungkin orang lain gak kepikiran untuk menulis itu, pas baca postingan2 mbak noni jadi kayak “eh iya juga ya” atau “aku juga pernah kayak gitu”. Mbak noni bisa nulis kejadian sehari2 jadi asik buat dibaca. Makanya buat aku mbak noni itu inspiring bgt! πŸ‘

  12. Nahitu dia yang masih suka kelupaan sama aku: bikin schedule. Trus biasanya kalo udah beberapa hari libur nulis, bangunin mood nulis lagi suka agak-agak susah gimana gitu…..
    Makasih tipsnya,mbak. Selalu suka sama blog mbak nonik karena isinya ringan tapi berbobot

    • Coba deh pake schedule, ini beneran bantu banget. Kalau kamu lagi banyak ide, tulis semua judul atau garis besarnya didraft. Begitu gak punya ide, buka deh itu semua dan olah lagi πŸ™‚
      Semoga membantu yaaa

  13. Aku sih suka sama sebagian besar content yang mbak Noni bikin, kalo ada cerita tentang keseharian hidup yaudah lah pemanis aja biar hidup gak serius-serius bgt wkakaka.. Aku sendiri belum ada tips nge-blog, palingan kalo ada ide ya di-record aja atau dicatet gt mbak

  14. Yg Mbak Noni rasakan sama persis dengan yg saya rasakan. Ngeblog itu buat saya sama rasanya kayak ngobrol sama temen-temen lama. Seiring kita bertumbuh dewasa, semakin jarang punya kesempatan untuk bisa bertemu dengan para sahabat. Jadinya, lewat blog, saya mengungkapkan isi pikiran saya, menceritakan hal-hal yg ingin saya ceritakan bagi mereka, dan berharap mereka membaca apa yg saya tulis tersebut. Selain itu, ngeblog juga sebuah bentuk introspeksi bagi saya. Pada saat menceritakan ulang sebuah peristiwa di blog, saya seringkali mendapatkan persepsi baru mengenai kejadian tersebut.

    Sampe sekarang saya belum pernah dapet uang dari ngeblog, pengen belajar sih gimana caranya, tapi ga mau kalo sampe menuh-menuhin blog pake artikel ga jelas juga. Salah satu hal yg paling memotivasi saya untuk menulis adalah di saat ada pembaca yg email atau komen, bahwa tulisan saya bisa menginspirasi mereka. Seneng banget rasanya. Apalagi waktu reuni kemaren, banyak temen2 SMA dan kuliah yg bilang ke saya bahwa mereka senang baca blog saya. Wahhh, ga nyangka ternyata sebanyak itu yg baca hehehe…

  15. Tiap ngecek reader pasti deh mbk noni gag pernah absen. Salut bisa terus konsisten. Memang topik yg ditulis kebanyakan hal-hal sederhana namun karena penyampaiannya asik dan mengalir jadi asik juga bacanya.Pantesan bisa asik gini, rupanya penyiar radio juga. Mantab deh! Sering-sering ya mbak bagi tipsnya seputar blog. Teruslah menulis dan menginspirasi ya mbak!

  16. Wah salut sama mbak non, bisa konsisten ngeblog. Lanjutkan mbak 😁
    Sbg pemula masih susah bgt buat rajin nulis krn kalo udah pulang kerja udah capek dan kalo buka laptop ujung2nya buat nonton drama πŸ˜‚

    • Makasih Ammal πŸ™‚
      Tips aku, karena dulu aku ngantor dan selalu pulang malam bahkan tengah malam, aku selalu usahakan/paksa nulis πŸ™‚ baru nonton dan lakukan yang lainnya. Nanti lama2 kebiasaan

      • Siipp mbak nanti pelan2 mau belajar ngumpulin niat biar bisa teratur nulis hihihi. Biar konsisten kayak mbak non kayaknya butuh waktu lama .__.
        Akunya yg masih suka males gini si soalnya huhuhu
        Keep writing ya mba pokoknya πŸ˜‰

  17. Mbak Nonii… salut loh sama konsistensinya setiap hari ngeblog.. aku nulis tuh kayak kejar2-an ama waktu hahaha.. kayaknya bisa fokus nulis sehari cuma satu jam pas anak sekolah deh.. sisanya buhbye laptop dan gadget huhuhu

  18. Ini nih mba yg bikin susah jadu blogger beneran, konsisten. Salut sama mba noni yg suka cerita hal simple tp dibahas menarik, dan mancing orang buat komen. Klo aku kebanyakan berkelit dengan alasan sibuk,padahal sih sesibuk apapun klo niat mah ada aja waktu buat ngeblog kan ya mba. Hehehe

  19. Ya siiih… yg bikin males ngeblog tuh kadang karena ngerasa idupnya ya gini2x ajah..mbosenin..mana ada orang mau baca. Padahal dulu awal ngeblog krn pengen mindahin diary conventional ke digital.. diary ituh padahal ga mesti orang lain baca kan ya *terus jadi mikir* Ahahhaa.. Thanks Mbaaa…semangatnya bikin nular πŸ™‚

  20. Makasih tips blognya! Aku baru banget ngeblog lagi, sejak nganggur banyak yang pengen diobrolin tapi teman2ku kan kerja, sibuk sendiri dengan dunianya, susah ketemuan buat ngobrol jadinya klo ada cerita aku tumpahnya ke twitter, sekarang ke blog. Mudah2an baca tips ini jadi konsisten deh. Amin!

  21. wow udah lama banget kak ngeblog, aku belum nih nyetok tulisan sm bikin schedule postingan soalnya aku susah bagi waktu plus males, pulang kantor sampe sore, malamnya ngantuk jd nulis ini meskipun seneng dikerjakan setelah pulang kerja, makanya tulisannya kadang nggak begitu rapi setelah posting nanti diedit lagi setelah dibaca ulang kok msh banyak salah di tanda baca atau typo hehehe, tp dijalani saja ala bisa karena biasa

  22. Salam kenal mba Noni..

    Seneng banget baca blognya.

    Somehow berasa kayak ngobrol sama temen yang udah lama gak ketemu, ada begitu banyak hal menarik yang ingin saya baca. Lagi dan lagi.

    Apalagi membaca dialog di sini, makin berasa suasana akrabnya.

    Terima kasih untuk tipsnya mba Noni. I like it very much.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s