Jim Thompson House (Museum)


Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok

James HW. Thompson atau biasa dikenal dengan Jim Thompson adalah seorang pengusaha asal Amerika yang hijrah ke Thailand dan memperkenalkan sutra dari Thai keseluruh penjuru dunia. Jim Sendiri tinggal selama hampir 25 tahun di Thailand. Tahun 1967 Jim pergi berlibur ke Cameron Island di Malaysia dan setelah itu tidak pernah ada kabarnya lagi. Banyak orang juga yang bilang kemungkinan Jim hilang di daerah tersebut.

Rumah Jim yang cantik akhirnya dijadikan museum oleh pemerintah Thailand.

Selama ini setiap kali ke Bangkok saya hampir melewati museum ini karena kepikiran kurang menarik, ternyata salah besar. Museum ini walaupun kecil ternyata bagus banget dan asri.

Dari pintu gerbang museum kita langsung menemukan restoran dan loket tiket dari kayu. Ada seorang gadis cantik yang mendemokan cara menenun sutera. Saya lihat ada beberapa anak kecil yang tertarik dan ikutan berfoto dengan gadis tersebut. Oya kita juga bisa loh minta gadis penenun itu untuk pose πŸ™‚

Setelah membeli tiket, kita harus nunggu group untuk masuk ke rumah Jim. Jadi setiap group dikasih guide yang disesuaikan dengan bahasa yang kita yang kita kuasai. Kemaren saya ikutan group dengan Bahasa Inggris walaupun di group bahasa Spanyol koq orang-orangnya lebih kicep-kicep, ya hehe.

Selama nunggu kita diperbolehkan masuka ke taman disekitaran rumah atau duduk-duduk. Nanti dipanggil deh sama guide-nya. Setelah di panggil dimulai deh petualangannya. Kita diajak keliling rumah, taman dan masuk kedalam rumah Jim. Rumahnya asik banget dan asri. Terbuat dari kayu jati. Didalam rumah banyak banget keramik-keramik dari Cina yang dia rancang sendiri. Gemes…… pengen dibawa pulang semuanya. Belon lagi pernak pernik lucu. Kayaknya Jim ini kerajinan belanja di toko barang antik. Btw, kita tidak diperbolehkan menggunakan kamera di dalam rumah.

Oya Jim sendiri sudah bercerai dengan istrinya, jadi selama di Thailand dia kayaknya tinggal sendirian (sok tau). Kalau dilihat dari foto-fotonya, orangnya sendiri keliatan keren dan rapih banget.

Setelah keluar masuk ruangan demi ruangan di dalam rumahnya akhirnya tour selesai juga. Semuanya rapih banget. Ada tempat untuk menyimpan tas, sepatu dan barang-barang bawaan kita. Petugas yang menjaga museum ini juga ramah-ramah dan membantu banget. Pokoknya gak rugi kesini.

Setelah ikutan tour kita bisa mampir ke restorannya atau ke boutique-nya juga. Asik ya πŸ™‚ untuk yang suka belanja pasti seneng deh hehe.

So, untuk yang lagi ke Bangkok dan bingung mau ngapain, ini adalah salah satu museum yang menurut saya wajib didatangin karena emang bagus banget.

Untuk detailnya bisa langsung cek ke sini yaΒ http://www.jimthompsonhouse.com/visitor/content.asp

Visitor Information

The Jim Thompson House is located on Soi Kasemsan (2) Song, opposite the National Stadium on Rama I Rd.Opening Hours : 09:00 to 17:00 everyday with the last Guided Tour at 17:00*

Getting to the Jim Thompson House : Located in the center of Bangkok, it is conveniently reached by car, taxi, Tuk tuk, or the Sky Train (Bangkok Transit System).

Admission : Adult 100 baht; Students 50 baht

* Compulsory guided tours around the house.

Contact information:
Jim Thompson House
6 Soi Kasemsan 2, Rama 1 Road, Bangkok
Tel: (662) 216-7368 Fax: (662) 612-3744

Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok – Gumpalan-gumpalan telur ulat sutra yang akan ditenun (kalau gak salah)
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok – Benang sutera
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok – pintu gerbang untuk masuk ke museum
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok – benang sutera
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum BangkokΒ 
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok
Jim Thomson Museum Bangkok
Advertisements

53 comments

  1. woww.. gila2an yahh.. aku baru baca bio.nyaa.. katanya si jim thompson ini juga anggota CIA.. mungkin terlalu banyak tau. jadi menghilang gt aja.. jd penasaran bngt.. skrng di cameron highland jadi tempat buat family trip gt loh buat orng singapore.. soalnya bnyk villa2,, dan bs kasih makan binatang2 gt. kayak bersatu dngn alam. haha..

    • Waduh dia anggota CIA ya, keren banget hahaha. Eh tapi orangnya kayaknya emang cocok sih jadi agent2 kayak gitu. Cameron ampe sekarang mba belon datangin. bagus ya katanya?

      • aku juga belom pernah kesana.. cuman dnger cerita sama liat2 voto2 dari colig dsini ajaa.. lumayan kyk taiwan gt kalo dr voto. haha

  2. Kampung Batik Solo kok belum ada yang buat paket wisata kayak ginian ya? Saya belum tau atau memang tidak paket wisata kayak ginian. *tepokjidat. Hehehehe

  3. Kayaknya harus ada Jim-jim yang lain yang melakukan hal yang sama dengan hasil craft Indonesia biar makin dikenal dunia dan gak dibajak Malaysia mulu

  4. Museumnya bagus Mbak. Asri di tengah rumpun pepohonan. Asri banget bangunan, tumbuh-tumbuhan, dan pengolahan kepompong sutranya :)).
    Pasti nyaman banget selama di sana. Tapi kenapa tidak boleh ambil gambar, ya? *curious*.

  5. Salam kenal mba, wah fotonya seruu. Baru pertama ini ngeliat telur ulat sutra dan bunga (yang mirip teratai) yang cantik banget.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s