Tentang Vlog


Oliver Vineyard
Oliver Vineyard
Cie…..blogger Medan ikutan vlog juga……

Saya ketawa pas Didut komentar kayak gitu di twitter saya. Sesaat setelah link youtube yang baru saja saya upload muncul di Twitter.

Saya ikutan Vlog?

Yaiyalah….gak bisa ketinggalan haha. Jadi begini ya, dari dulu kalau pas traveling terkadang saya suka juga merekam moment-moment yang saya suka tapi karena tidak bisa ngedit video, jadilah semua video itu terbuang percuma. Bahkan sebelum saya membeli kamera digital pertama saya  dulu, saya lebih dulu membeli handycam Samsung yang tidak pernah dipakai sekali sampai rusak.

Dengan digantinya Iphone lama saya ke Iphone terbaru (tahun lalu deng) jadilah saya suka main Snapchat yang berlanjut ke mulai bikin video iseng-iseng. Awalnya saya selalu malu bikin video yang muka saya dimana-mana sambil ngobrol gitu. Kayaknya gak bisa juga. Walau saya dulu penyiar radio, ternyata saya tetep gak bisa segampang itu cuek sama semua orang yang meratiin saya jalan-jalan sambil ngomong. Apalagi Matt suka sebel kalau dimintain tolong. Babe…tolong rekam aku disini dong. Jawabnya “Aduh…ini buat apa lagi babe?” muka sebel nerima kamera haha.

Jadilah sejak kapan punya rencana bikin vlog dengan Febby gatot melulu. Kita berdua ternyata urat malunya kegedean haha.

Trus sekarang saya ngakalinnya dengan merekam semua yang saya lihat. Setelah semuanya ok dan siap edit baru deh saya voice over. Jadi tinggal masukin suara aja. Untuk musik, saya masih bingung dengan urusan perijinan. Ada yang punya informasi dimana bisa dapatin musik gratisan. Ada satu website musik yang bisa dipakai gratis tapi saya masih bingung dengan urusan dokumen-dokumentnya gitu.

Update :

Tulisan ini saya buat sebelum saya tahu informasi tentang lagu gratis yang disediakan oleh youtube. Silahkan cek link ini, jika kalian penasaran

https://www.youtube.com/audiolibrary/music

Nah, gara-gara voice over ini, entah kenapa koq berasa kayak siaran lagi. Saya sudah lama banget ninggalin radio, begitu disuruh ngomong sekarang suka bersalahan. Matt suka ketawa kalau dengerin saya bikin video. Berulang kali ganti. Soalnya ada aja salah ngomonglah, salah nyebutin namalah. Lama-lama saya bosen dan main hantam kromo haha. Karena kan susah tuh kejer2an sama videonya. Jadi ya udahlah saya ngomong aja sesukanya haha. Raw bgt videonya.

Eh tapi ternyata ngisi suara itu seru banget. Walaupun terkadang suka salah haha. Saya beneran seneng banget ngomong dibelakang layar. Jadilah beberapa hari ini saya aktif banget bikin vlog. Masalahnya entah kenapa saya masih bingung banget untuk nge cut vlog saya supaya gak kepanjangan. Siapalah coba yang mau nonton video sampai 15 menit haha.

Sekarang saya masih belajar gimana bikin vlog atau video yang enak diliat dan berguna. Cuman emang deh ngedit video itu susah banget sih. Tapi ngapain juga sih bikin video? Paling gak video bisa dimasukin ke blog kan ya hehe. Jadi bisa baca sama dengerin saya ngomong-ngomong gitu maksutnya. OMG…..segitunya NONIIIIIII πŸ™‚ becandaaaa.

Selama ini kan saya lebih suka  motret, cuman….setelah beberapa kali bikin video saya jadi ngerasa emang video itu media yang gak bisa disamakan dengan foto. VIdeo kayak merekam semuanya lebih hidup. Kita masih bisa lihat apa yang kita lakukan, apa yang kita makan, gimana masak snack yang kita makan dipasar. Duh…ngeliat video-video itu seperti membawa saya kembali kesemua trip yang saya rekam. Beneran hidup, tinggal baunya aja yang gak ada haha. Tapi bikin video jg mesti hati2 apalagi kalau vlog tentang keseharian. Sejauh ini saya cuman bikin video tentang liburan aja sih. Gak tau kedepannya gimana tapi agak takut 😁.

Udah gitu keuntungan lainnya, orang tua kami berdua bisa lihat perjalanan kami lewat video dan foto. Ibu saya yang tadinya disodorin foto bunga senyum senang trus begitu liat videonya dia bisa lihat ada kupu-kupu kecil dirumput ikutan nemplok, denger suara dari orang-orang yang terekam. Aduh…..jadi nyesel kenapa gak dari dulu saya main vlog ya haha.

So….buat kamu yang pengen lihat vlog + video saya silahkan main langsung ke youtube (nonikhairani) ya…….
Biasanya ada video yang saya buat dengan kamera dan juga dengan HP. Hasilnya masih abal-abal banget karena harus belajar banyak lagi. Yang punya tips vlog atau bikin vlog, share yaaa….

Ps : menjadi masyarakat digital ini berat banget ternyata. Mesti update semua trend. Masalahnya trendnya ini ngebut pake jet, saya masih naik sepeda. Sepeda roda 3 pula haha.

 

 

 

Advertisements

69 comments

    • Huhhahaha ngakak gak sih Jo πŸ˜„.

      Makasih loh, cuman buat ngelengkapin blog aja sih rencananya. Makanya vlognya paling pas traveling aja. Kalau sehari2 belon lah, gak menarik juga hahaha

  1. uhuuuyy…aku juga lebih suka isi pake VO sih daripada ngomong langsung, anaknya grogian πŸ˜€ tapi beneran deh ngedit video itu lelaaaah, bisa seharian sendiri huhuhu

  2. Siapalah coba yang mau nonton video sampai 15 menit haha.: SAYA! πŸ˜€ Kalau pas lagi pumping jam 12, 3 dan 6 πŸ˜€ Malah suka males kalau nonton video yang cuma 10 menit gitu πŸ˜€ Vlognya Raditya Dika kan panjang2 tuh isinya ngomong mulu tapi seneng aja..wwkwkwkw.. Menuju Vlog Noni (klik subscribe πŸ˜€ )

  3. Jadi lebih asyik lht vlog nya non, ketimbang hanya foto doank..hehehe lebih hidup, serasa kita yang nonton berada disana juga, apalagi basic nya noni penyiar radio walaupun dulu, tapi sisa2nya kan masih ada hehehe,.kerennnn non.. semoga makin baik dan bagus vlognya ya..

  4. Akhirnya Mbak Noni bikin vlog juga, kan suara Mbak Noni emang renyah-renyah gimana gitu (biskuit kali).hahahaha
    buat vlog 15 menit ga kepanjangan kok Mbak, aku malah biasa nonton yang diatas 30 menit.:D
    Good luck Mbak Noni buat vlognya.:D

    • Hahaha bisa dimakan ya kalau biskuit πŸ™‚
      30 menit? waduh aku lebih dari 10 menit aja bosen loh Wul, apalagi kalau cuman ngomong mulu yang punya vlog sama liatin mukanya haha

      • Hahahaha, saking renyahnya ya Mbak.:D
        Tergantung topiknya sih Mbak, kalau topiknya menarik apa lagi kalo pas masak-masak ato belanja ke supermarket sih aku ga bosan.hahahahaha

  5. waaaah ntr aku liat mba vlognyaa… ^o^.. aku sndiri ampe skr msh blm PD bikin vlog.. lah kalo foto2 yg utk blog aja, suka ga nampak mukaku, biasanya yg jd korban fotokan slalu si Mr Husband ;p .. antara ga PD ama ga suka difoto sih sbnrnya ;p..apalagi video hihihihi

  6. Saya lagi mau mencoba bikin Vlog, tapi bikin Vlog itu gampang-gampang susah ya. Nanti deh, tunggu saya udah balik lagi kerja ke China, di sana banyak hal menarik yg bisa dijadikan bahan Vlog wkwkwk

  7. waaaaaa.. suaranyaaaa enak mbaa.. pantesann jadi penyiar dl. ahahaha.. aku juga lagi coba2 VLOG travelling nii.. seruu sii.. hehehe.. aku sih ga peduli sama yg ga kenall.. yg aku ga enak malah sama yg kenall.. kesannya buat mereka risih kadang.. ahahhaa. sama bngt.. aku juga kdng suka salah ngomong on the spot.. jadi ada bbrp lngsung delete dan ulang lagii.. klo salah infoo kan ga enak yaa.. di record gt abisnyaa.. ga bs di edit lagi omongannya.. ahahhaha.. tar di medan kita VLOG-an aja apa? ehehehhe..

  8. Non, batre hp dan memory ga cepet abis ya kl buat video-ing? Vlog itu editnya ribet dan makan waktu yah menurut aku. Pengen bikin dari dulu tapi cuma sampai pengen doaaaankkkπŸ˜›πŸ˜›

  9. Ka Nonn cuma mau share dikit kalo ka Non mau pake lagu orang di videonya sebagai background (atau apapun)
    Intinya selama si lagu dipake utk sesuatu yang non komersil dan nama pencipta/performernya dicantumkan its fine kaaak
    Tapi kalo si lagu dipake buat komersil ka Non bisa coba kontak lembaga manajemen kolektif kaya YKCI (yayasan karya cipta indonesia) atau WAMI (wahana musik indonesia) – tergantung si pencipta/performer itu gabung dengan yang mana hehe.

    Ayooo bikin vlog yang banyak kaaak hihihi *kompor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s