Oh Social Media


Sam's Bakery 4

Udah pada nonton video dibawah ini belon?

Gara-gara nonton video ini trus saya nonton film Jason Bourne, pas pulang saya dan Matt terlibat pembicaraan lumayan serius. Penting gak sih kalau kita nutup semua social media kita atau postingan-postingan di socmed harus lebih ketat lagi filternya.

Dulu nih waktu awal-awal pacaran saya sempet lah nulis tentang Matt. Dulu masih di Multiply. Sewaktu dia tahu ngamuknya sampai entah gimana. Pokoknya gak seneng sama sekali. Saya kaget juga hehe. Trus semua tulisan kalau gak salah entah di edit atau dihapus dan tidak beberapa lama kita juga putus. Putusnya bukan karena postingan tentunya.

Setelah balikan lagi dan saya punya blog ini. Oya WP ini saya punya karena Multiply tutup dan isi postingan lama saya pindahin kesini. Aktif ngeblog pake WP nya sendiri baru Feb 2013. Oya setelah balikkan saya gak berani dong nulis tentang Matt tapi…Matt sendiri yang akhirnya ngasih ijin untuk nulis. Terutama setelah nikah, saya dibolehin nulis tentang dia asal gak aneh-aneh. Padahal percakapan bodoh asli aneh banget ya. Hiiii……

Sebenarnya pas awal-awal punya Socmed. Sebutlah FB ya, kalau FS kan sudah ditutup. Nah di FB itu saya hampir tidak memberikan banyak informasi pribadi. Seperti sekolah, tempat tinggal, tgl lahir dan sebagainya. FB saya di set public dan baru saya ganti tadi menjadi privacy. Sebenarnya mungkin agak telat dan lagi semua social media saya yang lain tetap terbuka :(.

Saya suka sekali dengan social media. Awalnya bukan karena mau pamer tapi emang tempat untuk saya berekspresi. Saya suka sekali foto dan nulis. Kalau nunggu semua tulisan harus masuk majalah atau mesti bikin pameran foto yah….sampe bangkotan juga belon tentu bisa tapi….dengan socmed cuman dengan hitungan detik sudah bisa terposting. Niat awal yang cuman buat bereskpresi lama-lama jadi tempat untuk narsis juga. Iya saya se-narsis itu. Suka difoto dan suka foto hehe. Saya juga suka terima likes dan tentu saja komen.

Pokoknya social media itu bikin hidup saya lebih fun deh. Sesenang itu saya dengan social media.

Masalahnya saya lupa, terkadang saking serunya saya suka keterlaluan berbaginya. Saya sih berusaha filter ya. Misalnya untuk check in atau geo tag seingat saya hampir gak pernah. Saya gak pernah mau orang tahu saya lagi dimana. Terkadang nih saya suka kebablasan hehe. Yah berbagi yang gak penting-penting itu. Ini terutama di akun Snapchat @nyonya_sepatu. Entah kenapa di platform yang itu saya suka kebablasan, mungkin karena yang liat dikit tapi percaya deh dikit atau banyak sama aja bahayanya. Selama bisa screen capture berhati-hatilah.

2 minggu lalu (padahal saya selalu gak mau kasih tau ya biasanya) saya lupa sudah ngasih alamat tempat saya yoga di public. Mungkin gak penting juga. Siapa juga yang pengen tau saya yoga dimana? begitu kali pemikiran saya kala itu. Pas saya ngomong ke Matt dan Mba Yo, langsung dikasih tau harus edit atau hapus aja. Kita gak mau orang lain tau dimana kita sehari-hari atau kayak ngebaca kegiatan kita. Mungkin emang gak kenapa-kenapa ya tapi kita gak pernah tau kapan orang pengen berbuat jahat. Aduh amit-amit deh.

Sewaktu saya di US, ibu nya Matt itu salah satu orang US yang saya tau paling parno. Ada temen saya yang kirim kartu atau paket kado untuk kita tapi a/n Noni Khairani. Dia bisa sampai takut banget. Koq temen saya tahu alamatnya? pokoknya kayak gitu. Makanya kalau ada yang kirim paket kita harus kasih tau mereka dulu. Kalau saya mau posting foto mereka di akun socmed juga mesti tanya mereka. Jika mereka ok baru deh berani posting. Kalau gak ok, biasanya mereka langsung bilang “Gak Mau” yah….dengan sedih hati saya gak posting deh hehe.

Hal yang sama dengan Matt dan semua kenalan kita. Kalau ada foto mereka biasanya saya sudah minta ijin dulu. Awalnya saya kayak ngerasa “Ihhh…malesin banget” tapi….ternyata emang penting. Ada hal-hal yang kita kira biasa aja tapi buat orang lain gak biasa. Beberapa temen deket kita bahkan gak mau punya akun social media. Mereka suka takjub gitu kenapa foto sarapan pagi saya yang biasa aja itu ada yang likes atau ada yang perduli. Atau kenapa orang mau baca blog saya yang yah….gitu deh. Gitu deh menyenangkan maksutnya huahaha.

Nb : Saya gak mau memaksa posting foto saya dengan orang lain tapi ditempel sticker hehe. gak mauuu karena kayaknya ganggu untuk saya. 

Sejauh ini saya memang minta tolong beberapa sahabat saya seperti mba Yoyen dan Febby untuk mengingatkan jika postingan saya terlalu over share. Bukan apa-apa terkadang saya mikirnya ahh gpp nulis/posting foto ini tapi………..belon tentu orang lain melihatnya begitu. Makanya saya minta tolong ada yang ngingetin saya. Ini semua tentu demi kebaikan saya sendiri juga.

Memang saya bukan siapa-siapa tapi alangkah baiknya saya berjaga-jaga, ya kan.

Eh iya ini nih ya kita bahas kapan itu dengan mba Yo, mungkin kita emang gak ngasih banyak data pribadi tapi………..ternyata orang lain itu bisa loh dapetin banyak data kita dari orang-orang sekitar kita. Kayak foto yang di tag, lokasi yang di tag, dll. Serem banget kan. Ini kayak kita naik mobil di jalan raya hati-hati banget ehhh….ada 5 juta motor yang berkendara ugal-ugalan, trus kita bisa aja keserempet. Makin serem kan ya main socmed. Emm pas diomongin sih iya tapi setelah itu lupa deh.

https://nonikhairani.com/2015/07/21/how-to-control-geotagging-on-instagram/

Nah menjawab pertanyaan Matt, siap gak saya nutup semua social media + blog saya?

Emmmm terus terang gak. Saya suka banget dan emang cinta banget. Saya juga sempet kerja didunia ini jadi kayaknya untuk sementara ini belon bisa deh. Tapi…..tentu saja saya harus lebih berhati-hati lagi.

Jadi nih kalau semisalnya ada postingan saya yang gak banget, kalian boleh dong ingetin saya via DM aja ya, haha.

Ya udah…..selamat bermain social media yang sehat.

Advertisements

121 comments

  1. engga fb aja dan socmed lainnya, lebih seremnya aku liat di para youtuber yang sekarang suka ngadain mail time gitu, kiriman dari fansnya itu di you tube lhoo di tulis jelas alamat rumahnya lebih serem lagi ga tuh dengan santainya, kalo dapet ffans edan di stalking tuh alamat gimana yakk duhh ngeri >.<

  2. Dlu sempet juga geotagging di instagram di nonaktifin karena takut. Tapi ternyata rasa takut masih kalah sama eksistensi, jadi sekarang udh di buka lagi geotag insta. Pas baca-baca ini jadi mikir lagi… hehehe serem juga orang tau luar dalam hidup kita. Untuk di path udh beberapa bulan ini di non aktifin gps nya, FB pun udh di private. Tinggal di Instagram aja nih yang masih kecentilan.. heheh

    Di blog pun masih suka mikir kalau mau upload foto yang ada muka temen, suka takut orangnya nanti ga suka.. tapi ga mau nanya juga sih 😀

    • Hahaha….aku emang dari dulu gak pernah mau geotag tapi….sekarang tuh kan main Snapchat dan Insta Story dan kayaknya harus post real time jadi serem juga tuh, entar ketauan dong lagi ngapain hehe.

      Kalau ngetag temen emang harus tanya dulu sih, boleh apa gak, takut gak boleh trus jadi berantem

  3. baru baru kena juga kasus temen yang suka protes berlebihan kalo ditag dan malah kadang dengan seriusnya minta dihapus cuma karena “merasa” sendiri difoto cara berdirinya miring ….hahahaha yang awalnya untuk sekedar fun kok aku mikir jadi makin ribet amat rasanya. jadi kayak ulangan sekolah ngepost harus mikir ini itu yachhhh… bawaannya jadi hilang spontanitas dan hidup jadi datar *jadi curhat* hahahahaha

    ahhhh,,,,, jadinya paling bener memang posting benda mati, foto sendiri atau panorama aja non.

  4. saya mulai ngilangin foto anak di socmed saya non.. kalopun ada, pasang yang tampak belakang atau mukanya gak jelas keliatan.. serem dan nyebelin juga kalo fotonya diambil trus dipake entah untuk apaan.. anak2 punya akun IG sih yang isinya khusus foto mereka, tapi dikunci dan yang bisa liat cuma saya ama suami, kan buat kenang-kenangan mereka juga kalo udah gede…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s