How to control geotagging on Instagram


recombu.com
recombu.com

Judulnya sengaja saya ambil dari blognya mba Yoyen yang ini . Silahkan di klik karena informasinya bagus banget untuk yang demen mainin Instagram.

Saya suka sekali main Instagram. Instagram dan blog adalah social media yang paling rajin saya buka dan cek. Bangun tidur, mandi, siap-siap,  trus sarapan sambil mantengin TL instagram. Begitu nyampe kantor juga kayak gitu. Selama saya gak sibuk pasti buka instagram. Kalaupun bukan account sendiri pasti account kantor. Demennya minta ampun.

Nah, tanpa saya sadari kesukaan saya tersebut memberi ruang kepada orang lain (moga-moga bukan orang jahat) untuk tahu keberadaan saya. Rumah, kantor, rumah orang tua, rumah orang tua si Matt, rumah temen-temen saya dan banyak lokasi-lokasi yang seharusnya gak saya share dengan orang lain.

Selama ini saya hampir gak pernah memberikan jejak geotagging di instagram. Gak pernah tapi….. ternyata walaupun kita gak memberikan jejak geotagging,  instagram secara otomatis men-share lokasi kita sewaktu memposting foto. Saya selalu posting foto di rumah atau kantor. Tulisan ini sengaja saya posting kembali dengan backlink dari mba Yo karena pas 2 minggu lalu ngecheck Instagram ehh foto-foto saya masih  ada GEO TAG’nya.

Quote dari mba Yoyen :

“Ternyata kalo kita ngga pasang geotag difotonya selagi share tapi lokasi tetep dipin sama Instagram dan kelihatan di petanya Non”

Pas tau,  Matt sempet panik dan lumayan kesel dengan kecerobohan saya *iya kita emang bukan siapa2 tapi gak pernah tau orang jahat ada dimana kan?* dia ngeliat account IG saya yang terang-terangan memberikan jejak rumah kami, rumah orang tua, rumah orang tua si Matt bahkan kantor kami berdua. Jreng….. saya langsung balik lagi ke tulisan mba Yo diatas buat membersihkan semua jejak plus menutup akses geo tag di setting’an gadget. Padahal sewaktu mba Yo posting tentang geo tag ini saya udah mendelete tapi entah kenapa koq sebagian postingan masih muncul geo tag’nya. Jadi saya bersihkan ulang plus mengubah settingan gadget. Moga-moga gak muncul lagi soalnya skr kalau saya klik geotag gak bisa.

Prosesnya sendiri gampang banget koq untuk yang kebetulan emang pengen mendelete geo tag’nya bisa langsung cek youtube dibawah ini 🙂 dan jangan lupa untuk merubah settingan di device masing-masing juga, karena selama settingan gak dirubah kayaknya bakalan balik lagi deh.

Semoga postingan ini bisa berguna untuk kita-kita ya 🙂 apalagi saya sempet cek-cek random IG dari account-account yang saya follow atau yang random saya buka dari explorer banyak banget orang-orang yang “tanpa sengaja dan sengaja” memberikan jejak mereka. Jejaknya tentu saja semua geo tag dari semua tempat yang memungkinkan orang lain tau persis tempat tinggal, sekolah anak, kantor, rumah orang tua, dll.

Kalau ada yang punya cara-cara lain silahkan banget berbagi.

Advertisements

32 comments

  1. wahhh.. aku suka Instagram juga dan sering di posting Insta juga.. tapi ga pernah ngerti geotag. Pernah share location cuma di FB itupun duluuuuuuuuuuuuu banget.. waktu baru ada aplikasinya.. share location di twiotter aja never allow.. gak ngertiiiiiiiiiiii.. hiks..

  2. Thanks for sharing. Sebenarnya pernah buka IG sendiri dan emang surprise melihat tempat postingan ku, ada yg di india, cape town , dan tentu rumah sendiri. Tp ndak pernah ngeh, ama bahayanya. Jd next, kita uplod pas berada diluar angkasa…hehehe. ntar dianggap lebay n sombong, kalo upload di luar negri…serba salah ya..

  3. ya ampun, ternyata ngesetting geotag juga bisa ngundang bahaya ya mbak. eh, lalu apa kabar dengan aplikasi semacam foursquare (dulu)/path yang mengijinkan pengguna untuk check-in/sharing lokasi ya? hmm, jadi makin hati-hati nih… 😦

    • Berbahaya kalau ada orang yang bermaksut jahat atau stalking kita. Jadi tau posisi kita. Kalau musim mudik gini jadi ketauan juga kalau rumah kosong, kan ya 🙂 trus kalau ada yang pinter yah udah deh, kejadian hehe.

  4. Klo yg ga di Indo gpp kali ya pakai geotag gitu, toh akun atau nulis2 dlm bhs Indonesia 😆 .
    IG aku ga main. Dulu pernah bikin ko buatku ribet ya hehe. Aku pengennya klo upload foto dri komputer, eh ternyata IG upload2 hanya bisa dari hp atau smartphone, yasud kututup deh akunku 😆 .

  5. Saya tidak terlalu sering bermain Instagram jadi belum terlalu banyak info kediaman pribadi yang saya share di sana, tapi safety measurements memang harus diutamakan banget. Informasi yang kita buka untuk publik memang harus difilter betul, jangan sampai info penting yang bisa jadi kemungkinan orang jahat mengambil keuntungan sampai tersebar luas. Bukan bagaimana-bagaimana sih, ini demi keamanan.

    Terima kasih sudah berbagi ya Mbak, selamat berlibur!

  6. Huaaa baca posting ini aku langsung cek IGku Non. Untungnya geotag di kameraku memang sudah aku matikan jadi kalau share foto di IG juga tanpa geotag jadi nggak terlihat jejaknya? Hehehe 😀 .

  7. Dulu aku pernah lalai nge-tag tempat tinggalku di IG. Setelah sadar langsung buru-buru hapus. Sepertinya kita suka lupa kalo abis ngetag suatu tempat, setelahnya, Geo Tag nya otomatis kasih tau lokasi kita di foto berikutnya yang mau di upload. Jadi harus waspada dan cek terus supaya gak kelolosan.

    Thanks infonya Mbak 🙂

      • Bisa kok rubah setting camera di iPhone & iPad, dibagian setting / privacy / gps / camera. Ada tiga pilihan always on, never & during usage. Pilihan nr 1 & 3 kalo upload foto di IG walaupun ngga kelihatan di geotagnya tapi kelihatan di map 😉

  8. Sejak baca postingan mbak Yoyen itu aku matiin/hapus2in geotagnya.. untuk postingan baru jadi nggak pernah pasang location terutama yang sifatnya personal kayak di rumah misalnya… kalau di tempat umum kayak restoran/tempat wisata/mall sih kadang suka pasang juga tapi jarang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s