Pawang Hujan


www.tumblr.com
http://www.tumblr.com

Ada yang percaya dengan pawang hujan?

Jadi di Medan itu rasanya lebih banyak hujan daripada enggak hujan. Panas sih Β cuman menjelang sore lebih sering mendung gelap trus hujan gede aja. Tentu bikin rempong yang mau punya hajatan apalagi kayak sekarang menjelang musim kawinan. Entah kenapa juga ya musim kawinan itu pasti bersamaan dengan musim hujan.

Dari dulu saya udah denger tentang jasa pawang hujan tapi gak pernah liat dengan mata kepala sendiri sampai akhirnya temen deket saya sendiri yang cerita kejadian baru-baru ini.

Ada satu acara pesta gede yang mau diadain outdoor. Konsepnya kece banget karena diadakan di deket kolam renang. Pokoknya kalau ngeliat settingan dan persiapan-persiapannya pasti bakalan jadi acara yang bagus. Masalahnya sekarang hampir setiap sore hujan besar disertai angin. Si EO dari acara tersebut sudah menjanjikan kalau mereka menggunakan pawang hujan paling terkenal dan bagus plus sudah berkali-kali dipake presiden. Gak tau presiden yang mana hehe.

Sewaktu tamuΒ mulai datang, langit di Medan udah gelap banget. Belon lagi dimulai pidato ehhh… byur….. ujan gede disertai angin. Acara bubar persis dulu kalau nonton layar tancap begitu gerimis bubar πŸ™‚ masalahnya itu makanan-makanan gimana dong?

Dulu beberapa temen ayah saya setiap kali mau ngadain hajatan pasti suka bercanda kalau gak mau hujan mendingan lempar kolor ke atap rumah atau pakai cabe dan bawang. Saya masih gak ngerti apa korelasinya tapi ini jadi becandaan sepanjang zaman kayaknya. Eh tapi dari beberapa cerita itu katanya beneran loh gak jadi hujan padahal langit udah gelap banget pas waktu mau hajatan. Saya gak tau bener atau enggak karena belon pernah ngalamin langsung. Penasaran? ya iyalah hahaha. Tapi saya yakin banget kalau Tuhan emang mau kasih hujan, apapun itu kayaknya gak bakalan bisa menghalangi deh πŸ™‚

Ada yang punya pengalaman dengan pawang hujan? cerita dong, penasaran nih.

http://www.tribunnews.com/regional/2014/11/07/anggaran-pawang-hujan-rp-5-juta-di-skpd-diprotes-dewan

http://www.merdeka.com/peristiwa/pawang-hujan-patok-tarif-hingga-jutaan.html

Advertisements

69 comments

  1. hahahaha, percaya ngga percaya pas ngunduh mantu aku di Jakarta ujan gede pake kilat petir dsb, dst, mana acaranya di rumah pake tenda. Trus salah satu tante minta underwear item baca doa2 lempar itu underwear ke genteng dan voila! Ujan brenti… Dan acara lancar bebas hujan sampe malem, hahaha ntah bener karena kekuatan underwear item apa bukan XD

  2. muahaha…soal lempar kolor ke genteng itu sering banget denger deh..
    jadi kemaren waktu adekku mo nikahan, si mama malah nyelutuk, lempar gih cd nya ke genteng biar ga hujan.. eh beneran ga hujan euy.. *percaya ini gara2 ampuhnya tuh cd?ya ga lah :D*

  3. Di tempat saya (Bali dan Lombok) banyak Mbak :hehe. Biasanya sih caranya cuma dengan berdoa saja pada Tuhan, memohon supaya hujannya di-postpone dulu, cuma mantranya khusus, saya juga tidak tahu. Makbul euy, hujannya baru turun setelah acara selesai. Kalau yang berdoa lebih banyak, biasanya malah lebih afdol lagi, benar-benar tidak ada hujan :hihi.

  4. Yaampyun.. Sama Mbak Non. Antara percaya gak percaya sih emang yang beginian ya. Itu baca linknya ngikik. Beneran dianggarkan ya pawang hujan. Warbiyasak! Hahaha.

  5. Lempar atau tau taruh CD di atap memang yang paling terkenal buat nahan hujan, apalagi kalau CD-nya dah beberapa hari nggak dicuci katanya lebih ampuh πŸ˜€ πŸ˜€
    Tapi apapun sarananya, biasanya kalau ada yang nahan hujan gitu, hawa rasanya jadi gerah ngelekep gitu deh Mbak. Nggak enak rasanya.

  6. jd inget jaman nikahan kakakku mbk non, udah dibilang ga boleh mandi ttp aja mandi, akhirnya ujan deres..eh diambilin “daleman” nya sama ibu di lempar ke atap ga lama trus reda lho…dan kakakku cm melongo, mau ga percaya kejadian di dpn mata tapinya..hahaha

  7. Percaya ga percaya juga ya Non, pas kawinanku dan kawinana adikku, pakai jasa pawang hujan haha. Malah pas kawinan adikku sempat hujan sesaat karena katanya terjadi miskom antara pawang hujan dan orang dapur. Jadi ada yang kelupaan ngasih makan pawang hujannya. Pas sudah dikasih makan, hujannya pergi. Begitu ceritanya. Masih penasaran juga secara ilmu pengetahuan gimana runtutan prosesnya.

  8. Sering sih mendengar istilah pawang hujan tapi Saya sendiri pernah melihat ada fenomena tersebut. yang penting hal itu jangan sampai membuat kita menyekutukan ALLAH πŸ™‚

  9. Percaya gak percaya sih mba noni, tapi katanya ini cuma katanya lho ya…pas temenku nikahan kemaren pas musim hujan didesa tetangga hujan lebat disekitar rumahnya dia terang benderang malah panas…katanya sih pake pawang…tapi gak ngerti juga ya kan katanya hehehe….

  10. sayaaaaaaaa pernahhh…
    jadi pas turnamen golf kedutaan sesuatu eh ujan bokk (di bogor kan ya)
    pawangnya nambahin cabe ama bawang… eh tambah deras.
    trus disuruh cari ke tempat golf cari anak gadis bungsu apa ya yg masih perawan.
    Jadilah satu-satu cewek disana ditanayin apa bungsu dan masih perawan

    Hasilnya …….. tetep ujan dong, 18 holes ga selesai trus dinner dipercepat dan dubesnya BT dan………. EO nya rusak nama baiknya serusak-rusaknya

  11. Nah, ini aku yang masih suka bingung sampe sekarang.. mengesampingkan dr sisi mistia yak, hujan itu kan fenomena alam. Ngutak atiknya gmn dan apa hubungannya ama lempar kolor ya mbak? Hihihihi

  12. Aku denger kabar dr temenku yg mau nikah di Bali katanya pawang ujan buat acara nikahan di chapel2 Bali yg kece2 itu rate nya pake dollar lho Non.. 😱

  13. Waktu kemarin pas ak meried emang dibilangin tuh penganten gaboleh mandi nanti ujan, Lah iya x kan yah ga mandi, kita b2 sih sebodo2 amat tetap donk mandi smp keramasan juga..
    Pas sampe ke bridal, ak aja masih kepikiran mbak Noni, dalam hati terus berdoa biar semua lancar, emang sih acara dalam gedung,tapi kalo ujan pasti banyak tamu undangan yg males dtg donk ya… Tapi puji Tuhan nggak ujan, cerah aja & semua berjalan lancar smp selesai πŸ™‚

    Kayanya kalo panas n hujan sih itu kuasa alam yah, siapa yang bisa menyangkal gitu.. Tapi . yah balik ke kepercayaannya masing-masing deh. Walau tak dipungkiri ada sebagian hal yang memang belum bisa diterima secara logika tapi katanya akan bener terjadi, apalagi kalo ngomongnya sama petuah2, hehe πŸ™‚

  14. Ini aku yang kurang perhatian ke sekitar atau emang belum pernah ada ya yang lempar kolor buat menghalau hujan, baru tau dari sini haha. Aku taunya gantungin boneka kayak yang di kartun jepang, tapi belum pernah buat sih 😁

  15. ya ampun…cabe dan bawang itu mamaku dulu sering tancepin di halaman belakang, terakhir beberapa tahun lalu kayaknya waktu aq kuliah smester2 awal…abis itu udah ga pernah liat lagi mama ku tancep itu. Entah karena emang ga ngaruh juga, entah karena harga cabe sama bawang makin mahal…kan sayang ya daripada dibuang2 mending buat nyambel. Kebiasaan kayak gini tuh hanya punya org medan apa dari smua daerah juga gtu gak sih…? hahaha lucu banget kalo inget2!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s