Melepas Penyu di Pantai Sukamade


Sukamade Jawa Timur 21

Beberapa hari lalu sahabat saya, Febby, nanyain soal Banyuwangi. Maksutnya semua tempat wisata di Banyuwangi. Banyuwangi ini salah satu kabupaten di Jawa Timur yang rasa-rasanya semua sudutnya cantik banget. Mulai dari Ijen sampai pantai-pantainya yang beneran bagus tapi sulit buat direnangin karena ombaknya cukup tinggi. Tipikal laut Selatan. Soalnya dari Medan, Banyuwangi itu jauhhh jadi mesti persiapan ya Feb 🙂

Cerita tentang Ijen Crater bisa dibaca di link ini dan itu.

Karena Febby nanyain Banyuwangi dan pengen tau banyak jadilah saya buka-buka foto buat inget-inget. Trus seperti biasa ada beberapa yang emang postingan nya hilang gara-gara Multiply ditutup, jadi saya posting ulang aja ya. Kebanyakan foto-foto aja. Untuk ceritanya bisa langsung ke link tulisan dibawah ini.

https://nonikhairani.com/2009/03/11/catatan-perjalanan-alas-purwo-sukamade-meru-betiri/

Berkunjung ke Sukamade ini sebenarnya untuk melihat penyu. Jadi di tempat ini ada penangkaran penyu yang nantinya tukik-tukik nya bakalan dilepas ke laut lepas. Saya sudah denger kegiatan ini tapi baru ke Sukamade lah bisa melihat dengan kepala sendiri. Ini perjalanan tahun 2009, jadi saya masih cukup muda hehe.

Noni muda
Noni muda
With Dini
With Dini – Rambu Piras

Pantai Sukamade memang dikenal dengan penyu-penyu nya. Dulu ya bersama dengan Ijen dan G Land atau Pantai Pelengkung dikenal sebagi triangle diamond (gak tau sekarang), karena kalau semisalnya ditarik garis maka akan terbentuk garis segitiga. Menarik kan ya. Makanya kebanyakan orang kalau berwisata kesini ini langsung pukul rata ke 3 tempat. Sayang pas kemaren kita kesini jalur ke G Land rusak parah, jadi mesti naik sepeda 12 km. Yang mana sudah pasti kita nolak huhaha. Manja….

Pantai Sukamade pertama kali ditemukan oleh Belanda tahun 1927. Saat ini pantai Sukamade termasuk dalam Taman Nasional Meru Betiri. Disini pun banyak sekali flora fauna dan tentu saja ada beberapa perkebunan rakyat/pemerintah seperti kopi, teh dan emm kalau saya gak salah vanila. Makanya kalau ketempat ini mestinya jangan 1-2 hari karena jauhh banget dan jalanannya pun jelek. Kita mesti off road kesini nih, tapi ini salah satu perjalanan paling seru untuk saya dan temen-temen.

off road sukamade off road sukamade

Pantai Sukamade ini termasuk salah satu pantai yang memiliki habitat paling besar untuk tempat bertelurnya penyu. Penyu-penyu raksasa dari Samudra Pacifik dan Samudera India berkumpul dipinggir pantai untuk kemudian bertelur dimalam hari. Prosesnya sendiri bener-bener menakjubkan asal gak ribut. Katanya kenapa penyu-penyu ini suka bertelur di Sukamade karena pantai ini letaknya lumayan terpencil tapi yah apapun namanya tetep aja ada orang-orang yang suka nyuri telur penyu apalagi kalau sudah menjadi tempat wisata rasanya bakalan keganggu juga ya. Kayak saya salah satu wisatawan yang ganggu penyu bertelur walau ngeliatnya pake ngendap-ngendap sampai masuk kubangan lumpur hehe. Mendingan jangan dicontoh deh kesini gangguin penyu , ya. Baca tulisan ini aja.

Kenapa saya tulis begitu? begini….jadi katanya ya duluuuuu…..dulu banget lah kalau lagi rame bisa puluhan (80an) penyu datang untuk bertelur tapi lama kelamaan apalgi sekarang pasti berkurang banyak banget. Belasan ekor aja udah untung. Sebabnya seperti yang saya sudah duga. Wisatawan kepo seperti saya tentunya, nelayan yang semakin banyak dan ketika mereka melaut ada banyak sekali lampu. Penyu-penyu ini mesti bertelur didalam gelap. Begitu ada cahaya langsung keganggu. Yah kebayang ya kita mau melahirkan trus banyak gangguan pasti emosi, mending pergi aja nyari pantai baru.

Selengkapnya tentang Pantai Sukamade baca link ini aja ya

http://www.banyuwangibagus.com/2015/02/pantai-sukamade-rumah-penyu-bertelur-di.html

Sukamade Jawa Timur 28 Sukamade Jawa Timur 29

Tuh diatas gambar penyu-penyu ditempat penangkarannya. Sebelum mereka dilepaskan ke lautan luar, saya cerita dulu perjalanna kami ya.

Kita memulai perjalanan hampir tengah malam, makanya pagi-pagi Subuh pas bangun seneng banget liat pemandangan kayak gini.

Sukamade Jawa Timur 3 Sukamade Jawa Timur 4 Sukamade Jawa Timur 5 Sukamade Jawa Timur 6 Sukamade Jawa Timur 7

Ternyata kita dibawa ke Taman Nasional Alas Purwo. Sore baru ke Sukamade. Karena sudah nyampe disini ya udahlah seneng-seneng aja dulu ya sambil makan siang hehe. Disini kita bisa lihat penangkaran Rusa dan sebenarnya ada penangkaran Penyu juga. Pokoknya penyu dimana-mana deh. Nama tempatnya Ngagelan Jawa TImur.

10398483_67311344514_3536153_n

Nah di Penangkaran penyu ini ada satu pantai juga. Bagus banget dengan pasir putih tapi ombaknya gila gede banget. Kita jadinya main-main dipantainya sambil nungguin makan siang.

Ngagelan Jawa TImur
Ngagelan Jawa TImur
Ngagelan Jawa TImur
Ngagelan Jawa TImur
Ngagelan Jawa TImur
Ngagelan Jawa TImur
Ngagelan Jawa TImur
Ngagelan Jawa TImur
Ngagelan Jawa TImur
Ngagelan Jawa TImur
Ngagelan Jawa TImur
Ngagelan Jawa TImur
Ngagelan Jawa TImur
Ngagelan Jawa TImur

Kita itu sebenarnya disini nungguin Jeep yang bakalan bawa kita ke Pelengkung atau G Land karena jalannya jelek banget jadi harus ganti mobil. Masalahnya si travel abal-abal yang kita pake ternyata kurang profesional, jadilah jeep gak datang-datang sampe siang. Kita pun bengong gak jelas sampai pada kelaparan. Akhirnya makan dihutan ini deh, dimasakin sama ibu-ibu yang masak ikan bakar sampai 2 jam tapi enaknya bukan main. Mungkin lebih enak karena kita mati gaya dan kelaparan hehe.

Sukamade Jawa Timur 22 Sukamade Jawa Timur 23 Sukamade Jawa Timur 24

Setelah makan siang akhirnya kita putuskan untuk langsung ke Sukamade aja. Untuk selengkapnya bisa dibaca dilink diatas ya. Oya foto saya megang gitar itu beneran gaya-gayaan doang.

Penjual Belalang dipinggir hutan
Penjual Belalang dipinggir hutan

Sukamade Jawa Timur 26

Perjalanan ke Sukamade sendiri seruuuuu banget. Bayangin ngelewatin hutan, sungai trus jalanannya yang berlumpur-lumpur parah gitu dan kita lewatnya itu menjelang malam jadi kalau mobil jeep mogok, cewek-cewek didalamnya pasti cuman bisa pandang-pandangan sambil nangis haha.

Penginapan Perhutani di Sukamade
Penginapan Perhutani di Sukamade

Penginapannya sederhana banget, tapi masih mendinglah cuman males aja ke toilet hehe. Malam itu juga kita ngeliat penyu yang mau bertelur. Mesti nyumpet-nyumpet liatnya dan semua foto blur parah lagian saya pikir koq ganggu banget yaa…motoin penyu bertelur. Jadilah kita nonton aja dari jarak yang super deket setelah penyu nya bertelur. Nah, setelah bertelur si penyu nutupin telur-telurnya dengan pasir trus balik lagi ke laut.

Telur-telur ini tentu aja banyak yang mau. Mulai dari anjing sampai manusia. Jadi kebayang ya susah banget untuk melestarikan penyu-penyu ini. Mana setelah bertelur dan biasa disebut tukik trus mereka ke laut.  Sampai di lautan luas belon tentu juga mereka bisa bertahan hidup. Hidupnya beneran berat banget. Lebih berat dari si Karin hehe.

noni1

Sukamade Jawa Timur 16

SEperti kebanyakan cewek Indonesia, saya gak kuat kalau gak pake payung haha *lagunya*
SEperti kebanyakan cewek Indonesia, saya gak kuat kalau gak pake payung haha *lagunya*

Sukamade Jawa Timur 18 Sukamade Jawa Timur 19 Sukamade Jawa Timur 20 Sukamade Jawa Timur 30 Sukamade Jawa Timur 31

10398483_67316199514_1618059_n

Buat saya pribadi datang ketempat ini sebenarnya sungguh berkesan tapi……inget ini kan tempat untuk penangkaran binatang jadi tolong kalau berkunjung ke tempat ini lebih bijaksana. Gak ribut, gak buang sampah sembarangan, gak motret pake flash (yang mana susah karena gelap hehe) dan yang pasti kita juga mesti menjaga lingkungan dan mendukung pelestarian penyu-penyu ini.

Ada yang sudah pernah liat penyu juga?

Advertisements

45 comments

  1. Banyak cerita serunya yah mba Non, dari travel abal-abal sampai pemandangan superb. Kayanya emang ikannya jadi tambah enak kalo sudah kelaparan. 🙂 🙂

  2. Mba ini foto perjalanan tahun 2009 juga kah? Wah. setiap aku ke banyuwangi kaya bingung mau kemana. selain ga ada temen. kayanya aku cuma tertarik ke Ijen aja. Kayanya pantai2 banyuwangi mulai hits menyusul TN nya yaa. aku pengen deh ke sini..

    • Iya Shin, pas masuk kehutannya berasa koq. Trus kita ketemu bapak2 rambut panjang dengan janggut panjang gitu. Katanya sih banyak model2 kayak gitu lagi bertapa atau cari ilmu

  3. Kesian ya tukik-tukik ini makin terancam, selain karena predator juga karena semakin tercemarnya lautan 😦
    Perjalanannya seru banget mba Non, tapi serem juga sih karena mesti nembus hutan segala hehehe

  4. Perjalanannya seru bener sih mbak. Sampe jeepnya tenggelem gt ke lumpur 😱

    Sering liat ttg penyu2 yg melahirkan di pantai tp emang mereka sensitif banget ya, jd klo denger brisik or yg silau2 pasti lgsg pergi. Huhuw, gausah ke sana deh drpd gangguin mereka, cukup baca ceritnya mba Non ajah 😀

  5. Kesini 2014 dan pas sunseet. Ih berkesan bangeeet apalagi off road nya sampe kejedot jedot di dalam jeep. Itu juga pertama tama kalinya liat penyu dan tukik di alam aslinya.
    Dan lagi lagi kesini ini termasuk unphotographed moment. Hiks.
    Ada sih poto potonya, tp kurang banyaaaak

  6. walah ada nama Karin nongol, haha

    aku baru ngeh hari ini ada seseorang di Indonesia yang namanya karin yg katanya femes itu, dan kelar deh waktu buat stalking,wekekek

    • Aku juga pernah liat penyu bertelur malem2 di pangumbahan ujung genteng sukabumi jabar.
      Gedddeee banget kura2nya sampe aku pikir ini jelmaan yg ada di tokoh kartun dragonball.
      Iya mereka butuh konsentrasi unt bertelur. Sementara kita nontonin. Huahahaha. Kalo dia bisa ngomong mungkin bakalan kzl.

      Huahahahha ada pesan terselubung buat neng karin ya? Bahwa hidupmu ga ada apa2 sulitnya dibandingin anak2 penyu. Wkwkwkwk

  7. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

  8. Wah sepertinya perlu dijelaskan lebih lanjut tentang travel abal abalnya nih. Yang di Alas Purwo atau yang ke Sukamade? Kesannya jip yang ke sukamade juga abal abal tuh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s